Menu Minuman Iced Shaken Tea yang Mudah Dibuat, Cocok untuk Usaha!

4 min read

iced shaken tea

Iced shaken tea adalah minuman yang menyegarkan.

Kamu bisa coba membuka usaha iced shaken tea yang lebih banyak diminati.

Selain lebih menyehatkan bagi konsumen, cara membuatnya pun cukup simpel dan mudah untuk kamu kreasikan.

Di sini kami akan memberikan beberapa inspirasi menu minuman iced shaken tea yang paling mudah dibuat, namun enak dan menyegarkan. 

Cara Membuat Iced Shaken Tea

Iced shaken tea atau es teh kocok merupakan salah satu produk minuman es teh siap seduh yang lebih modern dan menyehatkan karena menggunakan bahan-bahan alami seperti green tea, black tea, passion tea, atau chai tea. Setelah diseduh dengan air panas, kemudian dikocok (shake) menggunakan shaker, lengkap dengan es batu.  

Bisnis minuman ini terbilang sangat menjanjikan karena kini minat masyarakat terhadap pola hidup sehat makin meningkat. Akan tetapi, bisnis teh yang alami dan menyehatkan ini masih jarang dijumpai. 

Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan resep untuk menu minuman es teh kocok yang sehat, kekinian, dan disukai berbagai kalangan. Terlebih lagi, minuman ini cukup simpel dan mudah untuk kamu kreasikan.

Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk membuat minuman ini, termasuk waktu untuk menyeduh teh. Berikut ini cara membuat iced shaken tea pada umumnya:

  • ¾ cangkir gula
  • ¾ gelas air
  • 3 gelas air mendidih
  • 2 kantong teh
  • Es secukupnya
  • 2 sdm lemonade

Setelah menyiapkan bahan-bahan, mari lanjut ke pembahasan tentang cara membuatnya:

1. Seduh Teh

Panaskan air dalam ketel. Lalu seduh 2 kantong teh ke dalam cangkir hingga sari tehnya keluar. Selanjutnya, diamkan air tehnya hingga agak dingin. Untuk jenis tehnya, kamu bisa gunakan sesuai selera kamu, bisa green tea, black tea, atau passion tea.

2. Buat Simple Syrup

Dalam panci terpisah berukuran sedang, panaskan gula dan air sampai campuran mendidih dan gula benar-benar larut. Supaya tidak cepat hangus, gunakan api cenderung kecil.

Jika sudah larut, angkat dari kompor dan pindahkan ke mangkuk. Masukkan ke dalam lemari es agar dingin dengan cepat dan sempurna. Selain larutan gula, kamu bisa menggantinya dengan sirup vanila.

Baca Juga:  Sudah Coba Deretan Minuman Segar Khas Jawa Tengah ini?

3. Campur dan Kocok

Untuk mixing, gunakan cup atau botol berukuran medium atau besar lalu isi dengan es batu, 2 sendok makan sirup atau air gula, air seduhan teh, dan 2 sdm lemonade. Kemudian, kencangkan tutupnya dan kocok hingga semua tercampur rata. Terakhir, tuang ke dalam gelas atau cup kemasan.

Rekomendasi Menu Minuman Iced Shaken Tea 

Es teh kocok merupakan minuman yang berasal dari Taiwan dan sudah dikenal sejak awal 1980-an. Dulunya, minuman ini terbuat dengan teh hitam yang baru diseduh, sedikit sirup, dikocok dalam pengocok koktail dengan banyak es. 

Kini tak hanya teh hitam, ada juga varian teh hijau, teh melati, dan lain-lain yang membuatnya lebih bervariasi.

Minuman teh kocok ini sudah ada di beberapa negara, khususnya di Asia. Namun, setiap negara memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan negaranya masing-masing. Nah, di Indonesia sendiri, kamu bisa menikmati es teh kocok paling terkenal dari Starbucks. 

Kamu pun juga bisa memulai bisnis dan memiliki brand es teh kocok sendiri dengan menghadirkan beberapa menu yang enak, segar, variatif, dan pastinya menyehatkan. Berikut ini beberapa menu yang bisa kamu gunakan!

1. Iced Shaken Lemonade Tea

Menu pertama ada es teh kocok dengan tambahan lemonade (sari jeruk sitrun atau lemon) sebagai penambah rasa. Minuman ini sangat menyegarkan untuk cuaca panas dan mudah dibuat, sehingga cocok untuk ide bisnis. 

Untuk membuat seduhan es teh yang segarnya sempurna, cobalah rebus 8 gelas air. Kemudian tambahkan 6 kantong teh hitam celup dan biarkan selama 30 menit hingga sari tehnya keluar. Jika sudah, tuang teh celup dan dinginkan sampai siap untuk kamu jual.

Adapun cara membuat lemonade yang segar dan lezat adalah dengan cara memanaskan 1 gelas air dan 1 gelas gula pasir sampai meleleh. Biarkan hingga dingin. Selanjutnya, tambahkan ke ½ gelas air dingin serta 1 cangkir jus lemon segar. 

Jangan lupa aduk, cicipi, dan sesuaikan dengan preferensi manis kamu. Dinginkan hingga siap digunakan sebagai campuran.

Selain lemonade, kamu juga perlu membuat simple syrup. Caranya, kamu bisa melihat kembali penjelasan di atas yang membahas langkah pembuatan sirup gula sederhana.

Rasa dari es teh kocok lemonade ini tentu akan terasa menyegarkan apalagi saat kamu menikmatinya dalam kondisi haus dan gerah. Cita rasa manis, asam segar, dan aroma teh yang khas akan otomatis membasahi kerongkongan kering secara seketika.

Baca Juga:  13 Minuman Segar Saat Bulan Puasa yang sering Ditemui

2. Iced Shaken Black Tea

Rekomendasi selanjutnya ada iced shaken black tea, yakni minuman dingin berkafein yang menggabungkan teh hitam dan es tanpa pemanis. Cara membuatnya sangat mudah, loh dan menggunakan 3 bahan saja.

Kamu cukup menyeduh teh kantong hitam menggunakan air panas dan kemudian mendinginkannya dengan es ke dalam pengocok koktail. Jika tidak punya pengocok koktail, kamu bisa menggunakan toples yang ada di sekitar kamu dengan tutup yang rapat.

Meskipun minuman ini tidak memakai pemanis, tetapi kamu tetap bisa menyesuaikan preferensi rasa lain dengan menambahkan sirup sederhana beraroma seperti vanila atau mint. Mengingat khasiat dan rasanya yang premium, menu ini patut kamu tambahkan ke dalam menu usaha F&B milikmu.

Untuk bahan-bahannya, kamu memerlukan 2 kantong black tea, 300 ml air mendidih, es secukupnya, dan 2 sdm sirup vanila. Untuk cara membuatnya hampir sama dengan membuat iced shaken lemonade tea di atas. Kamu hanya perlu mengganti lemonade dengan sirup vanila. 

Menu ini akan sangat cocok buat konsumen dengan kebutuhan kafein yang lebih tinggi, seperti pekerja kantoran, buruh pabrik, mahasiswa, dan lain-lain. Sebab, teh hitam memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi di antara semua jenis teh.

Agar lebih variatif, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan campuran teh hitam untuk ditawarkan kepada pelanggan. Misalnya saja organic chai, earl grey, dan royal english breakfast.

3. Iced Shaken Peach Green Tea Lemonade

Menu minuman es teh kocok selanjutnya yang patut kamu coba adalah iced shaken peach green tea lemonade. Kamu bisa membuatnya dari potongan buah peach untuk menghasilkan rasa maksimal dan pastinya disukai banyak konsumen. 

Perpaduan rasa manis alami dari buah dengan teh hijau yang lembut bisa kamu jadikan menu andalan bisnis es teh kocok kamu. Selain rasanya yang enak sekaligus menyehatkan, warna peachy yang dihasilkan dari buah peach akan membuat minuman ini jadi makin cantik dan menggugah selera. 

Untuk membuat teh hijau peach-nya, pertama kamu perlu merebus irisan buah peach dan air hingga mendidih. Tekan-tekan buah persiknya sedikit, kecilkan api, lalu didihkan selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, angkat panci dari kompor, lalu masukkan 3 kantong teh hijau. Tunggu selama 5-10 menit sampai sari tehnya keluar. 

Baca Juga:  Cara Membuat Es Leci Yakult Nikmat, Mudah Banget!

Sedangkan untuk membuat lemonade, pastikan kamu sudah menyiapkan simple syrup yang terbuat dari lelehan gula dan air dengan perbandingan yang sama. Kemudian, peras 6-8 buah lemon hingga ke dalam cangkir. Terakhir, tinggal campur simple syrup dengan air perasan lemon tadi dan aduk hingga merata.

Jika semua sudah siap, tinggal sajikan kepada konsumen yang membeli dengan mencampur teh hijau persik, lemonade, dan es batu. Kocok menggunakan toples yang tertutup rapat dan pindahkan ke dalam cup kemasan.

4. Iced Shaken Passion Tea

Menu selanjutnya adalah es teh kocok menggunakan passion tea. Jenis teh ini lebih rendah kalori dan memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Jadi, akan sangat cocok untuk konsumen kamu yang sedang diet sehat tapi ingin minuman es teh yang menyegarkan dan enak.

Dari segi tampilannya juga sangat menarik karena passion tea terbuat dari bahan utama teh hibiscus sehingga menghasilkan warna merah alami yang cantik. 

Perpaduan rasa asam dan segarnya, membuat minum ini terasa lebih nikmat tapi tetap sehat. Belum lagi khasiatnya yang baik untuk menjaga kesehatan kulit hingga menurunkan berat badan.

Yuk, Mulai Usaha Iced Shaken Tea Kamu dengan Menu di Atas!

Itulah beberapa rekomendasi menu minuman iced shaken tea yang bisa kamu coba sebagai ide usaha minuman kekinian dan menyehatkan.

Jika sudah menentukan menu, selanjutnya giliran melakukan perencanaan dan menyusun strategi untuk memulai bisnis kamu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis minuman, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.