Sistem Delivery Order Makanan: Urgensi dan Tips Untuk Pemilik Restoran

3 min read

Sistem Delivery Order Makanan

Sistem delivery order makanan menjadi salah satu sistem yang sebaiknya kamu sediakan sebagai pemilik restoran. Dalam artikel ini akan dibahas tuntas mengenai apa itu delivery order, pentingnya restoran memiliki layanan ini, dan tips untuk kamu pemilik restoran jika ingin memulai layanan delivery order. Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Delivery Order?

Delivery order dalam bisnis makanan merupakan suatu layanan pesan antar sehingga konsumen tidak harus datang ke restoran. Layanan ini sudah lama dimiliki oleh restoran-restoran besar. Namun seiring berkembangnya teknologi, penjual makanan yang baru memulai bisnisnya pun sudah berani membuka layanan delivery order. Terlebih, saat ini sudah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat memfasilitasi layanan tersebut, seperti GrabFood, Gofood, Shopee Food, dan Traveloka Eats.


Mengapa Restoran Harus Memiliki Sistem Delivery Order Makanan?

Jika kamu masih ragu untuk membuka sistem delivery order makanan di restoranmu, simak beberapa alasan di bawah ini.

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Konsumen

Setiap konsumen memiliki kebiasaan dan keresahannya masing-masing ketika berhubungan dengan makan di restoran. Misalnya saja, ada orang yang tidak nyaman untuk makan di tempat umum seperti restoran. Ada juga yang tidak sempat untuk pergi ke restoran karena kesibukan dalam bekerja. Kendala mereka untuk menikmati makanan dari restoranmu dapat kamu selesaikan dengan sistem delivery order makanan.

Dari hasil penelitiannya, UBS Evidence Lab mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 menurunkan minat orang untuk makan di restoran. Hanya sekitar 16 dari 100 orang yang tetap nyaman makan di restoran selama masa pandemi. Perubahan situasi membuat kebutuhan dan kebiasaan konsumen pun berubah. Agar tetap bertahan restoranmu harus beradapatasi dengan memiliki layanan delivery order.

Baca Juga:  Tips Sukses Usaha Pre Order Makanan Online, Pasti Laris!

2. Agar Dapat Bersaing dengan Restoran Lainnya

Dengan berubahnya kebiasaan masyarakat yang lebih condong untuk memesan makanan secara daring dibanding makan di tempat, membuat banyak restoran telah beradaptasi dengan hal ini. Tidak sedikit restoran yang telah memiliki sistem delivery order makanan. Jangan sampai, calon konsumenmu tidak jadi membeli makanan dari restoranmu hanya karena kamu belum memiliki layanan ini.

3. Meningkatkan Jumlah Konsumen Tanpa Perlu Mengekspansi Restoran

Ada waktu tertentu di mana biasanya restoran didatangi banyak sekali konsumen, misalnya pada saat hari raya keagamaan atau hari spesial lainnya. Masalahnya, restoran menjadi penuh dan tidak cukup menampung semua konsumen yang datang. Akhirnya banyak yang memilih untuk pulang atau pergi ke restoran lainnya.

Dengan kasus seperti ini, sistem delivery order makanan dapat menjadi solusinya. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengekspansi restoranmu hanya untuk memastikan semua konsumen dapat tempat duduk pada hari-hari tertentu. Saat momen seperti ini, kamu bisa meningkatkan iklan agar konsumen tetap di rumah dan restoranmu akan mengantar makanan ke rumah mereka.


Tips Untuk Delivery Order dan  Takeout

Sebelum mempersiapkan sistem delivery order makanan di restoranmu, perhatikan beberapa tips di bawah ini. Tips ini bisa kamu gunakan juga untuk layanan take-out atau take-away.

1. Tetapkan menu

Tidak harus semua menu yang ada di restoranmu masuk dalam daftar delivery order. Jika memang ada beberapa menu makanan yang dapat berkurang kualitasnya saat melalui proses pengantaran, sebaiknya kamu menghilangkan menu tersebut di daftar sistem delivery order. Misalnya seperti struktur makanan yang berubah jika terlalu lama saat proses pengantaran, makanan dengan hot plate, dan sejenisnya.

2. Siapkan Tempat Makanan yang  Berkualitas

Tips kedua untuk kamu yang akan memulai sistem delivery order makanan adalah menyiapkan tempat makanan yang berkualitas. Pastikan kamu membungkus makanan dengan kemasan yang materialnya memiliki kualifikasi food grade. Kemasan makanan yang memiliki kualifikasi food grade memiliki beberapa standar seperti; tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta tidak mengubah rasa makanan.

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Riset Kompetitor dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

3. Siapkan Food Box

Salah satu hal penting untuk sistem delivery order makanan adalah food box pada kendaraan. Food box pada kendaraan dapat membantu menjaga suhu makanan. Selain itu, goncangan pada makanan dapat berkurang saat kurir melewati jalan yang berlubang. Intinya, food box akan membuat kualitas makanan yang diantar tidak jauh berbeda dengan kualitas yang biasa disantap konsumen di restoran.

4. Menyiapkan Sistemnya dengan Naik

Agar konsumen tetap bisa memilih menu dengan leluasa seperti saat di restoran, kamu bisa memanfaatkan website untuk proses pemesananan. Letakkan juga nomor customer service di website tersebut untuk mengantisipasi kendala yang dialami oleh konsumen saat memesan. Pastikan status menu yang ada di website restoranmu selalu diperbarui.

5. Mempekerjakan Kurir Khusus Agar Makanan Cepat Sampai

Jika kamu sudah siap untuk memfasilitasi layanan delivery order, sebaiknya kamu mempekerjakan seorang kurir khusus. Namun jika mungkin restoranmu masih belum terlalu ramai, kamu bisa mengutus salah satu karyawan untuk menjadi kurirnya. Hal yang terpenting adalah makanan harus cepat sampai ke tangan konsumen. Poin ini tentu akan membuat konsumen puas sehingga meningkatkan kemungkinan pesanan berulang.

6. Bekerjasama dengan Pihak Ketiga

Saat ini sudah banyak start-up yang menyediakan layanan untuk mengantar makanan, seperti Gofood, Grabfood, Shopee Food, Traveloka Eats, dan masih banyak lainnya. Sebaiknya restoranmu memanfaatkannya. Selain mudah, jutaan masyarakat Indonesia sudah memiliki akun pada aplikasi tersebut. Sehingga kamu memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan pesanan dari aplikasi itu. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan mereka dengan memberikan diskon untuk konsumen.

7. Gencarkan Iklan Delivery Order

Tips sistem delivery order makanan yang kelima adalah menggencarkan iklannya. Kamu bisa memasang banner mengenai layanan delivery order di restoranmu. Agar pelanggan setiamu tahu bahwa makananmu tetap bisa mereka nikmati meskipun mereka sedang tidak ingin mengunjungi restoranmu. Selain itu, kamu juga bisa mengiklannya di berbagai media sosial yang kamu miliki seperti Instagram, twitter, dan tik tok.

Baca Juga:  Strategi Membuat Menu Makanan dan Minuman untuk Cross Selling

8. Pasang Foto yang Mengundang Selera Makan

Baik pada website restoran maupun pada aplikasi pihak ketiga, kamu harus memasang foto yang bagus dan mengundang selera makan. Jika memungkinkan, kamu bisa memperkejakan seorang fotografer makanan profesional. Jika hal tersebut belum bisa dilakukan, kamu bisa mempelajari sendiri teknik untuk mengambil foto makanan.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu pahami mengenai sistem delivery order makanan. Delivery order adalah layanan penting untuk sebuah restoran. Memiliki layanan ini juga membuktikkan bahwa restoran tersebut berusaha beradaptasi dengan perubahan zaman.

Sampai sini apakah kamu sudah yakin dan siap untuk membuka fasilitas ini di restoran kamu? Jika sudah, ingat untuk melakukan delapan tips di atas ya. Apabila kamu belum siap mempersiapkan banyak hal untuk layanan ini, tidak ada salahnya berkolaborasi dengan mitra seperti yang tertulis pada poin keenam. Yang terpenting adalah konsumen dengan mudah mendapatkan makanan dari restoranmu.

Yuk share artikel ini ke teman-teman kamu!


Temukan tips menarik untuk mengembangkan bisnis makanan dan minuman kamu hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.