18 Rekomendasi Makanan Khas Turki yang Halal dan Terkenal

4 min read

makanan khas turki

Makanan Turki memang cukup beragam jenisnya. Sama halnya dengan Indonesia yang sangat kaya akan wisata kulinernya. 

Selain kaya akan budaya dan pemandangan indah, Turki juga memiliki banyak sekali kuliner lezat yang menjadi favorit para traveler dari seluruh penjuru dunia.


Makanan Khas Turki Halal dan Terkenal

Ada banyak sekali makanan khas Turki yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang beragama Islam tidak perlu khawatir jika ingin mencicipi beragam kudapan dari Turki ini. 

Sebab, makanan-makanan khas dari Turki berikut ini merupakan kudapan yang halal dan sangat terkenal. 

1. Kebab : Makanan Turki Paling Terkenal

kebab turki

Sepertinya memang tidak ada orang yang tidak mengenal kebab. Meskipun tidak hanya ada di Turki, akan tetapi kebab Turki ini wajib kamu coba ketika liburan ke Turki. Sebab, rasa dari kebab Turki ini berbeda dengan kebab-kebab yang ada di Indonesia. Jadi, wajib buat kamu coba kebab asli dari Turki. 

2. Simit

simit

Makanan Turki selanjutnya yang perlu dan wajib kamu coba adalah simit. Simit merupakan roti yang berbentuk bundar dengan taburan wijen putih. 

Roti ini bisa kamu akan begitu saja sebagai snack. Selain itu, kamu juga bisa menikmatinya sebagai menu sarapan dengan penambahan campuran keju, sosis, dan sebagainya. 

Di Turki sendiri, pedagang simit sangat mudah dijumpai, seperti halnya pedagang bakso dan nasi goreng yang ada di Indonesia. Roti yang tampak seperti donat ini sangat mudah kamu temukan, karena banyak sekali pedagang kaki lima yang menjualnya dengan menggunakan gerobak. 

Bahkan, ada juga pedagang keliling yang menjual simit dengan cara menumpuknya. Meski memang bentuknya hampir sama dengan donat, namun roti simit ini berbeda jauh dengan donat. 

Jika donat memiliki tekstur yang lebih lembut, maka simit kering dan lebih renyah. Pada umumnya, orang Turki akan menikmati roti simit ini dengan segelas teh atau cay dalam gelas berbentuk tulip. 

3. Baklava : Makanan Turki Untuk Pecinta Manis

baklava

Makanan khas Turki yang halal selanjutnya adalah baklava. Kue manis yang terbuat dari beberapa lapisan pastry ini sangat nikmat. 

Baca Juga:  8 Kreasi Olahan Kulit Lumpia, Cocok untuk Ide Bisnis!

Terlebih jika kamu menikmatinya selagi masih hangat bersama dengan teh Turki. Akan tetapi, kamu tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi baklava ini. 

Untuk sekali makan cukup satu dua potong saja. Sebab, kue baklava ini banyak mengandung gula. Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi baklava ini, maka kue tersebut bisa merusak kesehatanmu. 

4. Lahmacun

lahmacun

Lahmacun adalah roti tipis dan crispy yang bertabur dengan daging sapi giling dan kaya akan bumbu. Makanan ini sendiri hampir mirip dengan pizza yang menjadi makanan khas Italia. 

Isian dari lahmacun ini sendiri biasanya adalah daging cincang dan berbagai macam sayuran, mulai dari peterseli, bawang bombay, dan tomat. 

Agar lebih lezat, maka bagian tengahnya bisa kamu beri dengan beberapa topping, seperti terong bakar, daun selada, bawang bombay, daun seledri, dan acar. 

Sebelum kamu menyantapnya, kamu harus menaburinya dengan salad terlebih dahulu. 

Setelah itu, berikan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih nikmat. Cara memakannya pun biasanya dengan cara menggulungnya secara  memanjang. Bagi kamu yang suka pedas, maka bisa menaburinya dengan bubuk cabai. 

5. Borek

borek

Makanan Turki yang bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi kamu yang suka kuliner adalah borek. Borek ini merupakan salah satu jenis pastry Turki yang memiliki banyak sekali variasi. 

Ada yang isiannya adalah daging, keju, maupun sayuran. Borek juga biasanya bisa kamu jadikan sebagai makanan utama, maupun snack. 

6. Kofte

Kofte

Kofte merupakan daging sapi giling yang tersaji dengan berbagai jenis rempah-rempah, telur, remahan roti dan irisan daun peterseli. 

Daging sapi ini biasanya memiliki bulat-bulat atau memanjang. Pada umumnya, kofte ini bisa kamu panggang maupun goreng dengan menggunakan mentega. 

7. Dondurma

Dondurma

Dondurma atau ice cream Turki ini memang cukup terkenal dengan atraksinya yang kadang bisa membuat pembelinya merasa jengkel sekaligus lucu. 

Pada beberapa kota besar Indonesia, kamu sudah bisa menjumpai penjual ice cream Turki ini beserta atraksinya. 

Akan tetapi, tentunya hal ini kan sangat spesial jika kamu bisa melihat atraksi tersebut secara langsung jika berkunjung ke Turki. 

8. Pide

Pide

Makanan yang satu ini sering orang sebut juga dengan pizzanya Turki. Pide ini terbuat dari adonan tepung yang bentuknya memanjang. Selain itu, adonannya juga akan berisikan isian yang bermacam-macam, mulai dari daging, telur, ayam, dan sayuran. 

9. Menemen

Menemen

Makanan Turki yang perlu untuk kamu coba selanjutnya adalah menemen. Menemen ini merupakan sarapan tradisional yang berasal dari Turki. 

Menemen sendiri merupakan scrambled eggs yang cara masaknya bisa kamu campur dengan tomat dan bawang bombay. 

Baca Juga:  13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia, Wajib Coba!

Selain tomat, variasi lain dari menemen ini adalah telur campur keju maupun sayuran lain yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. 

10. Manti

Manti

 

Manti ini merupakan dumpling yang berasal dari Turki. Mati biasanya berisikan daging sapi dan akan tersaji dengan saus yogurt. 

Nantinya, mati ini akan disiram dengan lelehan margarin yang sudah diberi dengan paprika bubuk dan lada hitam diatasnya. 

11. Dolma : Makanan Turki yang Melegenda

Dolma

Dolma merupakan sayuran yang memiliki banyak isian. Pada umumnya, dolma berisi nasi, daging, bawang, dan lain sebagainya. 

Selain itu, dolma juga bisa kamu sajikan sebagai makanan pembuka. Namun tidak jarang juga orang yang memilih dolma sebagai sebuah camilan ketika bersantai bersama keluarga. 

12. Lokum

Lokum

Makanan Turki selanjutnya yang bisa kamu coba adalah lokum. Lokum ini merupakan jajanan kenyal dan manis yang terdiri dari banyak rasa. 

Selain cukup mudah untuk kamu temukan ketika sedang berlibur ke Turki. Ternyata lokum yang menurut bahasa internasionalnya adalah turkish delight ini juga sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. 

13. Pilav

Pilav

Pilav atau nasi Turki ini memiliki teknik pengolahan yang berbeda dari nasi yang berasal dari Indonesia dan menjadi makanan sehari-hari. 

Cara memasak pilav adalah dengan menggunakan butter, garam, dan beragam campuran lainnya. 

14. Sup Mercimek

Sup Mercimek

Soup bernama mercimek ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Turki. Sup ini terbuat dari kacang lentil berwarna kuning atau orange. 

Soup yang hangat dan nikmat ini sangat cocok jika kamu nikmati ketika udara dingin. Selain itu, sup mercimek ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk tubuh. 

15. Kokoretsi : Makanan Turki Paling Recommended

kokoretsi

Ketika kamu berkunjung ke Turki, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kokoretsi. Kokoretsi ini merupakan salah satu kuliner Turki yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

Kokoretsi atau kokorec ini merupakan salah satu makanan Turki yang terbuat dari susu domba atau kambing. Daging ini akan dililitkan dengan tujuan untuk membungkus organ dalamnya. Baru setelahnya akan dibakar. 

Usus domba yang banyak orang gunakan adalah usus domba yang masih menyusui. Sementara itu, organ dalam yang terbungkus adalah jantung, hati, ginjal, dan pankreas. 

16. Humus

Humus

Humus merupakan salad khas yang berasal dari Turki. Bahan dasar dalam pembuatan makanan Turki ini adalah kacang arab, olive oil, air perasan lemon, lada, dan garam. 

Oleh karena humus ini merupakan hidangan pembuka, maka makanan ini banyak orang yang menikmatinya bersama roti pita. 

Baca Juga:  Inspirasi Bisnis Makanan Kering Modal Minim yang Laris Manis

Langkah untuk menikmati humus adalah dengan menyobek sedikit roti pita dan cocol ke hummus. Jika kamu sudah mencobanya, maka kamu pun akan merasa ketagihan. 

17. Kumpir

Kumpir

Jika kamu berkunjung ke Turki, tentunya kamu akan banyak melihat kentang panggang yang bernama kumpir. Kumpir sendiri merupakan kentang panggang yang terbungkus dengan alumunium foil. 

Setelah kentang matang, akan dipotong menjadi dua dan diberi mentega serta keju. Beberapa pedagang kumpir juga menawarkan untuk memberikan topping sosis dan saus tomat. 

Pada umumnya, kumpir ini banyak dijajakan di tepi jalan maupun pasar malam dengan harga yang relatif terjangkau. 

18. Kunefe dan Kadayif

Kunefe

Kunefe dan kadayif ini merupakan dua varian kunafe. Kunafe sendiri merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Turki. 

Kunafe ini terbuat dari helaian adonan pastry yang ditumpuk dan diberi isian keju atau kacang. Setelah itu, kunefe ini akan disiram dengan sirup atau madu. 

Pada umumnya, kedua jenis makanan ini lebih sering ditaburi dengan kacang pistachio giling. Di Turki sendiri, kunafe ini juga sering disebut dengan kunefe. Nah, kunefe ini terbuat dari helaian kadayif yang diberi keju lunak diantara lapisannya.


Manakah Makanan Turki yang Ingin Kamu Coba?

Dengan adanya makanan Turki dan minuman khasnya ini, maka kamu tidak perlu bingung lagi untuk menikmati makanan khas Turki ini ketika sedang berada disana. 

Namun, untuk menikmati semua makanan dan minuman Turki ini, kamu tidak perlu pergi ke Turki secara langsung. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali restoran yang menyediakan makanan khas Turki. 

Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Eropa dan bisnis makanan lainnya hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.