13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia, Wajib Coba!

4 min read

13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia

Sejak dulu, banyak masyarakat Indonesia dari berbagai daerah mengolah buah-buahan menjadi makanan yang nikmat, contohnya adalah kelapa. Kreasi makanan olahan kelapa paling banyak kamu temukan dalam wujud jajanan tradisional. Berikut ini berbagai jenis makanan dari kelapa yang wajib kamu coba jika menemukannya.

13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Kelapa umumnya dijadikan campuran dalam beberapa makanan olahan tertentu. Biasanya, makanan olahan dari kelapa ini bersifat tradisional dan melegenda di Indonesia, apa saja itu? Yuk simak ulasan dibawah ini, dijamin bikin ngiler!

1. Pancong

pancong, makanan olahan kelapa khas betawi

Sumber: Unsplash

Pancong adalah jajanan tradisional berbahan dasar kelapa khas Betawi yang terkenal karena rasanya begitu gurih. Kue pancong terbuat dari campuran air, tepung beras, santan kelapa, dan parutan kelapa yang dimasak menggunakan cetakan setengah lingkaran. 

Setelah matang, makanan dari kelapa ini biasanya diberi taburan gula atau topping kekinian misalnya meses atau keju agar rasanya semakin nikmat.

2. Gemblong

gemblong

Sumber : Pixabay

Makanan olahan kelapa yang populer di kalangan orang Betawi, Sunda, dan Jawa ini punya tampilan yang menggiurkan. 

Sebab, Gemblong yang merupakan adonan goreng berbahan tepung beras ketan putih, margarin, santan, dan parutan kelapa dengan bentuk bulat ini akan terlapisi gula merah cair sesaat setelah matang. 

Hal inilah yang membuat gemblong selalu beraroma harum lalu renyah di luar tapi lembut di dalam dengan rasa gurih dan manis yang berpadu sempurna.

3. Rangi, Makanan Olahan Kelapa Dengan Nama Lain Bandros

rangi

Sumber : flickr.com

Sekilas, kue rangi terlihat mirip dengan kue pancong. Tapi yang membedakan di antara keduanya adalah penggunaan tepung sagu pada rangi, sedangkan pancong menggunakan tepung beras. 

Baca Juga:  12 Jenis Keju Paling Enak di Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Selain itu, rangi lebih otentik daripada pancong karena penyajiannya bersama gula merah cair dan potongan nangka, alih-alih gula pasir. Sayangnya, makanan olahan kelapa ini sudah sangat jarang bisa kamu temukan di kota-kota besar Pulau Jawa. 

Jika kamu menemukannya, maka tak ada salahnya untuk mencobanya karena selain enak, biasanya kue rangi punya harga murah.

4. Sagon

sagon, makanan olahan kelapa terkenal

Sumber : Cookpad.com

Sagon merupakan salah satu makanan dari kelapa yang tergolong legendaris di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan kue jadul berbahan dasar tepung beras ketan, margarin, gula, dan pastinya parutan kelapa ini akan banyak kamu temukan di acara besar masyarakat Jawa Tengah dan lebaran. 

Siapapun yang mencicipinya pasti akan terhipnotis dengan aromanya yang sangat harum, rasa manis dan gurih yang balance, dan teksturnya yang lembut walaupun tampilannya terkesan keras dan padat.

5. Wingko Babat

wingko babat

Sumber : flickr.com

Jika kamu berkunjung ke Kota Lamongan, wajib banget untuk mencicipi atau membeli makanan dari kelapa muda parut ini sebagai oleh-oleh. Selain kelapa, jajanan ini terbuat dari tepung beras ketan dan gula pasir yang membuat wingko bertekstur padat tapi empuk dengan rasa manis legit. 

Wingko babat identik dengan bentuknya yang bulat pipih dan berwarna coklat keemasan hasil dari cara memasaknya yang unik, yaitu dengan cara bakar atau panggang.

6. Putu

makanan olahan kelapa yang mudah dijumpai: putu

Sumber : flickr.com

Kue putu adalah makanan olahan kelapa yang mana kelapa parutnya ada dalam bahan campuran sekaligus condiment taburan. 

Kue ini tergolong jajanan tradisional unik karena cara masaknya yang dikukus dalam batang bambu seukuran jari orang dewasa. Alasannya adalah agar putu lebih harum, empuk, dan gurih. 

Bahan dasar untuk membuat putu adalah tepung ketan, kelapa parut, dan sedikit garam. Adonan putu selanjutnya dimasukkan ke dalam batang bambu hingga setengah penuh, lalu tambahkan potongan gula merah, lalu batang bambu diisi kembali dengan adonan beras ketan.

7. Dange

dange

Sumber : Kurio.id

Bagi kamu yang besar dan tinggal di Sulawesi Selatan, pasti tak asing dengan dange. Dange adalah makanan dari kelapa khas masyarakat Bugis yang cara masaknya dikukus dan ada yang dibakar seperti wingko babat. 

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

Kudapan ini terbuat dari campuran tepung ketan hitam, gula merah, dan kelapa parut. Rasa gurih bertemu dengan manis dari gula merah yang meleleh di mulut. Sering kali dange ada di setiap acara keluarga atau acara besar warga Makassar.

8. Geplak

geplak

Sumber : WowKeren.com

Hal menarik pertama dari makanan olahan kelapa khas Yogyakarta ini adalah warna dan bentuknya. Yap, geplak terkenal karena bentuknya yang bulat tak simetris dan tiga warna khasnya, yaitu putih, hijau, dan merah muda. 

Untuk bahan utama pembuatan geplak terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula pasir (atau pakai gula merah). Banyak wisatawan luar Yogyakarta menyukai geplak karena selain enak manis-gurih, geplak awet hingga berbulan-bulan dengan syarat tersimpan dalam wadah rapat.

9. Kembang Gula Kelapa

kembang gula kelapa

Sumber : Youtube.com

Definisi makanan dari kelapa ini sepertinya sudah jelas tercermin dari namanya. Jajanan khas Jawa Timur ini berbahan dasar utama parutan lebar kelapa muda, gula pasir, sedikit tepung tapioka, dan pewarna makanan yang nantinya kamu bentuk seperti bunga. 

Karena itulah kembang gula kelapa memiliki visual yang cantik dan bercita rasa manis dan gurih. Namun, sayangnya kembang gula kelapa semakin sulit kamu jumpai karena semakin sedikitnya orang yang memproduksi dan menjualnya.

Kali ini, bahan kelapa juga bisa dijadikan bahan isian/luaran makanan tertentu, artinya bukan sebagai bahan utama namun hanya komponen pelengkap saja, antara lain:

10. Klepon, Makanan Olahan Kelapa Paling Terkenal

klepon, makanan olahan kelapa paling terkenal

Sumber : flickr.com

Walau bahan kelapa tidak tercampur ke dalam adonan utama, klepon tetap masuk ke dalam daftar makanan dari kelapa yang wajib kamu cicipi. Bahan dasarnya pun terbilang sederhana, yaitu tepung ketan, air pandan atau pewarna makanan hijau, air, dan gula merah. 

Dengan teksturnya yang kenyal dan rasa manis dari isian gula merah membuat siapapun pasti ketagihan untuk terus memakannya. Supaya tak cepat bosan dengan rasa manis, inilah peran penting kelapa yang membaluti luar klepon supaya klepon juga punya rasa gurih.

Baca Juga:  12 Menu Nasi Padang Sederhana dan Paling Enak yang Harus Dicoba

Baca Juga: Bisnis Produk Olahan Kelapa yang Wajib Dicoba

11. Dadar Gulung

dadar gulung

Sumber : flickr.com

Dadar gulung adalah makanan olahan kelapa yang tak boleh terlewatkan dalam artikel ini. Sebab, jajanan pasar ini sangat lezat dengan tekstur lembut yang masih bisa kamu temukan di toko jajanan pasar. 

Adonan kulitnya merupakan campuran tepung terigu, santan, telur, sedikit garam, dan larutan pewarna hijau. Lalu adonan kulit tadi digulung bersama isian parutan kelapa yang diberi gula merah cair.

12. Kue Bugis

kue bugis, makanan dari kelapa khas betawi

Sumber : flickr.com

Kue bugis yang kami bahas pada artikel ini adalah makanan olahan kelapa yang berasal dari Betawi, bukan kue bugis asal Makassar ya. Jajanan tradisional yang punya nama lain kue mendut terbuat dari tepung beras ketan dan pewarna hijau (bisa sari daun pandan, daun suji, atau pewarna makanan). 

Lalu adonan kamu beri isian enten atau campuran kelapa muda parut dan gula merah cair. Berbeda dengan jajanan lain dalam daftar ini, kue bugis dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga menambah aroma khas yang harum semerbak serta bertekstur kenyal.

13. Papare

papare

Sumber : Cookpad.com

Makanan dari kelapa terakhir datang dari jajanan khas Banjarmasin, papare namanya. Sebagian orang Banjar lainnya menyebut papare dengan nama papari atau wadai pare. Asal usul namanya pun cukup unik karena nama papare terinspirasi dari bentuknya yang mirip sayur pare. 

Kalau soal rasa, papare identik dengan rasa manis legit dari unti atau campuran parutan kelapa dan larutan gula merah dan teksturnya yang kenyal karena adonan luarnya terbuat dari tepung ketan.

Makanan Olahan Kelapa Mana Favorit Kamu?

Berbagai makanan olahan kelapa di atas mencerminkan keberagaman kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan hasil bumi khas tanah Indonesia. 

Sesuai fakta di atas, ada beberapa jenis jajanan yang sudah susah kamu dapatkan. Maka dari itu, selagi ada yang menjualnya, jangan lupa untuk membelinya ya karena semua makanan dari kelapa ini terjamin nikmat. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan maupun minuman hanya di fnbpreneur.id.