Jenis-Jenis Buffet yang Ada di Restoran, Mana Favoritmu?

4 min read

jenis jenis buffet

Istilah buffet mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia kuliner. Namun, masih ada sebagian orang yang bingung ketika mendengar kata “buffet”. Oleh karena itu, inilah penjelasan arti kata buffet dan jenis-jenis buffet yang harus kamu tahu!

Apa Itu Buffet?

Ketika berkunjung ke restoran atau rumah makan kelas menengah atau bintang lima, sudah pasti kamu akan mendengar berbagai istilah dalam dunia perkulineran, salah satunya adalah buffet

Buffet adalah sebuah cara yang restoran gunakan untuk menyajikan berbagai makanan dan minuman. Istilah ini pertama kali datang dari Perancis, di mana saat itu para bangsawan Perancis sedang makan bersama-sama di sisi meja berukuran panjang. Cara inilah yang namanya buffet.

Para bangsawan itu mengambil sendiri makanan yang sudah tersaji di atas meja panjang tersebut. Cara inilah yang membuat suasana saat itu menjadi lebih akrab dan hangat. 

Sistem penyajian buffet sejak saat itu berkembang hingga ke kawasan Las Vegas, Amerika Serikat. 

Saat itu Herb McDonald menyajikan tiga jenis buffet dan mengelompokkan makanan tersebut sesuai dengan harga masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Dari sinilah yang akhirnya membuat konsep dan istilah buffet semakin meluas dan terkenal. 

Kamu bisa juga menyebut cara ini dengan istilah prasmanan atau all you can eat. Sebab, kamu bisa memilih sendiri makanan dan minuman yang kamu inginkan tanpa harus menunggu penjual atau pramusaji yang mengambilkan makananmu.  

Hidangan yang memakai sistem ini biasanya adalah makanan pembuka, hidangan utama, sampai hidangan penutup atau dessert. Cara penyajian seperti ini banyak dipilih karena terbilang praktis dan bisa menarik banyak pengunjung. 

Restoran yang memakai buffet system membuat pengunjung tidak perlu mengantre lama untuk mendapatkan makanan, sebab mereka bisa mengambil sendiri makanan dan minuman yang mereka inginkan.

Jenis-Jenis Buffet yang Harus Kamu Tahu 

Ada beragam macam buffet yang biasanya ada pada restoran atau rumah makan. Ini dia berbagai jenis buffet tersebut, antara lain:

Baca Juga:  Bisnis Makanan Online: Ide dan Tips Sukses untuk Pemula

1. Simple Buffet 

Simple buffet adalah salah satu jenis-jenis buffet yang kerap kali kamu temui saat ada acara pernikahan. Hidangan yang menggunakan cara ini sangatlah tertata rapi pada sebuah meja makan dan biasanya para tamu harus mengantre untuk mengambil makanan atau minuman.

Pramusaji biasanya berdiri pada sisi samping meja dan bertugas untuk merapikan peralatan dan makanan serta melakukan isi ulang makanan atau minuman jika sudah habis.

Cara ini sangat memudahkan tamu undangan untuk menikmati makanan tanpa harus mengantre panjang. Para undangan juga dengan sesuka hati bisa memilih hidangan sesuai dengan keinginannya.

2. Station Type Buffet

Station type termasuk jenis buffet yang menggunakan konsep chef atau juru masaknya memasak makanan langsung sesuai permintaan tamu. Makanan tersebut adalah makanan selain makanan utama. 

Restoran yang menggunakan cara ini biasanya restoran bintang lima yang ada pada hotel-hotel mewah. Dengan menggunakan konsep buffet station type, maka akan bisa menambah nilai pelayanan kepada konsumen. 

3. Deluxe Buffet

Konsep deluxe buffet adalah tamu terlebih dahulu mendapat pelayanan berupa hidangan pembuka seperti sup, lalu kemudian mereka boleh memilih sendiri menu utama yang mereka inginkan.

Sistem ini memperbolehkan tamu mendatangi meja saji beberapa kali untuk mengambil makanan lain jika makanan pertama sudah habis. 

4. Modified Deluxe Buffet

Modified deluxe ini mengusung konsep perpaduan antara pelayanan pramusaji dengan prasmanan. 

Meja makan tamu sudah terlebih dahulu lengkap dengan peralatan makan untuk tamu makan. Pramusaji akan menghidangkan menu penutup ke meja makan tamu, tapi untuk makanan utama tamu akan mengambil sendiri makanan yang mereka inginkan.

5. Breakfast Buffet

Breakfast buffet termasuk jenis-jenis buffet yang penyajiannya berdasarkan waktu atau jam makan pagi tamu. Menu sarapan para tamu terdiri dari menu-menu yang mengandung protein dan karbohidrat seperti nasi, sereal, bubur, roti, hingga minuman hangat.

Kamu bisa menemui jenis buffet ini ketika berkunjung ke hotel. Selain itu, kamu hanya akan mendapatkan makanan tersebut saat jam sarapan tiba. 

6. Lunch Buffet

Lunch atau makan siang biasanya menggunakan menu yang lebih banyak, lebih berat, dan beragam daripada saat sarapan. 

Menu makan siang biasanya adalah masakan yang mengandung karbohidrat, lauk pauk yang mengandung protein, sayuran, dan vitamin. Tak lupa, sajian makanan pembuka dan penutup pun juga tersedia saat jam makan siang tiba.

Baca Juga:  Bisnis Frozen Food: Tips Agar Sukses dan Laris Manis

Memilih makanan berat saat makan siang sangat cocok karena para tamu membutuhkan energi untuk beraktivitas kembali. Menu makanan ini haruslah mengandung gizi seimbang agar nutrisi para tamu tetap tersuplai dengan optimal.

7. Chinese Buffet

Chinese buffet adalah penyajian makanan berdasarkan makanan khas suatu negara. Makanan yang tersaji pada konsep ini hanyalah makanan khas China atau Tionghoa.

Menu yang ada biasanya sangat unik dan mempunyai ciri khas tersendiri, misalnya saja seafood, aneka sayur, dan makanan segar lainnya. 

Penyajiannya pun dalam jumlah besar untuk para tamu yang memang berjumlah besar. Mereka bisa mengambil makanannya sendiri sesuai dengan menu yang mereka inginkan.

8. Indian Buffet

Selain Chinese, penyajian makanan Indian juga menarik dan unik. Hidangan makanan yang ada adalah makanan khas negara India lengkap dengan bahan serta bumbu-bumbunya yang khas.

India sudah familiar dengan cara penyajian seperti ini. Mereka biasanya menggunakan banyak piring-piring untuk menyajikan makanan. India juga merupakan negara yang menjadi pelopor adanya all you can eat yang sekarang banyak kamu temui di  restoran-restoran modern. 

9. American Buffet

American buffet adalah salah satu jenis-jenis buffet berdasarkan makanan khas dari suatu negara. Makanan yang ada ini merupakan makanan khas Amerika seperti kentang, kalkun, ayam, hamburger, dan menu lain yang sesuai dengan selera orang Amerika.

Saat sistem ini berkembang, pengusaha Las Vegas menghidangkan berbagai makanan seperti salad dan daging iris tipis kepada para tamunya.

10. Pizza Buffets

Sesuai namanya, prasmanan ini menyajikan beragam menu pizza dalam sebuah meja panjang dan tamu pun bisa memilih hidangan pizza yang mereka sukai. Kamu bisa menemui hidangan seperti ini ketika berkunjung ke daerah Amerika atau Eropa.

Keuntungan Sistem Buffet

Sistem buffet memberikan keuntungan tersendiri bagi semua pihak, khususnya para chef dan pihak restoran. Bagi para chef, sistem ini tentu memudahkan pekerjaan dapur mereka karena semua sajian makanan dan minuman sudah terencana dengan baik.

Chef juga lebih bisa fokus untuk memasak makanan dan membuat tenaga yang keluar relatif sedikit. Selain itu, ini juga bisa memudahkan chef untuk menyusun dan mengatur hidangan para tamu.

Bagi pihak restoran, keuntungan sistem ini terletak pada lebih fleksibel dan leluasa jika ingin menikmati suasana baru. Pihak restoran juga bisa melayani banyak tamu dalam satu waktu yang singkat. Jadi, tidak perlu menggunakan banyak pramusaji untuk melayani tamu sehingga bisa meminimalisir makanan sisa. 

Baca Juga:  10 Rekomendasi Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

Kekurangan Sistem Buffet

Sistem penyajian ini tampaknya kurang cocok untuk restoran kelas menengah ke bawah, karena akan membuat harga makanannya semakin mahal dan membuat pengunjung jadi enggan menikmati sajian tersebut.

Selain itu, para pelayan yang bekerja juga lambat laun akan merasa bosan, karena restoran yang menggunakan buffet pelayannya tidak perlu memiliki banyak skill. Mereka cenderung akan melakukan tugas yang sama berulang-ulang. 

Kekurangan dari sistem buffet terlihat lebih minim daripada kelebihannya. Sebab berhasil atau tidaknya sistem ini juga tergantung pada penataan meja buffet

Penataan mejanya haruslah menarik dan sangat memperhatikan pandangan para tamu, supaya para tamu nanti mau mendatangi dan mencicipi hidangan yang tersedia.

Ada dua tipe penataan meja tersebut. Pertama, straight line shape yakni desain meja memanjang. Ini berguna agar seluruh makanan dapat terlihat seluruhnya, mulai dari sup, dessert, main course, dan lain-lain.

Kedua, scramble system buffet. Berbeda dengan yang pertama, tipe kedua ini menggunakan lebih dari satu meja untuk menaruh makanan. Setiap meja akan berisi makanan yang sejenis dan penataannya sangat memperhatikan arus lintas para tamu.

Sudah Tahu Informasi Lengkap tentang Jenis-jenis Buffet?

Prasmanan atau sistem buffet memang terasa lebih menarik dan praktis daripada dengan sistem penyajian lainnya.

Tidak hanya pengunjung yang untung, namun pemilik restoran dan para pekerjanya juga merasakan banyak keuntungan.

Jadi, mana jenis buffet yang pernah kamu coba?


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan tips lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.