Manfaat Buah Jambu Kristal yang Penting Bagi Tubuh

3 min read

manfaat jambu kristal

Banyak sekali jenis buah-buahan yang tersebar di Indonesia. Dari sekian banyaknya jenis buah, tentunya memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satunya jambu kristal, selain menyegarkan juga bermanfaat. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa manfaat buah jambu kristal untuk tubuh.


Manfaat Buah Jambu Kristal

Terdapat beberapa manfaat bagi tubuh yang perlu kamu ketahui dari mengkonsumsi jambu kristal, antara lain:

1. Mencegah Susah Buah Air Besar

Manfaat yang pertama, yaitu dapat mencegah susah buang air besar untuk anak-anak hingga dewasa. Para orang tua yang khawatir dengan kondisi anak atau anggota keluarganya yang sering mengalami sembelit, sering-seringlah memberikan hidangan jambu kristal. Bisa memakannya langsung atau menjadikannya jus. 

Kenapa jambu kristal bisa mencegah sembelit? Karena terdapat kandungan serat yang tinggi. Dengan begitu, akan memperlancar proses pencernaan dan membuat kotoran lebih lembut dan besar. Sehingga, ketika buang air besar, akan lancar dan kamu tidak perlu khawatir lagi.

2. Mengobati Flu dan Batuk Berdahak

Manfaat buah jambu kristal bagi tubuh selanjutnya, yaitu dapat mengobati gejala flu dan batuk berdahak. Keluhan di tubuh yang menyerang saluran pernapasan seperti ini sering membuat tidak nyaman. Kamu yang ingin mengobatinya, namun tidak ingin mengkonsumsi obat, dapat memanfaatkan buah jambu kristal ini.

Batuk berdahak disebabkan penumpukan lendir di tenggorokan, sehingga membuat tidak nyaman. Dari mengkonsumsi jambu kristal, nantinya bisa mengurangi lendir yang ada di tenggorokan. Kemudian, jambu kristal sendiri memiliki kemampuan dalam mencegah atau menghambat aktivitas kuman penyebab flu dan bantuk.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, yaitu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata kamu. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk melihat sekitar dan membantu berjalan. Sehingga, perlu menjaganya agar tetap sehat sampai usia tua. Maka dari itu, kamu bisa melakukannya dengan memakan jambu kristal secara rutin.

Baca Juga:  Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Food and Beverage

Manfaat buah jambu kristal untuk kesehatan mata, bagi kebanyakan orang mungkin belum mengetahuinya dan umumnya hanya tahu wortel saja. Padahal, jambu kristal juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup sama, seperti wortel. Sehingga,  dengan mengkonsumsinya, bisa merawat mata dan terhindar dari masalah rabun. 

4. Mencegah Diare

Sebelumnya, buah jambu kristal berguna untuk memperlancar buang air besar. Perlu kamu ketahui, bahwa buah ini juga bisa mengobati diare. Banyak sekali masalah yang sering terjadi, seperti buang air besar yang tidak normal dengan rasa sakit. Bisa saja hal tersebut merupakan gejala dari penyakit diare.

Salah satu alternatif dalam mengobatinya secara alami adalah dengan memakan buah jambu kristal. Dari yang kita ketahui sebelumnya, bahwa jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi dan senyawa astringents. Senyawa tersebut berfungsi sebagai pembasmi bakteri atau kuman penyebab diare. 

5. Mencegah Serangan Virus dan Infeksi

Manfaat buah jambu kristal berikutnya yang berguna bagi tubuh, yaitu dapat mencegah serangan virus dan infeksi. Tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan virus atau bakteri pastinya memerlukan sesuatu penangkalnya. 

Maka dari adanya jambu kristal ini, bisa kamu makan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena buah jambu kristal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup bagi tubuh. 

Kandungan tersebut nantinya akan berfungsi mencegah virus masuk, peradangan, dan infeksi. Supaya manfaatnya bisa kamu rasakan, sebaiknya mengkonsumsinya secara teratur. 

6. Mengobati Sariawan

Setiap orang, terutama kamu pastinya pernah mengalami sariawan yang sangat mengganggu ketika makan. Sariawan atau stomatitis aphtosa sendiri bisa muncul biasanya karena ada bagian mulut atau lidah yang tergigit atau infeksi. Sehingga, sakit sariawan bisa datang kapan saja dan kamu perlu mengatasi rasa sakit itu.

Baca Juga:  Nama Usaha Makanan Islami Beserta Artinya, Cocok Untuk Bisnis!

Terdapat manfaat buah jambu kristal sebagai alternatif pengobatan sariawan. Kandungan vitamin C pada jambu kristal memungkinkan untuk mencegah hingga mengobati sariawan. Meskipun tidak langsung terlihat hasilnya, namun dipercaya buah ini efektif dalam penyembuhan sariawan. 

7. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa saja terjadi kepada banyak orang. Adapun ciri-ciri orang yang mengalami anemia, seperti mudah lelah, lambat beraktifitas, dan sering tidak fokus. Sehingga, ketika mengalami hal tersebut, kita selalu khawatir dan memilih jalan keluar mengkonsumsi obat-obatan. 

Namun, ada cara alami yang bisa kamu lakukan, yaitu memakan buah jambu kristal. Selain vitamin yang terkandung di dalamnya, terdapat juga zat besi yang bisa mencegah terjadinya anemia. 

Nantinya, zat besi yang terkandung akan memproduksi hemoglobin dan merangsang pertumbuhan dan penyebaran sel darah merah. 

8. Menyehatkan Tulang

Salah satu manfaat buah jambu kristal yang bisa kamu dapatkan, yaitu mampu menyehatkan tulang. Kamu mungkin akan heran kenapa buah bisa menyehatkan tulang. Dalam menyehatkan tulang kita, tidak hanya satu cara dengan mengkonsumsi susu, namun dengan buah-buahan seperti jambu kristal ini pun bisa. 

Kemudian, pada umumnya, susu memang mengandung kalsium yang berguna menyehatkan tulang. Namun, siapa sangka bahwa jambu kristal yang menyegarkan ini memiliki kandungan kalsium di dalamnya seperti susu. Maka dari itu, kamu bisa memberikan buah ini pada orang tua atau anak-anak untuk merawat tulang mereka. 

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari mengkonsumsi buah jambu kristal ternyata dapat menurunkan berat badan. Sehingga, sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan proses diet sehat. Mungkin lebih sering mendengar hanya buah alpukat  yang orang konsumsi untuk diet, tetapi masih ada buah lainnya seperti jambu kristal. 

Terdapat beberapa kandungan di dalamnya untuk membantu proses diet. Misalnya, kandungan karbohidrat dan potasium yang akan mengurangi rasa lapar. Kemudian, ada kandungan serat dan protein yang akan membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu terpaku pada satu buah untuk melakukan diet.

Baca Juga:  Pentingnya Box Delivery untuk Mengantar Makanan dengan Baik

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik tentunya sangat penting, agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Maka dari itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buah jambu kristal akan meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga agar tetap fit

11. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah jambu kristal yang terakhir, yaitu sangat baik bagi ibu hamil. Dalam keadaan mengandung, seorang ibu pastinya ingin mengkonsumsi makanan yang bergizi bagi si buah hati. Maka dari itu, salah satu makanan atau buah-buahan yang bisa menjadi pilihan ibu hamil adalah jambu kristal. 

Jambu kristal sendiri mengandung nutrisi yang cukup dan berguna bagi si buah hati. Kemudian, terdapat juga asam folat yang jangan sampai terlewatkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Asam folat tersebut akan berguna dalam menjaga perkembangan si bayi agar terhindar dari cacat saraf dan cacat otak.


Sudah Tahu Manfaat Jambu Kristal Bagi Tubuh?

Dengan demikian, terdapat beberapa manfaat bagi tubuh ketika kamu mengkonsumsi buah jambu kristal secara rutin seperti penjelasan di atas. Adapun beberapa cara untuk mengkonsumsi buah ini bisa dengan memakannya langsung, menjadikan jus, atau menyajikannya dalam bentuk sup buah jambu kristal. 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.