Makanan Khas Pakistan Kaya Rempah, Rekomendasi Terbaik Untukmu!

3 min read

makanan khas pakistan

Pakistan adalah salah satu negara di wilayah Arab yang terkenal sebagai destinasi wisata mancanegara. Tidak hanya itu, kuliner asli negara Pakistan juga kabarnya luar biasa sedap! Mau tahu apa saja contoh makanan khas Pakistan yang populer di negeri itu? Bacalah artikel ini agar kamu lebih paham!

13 Makanan Khas Pakistan yang Paling Lezat

Sekilas, kuliner asli dari negeri ini tampak mirip dengan beragam makanan yang lazim kamu temukan di negara-negara Semenanjung Arab. Ternyata, kuliner tradisional yang ada di Pakistan memiliki keunikan tersendiri, yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke negara ini.

1. Haleem

Haleem

liputan6.com

Pertama, kita akan membaca tentang makanan khas Pakistan bernama haleem yang wujudnya mirip sup krim atau bubur. Hidangan ini membutuhkan bahan utama berupa beras bulgur dari Timur Tengah dan kacang lentil berwarna kuning.

Bumbu untuk memasak haleem tidak terlalu rumit; cukup saja bawang putih, bawang bombay, kaldu penyedap, dan garam. Tergantung dari resepnya, ada haleem yang menggunakan sayuran atau cabai sebagai bahan pelengkap.

2. Tikka

Tikka

kompas.com

Siapa di antara kamu yang suka kuliner dari daging ayam? Di Pakistan, ada hidangan bernama tikka yang terbuat dari daging ayam dengan bumbu saus spesial. Bahan saus tersebut kurang lebih yaitu jahe, cabai, kunyit, dan adas.

Ada dua jenis tikka yang dapat kamu temukan, pertama adalah tikka yang menyerupai chicken steak dengan kecap manis. Sementara itu, jenis tikka yang kedua ialah tikka masala dengan saus kari yang mirip chicken katsu dari Jepang.

3. Aloo Keema

Aloo Keema

youtube

Inilah makanan khas Pakistan yang banyak tersedia di negeri itu, yaitu aloo keema yang bentuknya mirip dengan lasagna. Hanya saja, hidangan ini menggunakan daging kambing cincang sebagai bahan bakunya, bukan pasta atau mie.

Baca Juga:  Deretan Makanan Khas Wonosobo, Wajib Kamu Cicipi!

Selain itu, aloo keema biasa mengandung irisan kentang rebus yang ditumbuk dan sayuran seperti wortel. Bumbunya yang tergolong sederhana, seperti garam, merica, dan bawang bombay, memberinya rasa asin dan pedas yang menggugah selera.

4. Kebab Seekh

Kebab Seekh

KFoods.com

Olahan dari daging sapi di Pakistan pun bisa kamu temukan dalam bentuk hidangan bernama seekh kebab. Meskipun demikian, makanan khas Pakistan ini tampilannya lebih menyerupai sate yang besar dan panjang, ketimbang kebab pada umumnya.

Daging sapi yang cocok untuk kebab seekh ini bisa berbentuk sosis sapi bratwurst, daging giling, atau tenderloin. Adapun bahan semisal bawang bombay, cabai hijau, dan daun ketumbar sebagai isian daging sapi sebelum kamu panggang di oven.

5. Roti Gulung

Roti Gulung

Dictio Community

Jika di Indonesia, roti gulung mempunyai topping semisal coklat meses dan keju parut, sedangkan roti gulung asal Pakistan berisi daging sapi dan ayam. Meskipun begitu, ada juga roti gulung Pakistan yang punya isian selai coklat, mayonnaise, atau susu.

Selain baking powder, tepung terigu, dan gula pasir, camilan ini butuh kulit kebab sebagai pelapisnya. Supaya adonan roti tersebut terasa lebih nikmat lagi, butuh paling sedikit 100 mililiter susu sapi sebelum dimasukkan ke oven.

6. Biryani

Nasi Biryani

id.wikipedia.org

Kalau di Arab Saudi, mereka punya hidangan nasi kebuli, sementara Pakistan punya nasi biryani. Ya, hidangan ini menggunakan beras basmati sebagai bahan bakunya, ditambah rempah-rempah seperti jahe, bumbu kari, dan bawang putih.

Bahan pelengkap yang cocok untuk nasi biryani ini adalah daging ayam goreng atau sapi panggang. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon, bawang bombay, atau tomat, agar tampak lebih sedap di mata penikmatnya.

7. Kebab Ghilafi

Kebab Ghilafi

Pexels

Pakistan memiliki bermacam-macam resep kebab yang harus kamu coba saat berwisata ke negara itu, contohnya kebab ghilafi. Makanan khas Pakistan ini mirip dengan sate dan sering tersedia pada bulan Ramadhan untuk berbuka puasa.

Baca Juga:  Makanan Khas Korea Selatan Wajib Coba, Favorit Wisatawan!

Sama seperti seekh kebab, hidangan kebab ghilafi ini terbuat dari daging sapi giling atau daging sapi cincang. Sebelum dimasukkan ke tusuk-tusuk sate, daging sapi tersebut perlu mendapat campuran rempah-rempah untuk isiannya.

8. Bubur Zafran

Bubur Zafran

Republika

Bubur zafran merupakan makanan khas Pakistan di nomor delapan, sebuah hidangan yang bahan utamanya berupa beras dan kacang-kacangan. Baik itu kacang merah, kacang kedelai, maupun kacang hijau, serta bumbu kari yang rasanya manis pedas.

Nama hidangan ini datang dari kelopak bunga zafran, sejenis flora yang hanya bisa kamu temui di negara Pakistan. Tidak hanya kacang-kacangan dan kelopak bunga zafran saja, kamu bisa menambah jagung dan kismis, supaya bubur terasa gurih.

9. Tandoori Cutlet

Tandoori

Cookpad.com

Sebenarnya, hidangan bernama tandoori ini datang dari India, namun pertukaran budaya antara India dan Pakistan menjadikannya tersebar luas di Pakistan. Kamu akan mendapati tandoori ini tersedia bersama kecap, sambal, dan mayonnaise.

Kuliner tandoori dapat kamu temukan dalam versi daging ayam dan daging ikan, beserta pelengkap berupa irisan lemon dan bawang bombay. Bumbunya cukup beragam, mulai dari paprika bubuk, cabai merah, jahe, dan bawang putih.

10. Keema Karela

Keema Karela

Cookpad.com

Bagi kamu yang menyukai sayur pare, ada makanan khas Pakistan yang juga mirip dengan kuliner vegetarian tersebut. Ia adalah keema karela, yang bahan bakunya berupa sayuran seperti tomat, buah melon, dan kacang polong.

Keema karela sebetulnya dapat kamu lengkapi dengan daging ayam atau sapi yang dipotong-potong dalam bentuk cincang. Bumbu kari pada hidangan ini memberinya rasa asin dan pedas yang bisa melawan rasa pahit pada sayurannya.

11. Kebab Mie

Kebab Mie

Cookpad.com

Di nomor sebelas, makanan khas Pakistan berikutnya adalah kebab mie, yang cukup populer bagi kamu para penggemar kuliner berbahan mie. Ketimbang kuliner lainnya di negara ini, kebab mie masih tergolong baru di kalangan pecinta kuliner.

Baca Juga:  Makanan Khas Myanmar, Wajib Coba Saat Berlibur!

Sama seperti rata-rata kebab lainnya, hidangan ini membutuhkan kulit gulung dari campuran tepung terigu, air, dan telur. Sementara itu, isian kebab mie yang paling utama adalah mie rebus, dengan tambahan seledri, tomat, telur rebus, dan ayam.

12. Khajla

Khajla

Masala TV

Tahukah kamu, bahwa ada hidangan berbahan baku bihun di negara Pakistan? Betul, dia namanya khajla, namun bentuknya bukan makanan berkuah, melainkan makanan kering yang mirip roti.

Pada bulan Ramadhan, khajla merupakan kudapan berbuka puasa yang laris manis di negeri Pakistan. Hidangan bihun panggang ini biasanya memakai bumbu-bumbu seperti gula, garam, dan sayuran, sehingga rasanya menjadi lebih lezat.

13. Samosa

Samosa

Kompas.com

Makanan khas Pakistan terakhir yaitu samosa, yang mirip dengan risoles di Indonesia, namun bentuknya segitiga. Hidangan ini sebetulnya dapat kamu katakan sebagai camilan yang cocok untuk kamu sediakan di waktu senggang.

Kulit samosa terdiri dari campuran tepung terigu dan air, yang kemudian kamu isi dengan kentang, irisan bawang, atau cabai rawit. Selain itu, jika kamu tak suka cabai rawit, gantilah dengan potongan telur rebus, keju, atau daging ayam.

Makanan Khas Pakistan Mana yang Ingin Kamu Coba?

Dan itulah pembahasan mengenai macam-macam kuliner lezat yang wajib kamu coba saat liburan ke Pakistan. Apakah kamu sudah tahu mau mencoba makanan asli Pakistan yang mana? Jangan lupa siapkan uang jajan yang cukup, supaya kamu bisa mencoba semuanya.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.