10 Ide Promo Ramadan untuk Bisnis Kuliner yang Cocok dengan Usahamu

5 min read

Promo Ramadan untuk bisnis kuliner

Bulan Ramadan merupakan bulan yang spesiall bagi umat Muslim. Di bulan inilah semua umat muslim akan menjalankan salah satu ibadah wajibnya yaitu puasa. Yang unik, bagi bisnis kuliner, bulan ramadan merupakan waktu yang tepat untuk menarik konsumen. Salah satunya adalah dengan memberikan promo ramadan untuk bisnis kuliner.

Bisnis kuliner ramadan memang cukup menarik. Dari mulai usaha besar sampai usaha kecil seolah tidak mau kehilangan momentum. Bahkan, mereka yang biasanya tidak berjualan pun seolah tidak ingin kehilangan momen ini dengan ikut berjualan makanan.

Apa itu Promo Ramadan untuk Bisnis Kuliner?

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tentunya harus menyesuaikan ketika Bulan Ramadan. Tentunya,  para pelaku bisnis ini akan banyak kehilangan konsumen ketika siang hari. Namun, sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah, karena mereka memiliki potensi untuk berjualan menjelang waktu berbuka.

Saat-saat inilah mereka mulai berusaha menarik pembeli dengan memberikan promo Ramadan untuk bisnis kuliner. Pada saat bulan Ramadan ini juga merupakan sala satu waktu yang tepat untuk menjaring banyak konsumen baru. 

Selain usaha yang sudah berjalan, bisnis kuliner Ramadan juga cocok untuk kamu yang baru mau mulai usaha. Setidaknya, kamu juga bisa melakukan tes pasar pada saat ini. Ide untuk memulai bisnis kuliner Ramadan juga cukup ramai dan beragam.


Rekomendasi Promo Ramadan yang Bisa Diterapkan

Promo di bulan Ramadan  merupakan hal yang wajar. Tidak hanya untuk bisnis kuliner, promo ini juga berlaku untuk banyak bisnis lainnya. Tingkat perputaran uang ketika Ramadan memang cukup tinggi, hal ini juga berkaitan dengan daya beli banyak orang yang meningkat. Hal tersebut juga yang menjadi alasan mena promo Ramadan untuk bisnis kuliner banyak dilakukan.

Ada banyak tujuan dari memberikan promo ini. Dari mulai menarik konsumen sampai mengenalkan bisnis kuliner Ramadan. Jenis dari promo yang diberikan pun cukup beragam.

Berikut adalah rekomendasi Promo selama Ramadan yang bisa kamu terapkan pada bisnis kuliner.

1. Buy One Get One Free

Ide promo Ramadan untuk bisnis kuliner pertama yang mungkin paling terkenal adala buy one get one free. Konsep ini masih menjadi daya tarik bagi banyak pelanggan. Bagi konsumen, promo ini tentu sangat menguntungkan. Karena mereka bisa mendapatkan jumlah makanan yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Untuk teknisnya, pelaku bisnis bisa menerapkan beberapa syarat. Seperti pembelian makanan tertentu mendapatkan gratis makanan lainnya. Atau juga dengan minimal pembelian dengan jumlah tertentu maka konsumen bisa gratis mendapatkan menu yang lain. Atau bahkan semua menu apapun dengan pembelian berapapun tetap akan mendapatkan gratis menu lain.

Baca Juga:  10 Makanan yang Cocok untuk Sahur Agar Kuat Puasa

Bagi pelaku bisnis kuliner Ramadan, cara ini selain bisa menarik banyak pengunjung juga bermanfaat untuk mengenalkan banyak menu ke konsumen. Semakin banyak konsumen yang tahu dengan produk kamu maka akan semakin baik untuk bisnis.

2. Beli Dua Gratis Satu

Konsepnya masih sama dengan buy one get one free. Hanya saja pada promo Ramadan untuk bisnis kuliner kali ini kamu akan menerapkan minimal pembelian. Tujuannya pun sama, yaitu memberikan keuntungan bagi konsumen untuk mendapatkan makanan lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Ide promo ini merupakan pilihan yang tepat jika bisnis kuliner Ramadan yang kamu punya memiliki menu yang lumayan banyak dan variatif. Cara ini juga bisa bertujuan untuk memperkenalkan banyak menu lainnya yang kamu punya ke konsumen.

3. Beli Makanan Mendapatkan Free Takjil

Selain makanan berat, orang juga akan mencari takjil untuk mereka berbuka. Ini juga bisa menjadi ide promo Ramadan untuk bisnis kuliner yang menarik. Dengan menyediakan free takjil untuk setiap pembelian. Cara ini akan menarik konsumen karena akan menghemat banyak waktu mereka.

Setidaknya, konsumen tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk mencari takjil. Cara ini cocok untuk kamu yang memiliki usaha makanan dan menyediakan layanan makan di tempat. Ada banyak menu takjil yang bisa kamu berikan, kolak pisang misalnya.

4. Beli Makanan Gratis Minuman Segar untuk Pembuka

Selain takjil menu lainnya yang juga banyak orang cari ketika berbuka puasa adalah minuman segar. Minuman segar ini bisa menuntaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Konsepnya hampir sama dengan promo gratis takjil. Bedanya, dengan cara ini maka konsumen akan dimudahkan karena mereka tidak perlu bingung lagi untuk mencari minuman segar.

Cara ini cukup efisien untuk kamu yang memiliki bisnis kuliner Ramadan dengan makan di tempat. Atau, kalaupun bisnis kamu menggunakan sistem take away cara ini juga tidak ada salahnya untuk kamu coba.

5. Menyediakan Paket Berbuka

Bulan Ramadan juga identik dengan silaturahmi. Banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk kembali bertemu dengan orang yang sudah lama tidak mereka jumpai. Salah satunya momentnya adalah dengan mengadakan buka bersama.

Ini juga peluang yang baik untuk kamu jadikan sebagai bahan promo. Kamu bisa menggunakan acara ini dengan memberikan promo berupa harga spesial. Misalkan, untuk pembelian di atas 5 porsi maka ada penawaran lain yang kamu berikan.

Cara ini hanya akan berguna jika kamu menyediakan makan di tempat. Tujuan dari penggunaan cara ini adalah menarik banyak konsumen. Cara ini juga bisa membuat tempat kamu ramai dan menarik untuk dijadikan lokasi buka bersama. 

Baca Juga:  Dine In vs Take Away: Kelebihan dan Kekurangan Bagi Pebisnis Kuliner

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat promo yang satu ini. Selain dengan memberikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak, kamu juga bisa memberikan penawaran dengan cara paket bundling. 

Misalkan, kamu menawarkan paket untuk 5 orang, 10 orang, dan lainnya. Yang paling penting jika kamu ingin menggunakan promo dengan cara ini adalah perhatikan masalah kapasitas tempat yang kamu punya. Jangan sampai tempat kamu over capacity, dan membuat pengunjung harus menunggu.

6. Menyediakan Menu Khusus Selama Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang spesial. Kamu juga bisa menjadikan bulan yang spesial ini dengan memberikan penawaran yang menarik, misalnya kamu mengeluarkan menu yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Buatlah promo ini menarik, dan pastikan orang ingin mencoba menu tersebut.

Kamu bisa membuat konsumen penasaran dengan menu tersebut karena hanya akan ada ketika bulan puasa. Kamu juga bisa memberikan harga yang spesial untuk menu yang spesial juga. Selain untuk menarik konsumen, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai test market.

Terutama jika kamu berniat untuk menarik pengunjung baru atau melebarkan target pasar. Momen bulan Ramadan memang bisa memberikan banyak keunikan. Nantinya, jika ternyata menu spesial tersebut laku keras, maka kamu bisa mempertimbangkannya untuk menjadi menu reguler.

7. Membeli Sekaligus Berdonasi

Di bulan Ramadan ini, apapun kegiatan baik yang dilakukan maka pahalanya akan berlipat. Inilah mengapa banyak orang yang ingin berlaku baik, salah satunya dengan memberikan donasi. Kamu juga bisa menggunakan hal ini sebagai salah satu cara untuk melakukan promosi.

Bentuk promo Ramadan untuk bisnis kuliner yang bisa kamu lakukan misalnya setiap pembelian dengan nominal tertentu maka konsumen juga ikut menyumbang ke orang yang membutuhkan.

Kamu bisa melakukan ini sendiri ataupun bekerja sama dengan lembaga penggalangan dana lainnya. Tujuan konsep ini adalah menyediakan kemudahan untuk orang lain yang ingin menyumbang.

8. Free Delivery

Tren pemesanan makanan online memang kian menjamur belakangan ini. Tren ini juga yang membuat banyak orang bisa membuat bisnis kuliner tanpa perlu memiliki tempat yang luas. Jika kamu merupakan salah satu pelaku bisnis seperti ini, maka salah satu promo yang bisa kamu lakukan di Bulan Ramadan adalah dengan memberikan free delivery.

Selain masalah harga makanan, banyak orang yang memikirkan ongkos kirim sebelum mereka membeli. Dengan menggratiskan ongkos kirim ini maka kamu juga menghilangkan satu penghalang konsumen yang ingin membeli produk kamu. 

Ketika memberikan promo gratis antar ini, kamu bisa memberikan beberapa skenario. Misalnya, gratis antar pada jam tertentu, atau gratis antar setiap pembelian dengan nominal tertentu, dan lainnya. Yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan promo gratis antar ini adalah masalah jarak tempuh. Jangan sampai konsumen menunggu lama karena jarak terlalu jauh.

9. Kerja Sama dengan Bisnis Lain

Ini merupakan cara yang banyak pelaku bisnis lakukan akhir-akhir ini. Alih-alih berkompetisi, mereka memilih untuk melakukan kolaborasi satu sama lain. Cara ini, selain efektif untuk menaikan penjualan juga cukup bisa menjangkau banyak pasar yang baru. Terutama jika dua bisnis yang berkolaborasi tersebut memang memiliki target pasar yang benar-benar berbeda.

Baca Juga:  Contoh Label Produk Makanan yang Menarik dan Populer!

Dengan melakukan kolaborasi ini tujuannya adalah meningkatkan value dari produk yang kamu jual. Misa, kamu menjual makanan ringan untuk berbuka. Maka kamu bisa berkolaborasi dengan penjual minuman segar. Kamu bisa menggabungkan produk yang sudah ada. Atau menjual produk yang benar-benar baru dan khusus dijual untuk promo ini.

10. Menyediakan Paket Berbuka atau Paket Sahur

Jika bisnis kuliner kamu memiliki pelanggan tetap, yang mana pelanggan tersebut tidak memasak maka promo ini merupakan langkah yang tepat. Kamu bisa menawarkan kepada konsumen tersebut paket untuk berbuka atau sahur. Jadi nantinya konsumen kamu tidak perlu lagi bingung untuk makan apa.

Cara kerjanya mirip dengan usaha catering, kamu akan menyiapkan paket sesuai dengan pesanan. Promo ini merupakan pilihan yang tepat jika konsumen yang kamu punya misalkan anak kost. Kamu juga bisa menggabungkan promo ini dengan promo gratis pengantaran.


Promo Mana yang Paling Sesuai dengan Bisnis Kuliner Ramadan Kamu?

Dari sekian banyak jenis promo di atas, mungkin tidak semuanya akan cocok dengan bisnis yang kamu jalani. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kamu juga perlu memperhatikan mana promo yang sesuai.

Salah satu cara untuk menentukan promo yang sesuai adalah dengan memperhatikan tujuan dan target bisnis kamu. Kamu juga bisa menyesuaikan promo tersebut dengan konsumen yang ada.

Satu hal yang terpenting ketika melakukan promo Ramadan untuk bisnis kuliner adalah pastikan semua orang tahu tentang promo tersebut. Dengan kata lain, pemberian promo ini juga harus dibarengi dengan penyebaran promo yang masif. Jangan sampai promo kamu gagal hanya karena banyak orang yang tidak tahu.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.