Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

4 min read

Cara Membuat Es Pisang Ijo yang Enak dan Lembut

Makanan Makassar punya banyak penggemar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah es pisang ijo. Makanan ini terbuat dari bubur sumsum dan perpaduan pisang yang dilapisi dengan adonan berwarna hijau di luar. Kamu tidak akan bisa menahan diri untuk makan sajian ini, tapi bagaimana cara membuat es pisang ijo?

Kamu bisa mempraktikkan cara pembuatan makanan ini dan menjadikannya sebagai peluang untuk berbisnis. Berikut adalah enam resep es pisang ijo enak dan lembut, yuk pelajari dan praktikkan! 

4 Cara Membuat Es Pisang Ijo

Sebelum mempelajari resep es pisang ijo, kamu harus tahu bahan utama dari sajian ini. Mereka adalah pisang raja, tepung beras, tepung terigu, gula pasir, santan, susu, dan pandan. 

Apabila kamu telah menyiapkan bahan-bahan tersebut, maka kamu siap untuk mempraktikkan resep cara membuat es pisang ijo di bawah ini. Yuk, simak!

1. Es Pisang Ijo Makassar

es pisang ijo makassar

(Sumber: Nusa Daily)

Cara membuat es pisang ijo yang pertama datang dari tempat aslinya yaitu Makassar. Untuk membuatnya, kamu perlu dua sisir pisang raja, satu liter air, 100 g gula pasir, masing-masing tepung beras dan tepung terigu sebesar 400 g, 20 daun pandan, 1 liter santan, dan 10 tetes pewarna hijau.

Sedangkan untuk fla, kamu butuh santan kental, 100 g tepung beras, daun pandan yang diikat simpul, dan garam. Persiapkan pula sirup berwarna merah, es batu atau es serut, dan susu kental manis.

Setelah menyiapkan semua bahkan yang dibutuhkan, sekarang adalah saat untuk membuat sajian ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Pertama-tama, kukuslah pisang selama sepuluh menit lalu tiriskan. 
  2. Setelah pisang siap, buatlah adonan kulit dengan cara mencuci pandan dan potong menjadi bagian kecil lalu beri air. Kemudian blenderlah pandan dan saring yang telah dilembutkan. 
  3. Ambillah satu liter air saringan dari daun pandan dan sisihkan. 
  4. Lalu campur tepung terigu dan tepung beras, ayak dan aduk agar tidak menggumpal.
  5. Setelah itu tambahkan gula, pewarna makanan, dan santan. Letakkan di atas wadah yang tahan panas dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Lalu angkat dan diamkan hingga mendingin. 
  6. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan plastik es ukuran besar dan oles minyak di atasnya. Ambil adonan yang telah mendingin sebanyak 2 sdm, lalu ratakan dan pipihkan. 
  7. Ambil pisang kukus dan selimutilah pisang dengan adonan berwarna hijau. Bentuk pisang dan adonan yang sudah jadi di atas daun pisang yang bersih. 
  8. Oleskan minyak di atasnya agar tidak lengket. Lalu gulung dan sematkan lidi di tengah adonan. Kemudian kukus pisang yang telah diberi adonan selama kurang lebih 25 menit. Lalu angkat dan dinginkan. 
  9. Sajian ini tidak akan lengkap tanpa fla, maka buatlah fla dengan cara mencampur semua bahan dan aduk hingga lembut. Setelah itu saring dan masukkan ke dalam panci, masak di atas api keci hingga berubah menjadi bubur sumsum. 
  10. Setelah semua adonan jadi, letakkan pisang ijo dan tambahkan bubus sumsum. Jangan lupa es batu dan beri tambahan susu kental manis. Sajian ini siap untuk kamu hidangkan. 
Baca Juga:  Cara Membuat Wedang Uwuh Sederhana dengan Mudah

2. Resep Es Topping Keju

cara membuat es pisang ijo topping keju

(Sumber: Superapp)

Resep kedua adalah cara membuat es pisang ijo dengan tambahan topping keju. Untuk membuatnya, kamu memerlukan beberapa bahan utama yang meliputi garam, 6 buah raja pisang yang sudah matang, 50 g tepung sagu, 175 g tepung beras yang sudah kamu ayak, 100 ml air daun suji, dan 1 liter air. 

Sedangkan untuk bahan pelengkap kamu butuh keju cheddar, susu kental manis, meses cokelat, es batu, dan sirup stroberi. Setelah menyiapkan semua bahan, yuk ikuti langkah pembuatannya di bawah. 

  1. Langkah pertama adalah campur tepung beras, tepung sagu, air daun suji, dan air. Lalu panaskan di atas api kecil dan aduk rata hingga adonan mendidih. Setelah mendidih dan adonan jadi lembut, angkat.
  2. Setelah itu masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit. Kemudian aduk terus hingga adonan kalis.
  3. Langkah ketiga adalah pisah adonan menjadi enam bagian. Bulatkan dan buat adonan menjadi tipis dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.
  4. Lalu balut pisang dengan adonan yang sudah jadi. Rebus di air mendidih hingga mengapung lalu angkat dan dinginkan.
  5. Letakkan adonan pisang, tambah es serut dan sirup. Lalu beri sentuhan susu kental manis, meses, dan parutan keju. Maka es pisang ijo dengan topping keju buatanmu siap dihidangkan. 

3. Resep Es Pisang Ijo Pelangi

resep es pisang ijo pelangi

(Sumber: iNews.id)

Di tipe yang ketiga ada resep es pisang ijo pelangi. Untuk membuat sajian ini, kamu akan membutuhkan 135 gram tepung beras, 115 gram tepung terigu, 500 ml santan, 50 gram gula pasir, pewarna makanan sesuai selera, garam, dan margarin leleh. 

Untuk membuat fla, kamu harus menyiapkan 600 ml santan, air, 4 sdm tepung beras, 100 gram gula pasir, satu daun pandan, garam, sirup pisang ambon merah, dan susu kental manis. Setelah menyiapkan semua bahan, berikut adalah cara membuat es pisang ijo pelangi. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama-tama, campurlah semua bahan untuk membuat adonan kulit pisang tanpa margarin dan pewarna. 
  2. Saring semua bahan adonan kulit dan bagi adonan sesuai jumlah pewarna makanan yang sudah kamu siapkan. 
  3. Kukus semua adonan selama 20 menit, angkat dan dinginkan.
  4. Untuk membuat fla, campurlah semua bahan untuk fla dan masak hingga adonan mengental. Lalu angkat dan sisihkan di tempat yang aman.
  5. Langkah selanjutnya adalah ambil beberapa bagian dari bahan kulit. Berikan margarin saat menipiskan adonan agar tidak lengket.
  6. Kemudian bungkus pisang dengan adonan dan gulunglah dengan plastik agar rapat. 
  7. Setelah semua adonan terbungkus dengan pisang, kukus mereka selama kurang lebih 20 menit. Kemudian angkat dan dinginkan adonan.
  8. Letakkan adonan pisang ijo dan fla di mangkok. Tambahkan es batu, sirup ambon, dan susu kental manis untuk menambahkan rasa.   
Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Buras yang Enak dan Lembut

4. Resep Es Topping  Oreo

es pisang topping oreo

(Sumber: Superapp)

Cara membuat es pisang ijo yang terakhir adalah jenis fusion dengan tambahan topping oreo. Untuk membuat jenis satu ini, kamu akan membutuhkan banyak bahan makanan untuk bagian dadar. 

Diantaranya adalah pasta pandan, 2 sdm perasan tepung beras, 200 gram tepung terigu, 2 sdm minyak sayur, 500 ml santan, dan satu sisir pisang raja yang sudah matang. Sedangkan untuk bubur sumsum, kamu perlu menyiapkan 600 ml santan, 1 bungkus santan kara, 1 bungkus vanili, garam, gula, dan sirup cocopandan.

Jangan lupa untuk menyiapkan oreo sebagai tambahan topping di atas hidangan satu ini. Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, yuk ikuti cara di bawah ini!

  1. Pertama-tama, buatlah dadar dengan cara mencampur terigu dan tepung beras. Lalu aduklah adonan hingga rata.
  2. Kemudian masukkan santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Lalu masukkan minyak sayur dan pasta pandan. Aduk adonan hingga halus.
  3. Gorenglah dadar adonan menggunakan teflon.
  4. Lalu bungkus pisang raja dengan dadar yang sudah jadi. Masukkan adonan ke dalam plastik dan kukus selama kurang lebih 15 menit. 
  5. Setelah itu, buatlah bubur sumsum dengan mencampur santan, garam, vanili, gula pasir, dan santan kara. 
  6. Aduk adonan bubur sumsum hingga rata. Kemudian masak adonan hingga mendidih.
  7. Larutkanlah tepung beras dengan air sebanyak 5 sendok makan. Tuang hasilnya di atas santan yang mendidih, dan masak lagi hingga matang. Jangan lupa untuk mengaduk adonan terus menerus selama 10 menit.
  8. Kemudian ambil bubur sumsum yang sudah jadi dan letakkan potongan pisang di atasnya. 
  9. Siram es pisang ijo dengan sirup cocopandan. Tambahkan pula es batu dan siram susu kental manis di atasnya.
  10. Langkah terakhir adalah taburi oreo yang sudah dihancurkan. Es pisang ijo oreo siap dihidangkan. 
Baca Juga:  15 Resep Jus Buah untuk Diet Enak dan Menyehatkan!

Yuk, Praktik Cara Membuat Es Pisang Ijo yang Ramah Pemula!

Indonesia adalah negara dengan banyak budaya dan memiliki keberagaman dalam hidangannya. Setiap makanan memiliki ciri masing-masing dan kelezatan yang berbeda. Begitu pula dengan makanan asal Makassar. Selain lezat, cara membuat es pisang ijo juga mudah.

Makanan satu ini lembut dan manis. Kamu dapat mempraktikkan resep di atas dengan mudah. Jadi, resep es pisang ijo mana yang akan kamu praktikkan? 

Dapatkan berbagai informasi seputar resep makanan dan resep minuman, bisnis kuliner, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.