Penting! Kenali Tips Memilih Musik Untuk Usaha Rumah Makan

3 min read

tips memilih musik untuk rumah makan

Kini membangun bisnis rumah makan menjadi banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang mereka membuat tampilan yang berbeda agar menarik calon konsumen, tak terkecuali penambahan musik. Maka dari itu, apa tips memilih musik untuk kamu yang sedang membangun usaha rumah makan.

Faktanya, musik memiliki beragam jenis. Mulai dari yang asli Indonesia seperti dangdut hingga musik kekinian seperti R&B.

Namun jangan salah, kamu harus mengetahui tips memilih musik yang digunakan untuk rumah makan. Hal itu ternyata memiliki tujuan tertentu.

Selain mengetahui tips dalam memilih musik, kamu harus mengetahui informasi yang juga berkaitan dengan hal tersebut. Apa sajakah itu? Artikel ini wajib untuk kamu baca agar menambah pengetahuan.


Pentingnya Menerapkan Tips Memilih Musik Untuk Bisnis Rumah Makan

Pastikan kamu menerapkan tips memilih musik dengan baik. Hal itu karena musik terbukti dapat mempengaruhi orang-orang yang berada dalam rumah makan tersebut.

Menurut survei terdapat 80% pengunjung restoran lebih menikmati hidangan yang rumah makan tersebut dengan iringan musik. Selain itu survei lain mengatakan, 1 (satu) dari 4 (empat) pengunjung restoran berani menghabiskan hidangannya jika tips memilih musik telah diterapkan dengan baik oleh restoran tersebut.

Dengan demikian, musik dapat membantu bisnis rumah makan kamu menjadi laris manis. Lalu apakah hanya itu saja keuntungan menerapkan tips memilih musik untuk bisnis rumah makan kamu? Ini dia keuntungan-keuntungan lainnya

1. Dapat Memanjakan Pelanggan

Rumah makan atau restoran tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyantap makanan dan minuman. Kini rumah makan memiliki desain yang eye catching agar pelanggan merasa nyaman.

Baca Juga:  Resep Bakmi Babi Khas Indonesia Favorit, Mudah untuk Dibuat!

Selain desain, kehadiran musik dapat membantu terciptanya suasana tersebut. Jika kamu menerapkan tips memilih musik dengan benar, maka mereka akan betah berlama-lama di rumah makan kamu.

Dengan musik yang nyaman, mereka akan menghabiskan waktu di rumah makan lebih lama. Selain itu, mereka akan sering memesan makanan dan minuman. Itu adalah peluang yang baik karena kamu akan memiliki pemasukan yang lebih banyak.

Perpaduan dua hal tersebut dapat meningkatkan mood pembeli. Maka tak heran, keuntungan tersebut dapat kamu nikmati.

2. Menambah Cita Rasa Masakan

Fakta ini terbukti dari penelitian yang ada pada buku karangan Professor Charles Spence. Buku yang berjudul Gastrophysics: The New Science of New Eating, tips memilih musik dapat mempengaruhi otak dan indera manusia.

Menurut buku tersebut, restoran dapat mengendalikan rasa makanan dan minuman mereka dengan pemilihan musik yang baik. Musik yang cocok dapat menentukan banyaknya pesanan yang mereka buat.

Penelitian dari Profesor Charles menyatakan bahwa musik benar-benar berhasil mempengaruhi cita rasa masakan. Kesimpulan tersebut diambil dari beberapa restoran dengan memutar lagu yang berbeda.

Salah satu restoran memutar lagu berjenis Opera. Rumah makan tersebut menyajikan makanan Italia. Dengan demikian perpaduan yang cocok antara pemilihan musik dengan makanan yang disajikan telah meningkatkan rasa nikmat pada makanan pizza.

Kesimpulan dari penemuannya adalah, musik tidak bisa mengganti rasa dari masakan. Namun dengan musik, makanan akan terasa lebih enak.


Tips Memilih Musik Untuk Rumah Makan

Musik terbukti dapat membantu melariskan usaha rumah makan. Meskipun terlihat simple, namun ternyata ada beberapa langkah untuk memilih jenis musik pada restoran atau jenis rumah makan lainnya.

1. Ketahui Karakter Setiap Jenis Musik

Jenis musik dapat kamu bedakan dengan tempo yang dimainkan. Ada dua jenis tempo musik yang kita kerap dengarkan yaitu tempo lambat dan cepat.

Baca Juga:  12 Teknik Memasak yang Perlu Pebisnis Kuliner Tahu

Ternyata keduanya dapat mempengaruhi kecepatan makan dari pelanggan. Musik keras yang umumnya memiliki tempo cepat meningkatkan kegembiraan sehingga tempo makan pun semakin cepat.

Tips memilih musik dengan tempo yang lambat berguna jika ingin menciptakan suasana yang santai. Atmosfer yang lembut itu memungkinkan para pelanggan untuk menikmati makanan yang tersaji dengan perlahan. Bahkan suasana tenang itu memungkinkan bagi pelanggan untuk memesan makanan penutup.

2. Pastikan Pemilihan Waktu yang Cocok

Tips dalam memilih musik adalah memperhatikan waktu. Waktu bisa meliputi jam dan hari.

Saat memasuki jam makan siang, putarlah lagu yang menyenangkan. Pada waktu itu, banyak para pekerja yang memanfaatkan makan siang untuk melepas rasa penat dalam bekerja dengan ngobrol santai bersama teman-teman.

Jika memasuki waktu jam pulang sekitar pukul 3-5 sore, putar musik instrumental dan berjenis Indie. Keduanya dapat membawa suasana lebih fresh dan fun. Maka dari itu mereka akan datang untuk menikmati sajikan masakan dan musik yang menenangkan.

Saat menjelang weekend, musik pada Hari Jumat harus memiliki nuansa yang menyenangkan dan sekitar keras. Jenis musik lainnya yang bisa kamu jadikan playlist adalah musik Jazz. Pembawaannya yang tenang dapat memanjakan pendengar dan menghilangkan stress saat bekerja pada hari sebelumnya.

3. Berikan Kebebasan Untuk Pelanggan

Pastikan kamu sebagai pemilik rumah makan telah menyiapkan berbagai genre musik. Namun kadang kala tips memilih memutar musik ini tidak dipakai oleh pemilik rumah makan. Hal itu karena tidak semua pengunjungnya memiliki ketertarikan genre musik yang sama dengan pilihan pelanggan lainnya.

Jangan khawatir, agar tetap memanjakan pelanggan , kamu bisa gunakan platform pemutar musik digital seperti Spotify, Youtube Music atau lain sebagainya.

Baca Juga:  SOP Bisnis Makanan dan Minuman, Contoh Lengkapnya Ada di Sini

Platform tersebut memiliki banyak musik yang bisa mereka pilih. Maka dari itu musiknya tidak terbatas dan bisa dinikmati banyak orang. Namun perlu adanya batasan dalam memilih musik-musik tersebut. Itu bertujuan agar meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Terbukti! Tips Memilih Musik Sangat Penting Untuk Rumah Makan

Kini rumah makan menjadi tempat untuk melepas penat. Musik adalah “alat” pendukung untuk menghilangkan stress.

Maka dari itu tips memilih musik wajib kamu ketahui. Hal itu agar untuk mencapai tujuan utama musik pada rumah makan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnis kulinermu yang tentunya hanya di fnbpreneur.id.

Baca juga: 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.