Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Food and Beverage

3 min read

Jenis Kemasan Makanan

Jenis Kemasan Makanan – Kemasan makan adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memulai bisnis terutama di bidang food and beverage. Ada berbagai jenis kemasan makanan yang bisa kamu gunakan untuk mengemas produk yang kamu jual. Salah satu yang mungkin sering kamu temui adalah rice box.

Seberapa pentingkah kemasan makanan? Gampangnya, jika kamu ingin membeli suatu makanan dan melihat kemasan makanan tersebut bagus, layak dan rapi, tentu akan lebih menarik minatmu untuk membeli makanan tersebut. Sebaliknya, jika kemasannya tidak bagus maka daya tarik makanan tersebut akan menurun.

Artinya, kemasan makanan dapat kamu gunakan untuk menarik minat calon konsumen agar mau membeli produk milikimu. Kemasan makanan juga dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan nilai jual, image serta branding bisnis kuliner milikmu.

Selain dari daya tarik, kemasan makanan juga sangat penting untuk menjaga kualitas dan kehigienisan suatu makanan. Kemasan pada makanan berfungsi untuk menjaga makanan dari debu, kotoran dan serangga yang ada di luar, sehingga makanan tetap bersih sampai konsumen menyantapnya.


4 Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner

Ada berbagai jenis kemasan makanan yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan dalam memilih kemasan mana yang cocok untuk mengemas produk makanan bisnismu. Setiap jenisnya tentu memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Berikut adalah 4 jenis kemasan makanan.

1. Bowl

Jenis kemasan makanan yang pertama adalah bowl atau paper bowl. Sesuai namanya, kemasan bowl memiliki bentuk mangkok sehingga banyak pebisnis kuliner yang menggunakannya karena mereka merasa bahwa kemasan bowl adalah kemasan yang ringkas, mudah dicari dan murah.

Paper bowl sangat cocok digunakan untuk mengemas makanan berkuah walaupun banyak juga makanan non kuah yang menggunakan kemasan jenis ini seperti rice bowl.

Baca Juga:  3 Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Minuman Agar Tetap Cuan

Paper bowl juga dapat memberikan banyak opsi untuk para pebisnis kuliner. Kamu dapat memodifikasi paper bowl untuk menambah nilai kegunaan maupun branding. Kamu bisa memberikan logo bisnismu di kemasan ini agar brand milikmu semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan penutup untuk konsumen yang ingin membawa pulang makanannya sehingga kebersihan makanan tetap terjaga.

Kemasan bowl ini terbuat dari kertas sehingga cukup ramah lingkungan jika dibandingkan dengan plastik yang tidak dapat terurai sehingga dapat meninggalkan limbah. Walaupun terbuat dari kertas, kemasan ini tidak akan bocor apabila digunakan untuk mengemas makanan berkuah sehingga makanan akan tetap aman.

2. Rice Box

Jenis Kemasan Makanan Rice Box

Jenis kemasan makanan berikutnya adalah rice box atau food pail. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis yang satu ini karena saat ini rice box sudah sangat populer di Indonesia dan banyak sekali dipakai oleh berbagai bisnis kuliner. Kemasan ini juga terbilang cukup ringkas namun dapat menampung porsi makan yang banyak.

Food pail dapat kamu gunakan sebagai wadah dengan produk nasi atau bisa juga untuk mie. Hanya saja, kemasan ini tidak bisa digunakan untuk makanan yang memiliki kuah yang banyak karena bahannya yang dibuat dari kertas namun tidak sekokoh paper bowl.

Sama halnya dengan paper bowl, food pail juga dapat kamu modifikasi dengan mengatur warna dari boxnya, menambahkan logo sebagai untuk menaikkan branding dan identitas perusahaan atau kamu juga bisa menambahkan sendok atau sumpit untuk memudahkan konsumen ketika menyantap makanan di dalamnya.

3. Paper Box

Jenis Kemasan Makanan Paper Box

Dari segi bentuk, paper box hampir mirip dengan food pail hanya saja food pail didesain dengan box yang tinggi, sedangkan paper box tidak tinggi namun melebar. Paper box memiliki bentuk yang cukup simpel dan ringkas sehingga dapat memudahkan konsumen ketika ingin menyantap makanannya.

Pada kemasan paper box, terdapat lapisan yang berguna untuk menahan minyak atau air agar tidak bocor. Namun, lapisan tersebut tidak bisa menahan cairan dalam jumlah yang banyak sehingga jenis kemasan makanan ini kurang cocok jika dipakai untuk tempat makanan dengan kuah yang banyak.

Baca Juga:  7 Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Kulinermu

Kertas yang digunakan yang membuat paper box adalah kertas yang cukup tebak sehingga kemasan ini cukup kokoh dan cocok untuk kamu jadikan sebagai kemasan makanan seperti nasi goreng, mie goreng, atau makanan dengan sedikit kuah lainnya.

4. Bento Box

Jenis Kemasan Makanan Bento Box

Jenis kemasan makanan yang satu ini sedikit berbeda dari jenis lainnya. Jika sebelumnya beberapa kemasan di atas memiliki desain yang simpel dan hanya memiliki satu ruangan saja, bento box memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki lebih dari satu ruangan atau memiliki sekat pembatas.

Sekat pada bento box berguna untuk memisahkan antara makanan satu dengan makanan lainnya atau dengan kata lain, bento box dapat memuat berbagai macam makanan tanpa membuat makanan tersebut tercampur dengan makanan lainnya.

Kemasan bento box ini biasa digunakan oleh pebisnis catering makanan sehingga mereka dapat memisahkan tempat untuk nasi, lauk, buah dan lainnya. Kemasan ini juga sering dipakai oleh resto jepang untuk mengemas makanan yang konsumen pesan untuk dibawa pulang.

Dari segi tampilan, jenis kemasan makanan ini memang terlihat lebih mahal atau berkelas jika kamu bandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Sesuai dengan tampilan dan kualitasnya, bento box memang memiliki harga yang lebih mahal dari pada beberapa kemasan sebelumnya. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkannya dengan matang.


Tips Memilih Kemasan Makanan yang Tepat

Selain memilih jenis kemasan makanan sesuai dengan kebutuhan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ini agar kamu tidak salah dalam memilih kemasan makanan. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih kemasan makanan.

1. Bahan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memilih kemasan ialah pastikan kemasan yang kamu pilih terbuat dari bahan yang food grade. Selain itu, pastikan juga kemasan yang kamu pilih tidak mudah rusak atau penyok dan akan lebih bagus lagi jika memilih kemasan yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Baca Juga:  Tips Sukses Usaha Pre Order Makanan Online, Pasti Laris!

2. Kegunaan

Selanjutnya, hal yang tak kalah penting yang harus kamu perhatikan adalah kegunaan. Pastikan kemasan yang kamu pilih memiliki kegunaan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya, jika kamu membutuhkan kemasan untuk makanan berkuah seperti bakso, kamu bisa memilih kemasan jenis bowl.

3. Bentuk dan Ukuran

Pastikan juga kamu memilih bentuk dan ukuran kemasan yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan sampai ketika kamu sudah membeli kemasan dalam jumlah banyak untuk bisnis kulinermu, ternyata ukuran kemasan tidak sesuai dengan produkmu. Hal tersebut bisa membuat kamu rugi.


Sekarang, jenis kemasan makanan mana yang menurutmu cocok untuk bisnis kulinermu?

Setiap kemasan memiliki kelebihan, bentuk, dan kegunaannya masing-masing. Pastikan kamu sudah memahaminya sehingga ketika kamu memilih kemasan mana yang cocok untuk produk di bisnismu, kamu tidak akan salah dalam memilih kemasan. Pilihlah kemasan makanan sesuai dengan apa yang butuhkan.


Temukan berbagai tips menarik untuk kembangkan bisnis makanan dan minuman kamu hanya di fnbprenereur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.