Franchise Fremilt: Syarat, Harga, dan Cara Daftarnya

5 min read

Franchise Fremilt - Syarat, Harga, dan Cara Daftarnya

Bisnis franchise atau waralaba merupakan salah satu skema bisnis yang cukup populer di Indonesia. Banyak para pengusaha yang bekerja sama dengan para pemilik bisnis atau pemberi izin sehingga suatu jenama tersebut semakin meluas pemasarannya. Salah satu bisnis franchise yang cukup ternama di bidang F&B adalah franchise Fremilt. 

Simak selengkapnya mengenai franchise Fremilt di bawah ini!

Apa itu Fremilt?

Melansir dari situs resmi, Fremilt adalah pelopor dari sebuah bisnis franchise yang menyediakan produk minuman thai tea di Indonesia. Bisnis franchise ini lahir di Kota Solo pada tahun 2015 dan kini sudah meluas ke berbagai kota di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Jalan Ceplok 2, Purwosari, Laweyan.

Meskipun produk unggulannya adalah thai tea, Fremilt juga menyediakan produk minuman lainnya seperti minuman kopi dan teh lainnya. Apalagi saat ini, thai tea juga merupakan salah satu minuman kekinian yang banyak digemari masyarakat. Tak heran bila keuntungannya cukup terjamin.

Dengan banyaknya peminat produk minuman Fremilt, terhitung sekitar lebih dari 700 franchisee sudah tersebar di 32 kota di Indonesia. Pengusaha dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta cukup mendominasi bisnis minuman Fremilt tersebut. Meskipun demikian, Fremilt bahkan sudah mencapai pulau Papua, NTT, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi. 

Awalnya konsep dari waralaba Fremilt berada di pinggir jalan. Tetapi, kini mereka juga mulai menawarkan paket kemitraan khusus untuk gerai yang berada di kios atau ruko. Jadi, konsep awalnya memang khusus untuk produk minuman yang berada di pinggir jalan (outdoor) namun kini sudah merambah di dalam ruko maupun kios (indoor)

Mengenal Produk dan Harga Fremilt

Produk minuman yang Fremilt tawarkan lebih dari 10 varian. Tanggal 4 September 2020, Fremilt meluncurkan tujuh varian baru. Salah satunya adalah varian rasa Boba Brown Sugar. Terlepas dari itu semua, Fremilt berkomitmen untuk selalu menyajikan produk thai tea premium yang dapat disajikan panas ataupun dingin.

Berikut adalah daftar varian yang Fremilt tawarkan:

  1. Original Thai Tea
  2. Thai Green Tea
  3. Black Tea
  4. Thai Coffee
  5. Taro
  6. Thai Cocoa
  7. Kopi Tarik
  8. Red Velvet
  9. Black Choco
  10. Choco Banana
  11. Cookies & Oreo
  12. Kopi Tarik Hazelnut
  13. Coffee Latte
  14. Kopi Tarik Caramel
  15. Pure Green Tea
  16. Black Coffee
  17. Boba Brown Sugar

Fremilt juga menyediakan beragam topping yang dapat ditambahkan pada minuman, yaitu:

  1. Tapioka Pearl
  2. Topping Bubble
  3. Popping Boba
  4. Grass Jelly
  5. Rainbow Jelly
  6. Chocolate Pudding
  7. Vanilla Pudding
  8. Pandan Pudding
  9. Egg Pudding
  10. Red Beans
  11. Aloevera
  12. Regal
  13. Corn Flakes
  14. Cheese Foam

Dari segi harga, setiap franchise memiliki sedikit perbedaan karena manajemen memberikan para pemilik bisnis keleluasaan untuk menyesuaikan kemampuan beli konsumen dengan harga jual produk. Manajemen utama merekomendasikan harga jual produknya berada pada kisaran angka 9 ribu sampai dengan 15 ribu rupiah setiap produknya. 

Baca Juga:  Franchise SS, Spesial Sambal: Syarat, Cara Daftar, Harga dan Tipsnya

Uniknya lagi, pemilik bisnis juga dapat menambahkan menu makanan di samping menentukan harga jual. Khusus untuk menambahkan menu, pemilik bisnis harus mendapatkan persetujuan dari manajemen terlebih dahulu agar terkoordinasi.

Syarat dan Ketentuan Menjalani Franchise Fremilt

Kalau kamu belum memiliki pengalaman bisnis dan mencari bisnis franchise dengan modal yang tidak terlalu besar, maka kamu bisa memulainya bersama dengan Fremilt. Jenama yang satu ini menawarkan sistem kerja sama yang mudah dan meringankanmu dalam menjalankan bisnis.

Syarat agar bisa bekerja sama dengan Fremilt adalah sebagai berikut:

  1. Harus memahami risiko bisnis.
  2. Memiliki modal yang cukup.
  3. Selalu membeli bahan baku dari pusat.
  4. Memiliki tekad dan siap menjadi entrepreneur yang sukses.
  5. Bersedia menaati perjanjian dan peraturan dalam surat kontrak.
  6. Siap untuk meluangkan waktu terjun mengawasi perkembangan bisnis.

Kemudian, untuk menjadi mitra Fremilt kamu harus mempersiapkan lokasi strategis (minimal 2 x 1,5 meter), karyawan, freezer es batu atau cold box storage, serta mesin kasir atau nota rangkap dua. Semua hal tersebut perlu mitra persiapkan terlebih dahulu sebelum mendapatkan fasilitas dan perlengkapan yang diperoleh. 

Cara Daftar Fremilt

Untuk bisa bergabung dan memulai usaha minuman Fremilt, kamu bisa membaca dulu persyaratan dan memilih paket franchise yang kamu akan kamu ambil. Perlu diingat bahwa kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan lokasi untuk gerai Fremilt. Berikut adalah pilihan paket franchise Fremilt:

1. Red Booth (Rp 17,5 Juta)

Paket franchise Red Booth menyediakan booth eksklusif berwarna merah dan berkualitas premium. Bahan material yang dipakai untuk membuat booth atau gerobaknya tersebut cukup kokoh. Tak hanya bahannya, tetapi desain booth-nya juga cukup kekinian. Contohnya dengan adanya neon box dan lampu edison yang mempercantik booth.

Kamu bisa mendapatkan paket ini hanya dengan 17,5 juta rupiah saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan full perkakas serta bahan baku sehingga booth langsung siap untuk berjualan.

2. White Booth (Rp 14,5 Juta)

Sesuai namanya, paket White Booth menyediakan booth berwarna putih. Booth ini tidak memiliki atap, neon box, maupun lampu edison. Booth putih ini memiliki desain minimalis dan cukup fancy sehingga menarik minat masyarakat. Ukuran booth-nya juga sama, yakni 2 x 1 meter.

Untuk mendapatkan paket yang lebih moderate ini, kamu cukup mengeluarkan 14,5 juta rupiah saja. Fasilitas dan perlengkapan yang kamu peroleh kurang lebih sama seperti paket Red Booth hanya saja yang berbeda adalah desain booth-nya.

3. Tanpa Booth (Rp 9,5 Juta)

Paket tanpa booth akan memberikanmu semua kebutuhan untuk berjualan tanpa adanya booth. Namun, beberapa perlengkapan tidak akan kamu peroleh, yaitu tabung gas 3kg, ember, dan galon 19 liter. Sisanya sama seperti paket franchise Fremilt lainnya.

Nah, setelah kamu mempertimbangkan opsi yang kamu butuhkan kamu bisa menghubungi tim marketing dari Fremilt. Berikut nomornya:

  • Untuk kamu yang berada di luar Jawa: 081-2297-2262
  • Untuk kamu yang berada di pulau Jawa: 0852-8155-7775
Baca Juga:  Apa itu Franchise? Pengertian, Tips, dan Keunggulannya (Lengkap)

Setelah kamu menghubungi tim marketing hal selanjutnya adalah:

  • Melakukan survei lokasi dan membayar DP. 
  • Setelah proses konstruksi selesai (maksimal 3 minggu) kamu akan melakukan negosiasi kamu akan mengisi dan menandatangani perjanjian kontrak (MoU).
  • Kemudian melakukan pelunasan ke nomor rekening yang sudah tim marketing informasikan. Perlu diingat biaya pengiriman booth biasanya ditanggung oleh mitra.

Mitra harus menyediakan karyawan sendiri dan mengikuti training wajib terlebih dahulu ke Kantor Pusat di Kota Solo. Tetapi, kamu juga bisa mendatangkan pelatih dengan biaya akomodasi ditanggung olehmu. Jika semuanya sudah selesai, kamu sudah siap berjualan.

Kelebihan Fremilt

Di Indonesia, bisnis franchise thai tea cukup beredar banyak sehingga banyak kompetitornya. Meskipun demikian, Fremilt memiliki keunggulan yang dapat menguntungkanmu. Berikut adalah kelebihan atau alasan mengapa harus memilih bekerja sama dengan Fremilt.

1. Kualitas Premium

Untuk mendapatkan perhatian banyak pembeli, produk minuman harus memiliki kualitas tinggi. Bahan baku untuk produk minuman Fremilt semuanya berkualitas premium. Dengan begitu, maka kamu tak perlu takut untuk bersaing dengan kompetitor. 

2. Keuntungan yang Besar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika kamu bermitra dengan Fremilt maka kamu dapat mengatur sendiri harga jual produk minuman. Selain itu, bahan baku dari Fremilt sendiri terhitung murah. Tak heran bila jenama Fremilt dapat menjadikan usaha produk minuman ini menguntungkan para mitranya. 

3. Profesional dan Terpercaya

Fremilt terbentuk dari orang-orang yang berpengalaman di dunia franchise thai tea. Oleh karena itu, tim Fremilt dapat membantu para mitranya dengan tim profesional dalam menjalankan usahanya. Selain itu, franchise Fremilt juga sangat dapat dipercaya oleh para mitranya karena sudah tujuh tahun mengembangkan bisnisnya.

4. Tanpa Royalti

Alasan terakhir mengapa Fremilt dapat menguntungkanmu karena model bisnisnya tidak mengharuskan adanya pembayaran royalti pada mitranya. Jadi, keuntungan 100% menjadi milik mitra yang bergabung dengan franchise minuman kekinian tersebut.

Peluang Keuntungan Usaha Franchise Fremilt

Tahukah kamu bahwa Fremilt juga memberikanmu perhitungan atas ROI atau Return of Investment yang bisa menjadi patokan dalam berjualan. Berikut contohnya:

Skenarionya kamu mengambil paket franchise tanpa booth, artinya kamu mengeluarkan biaya sekitar 9,5 juta rupiah. Biaya yang kamu keluarkan tersebut adalah investasi awalmu. Berikut rincian perhitungannya.

Investasi awal Rp. 9.500.000
Estimasi penjualan
(100 cup per hari @Rp10.000)
Rp. 30.000.000
Pembelian bahan baku
(Rp 6.000 per cup)
Rp. 18.000.000
LABA KOTOR Rp. 12.000.000
Gaji karyawan 2 orang perbulan Rp. 2.000.000
Sewa lokasi per bulan Rp. 1.000.000
Operasional lainnya
(listrik, air, kebersihan)
Rp.1.000.000
BIAYA OPERASIONAL Rp. 4.000.000
LABA BERSIH

(LABA KOTOR – BIAYA OPERASIONAL)

Rp. 8.000.000

Seperti yang kamu lihat di atas, Fremilt tidak hanya menawarkan soal konsep atau skema bisnis. Tetapi, mereka juga memberikan bukti nyata dengan memperlihatkan hasil perhitungan ROI. Dari total perhitungan tersebut, BEP atau Break Even Point sekitar 1-2 bulan saja. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan hasil franchise tersebut.

Selain memperhatikan peluang keuntungan dari perhitungan ROI, kamu juga harus tahu bahwa kamu dapat berjualan dengan nyaman karena Fremilt akan menyediakan bahan baku dan stok yang aman untuk semua mitranya. Sehingga, tak akan ada kejadian bahan baku habis atau tak tersedia.

Tips Sukses Bisnis Franchise Fremilt

Setelah kamu memahami syarat, cara daftar, keunggulan, serta peluang keuntungan, kini saatnya kamu memahami tips apa saja agar sukses bisnis franchise minuman dengan mutu premium ini.

1. Kenali Target Konsumen

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah mengenali target konsumen atau perilaku konsumen. Katakanlah bahwa targetmu adalah para mahasiswa dari daerah x. Dengan begitu, kamu akan tahu kapan mereka biasanya keluar untuk membeli minuman atau bahkan tahu cara promosi yang tepat untuk menarik perhatian pembeli.

2. Survei Lokasi yang Strategis

Setelah kamu memahami siapa target konsumen, maka kamu akan melakukan survei lokasi yang sering didatangi atau dilewati oleh para target konsumen. Selain itu, pastikan biaya sewa tempat masih sesuai dengan pengeluaranmu. Setelah survei lokasi yang strategis terlebih dahulu, baru kamu mulai menempatkan usaha minuman Fremilt.

3. Siapkan Karyawan yang Antusias Belajar

Tips terakhir adalah siapkan karyawan yang mau belajar dengan antusias. Mengingat pembuatan minuman di Fremilt berawal dari para profesional, maka dimanapun cabangnya rasanya harus sama seperti yang diracik oleh profesional. Baik itu mendatangkan pelatih atau mengirim karyawan latihan ke Solo sesuai dengan SOP.

Oleh karena itu, ada baiknya menyiapkan karyawan yang mau belajar dengan pelatih dengan sungguh-sungguh. Alangkah baiknya kamu sebagai pemilik bisnis juga untuk mengikuti pelatihan tersebut sebagai bekal. Tips ini bertujuan untuk mempertahankan rasa otentik dari Fremilt.

Kesimpulan

Nah, itu dia serba-serbi franchise Fremilt buat kamu yang ingin memulai bisnis dan mendapatkan passive income melalui skema bisnis kerja sama atau bermitra. Investasi awal yang kamu butuhkan-pun cukup murah daripada biaya paket franchise kompetitor lainya. Fremilt juga memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar bisnis kuliner, franchise minuman, resep makanan maupun minuman, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.