15 Jus Buah Untuk Diet Ini Wajib Dicoba

5 min read

rekomendasi jus buah untuk diet wajib coba

Jus buah untuk diet sering dilakukan oleh para wanita saat ingin mendapatkan tubuh badan yang ideal. Selain rasanya yang enak dan segar, jus buah dapat menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Minum jus buah juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan asupan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga dapat membakar kalori yang membantu kamu mendapatkan tubuh ideal.


Apakah Jus Buah Untuk Diet Aman?

Ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa jus buah untuk diet aman dan masuk akal untuk kesehatan yang lebih baik. Bahkan, dengan melakukan diet jus ini dalam beberapa hari dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh.

Bahkan, buah dan sayuran merupakan bagian yang paling penting dari diet yang seimbang yang dimana kita harus mengkonsumsinya minimal lima porsi sehari.

Bisakah Jus Membantu Detoksifikasi Tubuh?

Pada dasarnya, tubuh kita memiliki sistem detoks bawaan, yaitu hati, ginjal, paru-paru, usus, dan kulit. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu mengonsumsi buah untuk detoksifikasi. Namun, buah dapat membantu meningkatkan detoksifikasi dengan lebih maksimal.


Tips Minum Jus Buah Untuk Diet

Menurunkan berat badan atau diet dengan jus buah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Setidaknya, kamu harus memiliki jadwal dan tujuan akhir yang pasti supaya program diet ini dapat kamu lakukan dengan konsisten.

Persiapkan Kondisi Badan

Banyak orang-orang yang melakukan kesalahan di awal mula mereka melakukan diet, salah satunya adalah memaksakan tubuh dengan pola makan yang berubah secara drastis.

Dengan melakukan perubahan gaya hidup yang mendadak ini, kamu tidak akan mendapatkan tubuh yang sehat melainkan tubuh yang sakit. Jadi, sebelum memulai untuk melakukan diet, lakukan transisi porsi makanan kamu secara bertahap.

Buat Kalender Perencanaan

Perencanaan atau jadwal diet merupakan hal yang wajib kamu miliki karena dapat membantu proses diet kamu.

Buatlah kalender perencanaan untuk mengetahui kebutuhan kalori dan komposisi lain-lainnya untuk tubuh.

Pilih Sayur dan Buah yang Segar

Saat melakukan diet jus buah, usahakan untuk memilih buah dan sayuran organik yang memiliki jumlah pestisida yang rendah. Selain itu, buah dan sayur organik hanya mengandung 20-30% tingkat antioksidan yang lebih tinggi dan 50% lebih sedikit zat besi.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Perancis yang Terkenal

Minum Air Secara Teratur

Jangan karena kamu sedang diet dan sering minum jus buah membuat kamu lupa dengan air mineral. Air mineral sangat penting bagi tubuh untuk menjaganya tetap terhidrasi. Jadi, pastikan kamu selalu minum air bersih minimal 2 liter sehari.

Rajin Berolahraga

Jangan karena kamu sudah memiliki jadwal jus diet kemudian kamu melupakan olahraga. Berolahraga merupakan bagian yang penting dari diet, termasuk juga jus buah diet.

Berolahraga itu memang sangat membosankan dan melelahkan, tapi jika kamu dapat menyeimbangi aktifitas sehari-hari dan porsi diet kamu, olahraga dapat membantu mempercepat proses diet dan meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Istirahat Malam 8 Jam Sehari

Tips selanjutnya sebelum melakukan diet dengan jus buah adalah tidur teratur. Tetapi ini tidak hanya soal tidur 8 jam sehari saja, kamu harus pastikan bahwa kamu memiliki kualitas tidur yang baik.

Ponsel pintar dan temperatur ruangan yang terlalu dingin dapat membuat kualitas tidur kamu menurun. Biasakan untuk selalu mematikan ponsel pintar 1 jam sebelum tidur dan atur temperatur kamar tidur yang tidak membuat kamu kedinginan ataupun kepanasan.


15 Pilihan Jus Buah Untuk Diet

1. Jus Wortel

Jus buah merupakan pilihan jus buah untuk diet yang sangat bagus dan efektif dalam menurunkan berat badan karena memiliki kadar kalori yang rendah tapi penuh dengan serat.

Dengan meminum segelas jus wortel di pagi hari dapat membuat kamu merasa kenyang hingga jam makan siang. Jadi kamu tidak selalu merasa kelaparan yang membuat kamu sering ngemil makanan yang tidak sehat.

Bahkan, jus wortel juga dapat meningkatkan sekresi empedu yang dapat membakar lemak. Tambahkan sebuah apel, setengah jeruk, dan sedikit jahe untuk membuat minuman detoks yang dapat membuang racun di dalam tubuh.

2. Jus Pare

Saat membaca bagian ini, mungkin kamu merasa mual dan eneg dengan namanya. Tapi, jus pare ini ternyata sangat membantu dalam menurunkan berat badan yang ideal.

Bahkan, dengan meminum jus pare secara teratur dapat merangsang hati untuk mengeluarkan asam empedu penting untuk metabolisme lemak. Selain itu, pare memiliki kadar kalori yang rendah. Satu porsi 100 gram pare hanya memiliki 17 kalori.

3. Jus Timun

Timun atau mentimun terkenal dengan makanan yang memiliki kandungan air tinggi tapi berkalori rendah. Syarat utama untuk diet atau menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Jadi, timun merupakan jus buah untuk diet yang sangat cocok untuk kamu.

Baca Juga:  13 Minuman Khas Sulawesi yang Paling Dicari

Karena timun memiliki kandungan air yang banyak dan serta yang banyak, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, jus ini merupakan pengisi perut yang enak. Biar makin nikmat, kamu bisa menambah perasan jeruk nipis dan daun mint biar terasa segar.

4. Jus Amla

Jus buah untuk diet selanjutnya adalah jus amla. Amla merupakan buah malaka yang kaya dengan vitamin C. Jus ini sangat bagus untuk menjaga sistem pencernaan sepanjang hari dan mempercepat proses metabolisme. Metabolisme yang cepat dapat membantu membakar lemak tubuh dengan cepat.

Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk meminum jus ini saat perut kosong. Sehingga kamu dapat menjaga berat badan lebih baik lagi. 

Untuk menambah rasa pada jus ini, kamu bisa menambah madu sebagai pengganti gula yang tetap membuat kamu aktif sepanjang hari.

5. Jus Delima

Selanjutnya ada jus dilemma yang terkenal dengan dapat mengembalikan pancaran kulit. Dengan rutin minum jus ini, selain dapat membantu menurunkan berat badan, kamu juga mendapatkan kulit yang lebih indah.

6. Jus Kubis

Kemudian ada jus kubis sangat membantu dalam mengurangi masalah perut mulai dari kembung hingga gangguan pencernaan. Jus ini sangat bagus dan cepat membersihkan saluran pencernaan.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa peningkatan asupan serat dalam tubuh dapat memerangi lemak. Hal ini karena sayuran berserat tinggi dapat menyerap air dalam tubuh dan membentuk massa seperti gel. Proses inilah yang memperlambat rasa kenyang.

Tips biar minum jus kubis dengan rasa yang lebih enak, kamu bisa menambahkan apel dan jeruk nipis atau sayuran manis seperti wortel dan bit.

7. Jus Semangka

Jus yang memiliki warna merah dan terlihat segar ini merupakan jus buah untuk diet yang sangat enak. Meskipun memiliki kadar air yang banyak, buah ini hanya memiliki 30 kalori per 100 gram buahnya.

8. Jus Jeruk

Sumber: Unsplash / Alt Text: Pilihan Jus buah untuk diet: Jus Jeruk

Jus jeruk bisa menjadi pilihan jus buah yang lebih sehat dan rendah kalori yang dapat dicampur pada semua minuman bersoda. Uniknya, buah jeruk memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi kamu bisa minum jus ini tanpa khawatir gagal diet.

9. Jus Nanas

Selanjutnya ada jus nanas yang dipercaya sebagai jus yang bagus untuk lemak perut. Buah nanas memiliki enzim penting yang disebut dengan bromelain yang dapat membantu metabolisme protein dan membakar lemak perut berlebih.

Selain itu, enzim bromelain tersebut dapat bekerja dengan enzim lainnya yang dapat mencerna lemak dan menekan rasa nafsu makan.

Baca Juga:  15 Minuman Khas Amerika Latin yang Menyegarkan dan Nikmat 

10. Jus Labu

Jus buah untuk diet yang terakhir adalah jus labu yang sangat nikmat diminum saat musim panas. Jus yang memiliki rasa segar ini dapat menurunkan berat badan karena memiliki kalori tanpa lemak yang sedikit.

11. Jus Buah Pisang Stroberi

Selanjutnya, jus buah untuk diet yang baik adalah jus labu yang sangat nikmat diminum saat musim panas. Jus yang memiliki rasa segar ini dapat menurunkan berat badan karena memiliki kalori tanpa lemak yang sedikit.

Selain itu, jus buah pisang stroberi ini memiliki rasa yang manis, nikmat, dan segar untuk tubuh karena memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh kita.

12. Jus Bayam dan Lemon

Jika kamu ingin sukses menurunkan berat badan, maka kamu harus memiliki komitmen besar untuk menjalankan tujuan tersebut, tak peduli apakah kamu harus sering mengkonsumsi sayur atau buah-buahan.

Mungkin untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan sayur akan menghindari jus yang satu ini. Meskipun jus ini menggunakan bahan makanan sayur-sayuran yang tidak kamu sukai, jus ini ternyata memiliki sejuta vitamin yang baik untuk tubuh.

Perpaduan jus bayam dengan lemon ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai detoks. Jadi, selain mendapatkan banyak vitamin dan energi, kamu dapat mengurangi racun-racun yang ada di dalam tubuh kamu.

13. Jus Pir dan Bayam

Masih bernuansa hijau, pilihan jus buah untuk diet selanjutnya adalah jus pir dan bayam. Jus ini dapat menahan rasa lapar, jadi tidak heran jika banyak orang-orang yang sedang diet selalu minum jus ini di pagi hari atau sore menjelang malam.

14. Jus Pisang

Jus buah pisang merupakan salah satu jus yang dapat menahan rasa lapar. Selain berguna untuk diet, sering mengkonsumsi buah pisang ini dapat meningkatkan tenaga dan energi saat sedang menjalani diet ketat.

15. Jus Markisa

Jus buah untuk diet terakhir adalah buah markisa. Buah markisa memang memiliki serat yang sangat banyak, vitamin C, Vitamin A, dan zat besi. Karena memiliki banyak serat, jus markisa ini dapat memperlancar sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Bahkan, buah markisa ini memiliki zat yang bernama piceatannol yang dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh.


Turunkan Berat Badan Dengan Jus Buah Untuk Diet

Jadi itulah informasi-informasi mengenai diet dan daftar jus buah untuk diet yang bisa kamu coba dirumah. Dengan rutin melakukan tips-tips tersebut secara konsisten, kamu bisa mendapatkan berat badan tubuh ideal yang selalu kamu inginkan. Semoga informasi tentang diet ini membantu kamu.

Temukan berbagai tips menarik dan inspirasi ide bisnis minuman sehat lainnya hanya di fnbprenereur.id