Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung, Sajian Segar Istimewa!

3 min read

cara membuat es oyen

Cara membuat es oyen ternyata sangat mudah. Tentu akan membantumu untuk melepas dahaga di rumah saat hari-hari sedang panas. Namun, ternyata belum banyak yang tahu jika minuman menyegarkan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu resep dan cara membuat es ini, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Sejarah Singkat Es Oyen

Es oyen merupakan jenis es legendaris yang berasal dari Bandung. Konon, kata “Oyen” sendiri berasal dari nama sang penjual ketika pertama kali menjajakan es ini puluhan tahun lalu.

Berada di Jalan Sukajadi Bandung, rumah makan Pak Oyen hingga kini tak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi sekarang ini bukan hanya menu es oyen saja yang bisa kamu nikmati. Ada beberapa menu es lainnya yang menarik untuk dicoba, seperti es teler, es doger, es dawet, dan lainnya.

Pak Oyen selaku sang penjual, pertama kali menjual es ini secara berkeliling dengan menggunakan gerobak pada tahun 1945. Kemudian baru pada tahun 1962, es khas Bandung mulai terkenal secara luas oleh masyarakat di berbagai daerah hingga Pak Oyen berhasil mendirikan rumah makan dengan menu serba es yang menyegarkan.

Minuman es yang sangat menyegarkan ini memang tergolong sebagai minuman dengan cita rasa khas dan unik. Apalagi cara membuat es oyen khas Bandung ini juga sangat mudah. 

Maka tidak heran, jika sekarang ini sudah banyak penjual es khas Bandung tersebut. Bukan hanya di Bandung saja, tetapi juga daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga:  Resep Ketan Susu Simpel dan Mudah, Dijamin Enak!

Namun, ada beberapa masyarakat yang menyebut bahwa kata “Oyen” pada es ini diambil dari burung perkutut sang pemilik. Katanya, burung perkutut tersebut memiliki kicauan yang terdengar mirip dengan kata “Oyen”.

Mulai sejak itulah, es yang menyegarkan ini dikenal dengan nama es oyen oleh para pelanggannya. Meski begitu, terlepas dari kisah sejarah yang berbeda, es ini memang pertama kali ada di Kota Bandung.

Dulunya, kamu hanya bisa menemukan es ini di pinggir jalan. Tepatnya di Jalan Bungsu atau yang kini berganti nama menjadi Jalan Veteran Bandung. Perlu kamu ketahui juga bahwa racikan gula yang pas serta serutan daging kelapa muda yang lembut merupakan dua faktor utama yang membuat es ini menjadi semakin istimewa.

Perbedaannya dengan Es Campur dan Es Teler

Bagi masyarakat awam, penampilan es khas Bandung ini sekilas memang mirip dengan es campur ataupun es teler. Namun, jika sudah kamu cicipi, terdapat perbedaan rasa yang cukup kentara. 

Berikut adalah perbedaan antara semua es khas Bandung yang populer yakni es oyen, es campur, dan juga es teler secara singkat.

1. Es Oyen

Es ini sekilas mirip dengan es doger. Hanya saja es yang ada pada es khas Bandung ini lebih cair daripada es doger. 

Lalu, terkait dengan isian di dalamnya, cara membuat es oyen ini memadukan isian dari es campur dan es teler dengan santan yang segar. Di beberapa tempat, es yang berasal dari Bandung ini juga kerap tersaji dengan taburan meses warna-warni yang semakin menambah cita rasanya.

2. Es Campur

Seperti namanya, es campur mempunyai berbagai macam isian yang menggugah selera. Mulai dari roti, mutiara, rumput laut, agar-agar, nangka, melon, cincau, blewah, dan masih banyak lagi. Di beberapa daerah, es campur juga menggunakan kacang merah hingga biji delima agar terasa lebih segar.

Cita rasa yang ada pada es campur memang terasa lebih beragam. Kamu akan merasakan sensasi manis, gurih, dan juga asam ketika makan es campur ini. Apalagi dengan adanya es serut menggunung yang membuatnya terasa makin segar.

Baca Juga:  Resep Sambal Khas Nusantara, Cocok untuk Peluang Usaha!

3. Es Teler

Minuman yang satu ini punya ciri khas yang terletak dari jumlah potongan alpukat yang lebih banyak ketimbang dua es sebelumnya. Es teler ini berisi kelapa muda, nangka, alpukat, sirup, santan, gula cair, dan juga es batu. Daripada dua jenis es lainnya, es teler ini hanya menggunakan sedikit susu.

Baca Juga: Menu Minuman Iced Shaken Tea Beserta Resepnya

Bagaimana Cara Membuat Es Oyen Sendiri di Rumah?

Nah, berikut ini adalah cara membuat es oyen istimewa khas Bandung yang menyegarkan.

Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan di wadah yang terpisah. Adapun bahan yang digunakan dalam cara membuat es khas Bandung ini antara lain:

  • Air gula
  • Susu kental manis
  • Kelapa muda atau bisa kamu ganti dengan Nutrijel rasa kelapa muda
  • Agar-agar sesuai selera (boleh berwarna atau tidak)
  • Air santan secukupnya
  • 1 buah alpukat ukuran sedang
  • Buah nangka yang dipotong dadu
  • Es batu
  • Sagu mutiara secukupnya

2. Siapkan Mangkuk atau Gelas

Pertama-tama, siapkan mangkuk atau gelas yang akan menjadi wadah untuk menuangkan bahan-bahan tadi. Adapun ukurannya disesuaikan dengan selera.

3. Masukkan Sagu Mutiara 

Selanjutnya, kamu bisa masukkan sagu mutiara dengan takaran sesuai selera masing-masing.

4. Masukkan Buah Nangka

Kemudian, cara membuat es oyen berikutnya adalah memasukkan buah nangka yang sudah dipotong dadu secukupnya.

5. Tambahkan Kelapa Muda

Setelah itu, masukkan kelapa muda sesuai selera. Kamu bisa menggunakan kelapa muda asli. Namun, jika tidak ada, bisa diganti dengan Nutrijel rasa kelapa muda yang dipotong menyerupai daging kelapa muda.

6. Tuang Agar-Agar 

Selanjutnya, masukkan agar-agar yang sudah kamu potong dadu secukupnya. Kamu bisa menggunakan agar-agar dengan berbagai macam warna, ya. Akan tetapi, disarankan tidak menggunakan agar-agar yang memiliki rasa.

7. Potong dan Masukkan Buah Alpukat

Jika sudah, tuangkan buah alpukat yang sudah dikerok kecil-kecil mirip seperti potongan daging kelapa muda.

Baca Juga:  Cara Membuat Ketupat Lebaran Sederhana dan Mudah

8. Tuangkan Air Gula

Apabila semua bahan sudah dimasukkan ke dalam mangkuk atau gelas, kamu bisa langsung menuangkan 4 sendok air gula. Adapun takaran tersebut sebenarnya kamu sesuaikan sendiri dengan selera masing-masing. Jika ingin cita rasa yang lebih manis, maka kamu bisa menambahkan air gula tersebut.

9. Masukkan Es

Lalu, masukkan es batu sesuai selera. Tentu saja es oyen khas Bandung ini akan lebih nikmat jika menggunakan banyak es batu.

10. Tuang Air Santan ke Mangkuk

Masukkan air santan hingga mangkuk atau gelas tersebut penuh.

11. Tambahkan Susu Kental Manis

Terakhir, masukkan susu kental manis agar es khas Bandung yang kamu buat ini semakin terasa manis. Kamu bisa masukkan susu kental manis sesuai selera. 

Setelah semua tahap pembuatannya selesai, es khas Bandung ini pun sudah siap kamu sajikan.

Yuk, Coba Cara Membuat Es Oyen Istimewa di Rumah!

Nah, itu dia cara membuat minuman khas Bandung ini.

Pastikan untuk membuat lebih ya, agar keluargamu di rumah juga bisa ikut menikmati.

Jadi, selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.