Sudah Coba Minuman Khas Sunda Jawa Barat ini?

4 min read

minuman khas sunda

Minuman khas Sunda ini berasal dari Jawa Barat.

Minuman-minuman tersebut ada yang menyegarkan, menghangatkan, berkhasiat, hingga menjadi minuman isotonik tradisional. Penasaran apa saja daftar minumannya?

Mencoba Cita Rasa Minuman Khas Sunda

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan makanan bercita rasa enak saja, melainkan juga minuman yang tidak kalah menarik. Ada yang disajikan hangat atau dingin, tentunya semua minuman tersebut terasa menyegarkan.

Inilah daftar minuman khas Sunda yang wajib kamu coba!

1. Bajigur

Minuman bajigur merupakan salah satu minuman tradisional khas Sunda yang sangat populer. Bajigur sendiri terbuat dari gula aren dan santan kelapa yang biasa tersaji secara hangat.

Untuk menambah nikmat dan khasiat bagi tubuh yang meminumnya, bajigur bisa kamu campur dengan sedikit jahe dan garam. 

Bajigur ini sangat baik untuk tubuh, karena terbuat dari bahan alami yang sangat menyehatkan. Bagi masyarakat Sunda yang tinggal di pegunungan, bajigur ini sangat digemari. 

Sebab, minuman yang satu ini bisa membantu menghangatkan tubuh ketika kedinginan. Beberapa kudapan yang biasanya tersaji untuk menemani bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus. 

Saat ini, bajigur juga sudah tersedia dalam bentuk bubuk instan, sehingga kamu bisa langsung menyeduhnya dengan air hangat.

2. Es Cendol

Minuman khas Sunda berikutnya adalah cendol. Siapa sih yang tidak mengenal minuman cendol ini? Bukan hanya masyarakat Sunda saja yang mengonsumsi cendol ini, namun es ini juga sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru Nusantara. 

Es cendol ini sendiri terbuat dari tepung hunkwe atau tepung beras yang diwarnai dengan larutan daun pandan dan dibentuk seperti serat memanjang. Kemudian, es akan disajikan bersama dengan santan, gula merah cair, dan es serut di atasnya. 

Minuman ini sudah dijajakan ke seluruh penjuru tanah air. Bahkan, tidak sulit untuk menemukan dan menikmati es cendol ini dimanapun kamu berada. 

3. Goyobod

Minuman goyobod ini merupakan sejenis es campur khas Sunda yang berasal dari daerah Garut. Sama halnya seperti cendol, goyobod ini juga pada umumnya tersaji dingin. 

Baca Juga:  10 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Perencanaan Usaha Minuman

Biasanya, minuman ini diberikan tambahan serutan es, sehingga sangat cocok disantap di siang hari. Goyobod sendiri memiliki lebih banyak isian daripada cendol. Isian tersebut mulai dari potongan buah nangka dan alpukat, parutan kelapa, dan jeli kenyal berwarna merah muda yang terbuat dari tepung hunkwe. 

Untuk pemanisnya sendiri terbuat dari gula merah cair. Meskipun memang minuman goyobod ini tidak sepopuler cendol, tapi minuman khas Sunda ini masih tetap bisa kamu temukan dengan mudah.

Karena isiannya banyak, meminum satu gelas goyobod ini bisa membuatmu merasa kenyang dan segar. Selain itu, goyobod ini juga sama-sama populer, terlebih ketika bulan Ramadhan tiba. 

4. Bandrek

Minuman yang berasal dari Sunda satu ini memiliki aroma yang cukup kuat. Sebab, bandrek terbuat dari sejumlah rempah-rempah yang sangat menyehatkan. 

Oleh karena itu, bandrek sendiri tidak hanya terkenal sebagai minuman lezat yang menghangatkan tubuh saja, melainkan juga sebagai minuman untuk mengobati sejumlah penyakit ringan seperti sakit tenggorokan dan batuk. 

Jahe dan gula merah merupakan bahan dasar paling penting dalam pembuatan bandrek. Sementara rempah-rempah yang biasanya ditambahkan pada bandrek adalah serai, merica, pandan, dan lain sebagainya. 

Bahkan, untuk khasiat tertentu, bandrek bisa kamu campurkan dengan telur ayam kampung. Selain itu, untuk menambah cita rasanya, kamu juga bisa menambahkan serutan kelapa. 

Untuk menemani menikmati bandrek, biasanya akan terdapat kacang rebus, singkong rebus, dan gorengan sebagai pelengkap. 

Sama halnya dengan bajigur, kini bandrek juga sudah tersedia dalam bentuk bubuk yang bisa kamu seduh kapan saja sesuai keinginan. 

5. Es Doger

Minuman khas Sunda selanjutnya yang wajib kamu coba adalah es doger. Es doger ini sendiri merupakan salah satu minuman yang sangat menyegarkan. 

Minuman yang berasal dari Cirebon ini merupakan singkatan dari kata dorong dan seger. Nama ini diambil karena penjual es doger biasanya menjajakan dagangannya menggunakan gerobak dorong. 

Bahan dasar pembuatan es doger ini adalah gula pasir, santan, sirup merah muda, singkong, tapai, pacar cina, tape ketan hitam, alpukat, roti tawar, nangka, dan susu kental manis. 

Proses pembuatannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, adonan dari es doger yang sudah dimasak harus didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa jam. 

Perlu kamu tahu, es doger ini sangat cocok jika disantap di siang hari. Sebab, rasanya yang kaya dan sedikit asam membuat es doger ini benar-benar lezat dan menyegarkan. 

Baca Juga:  Contoh Label Produk Minuman yang Menarik, Kamu Harus Tahu!

6. Lahang

Minuman khas Sunda yang cukup terkenal selanjutnya adalah Lahang. Minuman manis dan menyegarkan ini terbuat dari air sadapan sari aren. 

Lahang sendiri terkenal sebagai minuman isotonik tradisional yang sangat cocok bagi orang yang mengalami dehidrasi cukup berat. 

Minuman lahang ini mungkin memang cukup sulit ditemukan di kota-kota besar. Namun, pada pedesaan dan kota-kota kecil, lahang masih bisa kamu dapatkan dengan mudah. 

Proses produksi dari minuman lahang ini sendiri cukup sulit. Bahkan, salah satu minuman khas Indonesia ini juga tidak boleh dibuat secara sembarangan dan hanya dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu saja. 

7. Es Lilin

Es yang satu ini memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan es goyang. Minuman ini cukup terkenal berkat penggalan lirik dari lagu Pop Sunda yang sangat legendaris. 

Bagi masyarakat Jawa Barat, es lilin selalu menjadi pilihan untuk mengobati rasa dahaga atau haus. Bahkan, es lilin sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa. 

Karena kepopulerannya, ada banyak sekali penjual es lilin yang bisa kamu jumpai dengan mudah. Selain rasanya yang beragam, harganya pun tergolong sangat murah. 

8. Es Oyen

Salah satu minuman khas Sunda yang wajib kamu coba juga adalah es oyen. Es yang satu ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1954 silam. 

Meskipun termasuk jajanan lawas, namun es oyen ini cukup mudah kamu temukan di Jawa Barat. Selain rasanya yang menyegarkan, harga dari es oyen ini sendiri juga sangat bersahabat.

Kala menyantapnya, kamu akan menemukan berbagai macam isian mulai dari yang bercita rasa gurih, segar, manis, dan sebagainya. Seakan mendapat satu porsi minuman dengan rasa yang nikmat dan penuh warna.

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang menjual es oyen. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah, sehingga bisa mencoba kesegaran dari es oyen ini. 

9. Es Cincau

Selain enak dan menyegarkan, es cincau ini juga termasuk salah satu minuman khas yang berasal dari Jawa Barat. 

Es cincau sendiri sangat menyehatkan bagi tubuh, terlebih bagi kamu yang bermasalah dengan pencernaan. 

Meskipun termasuk salah satu jajanan jadul, namun es cincau ini masih banyak dicari orang, bahkan hingga saat ini. Terutama untuk yang sedang mencari minuman segar dengan harga yang ramah. 

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

Sesuai dengan namanya, minuman tradisional ini terbuat dari daun cincau hijau yang diberi gula dan serutan es batu. 

10. Es Mambo

Nah, sebagai penutup dari minuman khas dari Jawa Barat ini ada es mambo. Minuman yang satu ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan es lilin. 

Hanya saja, es mambo memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu, untuk varian rasanya pun sangat beragam, mulai dari strawberry, green tea, hingga taro. 

Minuman menyegarkan yang satu ini juga termasuk dalam jajaran jajanan tradisional Jawa Barat yang perlu kamu coba. 

Selain warnanya yang menarik, rasanya juga sangat enak dan menyegarkan. Bagi kamu yang penasaran dengan rasanya, maka bisa membelinya di warung atau toko kelontong. Harganya sendiri sangat murah, jadi kamu bisa membelikannya juga untuk yang lain. 

Minuman Khas Sunda Mana yang Pernah Kamu Coba?

Itulah beberapa minuman khas Sunda yang bisa kamu coba. Kebanyakan dari daftar minuman khas Jawa Barat tersebut bisa kamu temukan dengan mudah bahkan di beberapa provinsi lain di Indonesia.

Selain enak dan menyegarkan, beberapa dari minuman tradisional tersebut juga sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan, beberapa minuman tersebut juga banyak dijadikan sebagai minuman isotonik tradisional.

Jadi, minuman khas Jawa Barat mana saja yang mungkin sudah pernah kamu coba? Jika belum dan penasaran bagaimana rasanya, kamu bisa membeli dan menikmatinya dengan mudah. 


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis minuman, minuman Indonesia, minuman Asia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.