13 Minuman Segar Saat Bulan Puasa yang sering Ditemui

4 min read

rekomendasi minuman segar saat bulan puasa

Buka puasa bersama keluarga atau teman adalah salah satu momen yang indah selama bulan Ramadhan. Apakah kamu sudah mulai memikirkan resep minuman segar saat bulan puasa untuk berbuka?

Tinggal di negara tropis membuat kita tidak asing dengan beragam es segar. Ada sop buah, es kuwut, es kolak, es kelapa muda, dan masih banyak lainnya. Apa minuman yang menjadi favoritmu? 

Simak berikut daftar minuman segar saat bulan puasa lengkap beserta resepnya.

Minuman Segar saat Bulan Puasa yang Sering Ditemui. Wajib Coba!

1. Sop Buah

sop buah
Sumber: orami.co.id

Pasti kamu sudah tidak asing dengan minuman ini. Sesuai dengan namanya, minuman segar ini berisi beraneka macam potongan buah segar. Jenis buahnya dapat kamu sesuaikan dengan buah yang ada di sekitarmu.

Pada umumnya, sop buah terdiri dari buah naga, nangka, alpukat, semangka, dan kelengkeng. Kamu juga bisa menambahkan kolang-kaling, biji selasih,  bahkan agar-agar.

Sop buah memang termasuk minuman segar saat bulan puasa yang mudah dibuat. Untuk kuahnya kamu hanya perlu mencampurkan air matang, sirup cocopandan atau stroberi, dan susu kental manis. Tentu saja, jangan lupa untuk menambahkan es batu.

2. Es Kuwut

es kuwut
Sumber: cookpad.com

Kamu tidak boleh melewatkan minuman segar saat bulan puasa yang satu ini yaitu es kuwut. Es kuwut terbuat dari serutan kelapa muda dan buah melon.

Masukkan serutan dua buah tersebut ke dalam air kelapa muda dan tambahkan gula sesuai selera. Kamu juga bisa mengganti gula dengan sirup seperti sirup melon atau coco pandan.

Terakhir, tambahkan biji selasih yang sudah kamu rendam dan sedikit perasan jeruk nipis. Apakah kamu sudah bisa membayangkan kesegarannya?

3. Es Blewah: Minuman Segar Saat Bulan Puasa

es blewah
Sumber: blog.tokowahab.com

Daftar minuman selanjutnya adalah es blewah. Buah blewah memang jarang dimakan begitu saja karena rasanya yang hambar. Namun blewah akan memberikan rasa segar saat kamu memasukkan ke dalam minuman.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Alpukat Kocok: Modal dan Peluang Usahanya

Harga buah blewah yang murah membuat semakin banyak penggemar minuman buah yang satu ini.

Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu kamu hanya perlu menyerut buah blewah. Serutan khusus buah blewah akan mudah kamu temukan di pasar atau marketplace. 

Untuk kuahnya kamu hanya perlu memakai air matang biasa dan menambahkan gula sesuai selera. Jika kamu ingin minuman segar saat bulan puasa ini terlihat cantik, kamu bisa menambahkan pewarna makanan berwarna oren.

4. Es Lidah Buaya

es lidah buaya
Sumber: asianfoodnetwork.com

Apakah kamu punya tanaman lidah buaya di rumah? Saatnya membuat es lidah buaya untuk buka puasa. Cara membuatnya pun sangat praktis, cocok untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan buka puasa.

Siapkan panci kemudian rebus air, daun pandan, dan gula. Saat hampir mendidih masukkan daging pada daun lidah buaya. Lanjutkan proses merebus beberapa menit lalu angkat.

Diamkan sekitar 30 menit atau hingga rebusan sudah tidak panas lagi. Langkah terakhir adalah menambahkan es batu. Es lidah buaya siap kamu sajikan sebagai minuman segar saat bulan puasa.

5. Es Kolak Pisang

es kolak pisang
Sumber: cookpad.com

Kolak pisang tidak hanya dapat melepas dahaga namun juga melepas rasa lapar. Pasalnya, es ini umumnya tidak hanya berisi pisang namun juga ubi alias karbohidrat. 

Buat kuahnya dengan merebus gula aren lalu saring agar tidak ada bagian yang menggerindil. Kemudian masukkan pandan, garam, potongan pisang kepok, dan ubi kuning.

Sekitar 2 menit, masukkan santan dan gula pasir lalu aduk terus menerus. Adukan diperlukan agar santan tidak pecah yang membuat rasa gurihnya kurang terasa. 

Koreksi rasa sesekali, apabila sudah pas kamu bisa mengangkat dan menyajikannya. Minuman segar saat bulan puasa ini bisa kamu hidangkan dengan es maupun saat hangat. 

6. Es Melon Selasih

es melon selasih

Kesibukan kerja saat bulan puasa seringkali memaksa kamu untuk membuat hidangan buka yang praktis. Kamu bisa mempertimbangkan membuat es melon selasih.

Hanya perlu menyiapkan sirup melon, buah melon, dan biji selasih. Campur sirup ke dalam air mineral lalu masukkan potongan buah melon dan biji selasih. Tambahkan sedikit es batu dan kamu sudah bisa menikmati es melon selasih untuk berbuka.

Baca Juga:  Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

7. Minuman Segar Saat Bulan Puasa: Es Dawet

es dawet
Sumber: inionline.id

Resep berikutnya yakni es dawet, minuman favorit orang Indonesia. Saat Ramadhan, kamu akan dengan mudah menemukan penjual dawet, baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. 

Apabila kamu sudah membeli dawet saatnya membuat kuahnya sendiri. Siapkan gula merah dan santan lalu rebus keduanya dengan air di panci terpisah. Jika sudah mendidih silahkan angkat dari kompor.

Saat ingin meminumnya, masukkan dawet, beberapa sendok air santan, dan gula merah yang sudah kamu rebus tadi. Tambahkan es batu karena minuman dawet hanya nikmat jika diminum dalam kondisi dingin.

8. Es Cincau

es cincau
Sumber: asianfoodnetwork.com

Tidak hanya nikmat, es cincau merupakan minuman segar saat bulan puasa yang sehat. Pasalnya, cincau terbuat dari tumbuhan yang mengandung banyak manfaat. 

Misalnya saja cincau hitam yang terbuat dari daun janggelan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya antioksidan.

Sama seperti dawet, cincau juga dapat kamu temukan dengan mudah di pasaran terlebih saat masa Ramadhan. Cara meramunya untuk menjadi minuman dingin yang segar pun mudah.

Buat kuahnya dengan merebus air, santan, gula jawa, sedikit susu kental manis, dan daun pandan. Setelah itu angkat dari kompor dan biarkan hingga sudah tidak panas lagi.

Masukkan cincau dan kolang-kaling. Kamu juga bisa mengganti kolang-kaling dengan potongan buah nangka, mutiara, atau serutan kelapa muda. 

9. Es Capucino Cincau

es capucino cincau
Sumber: liputan6.com

Minuman segar saat bulan puasa yang satu ini sempat populer beberapa tahun lalu. Karena sudah jarang yang menjualnya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Kamu hanya perlu menyeduh bubuk capucino lalu masukkan potongan cincau. Tambahkan gula jika kamu suka rasa manis.

10. Minuman Segar Saat Bulan Puasa: Es Kopyor

es kopyor
Sumber: liputan6.com

Apabila kamu ingin menyajikan minuman untuk buka bersama, sebaiknya pertimbangkan es kopyor. Selain praktis dan murah, banyak orang Indonesia sangat menyukai es ini.

Serut daging kelapa muda dan campurkan dengan air kelapanya. Masukkan sirup atau cukup gula pasir saja, sesuaikan dengan selera. Kamu juga bisa menambahkan jeli atau agar-agar rasa kelapa agar isinya semakin banyak.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Perancis yang Terkenal

11. Es Tape Ketan Hitam

es tape ketan hitam
Sumber: id.worldorgs.com

Resep praktis berikutnya yaitu es tape ketan hitam. Siapkan tape ketan hitam lalu masukkan ke dalam santan yang telah direbus.

Untuk rasa manisnya kamu bisa merebus gula jawa yang kamu beri air sedikit. Tambahkan es batu agar segelas minuman ini bisa melepas dahagamu setelah puasa seharian.

12.  Es Pisang Ijo

es pisang ijo
Sumber: selerasa.com

Bahan utama es pisang hijau adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Membuat es pisang ijo memang sedikit rumit tapi hasilnya akan sangat memuaskan. 

Bahan-bahanya pun sederhana, untuk balutan tepungnya menggunakan campuran tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, santan, dan pasta pandan. Balut hasil adonan tersebut pada pisang kepok kemudian kukus beberapa menit.

Di panci terpisah buatlah kuahnya yang terbuat dari santan, air, daun pandan, dan sedikit tepung maizena. Setelahnya, kamu hanya perlu memasukkan hasil kukusan pisang ijo ke dalam kuah ini.

Segelas minuman segar saat bulan puasa ini akan semakin terasa nikmat jika menambahkan susu kental manis dan mutiara.

13. Jus Buah

jus buah
Sumber: rukita.co

Ingin segera meneguk segelas minuman segar saat bulan puasa saat jam buka? Jus buah adalah pilihan terbaik karena proses membuatnya sangat praktis. Terlebih jika kamu selalu memiliki stok buah-buahan di rumah.

Berikut beberapa rekomendasi buah yang bisa kamu campurkan satu sama lain untuk membuat jus.

  • Alpukat dan pepaya
  • Buah naga, mangga, dan ceri
  • Jambu biji, alpukat, dan jeruk
  • Semangka, blewah, dan nanas
  • Stroberi dan belimbing

Demikian 13 rekomendasi minuman yang nikmat dan segar untuk buka puasa. Selain itu, proses membuatnya mudah dan bahannya sederhana. Keluarga juga pasti suka dengan beragam pilihan minuman di atas. Sesekali kamu juga bisa membagikannya untuk tetangga atau kerabat.

Minuman mana yang akan jadi takjil pada buka puasa pertama mu tahun ini? Yuk rekomendasikan resep ini ke teman-teman mu!


Temukan lebih banyak informasi hindangan minuman Indonesia dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id.