10 Makanan Khas Brazil yang Sangat Lezat dan Populer

5 min read

makanan khas brazil yang lezat dan populer

Brazil merupakan negara yang memiliki warisan multikultural yang beragam. Dimulai dari budaya, makanan khas brazil dan masih banyak hal lainnya. Hal ini dihasilkan karena Brazil telah menjadi koloni Portugis dan juga menerima para penjajah untuk datang ke negaranya. 

Karena warisan ini, Brazil memiliki masakan yang luas dan kaya dengan beragam rasa yang berasal dari tanah subur yang mekar dengan bahan-bahan paling eksotis.

Masakan adalah seni mencampur banyak bahan berbeda untuk mendapatkan hidangan tunggal yang harmonis. Dan tidak mengherankan jika orang Brazil sangat sukses dalam seni memadukan berbagai hal untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.


Makanan Khas Brazil Paling Lezat

Penasaran kan seperti apa makanan khas brazil yang cukup populer dan wajib kalian nikmati? Simak beberapa makanan khasnya dibawah ini ya!

1. Feijoada

feijoada

Makanan khas Brazil yang pertama adalah Feijoada. Feijoada merupakan hidangan yang terdiri dari kacang hitam yang dimasak perlahan dalam panci dengan potongan daging, kebanyakan menggunakan daging babi, hingga kuahnya yang kental dan memiliki rasa yang kuat.

Secara tradisional disajikan dengan nasi putih, kubis rebus, irisan jeruk mentah, dan farofa yang renyah. Feijoada ini berasal dari negara bagian Pernambuco dan kemudian dipopulerkan di negara bagian Rio De Janeiro. 

Karena kelezatannya, Feijoada dinobatkan sebagai makanan Brazil  yang belum terkalahkan sampai sekarang ini. Oleh karena itu, makanan ini disajikan saat pertemuan keluarga khusus dan juga disajikan di hampir setiap restoran pada Jumat sore.

Kelezatan Feijoada tentunya berasal dari keahlian memasak orang Afrika yang menggunakan potongan daging babi, telinga, kaki, ekornya kemudian direbus dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma memikat yang dapat tercium dari jarak bermil-mil.

Saat ini, sebagian besar restoran menyajikan Feijoada dengan potongan daging yang lebih halus. Tetapi jika kamu menjelajah lebih banyak, kamu masih dapat menemukan feijoada tradisional dengan segala macam bentuk daging yang aneh di dalamnya. 

Sebagai contoh, kamu pasti akan terkejut melihat kuping babi yang mengambang diatas rebusan Feijoada. Bagaimana, Apakah kamu tertarik mencoba makanan khas brazil yang satu ini?

2. Brigadeiro

brigadeiro

Makanan khas Brazil yang satu ini merupakan makanan ringan atau dessert yang wajib kamu coba ketika mengunjungi negara Brazil.  Brigadeiro adalah bonbon Brazil yang sangat sederhana seukuran bola golf, terbuat dari susu kental, bubuk coklat, dan mentega. 

Rahasia Brigadeiro yang memiliki citarasa sempurna adalah mengaduk adonan tanpa henti di atas api kecil selama kurang lebih 30 menit hingga cukup kental untuk digulung menjadi bulatan kecil yang akhirnya ditutup dengan taburan coklat atau meses.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Makanan dan Cara Membuatnya

Jika Kamu membuatnya dengan benar, Brigadeiro itu sangat manis, tetapi bukan jenis manis yang berlebihan, ya. Namun brigadeiro hadir dengan kesempurnaan dan perpaduan yang pas. 

Dalam pembuatannya pun sangat berhati hati hingga mendapatkan manis yang pas. Sehingga setelah puluhan potong, kamu akhirnya menyadari bahwa mungkin ada baiknya untuk berhenti, apalagi jika kamu masih dalam program diet. Ups!

3. Pão de Queijo

pao de queijo

Makanan khas Brazil ini merupakan makanan yang paling terkenal yang disajikan di luar negeri. Karena banyak sekali orang yang menyukai makanan ini, maka Pão de Queijo sangat laris di pasaran. Pão de Queijo menggebrak bisnis makanan ringan dunia dan itu pun masih belum mencapai potensi maksimalnya.

Jika diterjemahkan, makanan ini disebut juga roti keju. Tapi, Pão de Queijo tidak mengandung gandum. Adonannya terbuat dari tepung ubi kayu yang renyah, sangat pas dipadukan dengan bagian dalamnya yang licin dan kenyal yang merupakan keju yang lembek dan halus. Cara terbaik untuk makan Pão de Queijo ketika sedang panas – panasnya atau saat baru saja keluar dari oven.

4. Carne de Sol

carne de sol

Carne de Sol adalah sepotong daging sapi yang sangat asin yang biasanya melewati proses penjemuran selama beberapa hari. Hal ini awalnya merupakan sebagai metode pengawetan makanan. 

Prosesnya sangat mirip dengan masyarakat terdahulu, yaitu penjajah Portugis untuk mengawetkan ikan kod mereka dan teknik ini kemungkinan berasal dari mereka.

Bahkan dengan munculnya kulkas atau freezer di abad ke-20, orang tidak berhenti memproduksi Carne de Sol dengan cara tradisional. Dengan cara ini, dipercaya rasa khusus dari dagingnya lebih keluar. 

Makanan khas Brazil ini biasanya dapat kamu sajikan dengan bawang bombay. Rasa dagingnya yang kuat dan tajam membuatnya menjadi sajian populer di Brazil. 

5. Tapioca

tapioca

Makanan khas Brazil satu ini sudah ada sejak dahulu. Kata Tapioca sendiri berasal dari Tupi, suku asli yang berasal dari wilayah utara Brazil. Tapioca adalah adonan putih yang terbuat dari tanaman ubi kayu. 

Penyajian tapioca seperti krep dengan isian yang bervariasi seperti keju, ham, selai buah, cokelat, atau bahkan daging.

Tapioca tidak memiliki banyak rasa, tetapi itu dapat dengan mudah kamu atasi. Saat ini banyak isian kreatif yang dapat kamu coba membuat citarasa yang baru. Karakteristik utama yang menjadikan Tapioca sebagai makanan pokok Brazil, selain manfaat kesehatannya, adalah konsistensinya yang unik dan rasa yang sangat lezat. 

Tapioca biasanya akan kamu temui di sebagian besar hotel Brazil untuk sarapan, tetapi Tapioca juga dapat Kamu temui di warung Tapioca kecil di sekitar kota Brazil sepanjang hari. Maka dari itu kamu dapat memperhatikan, Jika warung Tapioca memiliki antrian yang panjang, maka itulah yang terenak dan recommended untuk kamu coba.

Baca Juga:  Makanan Khas Tegal yang Harus Kamu Coba!

6. Açai

Acai

Açai adalah makanan khas Brazil dengan kandungan vitamin yang luar biasa. Ini adalah hidangan favorit setelah aktivitas intensitas tinggi seperti pergi ke gym, menghabiskan hari di pantai, atau bermain sepak bola.

Teksturnya bisa bervariasi, bisa berwujud menyerupai minuman atau seperti makanan yang dapat kamu makan dengan sendok. Açai biasanya berisikan potongan pisang dan granola sehingga menjadi makanan berenergi tinggi. 

Makanan ini memiliki banyak kalori hingga 1.000 kalori. Açai adalah makanan yang segar dan dapat kamu nikmati ketika sedang lelah karena beraktivitas. Namun, Açai memiliki rasa pahit yang mungkin terlalu banyak untuk kamu yang baru mencobanya jika tanpa menambahkan sedikit gula.

7. Pamonha

pamonha

Makanan khas negara Brazil selanjutnya adalah Pamonha. Pamonha adalah hidangan unik yang tidak ada di tempat lain selain Brazil. Bisa dan biasa tersaji dengan rasa gurih atau manis. Makanan ini terbuat dari jagung parut segar, dicampur dengan susu, dan garam atau gula. 

Cara membuatnya cukup mudah, adonan hanya mengikuti cetakan dan akan terlipat dalam kulit jagung itu sendiri. Setelah itu kamu akan memasaknya dalam air mendidih sampai memiliki konsistensi seperti puding yang padat tetapi sangat halus.

Sekarang sudah umum untuk menambahkan isian yang lebih kompleks seperti sosis atau keju untuk rasa yang lebih baik. Sebagian besar akan kamu temukan selama Festa Junina Brazil atau festival yang merayakan awal musim dingin. 

Tetapi tenang, jika tidak menemukannya dalam festival itu, kamu dapat membelinya kapanpun di supermarket di Brazil, biasanya produk Pamonha yang ada di supermarket merupakan makanan beku.

8. Churrasco de Picanha

churrasco de picanha

Makanan khas Brazil kali ini datang dari Wilayah selatan Brazil. Wilayah selatan Brazil ini merupakan penghasil potongan daging yang halus dengan Picanha sebagai unggulannya. Churrasco de Picanha adalah potongan dari otot pantat sapi yang mengandung banyak lemak.

Oleh karena itu, Picanha dipanggang dengan lemaknya sendiri sehingga membuatnya tetap lembab dan lezat. Picanha berbumbu dengan garam kasar yang memunculkan rasa yang gurih, kenyal dan sangat nikmat. 

Jika kamu adalah penggemar barbeque, tidak ada kemungkinan kamu tidak suka dan tidak menikmati potongan Picanha yang sangat enak ini. Jadi sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka makan-makanan berque.

9. Escondidinho de carne

Escondidinho de carne

Escondidinho de Carne merupakan makanan khas negara brazil yang terdiri dari ubi tumbuk dalam jumlah besar, serta dicampur dengan kentang tumbuk.

Hidangan Brazil ini menunjukkan betapa lembutnya rasa ubi jalar tumbuk dengan tambahan keju mozzarella untuk hasil yang lebih creamy. Namun, sebenarnya bintang dari hidangan ini adalah daging. Daging yang “tersembunyi” ada pada tengah hidangan dan sudah terancang khusus untuk mengejutkan lidah. Pastinya bikin ngiler!

Baca Juga:  10 Inspirasi Olahan Dada Ayam untuk Menu Katering Sehat

10. Cachorro Quente (Hot Dog)

Cachorro Quente (Hot Dog)

Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri, Hot Dog? Tentunya saja Hot Dog bukan makanan khas negara Brazil. Tetapi tidak ada cara untuk berbicara tentang makanan paling populer di Brazil tanpa berbicara tentang hot dog.

Di Brazil, Kamu dapat menemukan kedai hot dog di setiap sudut kota. Apa yang membuat hot dog Brazil berbeda dari hot dog di belahan dunia lainnya? Hal yang membuatnya berbeda adalah penambahan jagung, sedikit penambahan dengan kentang, bumbu lezat rahasia dan saus diatasnya.

Di setiap kedai setidaknya ada lima saus yang berbeda untuk dipilih. Saus yang terkenal seperti vinaigrette tradisional, terbuat dari minyak zaitun, tomat, bawang, cuka, paprika, dan garam. 

Sedangkan saus lainnya yaitu “pasta de alho”, pasta yang terbuat dari bahan yang sangat pekat seperti bawang putih dengan rasa yang sangat kuat yang disukai orang Brazil, saus putih, mawar, saus tomat dan masih banyak lagi.

Bahkan ada kota, seperti São Paulo, di mana sangat umum untuk memiliki kentang tumbuk di dalam hot dog. Karena isiannya yang lengkap, ukuran Hot Dog Brazil cenderung besar dan merepotkan kamu yang tidak terbiasa memakannya.

Itulah 10 makanan khas Brazil yang wajib kamu ketahui dan coba ketika sedang berkunjung ke negara Brazil. Dengan warisan-warisan yang ada, Brazil dapat membangun kuliner dari para pendahulunya. Sangat luar biasa, ya!


Siap Mencoba Makanan Khas Brazil?

Kecerdasan orang Brazil tidak pernah gagal untuk mengejutkan pengunjung, baik di dalam dapur maupun di berbagai belahan dunia. Kira-kira, makanan mana yang ingin kamu coba?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.