Apa Itu Jamu Sinom? Ini Sederet Manfaatnya untuk Tubuh

5 min read

jamu sinom

Pernah mendengar jamu sinom? Minuman tradisional ini terbuat dari campuran air, kunyit, daun asam muda alias sinom, asam jawa, gula asli, dan campuran bahan lainnya. Menariknya, minuman tradisional khas Jawa tersebut bisa tahan selama 7 hari setelah proses pembuatan.

Di samping itu, jamu sinom memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? Bagaimana juga cara buatnya? Semua rasa penasaran kamu akan terjawab pada pembahasan artikel kali ini.

Apa itu Jamu Sinom?

Jamu sinom merupakan minuman herbal yang terbuat dari daun asam. Selain itu, ada campuran gula asli, kunyit, dan asam muda. 

Apabila kamu sering menemukan ramuan herbal yang terasa pahit, tidak dengan minuman sinom ini. Rasanya yang enak dan nikmat membuat jamu tersebut memiliki banyak penggemar.

Nah, tak hanya rasanya saja yang nikmat. Namun, jamu sinom kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ragam Manfaat Jamu Sinom

Ini manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsi jamu sinom, yaitu:

1. Anti Bakteri dan Jamur

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Pharmacognosy Magazine pada tahun 2010 menunjukkan bahwa daun asam jawa memiliki potensi yang besar sebagai agen antibakteri dan antijamur.

Penemuan tersebut berdasar pada adanya fenol yang merupakan senyawa aktif dan menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap Bacillus subtilis. Akan tetapi, tidak menunjukkan reaksi terhadap mikroorganisme lain.

Sehingga, dari penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa daun asam mempunyai sifat antimikroba akan tetapi konsentrasinya tidak begitu tinggi atau relatif rendah.

2. Mengobati Diabetes

Menurut penelitian dalam Jurnal Akademika Kimia tahun 2017, ekstrak daun asam jawa memiliki pengaruh dalam penurunan kadar gula darah. Sehingga, hal ini merupakan kabar baik pada penderita diabetes.

Di samping itu, manfaat jamu sinom tersebut mampu mengendalikan kadar gula yang terdapat pada darah. Maka dari itu, mengonsumsi minuman herbal ini secara rutin dapat membuat kadar gula darah kamu menjadi normal.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tak hanya mengendalikan kadar gula darah, minuman khas Jawa ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Jika kamu jarang beraktivitas secara fisik atau olahraga serta sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka sangat rentan terkena kolesterol.

Oleh sebab itu, imbangi asupan tubuh dengan jamu sinom agar kesehatan tetap terjaga. Selain rasanya yang nikmat, juga berkhasiat. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk meminumnya.

Baca Juga:  11 Ide Desain Cafe Minimalis yang Unik dan Instagramable

4. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

Di samping menurunkan kadar kolesterol, manfaat lainnya adalah sangat baik untuk kesehatan jantung karena kandungan limonene-nya.

Sementara itu, kandungan geraniol yang ada dalam jamu tersebut bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang terjadi pada saluran kemih serta batu ginjal. Jadi, masih ragu untuk mengonsumsi minuman herbal berkhasiat ini?

5. Menurunkan Risiko Kanker

Jamu sinom juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Kandungan pektin di dalamnya memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker, sehingga kamu akan mendapat keuntungan yang berlipat jika meminumnya. Dengan demikian, kesehatan tubuh dapat terjaga. 

6. Pereda Nyeri Haid

Tidak hanya kelima manfaat di atas, minuman sinom juga mampu meredakan nyeri haid yang sering dialami oleh perempuan saat menstruasi. 

Apabila kamu sering mengalami hal serupa yaitu nyeri haid yang tak tertahankan, cobalah konsumsi minuman yang terbuat dari asam jawa tersebut untuk mengatasinya. Pasalnya, minuman ini mampu memperlancar haid, sehingga tekanan yang menyebabkan rasa nyeri tidak terlalu kuat.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kabar baik bagi kamu yang sering mengalami tekanan darah tinggi, cobalah untuk minum jamu sinom untuk mengontrolnya. Sebab, sinom mampu melancarkan peredaran darah sehingga sangat cocok bagi kamu yang tersiksa akibat hipertensi. Yuk, coba!

8. Sebagai Antioksidan

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka mengonsumsi minuman herbal yang satu ini merupakan pilihan terbaik.

Sebab, saat berkegiatan di luar kamu akan mendapatkan paparan radikal bebas yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Sehingga, ada baiknya untuk sering minum sinom agar tubuh menjadi kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

9. Atasi Masuk Angin dan Nyeri Sendi

Sering beraktivitas hingga larut malam mampu menyebabkan masuk angin. Akibatnya, tubuh menjadi tidak fit dan mudah terserang penyakit lainnya. Agar tidak masuk angin, kamu bisa meminum jamu ini. 

Di samping itu, kandungan flavonoidnya memiliki khasiat untuk mengatasi radang. Dengan demikian, sinom juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan nyeri sendi.

10. Membantu Melancarkan Pernapasan

Apabila kamu sering mengalami gangguan pernapasan, minum jamu sinom akan membantumu. Sebab, sinom dapat melancarkan saluran pernapasan yang terganggu.

11. Mengatasi Sembelit

Tak hanya berhenti di situ, minuman sinom juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Kamu bisa meminumnya dengan menambahkan gula atau tanpa gula sesuai selera.

12. Melawan Pilek dan Flu

Jika diperhatikan, salah satu bahan yang terdapat dalam minuman sinom adalah  asam jawa. Manfaat asam jawa dalam jamu tersebut dapat meringankan berbagai kondisi tubuh yang kurang sehat.

Salah satu manfaat tersebut adalah mampu melawan pilek dan flu yang diakibatkan oleh serangan virus maupun alergi. Sebab, asam jawa bersifat antihistamin sehingga memiliki kemampuan untuk mencegah datangnya serangan asma, pilek, dan flu.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asam jawa dalam jamu sinom juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi parasit yang mendekam di dalam tubuh.

Baca Juga:  Deretan Minuman Khas Jawa Timur untuk Menemani Bereksplorasi

Di samping itu, antimikroba dan antiseptik yang terkandung di dalamnya juga mampu menjadi obat cacing untuk anak-anak. 

14. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kedua khasiat di atas, asam jawa dalam jamu sinom memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan vitamin D dan kalsium pada asam jawa sangat berguna dalam membentuk kepadatan tulang sehingga baik untuk manula. Jadi, kandungan bahan tersebut dapat mencegah tulang keropos, patah tulang, dan osteoporosis. 

15. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat asam jawa dalam minuman sinom selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan otak. Vitamin B pada asam jawa mampu menjadi asupan nutrisi bagi otak dan juga sistem saraf.

16. Mengurangi Rasa Mual

Jika kamu sering merasa mual, cobalah untuk mengonsumsi jamu sinom yang mengandung asam jawa. Mual bisa saja terjadi dengan alasan tertentu seperti masuk angin, hamil, maupun kondisi lainnya.

Dengan adanya kalium pada asam jawa, dapat mengatasi rasa mual dan muntah yang kamu alami.

17. Menjaga Kesehatan Gigi

Rupanya tak hanya berhenti di situ, manfaat lain dari minuman sinom adalah bisa membantu menjaga kesehatan gigi. 

Kandungan seperti etanol dan klorin dalam asam jawa mampu membunuh bakteri Lactobacillus dan Streptococcus. Kedua jenis bakteri tersebut merupakan penyebab kerusakan pada gigi yang mengakibatkan gigi berlubang.

Dengan mengonsumsi asam jawa yang ada pada jamu sinom, gigi kamu bisa terlindungi dengan baik.

Cara Membuat Jamu Sinom

Setelah tahu manfaat jamu sinom, berikutnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ternyata caranya sangat mudah dan anti ribet. Berikut 4 resep yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Resep Jamu Sinom Khas Surabaya

Resep pertama yang bisa kamu coba adalah sinom khas Surabaya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 250 gram daun asam muda (sinom), 100 gram asam jawa, 150 gram kunyit, 250 gram gula merah, garam halus, dan air secukupnya.

Langkah-langkah membuatnya yang pertama, kamu perlu membersihkan daun asam serta memisahkan dari tulang daunnya. Kemudian cuci bersih daun asam menggunakan air. Berikutnya, rebus semua bahan yang sudah kamu siapkan hingga mendidih. 

Jika sudah matang, saring minuman tersebut agar sampahnya tidak ikut terbawa. Kemudian diamkan hingga dingin. Setelah itu, sajikan bersama es agar minuman lebih segar dan nikmat. Bagaimana, mudahkan?

2. Resep Jamu Sinom Khas Solo

Bahan utamanya sama seperti resep sebelumnya yakni 250 gram daun asam muda dan 50 gram asam jawa. Namun, untuk membuat jamu daun asam khas Solo ini kamu perlu menambahkan 2 lembar daun salam dan daun jeruk, 4 buah kapulaga, dan 10 ruas kunyit yang sudah dibakar.

Tak lupa juga untuk menyediakan 2 batang serai geprek, 250 gram gula aren, 3 buah cengkeh, 2 ruas jahe, 1 ruas lengkuas yang sudah digeprek, dan air secukupnya.

Cara membuatnya pertama, kamu perlu memblender kunyit yang sudah dibakar, jahe, dan daun jeruk hingga halus, kemudian sisihkan. 

Selanjutnya, rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan lengkuas, serai, kunyit, daun salam, dan bahan-bahan yang sudah kamu siapkan tadi. Jika sudah matang, jamu masukkan ke dalam botol untuk disajikan.

Baca Juga:  Ketahui 7 Ciri Khas Makanan Sunda Sebelum Memulai Bisnisnya!

3. Resep Jamu Sinom untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain kedua resep di atas, kamu juga bisa membuat jamu sinom untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai aroma cengkeh maupun lengkuas, bisa gunakan resep ini.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain air sebanyak 2 liter, 75 gram sinom, 75 gram asam jawa, 50 gram kunyit yang sudah dikupas dan dimemarkan,100 gram gula merah dan gula pasir.

Cara membuatnya cukup sederhana. Pertama, kamu perlu mengupas dan memotong kunyit kemudian rendam dengan air bersih. Berikutnya, masukkan kunyit dan asam jawa dalam panci yang sudah disiapkan, lalu rebus hingga mendidih. Kemudian, masukkan daun sinom.

Setelah itu, kamu bisa memasukkan gula dan garam serta rebus kembali selama 15 menit. Lalu matikan kompor dan tunggu hingga air rebusan hangat. Kemudian saring dan sajikan sesuai selera. Sudah tak sabar untuk mencobanya?

4. Resep Jamu Sinom Enak dan Nikmat

Tidak semua orang menyukai kunyit meski sudah dalam bentuk jamu yang makin menambah khasiatnya. Jika kamu termasuk salah satunya, tentu tak menjadi masalah. 

Kamu bisa membuat jamu ini tanpa kunyit. Kamu hanya memerlukan bahan-bahan seperti 2 liter air, 75 gram sinom, 75 gram asam Jawa, 100 gram gula merah, dan 100 gram gula pasir.

Nah, untuk membuatnya pun cukup mudah. Pertama, rebus air dengan daun sinom dan asam jawa hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan gula pasir dan gula merah, lalu aduk hingga larut dan merata. Setelah selesai, angkat, saring, dan sajikan dengan nikmat.

Jika kamu menyukai minuman dingin, tentu bisa menambahkannya dengan es batu. Tapi, bisa juga dinikmati dalam keadaan hangat. Kamu bisa merebus kembali untuk menghangatkan. Mudah bukan?

Tertarik Mengonsumsi Jamu Sinom?

Nah, itulah manfaat jamu sinom serta cara membuatnya yang ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Ternyata, tak hanya daun asam muda (sinom) saja yang bermanfaat bagi kesehatan.

Adanya asam jawa dalam produk sinom membuat minuman herbal yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh.

Yuk, segera coba jamu sinom!


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman sehat, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.