10 Rekomendasi Minuman Khas Belanda, Sudah Pernah Coba?

4 min read

minuman khas belanda

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke negeri kincir angin, mungkin wisata kuliner bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu.

Tidak hanya makanan, namun ada banyak jenis minuman yang wajib kamu coba.

Penasaran apa saja?

Yuk, simak ulasan berikut untuk tahu jenis minuman khas Belanda apa yang wajib kamu coba!

1. Oranjebitter

Minuman ini terkenal karena mempunyai warna orange yang merupakan warna nasional dari negara Belanda. Oranjebitter adalah sebuah minuman alkohol yang biasanya diberi perisa buah ataupun herbal. 

Masyarakat Belanda biasanya mengonsumsi minuman ini pada saat King’s Day atau hari ulang tahun raja. Umumnya, orang Belanda menggunakan pakaian berwarna orange untuk merayakan ulang tahun raja. Jadi, hal tersebutlah yang membuat Oranjebitter terkenal dan selalu dikonsumsi pada King’s Day.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba minuman ini, kamu bisa mencoba salah satu brand terkenal yang mengeluarkan Oranjebitter, yaitu De Kuyper. Namun, tidak banyak toko yang menjual minuman tersebut. Jadi, apabila kamu sangat tertarik untuk mencoba, kamu bisa pergi ke Belanda di saat King’s Day. 

2. Bir Belanda

Negara Belanda takkan lengkap kalau tidak ada bir, begitulah kata orang-orang. Bahkan bisa dibilang bir menjadi salah satu jenis minuman khas Belanda. Hal tersebut sudah terbukti jelas dengan beredarnya berbagai macam brand Bir Belanda di dunia. 

Ada banyak jenis bir yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Grolsch. Grolsch terdiri dari empat jenis, yaitu Grolsch Premium, Grolsch Weizer, Grolsch radler, dan Grolsch 0,0%. Setiap jenis bir tersebut memiliki perbedaannya masing-masing. 

Bir ini memiliki bentuk tutup yang unik di antara brand bir lainnya, yaitu memiliki tutup berbentuk mahkota. Jadi, kamu akan mudah mengenali brand ini di antara ratusan brand bir yang ada di Belanda. 

3. Koffie Verkeerd

Kamu penggemar latte? Maka kamu patut mencoba minuman khas Belanda yang ketiga ini. Koffie Verkeerd adalah sebuah minuman latte versi Belanda. Minuman ini terdiri dari 1 shot espresso dicampur dengan susu  panas yang cukup banyak agar terbentuk sebuah foam atau buih. 

Baca Juga:  8 Minuman Khas Papua Nikmat dan Berkhasiat, Wajib Dicoba!

Asal-usul kopi latte ini cukup unik, karena Koffie Verkeerd mempunyai makna “wrong coffee” atau “kopi yang salah”. Maksud dari istilah tersebut, karena kopi ini memiliki rasio 50:50 antara kopi dan susu yang mana tidak sesuai dengan takaran latte pada umumnya.

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba keunikan kopi ini, kamu bisa memesannya di berbagai kedai kopi. Kopi ini cocok disajikan dengan cookies yang mana merupakan sebuah perpaduan pas dalam menikmati kopi di tengah hiruk-pikuk Belanda. Tertarik untuk mencoba?

4. Bokbier

Masih dari kalangan bir, namun yang membedakan dengan Grolsch adalah bir ini merupakan bir tradisional Belanda. Bagi kamu yang mengunjungi Belanda pada musim gugur, minuman ini cocok untuk kamu, karena bir ini mengeluarkan sensasi kehangatan bagi yang mengkonsumsinya.

Akan tetapi, apabila kamu mengunjungi Belanda pada musim semi, kamu juga tetap bisa mengkonsumsi Bokbier, lho! Walaupun minuman ini memiliki rasa yang sedikit berbeda, karena pada musim semi rasa Bokbier sedikit lebih ringan.

Oiya, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi minum Bokbier seperti orang Belanda, kamu bisa datang ke Bokbier Festival setiap musim semi atau gugur. Di sana, kamu bisa mencicipi berbagai macam brand Bokbier yang ada. Menarik, kan?

5. Witbier

Bagi kamu yang berkunjung ke Belanda pada musim panas, minuman khas Belanda yang satu ini cocok untukmu. Bir ini memiliki kandungan alkohol rendah dan pastinya menyegarkan yang membuat minuman ini cocok diminum sembari menikmati teriknya matahari di Belanda.

Witbier biasanya disajikan dengan sepotong lemon yang bertujuan untuk mempercantik tampilannya dan menambah kesan segar dari minuman ini. Namun, masih banyak perdebatan di antara pecinta bir mengenai apakah bir ini harus disajikan dengan lemon atau dapat dinikmati tanpa hiasan lemon.

Walaupun begitu, perdebatan tersebut tidak membawa perbedaan akan segarnya sensasi Witbier ini. Tertarik untuk mencoba?

6. Chocomel

Kamu salah satu penggemar minuman coklat hangat? Minuman khas Belanda ini cocok kamu minum sembari menikmati dinginnya salju negara Belanda. 

Chocomel merupakan sebuah brand minuman coklat di Belanda. Saking terkenalnya, apabila kamu ingin membeli Chocomel orang-orang tidak akan kaget karena memang produk ini sangat terkenal akan kelezatan dan kenikmatannya.

Baca Juga:  Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

Kamu bisa mendapatkannya di berbagai macam supermarket dalam bentuk minuman kaleng atau karton. Namun, apabila kamu ingin menikmatinya secara langsung, kamu bisa mengunjungi beberapa bar, karena mereka menyediakan Chocomel Vending Machine. Jadi, sensasi hangat tetap terasa hingga teguk terakhir.

Ada banyak varian Chocomel yang bisa kamu coba, lho! Kamu bisa memilih varian rasa dark chocolate dan original. Selain itu, ada juga varian yang menggunakan susu skim dan susu sapi biasa. Kamu tertarik untuk mencoba varian yang mana, nih?

7. Advocaat

Mungkin sangat mendengar namanya kamu bertanya-tanya apakah ini minuman yang dikhususkan untuk pengacara? Kamu tidak sepenuhnya salah sih, namun bisa dibilang kurang tepat. 

Walaupun begitu, minuman ini biasanya diminum untuk melegakan tenggorokan  orang yang akan bicara di publik, seperti pengacara. Nah, mungkin itu salah satu asal-usul nama dari minuman ini. 

Minuman Advocaat sendiri merupakan salah satu minuman dari Belanda yang mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari telur, gula, dan brandy. Kamu bisa menyantapnya secara langsung atau ditemani dengan cocktails dan hidangan pencuci mulut.

Ada banyak jenis minuman advocaat yang ada. Namun, apabila kamu ke Belanda, kamu harus mencoba Snowball, yaitu minuman advocaat yang dicampur dengan lemonade. Agar lebih lezat, kamu juga bisa meminta tambahan whipped cream di atasnya, lho!

8. Likeur

Ingin mencari minuman dari Belanda yang lain untuk dicoba? Mungkin kamu bisa mencoba Likeur, minuman khas Belanda yang mengandung alkohol. Ada banyak brand yang bisa kamu coba. Namun, kamu tidak akan menyesal apabila kamu mencoba brand Wynand Fockink yang menjadi Likeur terbaik di Belanda.

Biasanya, kamu akan disajikan Likeur dalam gelas berbentuk tulip dan diisi sampai penuh. Hal tersebut membuatmu harus sedikit membungkuk pada saat ingin menyeruput agar tidak tumpah. Walaupun membutuhkan usaha lebih, namun kamu tetap akan menemukan kepuasan setelah menyeruputnya.

Likeur terbuat dari buah atau rempah-rempah yang disuling, ditambahkan gula, lalu dibiarkan selama kurang lebih sebulan.

9. Jenever

Bagi kamu yang suka sejarah dan ingin merasakan atmosfer sejarah di masa lalu, maka kamu harus mencoba Jenever. Kenapa demikian? Hal tersebut lantaran minuman ini sudah dikonsumsi sejak abad 17. 

Jenever merupakan jenis minuman beralkohol dari Belanda yang dulunya sering dikonsumsi oleh tentara Belanda sebelum berperang. Terkadang, mereka juga sering membagikan minuman ini ke sekutu mereka, yaitu tentara Inggris.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

Minuman khas Belanda yang satu ini terbuat dari biji-bijian yang disuling, kemudian dibumbui dengan buah juniper. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi tempat penyulingannya yang terletak di Kota Schiedam. Di sana kamu bisa melihat proses penyulingannya sekaligus menikmatinya secara bersamaan.

10. Verse Muntthee

Nama minuman ini mungkin sangat sulit pelafalannya, namun minuman ini akan memanjakan kerongkonganmu di tengah indahnya kota Amsterdam. Minuman ini cocok bagi kamu yang sedang malas untuk mengkonsumsi kopi, namun ingin mengkonsumsi sesuatu yang bisa menghangatkan tubuhmu.

Verse Muntthee merupakan jenis teh yang terbuat dari mint dengan cita rasa sangat lezat. Apabila kamu memesan minuman ini, kamu akan mendapatkan madu dan lemon yang menambah kelezatan minuman ini. 

Minuman ini bukanlah minuman khas Belanda, namun banyak orang yang memesannya di Amsterdam karena kelezatannya. Lagipula, minuman ini cocok untuk menetralkan perutmu yang terlalu banyak mengonsumsi lezatnya bir dan makanan khas Belanda.

Jadi, Minuman Khas Belanda Mana yang Akan Kamu Coba?

Nah, itu tadi berbagai macam minuman khas Belanda yang bisa kamu coba apabila kamu mengunjunginya.

Pastikan juga untuk mencoba kuliner lainnya agar pengalaman kamu semakin bertambah.

Selamat berlibur! 


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman Eropa, makanan Eropa dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.