Peluang Usaha Franchise Minuman Chatime, Seberapa Menjanjikan?

4 min read

Franchise Minuman Chatime

Franchise minuman Chatime cukup populer dan menggiurkan bagi para pebisnis. Yup, menjadi salah satu jenis minuman kekinian yang sangat populer, tidak heran jika Chatime memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan franchise minuman Chatime ini, let’s scroll down!

Mengenal Franchise Minuman Chatime

Chatime adalah salah satu jenis minuman kekinian yang cukup populer. Minuman ini cukup banyak diminati oleh anak-anak muda karena memiliki rasa dan topping yang enak di lidah.

Franchise minuman Chatime resmi diluncurkan pada tahun 2005 silam di Taiwan. Kemudian di tahun 2006, brand minuman ini dipasarkan secara global dengan sistem waralaba atau biasa disebut dengan franchise. Nah, gerai waralaba pertama Chatime selain di Taiwan adalah di California, Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, Chatime masuk ke Indonesia, tepatnya di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang. Di Indonesia, lisensi brand Chatime berada di tangan PT Food Beverages Indonesia, sebuah perusahaan di bawah naungan Grup Kawan Lama Sejahtera, lho.

Dengan lisensi ini, PT Food Beverages Indonesia memiliki ijin penuh untuk membuka atau menutup gerai Chatime yang ada di Indonesia. Hingga tahun 2020, total ada 275 gerai Chatime di seluruh Indonesia. Biasanya lokasinya berada di dalam pusat perbelanjaan.

Sebagai pelopor minuman kekinian, franchise minuman Chatime memiliki banyak pilihan menu dengan topping yang beragam. Nah, keberagaman menu serta topping inilah yang membuat minuman kekinian ini menarik perhatian para konsumen. Soal rasa, Chatime menghadirkan pilihan mulai dari manis, segar, hingga asam. Bahkan rasa tersebut bisa kamu atur sendiri sesuai dengan selera, lho.


Harga Franchise Minuman Chatime

Kesuksesan Chatime di Indonesia tentu saja membuat para pebisnis tergiur ingin membuka gerai Chatime. Namun, sayangnya PT Food Beverages Indonesia tidak membuka peluang bisnis franchise minuman Chatime. Jadi, buat kamu yang memiliki impian untuk membuka gerai Chatime harus mengubur impian tersebut dan berlapang dada.

Tetapi jika ingin membuka gerai Chatime di luar Indonesia, kamu masih memiliki kesempatan, lho. Kira-kira berapa sih harga franchise minuman kekinian ini? Jika melansir dari franchisesamerica, untuk membuka gerai dalam bentuk kafe, dine in maupun compact, berikut harga yang harus kamu bayar:

  • Investments: Mulai dari US$ 150.000 sampai US$ 160.000
  • Minimum Cash: Sekitar US$ 50.000
  • Net Worth: Sekitar US$ 98.000
Baca Juga:  Bisnis Minuman Kekinian Masih Menjanjikan, Ini Ide dan Tips Suksesnya

Nah, biaya di atas belum termasuk dengan biaya operasional lainnya seperti sewa lokasi dan gaji pegawai. Tentu saja biaya sewa lokasi dan gaji pegawai tidak sedikit apalagi lokasinya berada di luar Indonesia.


Syarat dan Ketentuan Menjalankan Franchise Chatime

Karena PT Food Beverages Indonesia tidak membuka bisnis waralaba Chatime, otomatis tidak ada informasi mengenai syarat dan ketentuan untuk menjalankan franchise minuman Chatime.

Tapi tenang saja, biasanya syarat dan ketentuan untuk menjalankan franchise tidak jauh-jauh dari pemilihan lokasi yang strategis, desain dan konsep yang sudah ditetapkan oleh pemegang lisensi, daya listrik, dan daya tampung pembeli. Ini merupakan syarat dan ketentuan yang paling umum.

Karena tidak semua bisnis memiliki kesamaan, otomatis setiap bisnis waralaba memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Biasanya ini merupakan syarat dan ketentuan yang sifatnya khusus.


Peluang Keuntungan Usaha Franchise Minuman Chatime

Soal peluang usaha, sebenarnya franchise minuman Chatime memiliki peluang keuntungan yang sangat menjanjikan. Sebab, hingga sampai saat ini Chatime masih jadi salah satu minuman kekinian favorit para pecinta kuliner, khususnya anak muda.

Hal ini juga ditandai dengan 275 gerai Chatime yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah familiar dengan minuman kekinian asal Taiwan ini. Bahkan total gerai ini juga menandakan jika Chatime mampu bersaing dengan minuman kekinian lainnya di sektor bisnis kuliner.

Meskipun memiliki peluang keuntungan yang sangat menjanjikan, tetap saja kamu tidak bisa membuka gerai Chatime dengan mengikuti waralaba. Sebab, PT Food Beverages Indonesia selaku pemegang lisensi Chatime Indonesia tidak membuka bisnis franchise.


Tips Sukses Bisnis Franchise Minuman Chatime

Meskipun kamu tidak bisa membuka gerai Chatime, setidaknya kamu harus mempelajari tips sukses bisnis franchise minuman Chatime ini, lho. Di mana tips-tips tersebut nantinya bisa menjadi bekal kamu untuk membuka bisnis minuman kekinian lainnya. Lantas, apa saja tips sukses dari bisnis Chatime?

Berikut tips bisnis franchise Chatime:

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi memang akan menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan. Nah, inilah yang dilakukan oleh PT Food Beverages Indonesia yang selektif memilih lokasi untuk membuka gerai Chatime.

Baca Juga:  Rekomendasi Franchise Boba Murah dan Terlaris! Kamu Harus Tahu!

Sadar atau tidak, Chatime sering berada di dalam pusat perbelanjaan atau pusat keramaian. Lokasi yang sangat ramai tentu mempermudah Chatime menjalankan strategi marketing mereka.

Apalagi jika lokasi tersebut adalah pusat perbelanjaan yang tidak pernah sepi pengunjung. Karena lelah berbelanja, otomatis para pengunjung akan mencari gerai minuman. Nah, di sinilah peran Chatime yang seolah-olah hadir untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang kehausan.

2. Varian Menu yang Ditawarkan

Salah satu yang menarik dari Chatime adalah varian menu yang mereka tawarkan. Jika ditotal, Chatime memiliki kurang lebih 50 varian rasa untuk para pembeli. Sedangkan untuk topping-nya, Chatime memiliki 9 jenis topping yang bisa dipilih oleh pembeli untuk ditambahkan pada minuman.

Hadirnya varian menu maupun rasa yang beragam tentu saja menjadi kelebihan dari Chatime untuk menarik pembeli lebih banyak lagi. Apalagi dengan jenis topping beraneka ragam semakin membuat minuman kekinian ini mendapat tempat di hati pelanggannya.

Kelebihan dari Chatime tidak hanya itu saja, lho. Minuman yang identik dengan bubble tea ini juga customizable. Artinya, para pembeli bisa menentukan jenis minuman, topping, takaran gula, hingga banyaknya es di dalamnya. Jadi, kepuasan pembeli semakin bertambah dengan adanya customizable ini.

3. Promo yang Menarik

Tips sukses terakhir dari bisnis franchise minuman Chatime adalah promosi yang selalu mereka lakukan. Meskipun sudah memiliki banyak pelanggan, Chatime berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka dengan cara memberikan promo yang menarik.

Beberapa promo yang sering ditawarkan oleh Chatime adalah buy 1 get 1 free, potongan harga dengan menggunakan metode pembayaran tertentu, hingga harga spesial di hari tertentu atau ketika ada menu baru.

Promo menarik ini tidak hanya bisa mempertahankan pelanggan, tetapi juga bisa menarik pembeli baru dalam jumlah yang banyak. Rata-rata promo menarik ini sukses dan membuat Chatime semakin populer, lho.

Jadi, buat kamu yang ingin membuka bisnis minuman, jangan lupa untuk menghadirkan promo yang menarik dan variatif agar menarik pembeli dalam jumlah yang banyak. Promo ini harus kamu lakukan secara rutin, sebab ini merupakan salah satu bagian penting dalam strategi marketing. Jangan lupa untuk memberikan batas waktu promo ya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Usaha Franchise Minuman Teh Menguntungkan

Chatime Merupakan Pelopor Minuman Kekinian yang Menguntungkan

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2011 silam, Chatime meraih kesuksesan yang tidak tertandingi di sektor bisnis minuman kekinian. Bahkan Chatime jadi pelopor minuman kekinian di Indonesia. Hingga sampai saat ini total ada 275 gerai Chatime yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Sayangnya bisnis minuman kekinian satu ini tidak membuka franchise atau waralaba. Artinya, seluruh gerai Chatime yang ada di Indonesia hanya bisa dibuka dan ditutup oleh PT Food Beverages Indonesia selaku pemilik lisensi Chatime di Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin membuka gerai Chatime harus mengubur impian kamu.

Namun, kamu masih bisa membuka gerai Chatime di luar Indonesia dengan membeli franchise Chatime internasional. Tapi ini akan sangat sulit jika kamu baru merintis usaha.

Pemilihan lokasi yang strategis, varian menu serta topping yang beragam, adanya customizable, dan promo menarik adalah kunci suksesnya minuman kekinian satu ini. Bahkan meskipun sudah banyak minuman kekinian lainnya yang bermunculan, Chatime tidak mengalami penurunan pada pelanggannya, lho.

Nah, demikianlah artikel seputar peluang usaha franchise minuman Chatime di Indonesia. Kamu tidak perlu berkecil hati sebab ada banyak minuman kekinian lainnya yang bisa kamu beli dan jalankan sendiri dengan berbekal tips sukses dari bisnis Chatime di atas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buka usaha minuman kekinian secepatnya!


Temukan berbagai rekomendasi bisnis minuman kekinian dan franchise minuman lainnya hanya di fnbprenereur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.