Resep Bubur Ayam Sederhana, Enak dan Cocok untuk Usaha!

5 min read

resep bubur ayam sederhana

Apa saja resep bubur ayam sederhana yang cocok untuk usaha?

Bubur ayam menjadi menu favorit banyak orang saat pagi hari sebagai sarapan. Teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang khas menjadikan menu ini sangat cocok untuk dikonsumsi semua kalangan termasuk orang yang sedang sakit.

Jika kamu ingin membuka usaha ini, berikut resep bubur ayam sederhana untuk kamu!

Resep Bubur Ayam Sederhana untuk Ide Jualan

Bubur ayam sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah kamu temui di pasaran.

Yuk, ketahui apa saja!

1. Resep Bubur Ayam Sederhana Siram Kuah Kuning

Bubur ayam kuah kuning merupakan salah satu varian bubur ayam yang mempunyai cita rasa nikmat dan menggoda. Siraman kuah kuningnya menjadikan bubur ayam tidak hanya terasa nikmat tapi juga terasa segar. Kamu bisa membuat menu ini sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan ini.

Siapkan  bahan bubur:  beras 75 gram, air 900 ml, jahe ½ cm, 1 batang serai lalu memarkan, ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk, ¼ sendok teh garam.

Bahan kuahnya: siapkan ½ ekor ayam, 400 ml air kaldu, 1 cm lengkuas yang sudah kamu memarkan, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk. Untuk bumbunya, siapkan ¼ sendok teh garam dan 1/8 sendok teh merica.

Bumbu halusnya, 2 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 buah kemiri, 1 cm kunyit, ½ cm jahe, ¼ sendok teh ketumbar. Bahan toping atau pelengkapnya, telur rebus, seledri dan kacang, kacang kedelai goreng, kerupuk dan bawang merah goreng.

Cara memasaknya, masukkan semua bahan bubur ke dalam panci, aduk terus dan masak hingga seluruhnya mengental. Setelah matang dan mengental, angkat bubur lalu tiriskan. Ambil ayam dan rebus sampai mendidih lalu ambil air kaldunya sekitar 400 ml, sisihkan kaldu dan tiriskan ayamnya.

Ayam yang tadi goreng sebentar saja, setelah itu suwir-suwir untuk nantinya menjadi toping bubur ayam. Nah, untuk memasak kuahnya, tumis bumbu halus hingga keluar bau wangi, masukkan dalam panci lalu tuang air kaldu, serai, lengkuas, daun salam dan jeruk, garam, serta merica. Masak sampai mengental dan cicipi sedikit.

Finishing, tata bubur dalam mangkok, beri toping ayam suwir, kacang kedelai goreng, seledri, telur rebus, dan terakhir bawang goreng. Siram kuah yang tadi sesuai selera, lalu tambahkan kerupuk sebagai pelengkap.

2. Bubur Ayam Khas Bandung

Resep bubur ayam sederhana khas Bandung ini mempunyai ciri khas yang letaknya ada pada kuah yang kental dan gurih. Nah, untuk bisa membuatnya, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga:  11 Makanan Khas Sumatera yang Enak dan Melegenda!

Siapkan bahan-bahan seperti ayam 250 gram dan tulang ayam untuk kaldu secukupnya saja. 

Untuk bumbu halusnya, kamu perlu menyiapkan bawang putih 2 siung, bawang merah 5 siung, kemiri 3 biji, kunyit 1 ruas,  jahe 1 ruas. Kemudian siapkan juga ketumbar ½ sendok teh, merica bubuk ½ sendok teh, kaldu jamur, dan garam secukupnya.

Bahan bubur: beras 250 gram, air 3,5 liter, daun salam 2 lembar. Topingnya siapkan ayam goreng yang sudah kamu suwir, sambal rawit, kecap manis, kerupuk, dan bawang goreng.

Rebus ayam dalam air 3,5 liter lalu masukkan daun salam masak hingga matang. Angkat ayam, ambillah air kaldunya sekitar 700 ml untuk kuah bubur. Setelah itu, masukkan beras dan garam 1 sendok teh ke air kaldu, masak sampai jadi bubur dan mengental. Kecilkan api dan terus aduk buburnya.

Blender bahan-bahan untuk bumbu halus tadi jadi satu kecuali jahe, garam, dan kaldu jamur. Setelah halus, tumis bumbu tersebut lalu masukkan daun salam, daun jeruk, dan jahe geprek. Setelah harum dan matang, masukkan air kaldu dan masak sampai matang.

Bubur siap dan sajikan bersama berbagai toping beserta kuah tadi.

3. Resep Bubur Ayam Sederhana Khas Banjar

Sebelum membuatnya, siapkan 200 gram beras cuci hingga bersih lalu rendam dalam air. Ambil air sebanyak 2 liter untuk memasak bubur dan merebus ayam, ayam potong 500 gram, bumbu sup khas banjar 1-2 sendok makan. 

Siapkan juga wortel iris tipis 1 buah, batang seledri, gula pasir sedikit, garam, dan kaldu jamur secukupnya.

Bahan toping: ayam suwir, telur pindang atau telur ayam rebus, sambal, irisan seledri, daun bawang, bawang goreng, dan kerupuk.

Cara membuatnya, rebuslah ayam dan buang busa yang mengapung pada permukaan air rebusan ayam. Kemudian, masukkan bumbu sup khas Banjar beserta irisan daun bawang dan seledri. Selanjutnya, tambahkan kaldu jamur, garam, dan gula pasir sedikit, masak dengan api sedang hingga tekstur ayam empuk dan lunak.

Angkat ayam tadi, gorenglah sebentar saja lalu suwir-suwir dan sisihkan. Masukkan beras dalam kaldu, masak hingga kental dan sesekali aduklah. Kalau buburnya hampir matang, tambahkan wortel lalu masak wortel sampai empuk, lanjut masak bubur sampai kental sesuai dengan yang kamu mau.

Jika sudah selesai, angkat bubur. Sajikan dengan beragam toping yang sudah tersedia.

4. Resep Bubur Ayam Sederhana versi Toping Komplit

Membuat menu ini tidaklah sulit. Siapkan ayam kampung 1 ekor yang sudah kamu marinasi dengan garam dan beras yang sudah bersih 3 cup. Persiapkan juga 2 ruas jahe geprek, daun pandan 2 buah, garam 1 sendok teh, lada ½ sendok teh, kaldu jamur 1 sendok makan, dan air 2000 ml.

Bahan kuah: bawang merah 5 siung, bawang putih 2 siung, kunyit ukuran sedang 1 buah, dan air 500 ml. Toping komplitnya kamu bisa menyiapkan cakwe, kedelai goreng, seledri, kecap manis, telur asin, sambal, bawang goreng, dan kerupuk.

Baca Juga:  12 Jenis Keju Paling Enak di Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Cara membuat, masak air hingga mendidih, masukkan ayam, daun pandan, dan jahe, lalu rebus ayam dengan api kecil sampai dagingnya empuk, kemudian angkat. Tunggu ayam dingin lalu suwir-suwir. Air rebusan ayam tadi jangan kamu buang, tapi nanti akan menjadi bahan membuat bubur.

Masukan air rebusan ayam, buang jahe dan daun pandannya, lalu masukkan beras dan tambahkan air secukupnya. Pastikan beras teksturnya agak lembek, lalu beri garam, penyedap rasa, dan lada. Masak bubur sampai semua rata. 

Untuk kuahnya, tinggal kamu blender semua bahan tadi hingga halus lalu masaklah dengan air  sampai mendidih, beri lada dan garam sedikit. Setelah jadi, sajikan bubur beserta seluruh topingnya.

5. Bubur Ayam Kecap

Resep bubur ayam sederhana lainnya adalah bubur ayam kecap. Bahan buburnya adalah siapkan 750 gram nasi, jahe geprek 1 ruas, kecap asin 2 sendok teh, minyak wijen 2 sendok teh,  air 1 liter, kaldu, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya sangat mudah. Masukkan nasi dan 500 ml air ke dalam chooper, blender sampai halus. Setelah itu, tuang ke panci dan beri lagi air 500 ml, masak dengan api besar, tunggu hingga mendidih. Kecilkan api kalau airnya sudah mendidih.

Masukkan jahe ke dalam adonan nasi, aduk rata. Masukkan kecap asin, minyak wijen, lada, dan garam secukupnya pada bubur.

Nah, cara membuat toping ayam kecapnya sangat mudah. Tumislah bawang putih hingga berwarna kuning dan wangi, masukkan ayam lalu aduk rata.

Tambahkan air, saus tiram, garam, kecap manis, dan kaldu bubuk. Masukkan telur rebus, masak dengan api kecil sampai bumbu benar-benar meresap.

Kalau sudah matang, tuang ayam kecap pada bagian atas bubur. Sajikan dengan taburan kerupuk, daun bawang, dan bawang goreng.

6. Resep Bubur Ayam Jamur

Proses pembuatan bubur ini juga mudah jika kamu tertarik membangun usaha bubur ayam jamur. Pertama, siapkan nasi, wortel yang sudah kamu potong dadu kecil-kecil, ayam suwir, jamur merang, bawang putih bubuk, susu full cream UHT, keju, lada bubuk, parsley, dan oregano.

Cara membuatnya, rebus nasi hingga mendidih dan teksturnya menjadi seperti bubur. Masukkan wortel, jamur, dan ayam, lalu aduk rata. Ketika air sudah mulai berkurang, tambahkan bawang putih bubuk, lada bubuk, dan oregano.

Lumatkan oregano lalu tambahkan susu full cream dan keju. Aduk terus hingga semua tercampur rata dan teksturnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Setelah selesai, taburi bubur dengan parsley dan siap kamu sajikan.

7. Bubur Ayam Khas Cianjur

Resep bubur ayam sederhana terakhir adalah bubur ayam Cianjur. Proses membuatnya juga tidak sulit. Siapkan 1 cup beras, air 7 cup, santan encer 1 cup, dan garam 1 sendok teh. Kemudian siapkan juga batang serai geprek 1 buah, jahe geprek 1 ruas jari, dan daun salam 1 lembar saja.

Bahan bacemannya antara lain: daun bawang 4 batang, air 1 gelas, bawang merah 3 buah, bawang putih 1 siung, dan kunyit 1 ruas. Kemudian ketumbar ½ sendok teh, garam ½ garam, gula 1/2 sendok teh, dan 2 sendok makan garam.

Baca Juga:  Tips Memulai Tempat Makan Outdoor dengan Budget Minim

Bahan topingnya yaitu ayam suwir, ampela, ati, telur rebus 5 butir, kacang tanah yang sudah kamu goreng, bawang goreng, kerupuk, kecap asin, dan jeruk nipis.

Untuk pembuatannya, campur semua bahan, aduk rata, dan masak selama 45 menit sampai teksturnya lembut. Jangan lupa aduk agar tidak gosong. Kalau sudah matang, angkat dan sisihkan.

Cara memasak baceman bawang adalah, blender semua bumbu sampai halus, setelah itu tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum. Tambahkan air, gula, garam, daun bawang, dan masak lagi hingga semua mendidih.

Cara membuat cabe gilingnya, rebus semua bahan, blender sampai halus lalu tambahkan garam dan aduklah dengan rata. 

Setelah itu, ambil bubur sebanyak 1 sendok sayur, tuanglah dalam mangkuk. Sajikan bubur dengan kecap asin, taburkan kremesan krupuk, kacang tanah goreng, ati, ampela, ayam suwir, baceman bawang, cabai giling, dan telur rebus.

Hidangkan bubur dengan sedikit perasan jeruk nipis dan bawang goreng agar rasanya lebih segar dan nikmat.

Tips Agar Bubur Ayam Tahan Lama dan Tetap Enak

Penyajian bubur ayam haruslah dalam keadaan panas agar rasanya lebih nikmat dan gurih. Jika kamu menyajikan bubur ayam kepada pembeli dalam keadaan dingin, buburnya akan berubah menjadi berair atau sangat mengental. Tentu saja ini akan memberikan pengalaman menyantap bubur yang kurang menyenangkan.

Nah, ada sedikit tips agar bubur ayam jualanmu tetap terasa enak dan banyak pengunjungnya. Pertama, masaklah bubur ayam sampai mengental dan jangan terlalu encer. Kedua, gunakan panci yang tebal agar panasnya tahan lama. Ketiga, tutup rapat panci supaya panasnya tetap terjaga dan bubur tidak cepat dingin.

Jadi, Resep Bubur Ayam Sederhana yang Mau Kamu Coba?

Menjaga kualitas dan cita rasa bubur bisa membuat usaha kulinermu menjadi banyak keuntungan.

Pastikan memperhatikan cara memasak dan cara menghidangkannya.

Semangat membangun usaha bubur ayam!


Temukan inspirasi lainnya seputar resep makanan, resep minuman dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.