Apa Manfaat Buah Apel yang Menakjubkan bagi Kesehatan?

3 min read

apa manfaat buah apel

Kesehatan merupakan nikmat yang sering kali tidak disyukuri dengan baik. Kamu baru akan merasakan nikmat sehat ketika sudah sakit. Nah, supaya kamu bisa tetap sehat dan bebas dari gangguan penyakit degeneratif, sebaiknya mulai rutin konsumsi buah termasuk apel. Sudah tahu belum apa manfaat buah apel untuk kesehatan?

Pada dasarnya, buah adalah salah satu sumber serat, vitamin, dan mineral yang melimpah. Setiap buah memiliki warna, tekstur, dan rasa yang berbeda. Selain itu, buah juga mengandung zat aktif dengan manfaat yang berbeda-beda. Supaya kamu tidak melewatkan buah apel sebagai asupan harian, yuk ikuti pembahasan lengkap berikut!


Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Buah sepanjang musim ini mempunyai sejumlah khasiat menakjubkan untuk kesehatan yang masih belum banyak orang-orang ketahui. Silakan simak manfaatnya sebagai berikut ini:

1. Menyehatkan Saluran Cerna

Selain mempunyai fungsi utama untuk mencerna makanan hingga menjadi sari-sari makanan, saluran cerna juga bertanggung jawab untuk memproduksi imun tubuh. Lantas, apa manfaat buah apel untuk pencernaan? Jadi, kandungan antioksidan dan serat pada kulit apel dapat mengatasi sembelit atau konstipasi.

Apabila saluran cerna lancar, maka bakteri dalam usus pun dapat keluar dengan mudah bersama kotoran. Apel juga mempunyai kandungan zat aktif pektin yang akan menutrisi bakteri baik dalam saluran cerna. Nah, semakin banyak jumlah bakteri baik dalam saluran cerna, tentu akan semakin lancar dan sehat pula kondisi pencernaan.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Orang dewasa usia 40 tahun ke atas lebih rentan mengalami serangan jantung. Namun, penyakit ini bisa menyerang orang usia muda yang memiliki pola hidup dan makan yang tidak sehat. Kamu bisa menurunkan risiko serangan jantung dengan rajin mengonsumsi buah apel.

Baca Juga:  Sudah Coba Deretan Makanan Terenak di Dunia ini?

Jika kamu belum tahu apa manfaat buah apel untuk jantung, buah ini punya kandungan serat yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu, senyawa alami seperti quercetin, epicatechin, kaempferol, dan epigallocatechin dapat memelihara kesehatan dinding arteri dari risiko peradangan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kamu punya masalah susah konsentrasi dan mudah lupa mengingat sesuatu? Kondisi ini bisa jadi karena sel-sel otak banyak yang mati alias tidak berfungsi. Coba mulai rutin konsumsi apel untuk sarapan atau menu snack sehat agar membantu memelihara kesehatan sel-sel otak.

Flavonoid dan kuersetin adalah jenis antioksidan yang ada pada buah apel. Senyawa aktif tersebut akan memelihara sel-sel otak dari penuaan. 

Apabila sel-sel otak mendapatkan nutrisi dan terpelihara dengan baik, maka secara berangsung-angsur dapat meningkatkan kemampuan memori. Selain itu, buah apel dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer. 

4. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Apa manfaat buah apel berikutnya untuk kesehatan? Selain bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan alzheimer, manfaat apel juga bisa mengurangi risiko diabetes. Kondisi ini lantaran buah apel dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Kandungan serat dan zat aktif pada apel dapat mengontrol glukosa yang masuk dalam darah agar bisa terkendali dengan baik. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi apel yaitu sekitar 30 menit sebelum mengonsumsi makanan berat. 

Selain bisa membuatmu merasa lebih kenyang, mengonsumsi apel sebelum menyantap makanan utama juga tidak akan membuat perut sakit atau kembung.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Penasaran apa manfaat buah apel yang belum diketahui banyak orang? Rutin mengonsumsi satu atau dua buah apel sehari ternyata bisa menurunkan risiko penyakit kanker, loh. Senyawa aktif pada buah apel dapat memerangi cikal bakal sel kanker seperti kanker lambung, kanker usus, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Kandungan serat dan antioksidan pada apel lebih banyak terdapat pada kulitnya. Nah, supaya bisa mendapatkan manfaat baik dari buah apel, sebaiknya makanlah buah ini bersama kulitnya. Pastikan sebelum mengonsumsinya kamu sudah mencuci apel tersebut dengan bersih.

Baca Juga:  Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

6. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Paru

Paru-paru merupakan organ vital pernapasan sehingga penting untuk selalu menjaga kesehatan organ tersebut. Organ ini juga sering terpapar radikal bebas seperti asap rokok dan kendaraan. Supaya paru-paru tetap sehat dan berfungsi dengan baik, bisa kamu dukung dengan makan buah apel.

Hal ini lantaran apel mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang memegang peran penting dalam menjaga fungsi paru-paru. Supaya tidak bosan mengonsumsi buah ini, kamu bisa membuatnya menjadi jus atau olahan lainnya.

7. Mencegah Penyakit Stroke

Pembuluh darah merupakan bagian penting dalam sistem sirkulasi karena mempunyai tugas mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Melalui pembuluh darah, sari-sari makanan juga akan didistribusikan untuk memberi makan sel-sel jaringan. 

Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan sistem sirkulasi tubuh supaya terhindar dari risiko penyumbatan yang menghambat persebaran oksigen dan nutrisi. Apabila pembuluh darah bebas dari sumbatan plak, maka proses sirkulasi pun lancar.

Apa manfaat buah apel untuk pembuluh darah? Apel bisa meluruhkan kolesterol jahat dalam darah yang menyebab plak karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kondisi ini tentu akan menurunkan risiko stroke akibat pembuluh darah yang tersumbat. Kemampuan buah apel dalam mengurangi risiko stroke bisa mencapai 32%.

8. Mengatasi Bau Mulut

Sering merasa kurang percaya diri karena punya masalah bau mulut? Kondisi ini biasa terjadi karena mulut kurang mampu memproduksi air liur dan ada banyak bakteri yang bersarang di mulut. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara sederhana yaitu mengonsumsi buah apel segar.

Setelah mengunyah apel, nafas akan terasa lebih segar karena senyawa pektin akan merangsang mulut untuk memproduksi air liur lebih banyak. Lantas, apa manfaat buah apel lainnya untuk kesehatan mulut? Tekstur buah apel yang padat dan kaya serat juga bisa membersihkan plak gigi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

9. Menjaga Kepadatan Tulang

Jika kamu ingin tetap aktif dan produktif saat usia lanjut nanti, maka penting untuk menjaga kesehatan tulang. Supaya tulang padat dan kuat, kamu harus rajin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Kandungan buah apel ternyata juga mampu menjaga kepadatan tulang.

Baca Juga:  Kode Makanan yang Mengandung Babi, Seperti Apa?

Selain itu, nutrisi pada buah apel juga berperan dalam membantu perkembangan tulang pada janin. Jadi, jenis buah ini sangat bagus dikonsumsi ibu hamil. Namun, pastikan pula untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

10. Memelihara Kesehatan Kulit

Setiap orang pasti ingin tampil awet muda, bukan? Oleh sebab itu, kamu harus rajin merawat kesehatan kulit sedini mungkin. Merawat kulit tidak cukup hanya dengan menggunakan skincare, namun kamu juga harus memberikan nutrisi dari dalam. Apa manfaat buah apel untuk kesehatan kulit?

Nah, apel mampu menghambat masalah penuaan dini pada kulit seperti keriput, kulit kendur, dan perubahan lainnya. Hal ini lantaran antioksidan dan vitamin C pada apel cukup efektif menghalau radikal bebas penyebab penuaan dini.


Sudah Paham Apa Manfaat Buah Apel?

Sekian pembahasan mengenai apa manfaat buah apel untuk kesehatan. Sekarang kamu bisa menjadikannya sebagai asupan harian untuk memelihara kesehatan. Buah ini bisa kamu temukan di supermarket, toko buah, atau pasar tradisional. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga tidak perlu takut mahal untuk mulai hidup sehat.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.