8 Minuman Khas Asia yang Bisa Dijadikan Usaha, Dijamin Laku Keras!

4 min read

8 Minuman Khas Asia yang Menyegarkan

Minuman khas Asia ternyata bisa dijadikan sebagai bisnis minuman di Indonesia, lho. Soal keuntungan, sudah pasti bisnis minuman ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Apalagi belum banyak kompetitor yang menjual ragam minuman khas Asia di Indonesia.

Nah, buat kamu yang ingin membuka bisnis minuman tapi takut kalah saing dengan kompetitor yang sudah ada, kamu bisa menjual berbagai jenis minuman khas Asia. Penasaran apa saja? Scroll artikel ini, yuk!

Minuman Khas Asia yang Perlu Kamu Tahu

Tidak hanya Indonesia, beberapa negara di Asia juga memiliki minuman khas yang layak untuk kamu jadikan sebagai ide bisnis. Berikut rekomendasi minuman khas dari negara-negara di Asia:

1. Kopi Joss, Indonesia

kopi joss

Sumber : bp-guide.id

Kopi Joss dari Indonesia adalah salah satu jenis minuman khas Asia. Salah satu daerah yang terkenal dengan Kopi Joss adalah Yogyakarta. Kopi Joss ini berbeda dari kopi Indonesia lainnya, lho.

Nama kopi joss berasal dari para penikmatnya yang sering mengucapkan kata “joss” setelah menyeduh minuman khas ini. Selain namanya, hal lain yang menarik dari Kopi Joss adalah cara penyajiannya. Yup, kopi ini diberi tambahan arang yang menyala ketika disajikan.

Dengan penyajian yang unik ini membuat cita rasa dari Kopi Joss lebih nikmat dari kopi lainnya. Meskipun menggunakan tambahan arang, Kopi Joss aman untuk dikonsumsi.

Nah, cara penyajian yang cukup unik serta cita rasa yang enak membuat Kopi Joss layak untuk dijadikan sebagai salah satu jenis minuman khas Asia yang harus dikembangkan.

2. Oliang, Thailand

minuman khas asia dari thailand - oliang

Sumber : bp-guide.id

Selain Thai Tea, minuman khas Thailand lainnya yang juga layak kamu jadikan sebagai bisnis minuman khas Asia adalah Oliang. Jadi, oliang ini adalah kopi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempahan.

Tidak perlu khawatir, rempah-rempahan tersebut juga ada di Indonesia, mulai dari kapulaga, sari jagung, sari kedelai, sari beras, biji wijen, dan lainnya. Selain itu juga ada tambahan susu kental manis, sehingga rasanya sangat enak.

3. Kopi Cino, Singapura

kopi cino dari singapore

Sumber : Discoversg.com

Salah satu minuman khas dari Singapura adalah Kopi Cino. Kopi ini memiliki proses penyajian yang juga tidak kalah unik dari Kopi Joss Indonesia. Jika dalam penyajiannya Kopi Joss menggunakan tambahan arang, lain halnya dengan Kopi Cino menambahkan mentega.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Minuman dan Cara Membuatnya

Proses pembuatan Kopi Cino sangat mudah, campur bubuk kopi dengan air panas dan susu terus aduk sampai rata. Kemudian tambahkan mentega secukupnya. Setelah mentega tercampur, maka tampilan kopi akan terbagi menjadi dua bagian yaitu kopi di bagian bawah, sedangkan susu berada di bagian atas.

4. Ryokucha, Jepang

ryokucha

Sumber : Japanese-tradition.com

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki beragam jenis minuman khas, salah satunya adalah Ryokucha atau Ocha. Minuman khas Jepang ini termasuk dalam jenis teh hijau tapi berbeda dengan teh hijau yang sudah lebih dulu populer di Indonesia.

Umumnya minuman Ryokucha hadir dalam kemasan botol dan memiliki tingkat kepahitan yang berbeda-beda. Minuman ini menawarkan khasiat berupa bantu menurunkan berat badan jika rajin mengonsumsinya.

Karena masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan rasa pahit dari Ryokucha, maka kamu bisa membuat teh ini seperti minuman Matcha Latte. Rasa pahit dari teh hijau akan diminimalisir oleh susu. Jadi, minuman ini akan sangat menyegarkan jika dibandingkan dengan menyeduhnya secara langsung.

5. Bori-cha, Korea

bori-cha, minuman khas asia dari korea

Sumber : Pinterest

Minuman khas Asia lainnya yang tidak kalah unik dan terkenal adalah Bori-cha. Ini adalah minuman khas dari Korea yang banyak diburu oleh para wisatawan asing maupun lokal, lho.

Minuman ini sekilas seperti teh pada umumnya. Namun, teh pada minuman ini ternyata terbuat dari gandum panggang atau barley. Maka dari itu, cita rasa dari Bori-cha berbeda dari minuman teh lainnya.

Di Korea, Bori-cha adalah salah satu minuman pengganti air putih. Jadi, meskipun memiliki rasa pahit, minuman teh ini sangat aman dikonsumsi setiap hari. Karena Bori-cha belum ada di Indonesia, tidak ada salahnya untuk menjadikan minuman khas Korea ini sebagai menu andalan dari bisnis kamu.

Meskipun kedua minuman di atas termasuk kategori teh, tetap saja keduanya memiliki cita rasa dan penyajian yang berbeda. Kamu bisa menjadikan kedua minuman di atas sebagai menu andalan.

Apalagi masyarakat Indonesia belum terlalu familiar dengan kedua minuman di atas, sehingga membuat mereka semakin penasaran untuk mencoba minuman Ryokucha dan Bori-cha ini.

6. Thai Tea, Thailand

thai tea

Sumber : Unsplash

Thailand juga memiliki minuman khas yang layak dijadikan sebagai menu pada bisnis kamu, lho. Mungkin saat ini sudah banyak kompetitor yang menjual Thai Tea. Namun, karena minuman khas Thailand satu ini masih cukup banyak penikmatnya, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Thai Tea sebagai menu andalan dari bisnis minuman khas Asia yang kamu jalankan.

Baca Juga:  15 Minuman Khas Amerika Latin yang Menyegarkan dan Nikmat 

Dalam pembuatannya, Thai Tea hanya menggunakan bahan sederhana seperti teh, susu, biji asam, dan topping lainnya. Minuman ini bisa dinikmati dalam dua pilihan yaitu panas dan dingin. Tapi kebanyakan anak-anak muda menikmati minuman khas Thailand ini dengan campuran es batu agar lebih segar.

Agar berbeda dari kompetitor, kamu bisa menambahkan varian topping pada Thai Tea. Tentu saja ini akan jadi daya tarik tersendiri bagi pembeli dengan banyaknya topping yang bisa mereka pilih sebagai pelengkapnya.

7. Air Mata Kucing, Malaysia

air mata kucing

Sumber : Gateway.id

Air Mata Kucing merupakan minuman khas dari Malaysia. Meskipun menggunakan nama Air Mata Kucing, minuman ini bukan berasal dari air mata kucing melainkan dari buah kelengkeng.

Masyarakat Malaysia menyebut buah kelengkeng dengan sebutan mata kucing. Sebab, buah ini memiliki bentuk seperti mata kucing. Jadi, Air Mata Kucing adalah minuman khas Malaysia yang menggunakan campuran buah kelengkeng yang sudah kering.

Selain kelengkeng, minuman ini juga menggunakan buah melon, buah Buddha, dan gula batu. Semua bahan kemudian direbus di atas api arang yang menyala. Campuran tersebut akan menimbulkan cita rasa yang enak di tenggorokan.

Air Mata Kucing ini ternyata sangat berkhasiat untuk bantu menurunkan panas dalam, mengurangi batuk, hingga membuat tubuh jadi bugar kembali. Selain menyegarkan, Air Mata Kucing juga sangat menyehatkan.

8. Masala Chai Tea, India

masala chai tea

Sumber : naturallynidhi

Minuman khas Asia berikutnya yang bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis minuman di Indonesia adalah Masala Chai Tea yang berasal dari India. Minuman khas satu ini menggunakan bahan utama berupa teh hitam yang kaya akan khasiatnya.

Selain teh hitam, dalam proses pembuatannya, teh khas India ini juga menggunakan bahan tambahan seperti kayu manis, jahe, lada, kapulaga hijau, cengkeh, susu panas, dan lainnya. Perpaduan seluruh bahan-bahan ini akan menimbulkan rasa unik di lidah.

Dengan rasa yang unik dan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, Masala Chai Tea jadi salah satu minuman khas Asia yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Apalagi teh khas India ini belum cukup populer di Indonesia, sheingga persaingan antar kompetitor pun tidak begitu sengit.

Baca Juga:  Es Cendol Dawet: Resep dan Cara Membuatnya Untuk Berbisnis

Baca Juga: 4 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Teh yang Menguntungkan

Bisnis Minuman Khas Asia Masih Terbuka Lebar

Jika melihat dari bisnis minuman saat ini, khusus untuk minuman khas Asia masih jarang atau bahkan sangat sedikit keberadaannya. Sebab, bisnis minuman yang sedang menjamur di Indonesia saat ini adalah minuman kekinian seperti boba.

Hal ini tentu saja jadi angin segar buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis minuman khas dari Asia. Dengan kompetitor yang sedikit, maka kamu tidak perlu takut untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tidak perlu menjual seluruh minuman khas dari negara-negara di Asia. Kamu bisa memilih beberapa minuman yang enak dan berpotensi menarik calon pembeli. Misalnya beberapa jenis kopi seperti Kopi Joss dari Indonesia, Kopi Cino dari Singapura, dan Oliang dari Thailand.

Selain menu kopi, kamu juga bisa menghadirkan jenis minuman lain seperti Thai Tea dari Thailand, Air Mata Kucing dari Malaysia, Ryokucha dari Jepang, dan Bori-cha dari Korea.

Berhasil atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan nantinya tergantung dengan strategi pemasaran yang kamu lakukan. Jika strategi tersebut berhasil, maka tanpa menunggu waktu lama kamu bisa mengembalikan modal bahkan berkali lipat.

Tapi ingat, sebelum menjalankan bisnis, kamu harus melakukan survei pasar terlebih dahulu, ya. Serta jangan lupa untuk memilih lokasi yang strategis yang berada di pusat keramaian.

Demikianlah artikel seputar minuman khas Asia yang bisa dijadikan sebagai tren bisnis minuman baru di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan emas ini, ya. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis minuman dan makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.