Bisnis Makanan Online: Ide dan Tips Sukses untuk Pemula

2 min read

Bisnis Makanan Online

Bisnis makanan online menjadi salah satu bisnis yang banyak dipilih karena makanan merupakan kebutuhan setiap manusia. Namun, tidak semua jenis makanan bisa kamu jual secara online. Ada beberapa ketentuan yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jenis usaha ini.

Penasaran? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Apa itu Bisnis Makanan Online?

Bisnis makanan online adalah usaha yang produk jualannya berupa makanan yang dijual secara online. Media yang kamu gunakan untuk menjual makanan beragam, bisa dengan media sosial, website, hingga marketplace. Platform yang penjual pilih untuk memasarkan produk sangat fleksibel, tergantung kebutuhan dan target konsumen.

Tidak semua makanan bisa kamu jual secara online. Ada beberapa syarat dan kondisi yang perlu kamu perhatikan. Misalnya, makanan yang mudah basi tidak bisa kamu jual ke wilayah yang jauh dengan jangkauan karena pengirimannya membutuhkan waktu beberapa hari.

Oleh karena itu, biasanya usaha makanan online berupa makanan kemasan, makanan kering, atau jenis makanan awet lainnya.


Ide Bisnis Makanan Online Populer

Berikut adalah beberapa ide makanan yang saat ini sedang populer:

1. Seblak Instan

Tak banyak orang tahu bahwa seblak bisa dibuat menjadi makanan instan. Bahan pembuatannya mayoritas adalah bahan kering sehingga cukup mudah untuk mengubah seblak menjadi makanan instan.

Baca Juga:  11 Makanan Khas Sumatera yang Enak dan Melegenda!

Seblak instan bisa menjadi ladang bisnis makanan online jika kamu telaten untuk mengerjakannya.

2. Berbagai Jenis Keripik

Keripik sudah pasti masuk ke dalam list usaha makanan online yang mudah dalam penyimpanan karena ia cukup awet. Namun, beberapa keripik yang mudah remuk perlu diperhatikan cara pengemasannya agar bisa sampai pada konsumen dalam kondisi yang baik.

Biasanya keripik akan dikemas dengan kardus dan bubble wrap untuk menjaga bentuknya.

3. Makanan Kemasan

Makanan kemasan adalah produk makanan yang paling mudah untuk kamu pasarkan secara online. Hal ini karena produsen makanan kemasan sengaja menambahkan pengawet agar jenis makanan ini bisa tahan lama.

Ada berbagai jenis makanan kemasan yang bisa kamu jual. Biasanya makanan kemasan yang sulit konsumen temukan di sekitar mereka, akan mereka cari secara online. Untuk itu, pilihlah produk makanan kemasan yang unik dan tidak banyak tersebar di pasaran.

4. Kue Kering

Bisnis kue kering sudah tak asing lagi bagi kita semua. Ia awet, pengemasannya juga tidak terlalu sulit. Sayangnya, bisnis kue kering online mungkin hanya ramai pada waktu tertentu saja, misalnya saat lebaran dan natal. Namun, dalam kurun waktu yang sebentar tersebut, kamu bisa mendapatkan untung yang melimpah.

5. Frozen Food

Banyak orang ingin hidup praktis, untuk itu terciptalah frozen food atau makanan beku. Jenis makanan ini awet dan tahan lama, tetapi harus disimpan di dalam lemari es. Namun, kamu tak perlu khawatir dalam proses pengirimannya karena frozen food juga bisa tahan beberapa hari dalam suhu ruang tergantung jenisnya.


Tips Sukses Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Berikut adalah beberapa tips penting dalam bisnis online makanan:

Baca Juga:  8 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba

1. Membuat Perencanaan yang Matang

Sebelum memulai bisnis makanan online, sebaiknya kamu membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu siap menghadapi berbagai tantangan yang akan kamu terima dalam proses pengembangan usahamu.

Perencanaan ini mencakup semua hal mulai dari produk apa yang akan kamu jual, dimana kamu menjualnya, hingga apa yang akan kamu lakukan jika konsumen minta refund atas barang yang ia beli, dan lain sebagainya.

2. Memastikan Menggunakan Cara Pengemasan yang Tepat

Tidak seperti benda mati lainnya, makanan memang membutuhkan cara pengemasan khusus untuk menghindari perubahan warna dan rasa makanan. Tips bisnis makanan online yang satu ini bisa kamu pelajari dengan membaca banyak informasi atau dengan trial and error. Dengan begitu, kamu bisa memahami karakteristik makanan yang kamu jual.

3. Buat Promosi yang Menarik

Apa yang membuat konsumen mau membeli produk kita? Tentu saja promosi menarik! Kamu perlu mempelajari berbagai tips-tips promosi yang bisa menarik banyak pelanggan.

Promosi sangat penting kamu lakukan di awal untuk mendapatkan banyak pembeli baru. Nanti ketika bisnismu mulai stabil, kamu bisa mengubah promo sesuai dengan karakteristik pelangganmu.


Sudah Siap Memulai Bisnis Makanan Online?

Nah, setelah membaca artikel di atas kini kamu telah mendapatkan banyak insight baru mengenai cara memulai bisnis online khususnya makanan. Memang ada banyak hal yang harus kamu pikirkan sebelum memulai bisnis, tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai beban. Jika kamu menyukai bisnis, kegiatan ini pasti akan sangat menyenangkan!

Menjual sesuatu yang kita gemari menjadikan kita lebih bersemangat. Untuk itu, pada awal masa berjualan, kamu bisa memilih produk-produk yang kamu sukai. Ketika bisnis makanan online milikmu mulai berkembang, kamu bisa menambahkan produk lain sebagai variasi. Selamat berbisnis!

Baca Juga:  5 Makanan Khas Sumedang yang Perlu Kamu Coba

Temukan berbagai inspirasi makanan kekinian lainnya serta tips untuk kembangkan bisnis makanan dan minuman kamu hanya di fnbprenereur.id