Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner di TikTok dengan Mudah

4 min read

Menjalankan sebuah bisnis kuliner tidak hanya sebatas meningkatkan angka penjualan saja, tetapi juga melakukan promosi yang berkelanjutan. Salah satunya mempromosikan bisnis kuliner di TikTok, salah satu media sosial yang cukup terkenal saat ini.

Mempromosikan bisnis kuliner di TikTok tentunya sedikit tricky karena kamu harus mampu mengemas kontenmu dengan baik. Hal ini supaya penonton akun TikTokmu menjadi tertarik untuk membeli kuliner yang kamu tawarkan. Nah, ini dia tips promosi kuliner di TikTok yang bisa kamu coba.

Mengapa Promosi Itu Penting?

Sebelum memahami tips promosi kuliner di TikTok untuk meningkatkan penjualan. Tentu kamu perlu memahami juga mengapa promosi bisnis kuliner itu penting. Beberapa poin penting mengapa promosi dalam bisnis kuliner itu penting adalah sebagai berikut:

  • Membangun Kesadaran Merek

Poin pertama terkait promosi yang penting adalah untuk membangun kesadaran merek. Membangun kesadaran merek atau brand awareness yang dimaksud di sini bertujuan untuk membuat orang-orang mengenal merek dagang yang kamu miliki dan juga produk yang kamu jual.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kedua, promosi juga penting dalam bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Tentu ada berbagai macam strategi pemasaran yang salah satunya agar bisnis kamu tidak kalah saing dengan kompetitor.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan mengadakan giveaway secara berkala, memberikan bonus, menggunakan tier poin, mengadakan games, dan lain sebagainya.

  • Media Untuk Mengedukasi Pelanggan

Promosi dalam bisnis kuliner juga bermanfaat untuk mengedukasi pelanggan. Dengan melakukan promosi, kamu bisa menyampaikan pesan tentang kelebihan produk yang kamu jual, manfaat, atau cara penggunaannya.

 

Nah, setelah memahami beberapa poin terkait dengan pentingnya promosi, sekarang kamu bisa mulai melakukan promosi. Di masa sekarang, sudah ada banyak media gratis yang dapat membantumu melakukan pemasaran produk. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah sosial media. 

Ada berbagai macam sosial media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Saat ini, TikTok menjadi salah satu media sosial yang cukup digemari oleh masyarakat. 

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

Aplikasi TikTok

Aplikasi TikTok adalah aplikasi untuk membagikan video berdurasi pendek kepada pengguna sosial media. Selain TikTok, aplikasi ini juga memiliki nama lain Douyin. Meluncur di tahun 2016, Zhang Yiming adalah orang yang pertama kali meluncurkan aplikasi dibawah perusahaan teknologi bernama ByteDance.

Saat ini, TikTok sudah memiliki pengguna sebanyak 92 juta pengguna di Indonesia dengan total unduhan lebih dari 100 juta. Dengan banyaknya pengguna di aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis kuliner di TikTok.

5 Tips Promosi Kuliner di TikTok

Ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis kuliner di TikTok yang bisa kamu coba. Kamu bisa mulai dengan membuat konten dengan menarik sampai dengan memanfaatkan iklan TikTok yang berbayar untuk mengembangkan bisnis yang kamu punya. Ini dia lima tips promosi kuliner di TikTok:

1. Membuat Konten TikTok yang Menarik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar sukses mempromosikan bisnis kuliner di TikTok adalah dengan membuat konten TikTok yang senatural mungkin tetapi menarik untuk ditonton.

Dengan membuat konten yang menarik, kamu dapat memperbesar peluangmu untuk masuk halaman For You Page atau FYP dan bisa mendapatkan lebih banyak audiens. Menarik bukan?

Manfaatkan tiga detik pertama dalam video yang kamu unggah untuk memberikan informasi terkait dengan produk yang kamu tawarkan. Cara ini dapat membantu kamu untuk memperbesar keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian.

Beberapa strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami target pelangganmu terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika kamu berbisnis makanan korea yang memiliki target pelanggan perempuan usia remaja, kamu bisa membuat konten TikTok bertema oppa-oppa yang dapat membuat mereka tertarik.

2. Membuat Konten How To dan Behind The Scenes

Tips promosi kuliner di TikTok yang kedua adalah dengan membuat konten how to dan behind the scenes. Seperti apa maksud konten how to dan behind the scenes? Mengingat bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis kuliner atau masak-memasak, tentu kamu bisa memperkenalkan bagaimana cara penyajian produkmu, singkatnya cara membuat sesuatu atau cerita dibalik layar. 

Mari mengambil contoh konten yang bisa kamu gunakan dalam bisnis kulinermu. Anggap saja kamu menjual adonan pizza beku yang sudah jadi yang mudah untuk dibuat berbagai jenis masakan. Nah, salah satu contoh konten yang bisa kamu buat adalah bagaimana cara memasak pizza dengan mudah tanpa oven, perbedaan pizza italia dan pizza amerika, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Bisnis Soto Ayam: Modal, Keuntungan dan Tips Sukses Menjalankannya

Ambil contoh lain jika kamu menjual produk makanan Korea seperti tteokpokki atau ramyeon, kamu bisa mengembangkan kontenmu dengan membuat daftar ramen yang disukai oleh oppa atau juga resep ramen dari artis Korea. Sungguh menarik bukan?

3. Bekerjasama dengan Influencer

Selain melakukan produksi konten sendiri atau dengan tim marketing yang kamu miliki, kamu juga mempromosikan bisnis kuliner di TikTok dengan cara bekerja sama dengan influencer TikTok.

Berkolaborasi dengan influencer TikTok bisa kamu lakukan dengan cara membuat video bersama, melakukan promosi berbayar, atau menawarkan kepada influencer untuk memberikan ulasan tentang produk yang kamu jual.

Tentunya sebelum bekerja sama dengan influencer kamu perlu untuk memastikan jika influencer yang kamu pilih sesuai dengan produk kuliner yang kamu jual. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan latar belakang mereka sebelum kamu berniat menjalin kerja sama. 

Selain memperhatikan latar belakang, jangan lupa juga untuk menyesuaikan budget yang kamu miliki agar tidak melebihi biaya promosi yang sudah kamu rencanakan. Hal ini karena tarif untuk satu kali promosi dari setiap influencer tentu berbeda-beda.

Karena bisnis yang kamu miliki adalah bisnis kuliner, berikut beberapa daftar influencer kuliner yang mungkin bisa kamu ajak kerja sama untuk membantu mempromosikan bisnismu:

  • Magdalena

influencer magdalena

Magdalena mungkin cocok untuk kamu yang berbisnis kuliner pedas. Hal ini karena konten utama yang dia unggah adalah makanan-makanan dengan sambal, makanan pedas berlevel, dan lain sebagainya.

  • Eatandtreats

mempromosikan bisnis kuliner di tiktok dengan influencer Eatandtreats

Jika kamu memiliki bisnis kuliner yang cukup fancy, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan eatandtreats atau Hans Danials ini. Selain mahir dalam fotografi, ia juga mampu menuliskan ulasan makanan dengan baik dan juga memiliki pengetahuan tentang kuliner yang mumpuni.

  • Nexcarlos

influencer nexcarlos

Nexcarlos mungkin cocok untuk kamu yang mengembangkan bisnis kuliner lokal dari daerahmu. Beliau sering mengunggah ulasan masakan nusantara yang tampak menggiurkan. Tak hanya itu saja, pria ini juga identik dengan slogan “Makan cuy!” yang cukup membuatnya terkenal di masyarakat.

  • Yackikuka

influencer yackikuka

Yackikuka dapat menjadi pertimbangan jika kamu memiliki bisnis kuliner yang menjual masakan yang praktis atau mudah untuk dibuat. Ia juga cocok jika kamu mengembangkan bisnis bahan baku makanan. Hal ini karena konten utama yackikuka adalah membuat resep-resep masakan yang mudah.

Baca Juga:  Peluang Usaha Nasi Rawon: Berikut Modal dan Tips Suksesnya

4. Berpartisipasi Dalam Hastag Challenge

Selain tiga cara di atas, ada cara lain untuk mempromosikan bisnis kuliner di TikTok yaitu dengan ikut berpartisipasi dalam hastag challenge. Dengan menggunakan tagar, kamu bisa menjangkau lebih banyak penonton di TikTok.

Jangan lupa untuk selalu up to date dengan konten-konten TikTok saat ini. Beberapa contoh challenge yang populer adalah Pamela One challenge, Yummy challenge, Any Song challenge dan lain sebagainya.

5. Memanfaatkan Layanan Iklan TikTok

Terakhir, kamu juga bisa mengalokasikan budget yang kamu miliki untuk berlangganan layanan iklan dari TikTok yang resmi. Dengan melakukan hal ini, TikTok dapat mensponsori videomu untuk muncul di halaman FYP.

Ada empat jenis iklan yang TikTok tawarkan dan bisa kamu gunakan dalam membantu mempromosikan bisnis kulinermu. Pertama, ada konten asli yang dapat mengalihkan penonton ke situs web. Kedua, ada penyebutan merek yang kamu punya. Ketiga, ada hastag challenge dan terakhir ada juga lensa brand.

Gunakan TikTok Untuk Meningkatkan Promosi

Sosial media dapat kamu gunakan sebagai media untuk melakukan promosi, salah satunya adalah dengan menggunakan TikTok. Dengan menggunakan media TikTok untuk mempromosikan bisnis kuliner, kamu dapat memperkenalkan bisnismu kepada masyarakat yang berujung meningkatkan total penjualan. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan dan minuman, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.