Minuman Khas Thailand yang Lezat Dan Bikin Ketagihan

5 min read

Minuman Khas Thailand yang bikin ketagihan

Kuliner adalah sebuah aktivitas yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke suatu tempat. Meskipun bisa kamu beli di tempat lain, namun mencicipi minuman dari tempatnya langsung akan memberi kepuasan tersendiri. Begitu pula dengan Negeri Gajah Putih, ia pasti memiliki daftar panjang untuk minuman khas Thailand.

Selain memiliki tempat wisata yang indah, Thailand memiliki banyak minuman yang unik dan wajib kamu coba saat mendatangi negara yang masuk ke dalam ASEAN ini. Minuman yang paling familiar dan mendominasi di negara ini adalah teh. Baiknya lagi, lebih banyak minuman yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Minuman tanpa kandungan alkohol ini akan sangat aman untuk kamu yang beragama Islam. Nah, berikut adalah daftar panjang minuman khas Thailand yang lezat dan bikin ketagihan. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!


12 Minuman Khas Thailand yang Bikin Ketagihan

1. Minuman Khas Thai Tea

Thai Tea

Minuman khas Thailand yang pertama sudah sangat sering kamu jumpai di pasaran Indonesia. Ia adalah Thai Tea, minuman yang terbuat dari campuran teh dan susu. Di Thailand, minuman ini lebih terkenal dengan nama Cha Yen. 

Thai Tea akan sangat cocok kamu minum dalam setiap aktivitas. Terutama dalam keadaan panas dan membutuhkan kesegaran. Selain itu kandungan susu di dalamnya dapat membantumu untuk menekan lapar. 

Saat ini sudah banyak inovasi dalam pembuatan dan penyajian Thai Tea. Beberapa di antaranya bahkan menambahkan topping tertentu, seperti bubble atau cream cheese. 

Kamu mungkin sudah mengenal minuman ini sebab banyak franchise yang menjual Thai Tea. Namun tidak ada salahnya apabila kamu mencoba minuman ini langsung dari negaranya berasal sekaligus menikmati healing di Negeri Gajah Putih, bukan?

2. Minuman Khas Thailand King Mango Tea

King Mango Tea

Apakah kamu pecinta buah segar? Minuman khas Thailand selanjutnya menyajikan buah segar dan menyehatkan. Ia bernama King Mango Tea. King Mango Tea merupakan sebuah minuman yang berisi jus mangga dengan tambahan topping cream cheese atau whipped cream. 

Yang membuat minuman ini istimewa adalah adanya potongan mangga yang diberikan oleh penjual diatas whipped cream atau cream cheese. Untuk kamu yang ingin menambah vitamin C, King Mango Tea merupakan minuman yang tepat.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Bali yang Wajib Dicoba

Baiknya lagi, kamu bisa membeli minuman ini dimana-mana. Tidak hanya di restoran ternama, namun pedagang di pinggir jalan pun banyak yang menjajakan King Mango Tea sebagai produk yang mereka jual. Yuk, minum King Mango Tea yang segar dan menyehatkan!

3. Cha Manao: Lemon Tea Khas Thailand

Cha Manao
Sumber: tribunnewswiki.com

Sedikit berbeda dengan dua minuman sebelumnya, minuman khas Thailand yang ketiga berbahan baku teh dengan tambahan lemon. Cha Manao adalah minuman yang bisa dibilang kurang terkenal daripada Thai Tea ataupun King Mango Tea. Namun ia memiliki keunikan tersendiri yang harus kamu coba.

Bagi kamu yang ingin menyegarkan dahaga namun tidak ingin terlalu kenyang, Cha Manao akan menjadi pilihan yang tepat. Selain terbuat dari teh yang menyegarkan, lemon tea versi Thailand ini akan membuatmu merasa segar dan asam dalam sekali teguk. 

4. Minuman Lemon Segar Nam Manao

Nam Manao
Sumber: thaitubeid.com

Minuman khas Thailand yang kelima tidak kalah segar dengan Cha Manao. Ia bernama Nam Manao, sebuah minuman yang terbuat dari perasan jeruk nipis dengan tambahan gula untuk pemanis.

Sejenak dilihat dari visualnya yang berwarna kuning menyegarkan, minuman ini cukup mirip dengan infused water pada umumnya. Namun yang membedakan adalah adanya gula yang menambah rasa manis. Meskipun cukup asam, namun ia tidak akan membuat orang yang menikmatinya kesakitan.

Nam Manao akan sangat cocok untuk kamu minum saat siang hari. Dengan cuaca di Thailand yang cukup panas, kesegaran jeruk nipis yang dingin akan melegakan dahaga.

5. Nam Som: Jus Jeruk Thailand

Nam Som Jus Jeruk Thailand
Sumber: pinhome.id

Thailand merupakan negara yang suka menggunakan buah dalam minuman tradisionalnya. Daftar kelima minuman khas Thailand bernama Nam Som. Ia adalah jus jeruk yang proses pembuatannya menggunakan jeruk-jeruk segar yang berkualitas. 

Cara pembuatannya sama dengan jus lain yang biasa penjual dagangkan di Tanah Air Indonesia. Kendati demikian, jeruk yang ada dalam Nam Som lebih banyak sehingga yang akan kamu rasakan bukan hanya air. Melainkan sari-sari jeruk yang telah diblender dengan baik sehingga memberi efek lembut saat kamu tegak.

Sebagai tambahan, Nam Som juga memiliki kandungan madu dan garam yang membuat minuman satu ini semakin segar dan worth it untuk kamu minum. Tidak hanya melegakan dahaga, namun juga menambah kadar vitamin C dalam tubuh. Bukankah Nam Som sungguh baik untuk kesehatan? 

6. Minuman Kopi dan Susu: Oliang

Oliang
Sumber: womantalk.com

Thailand merupakan negara dengan budaya yang sungguh beragam. Minuman khas Thailand pun ada banyak macamnya. Tidak hanya menggunakan teh, susu, atau buah-buahan sebagai bahan utama, Thailand juga menggunakan kopi sebagai bahan utama.

Minuman khas yang keenam ini bernama Oliang. Ia merupakan es kopi segar yang memiliki kandungan kafein di dalamnya. Yang membuat minuman satu ini berbeda adalah Oliang berisi kopi dengan tambahan gula yang sudah dicairkan. 

Tidak hanya itu, ada bahan makanan lain yang digunakan untuk membuat Oliang. Seperti jagung, kapulaga, beras, biji wijen, dan kedelai. Bagi kamu yang kurang suka pahit, kamu dapat meminta tambahan susu kental atau sirup ke dalam Oliang milikmu. Sekejap kesegaran dan keharuman kopi akan merasuk ke dalam tubuh. 

Baca Juga:  Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Kamu Coba

7. Nam Yen: Minuman Merah Muda yang Manis dan Segar

Nam Yen
Sumber: cofeestreet.com

Minuman khas Thailand yang ketujuh memiliki warna mencolok dengan campuran es yang terlihat menggoda. Warna merah muda yang cantik ini selalu bisa mencari perhatian calon pelanggan untuk membeli minuman bernama Nam Yen ini. 

Bahan utama dari pembuatan Nam Yen adalah sirup yang berwarna merah muda. Sirup tersebut terbuat dari buah salak yang memiliki warna agak kemerahan. Warna merah muda muncul akibat campuran sirup buah salak dan susu kental atau susu segar.

Dengan tambahan es yang dingin, Nam Yen akan menjadi pilihan terbaik di siang yang terik. Sebagai teman meredakan panas dan dahaga, kamu bisa membeli minuman yang dijual banyak di pinggir-pinggir jalan. 

8. Nam Bi Tua: Minuman Khas Thailand dari Alang-alang 

Nam Bi Tua
Sumber: keluyuran.com

Thailand dengan sumber daya alam yang beragam ini ternyata suka memanfaatkan sumber makanan dengan baik. Apabila Nam Yen menggunakan buah salak, maka Nam Bi Tua menggunakan bahan dasar alang-alang.

Untuk menjadi minuman khas Thailand, daun yang hijau ini awalnya mengalami proses perebusan yang lama. Warna hijau yang menyegarkan dan menenangkan ini kemudian dicampur dengan gula untuk menambah rasa manis.

Bagi kamu yang ingin mencicipi Nam Bi Tua, jangan lupa untuk meminta tambahan es agar minuman terasa lebih segar. Dengan daun alang-alang yang memiliki banyak manfaat dan khasiat, Nam Bi Tua menjadi salah satu minuman khas Thailand yang wajib kamu coba saat melancong ke Negeri Gajah Putih. 

9. Nam Dang Mu Pan: Jus Semangka yang Segar

Nam Dang Mu Pan

Setelah Nam Som yang menggunakan jeruk sebagai bahan utama, negara satu ini menyajikan satu minuman unik yang lain. Dengan menggunakan buah semangka sebagai bahan utama, terciptalah minuman jus semangka yang bernama Nam Dang Mu Pan. 

Nam Dang Mu Pan terbuat dari buah semangka yang memiliki tekstur minuman tidak terlalu halus. Cara membuatnya pun mudah, lakukan proses blender buah semangka sebanyak dua kali. Pembendleran pertama tidak boleh sampai halus, kemudian blender lagi menggunakan es.

Pastikan untuk menjaga tekstur buah semangka tetap memiliki butir kasar tertentu. Sebab di sanalah keunikan Nam Dang Mu Pan sebagai minuman jus semangka yang tidak memiliki tekstur halus. Kendati demikian, minuman ini memiliki kelezatan sempurna. Selain manis, Nam Dang Mu Pan juga memberi efek kenyang. 

10. Nam Matoom: Minuman Khas Thailand yang Berkhasiat 

Nam Matoom
Sumber: blog.teahouse-chiangmai,com

Minuman kesepuluh sedikit berbeda dengan minuman-minuman sebelumnya. Ia adalah sebuah teh yang terbuat dari buah matoom atau buah maja. Buah satu ini memiliki rasa yang pahit, namun para pembuat sudah memperhitungkan kepahitan tersebut sehingga kamu tidak akan terlalu merasakan pahitnya Nam Matoom.

Baca Juga:  9 Jenis Jamu Tradisional Khas Indonesia yang Berkhasiat

Minuman satu ini memiliki banyak khasiat. Terutama untuk organ pencernaan. Beberapa khasiat yang akan kamu dapatkan ketika mengkonsumsi minuman satu ini adalah menyembuhkan penyakit diare dan pembengkakan pada lambung.

Walaupun cukup pahit, namun Nam Matoom akan menjadi minuman yang segar dan menyehatkan. Terutama bagi kamu yang ingin memberikan nutrisi pada organ pencernaan di dalam tubuh. 

11. Thai Coconut Shake

Thai Coconut Shake

Thai Coconut Shake merupakan minuman unik yang terbuat dari buah kelapa. Air kelapa dan buahnya saja sudah sangat nikmat untuk melegakan dahaga. Namun minuman yang satu ini memanfaatkan kedua bagian dari buah kelapa untuk dijadikan milkshake.

Untuk membuat Thai Coconut Shake, penjual akan memblender air kelapa dan buahnya sekaligus. Dengan tambahan gula dan es, minuman satu ini akan menyegarkan dirimu ketika merasa gerah. Rasanya yang manis dan gurih tidak hanya melegakan dahaga, namun juga memberi efek kesehatan.

12. Nam Dok Anchan: Minuman Khas Thailand dari Bunga Talang

Nam Dok Anchan
Sumber: cookpad.com

Minuman Thailand yang terakhir memiliki keunikan pada warnanya yang kalem namun juga dominan. Nam Dok Anchan adalah sebuah minuman khas Negeri Gajah Putih yang terbuat dari bunga talang. Kabarnya, minuman ini memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan.

Mulai dari meredakan batuk dan asma, membuang racun di organ pencernaan, hingga menambah sistem kekebalan pada tubuh. Nam Dok Anchan terbuat dari kelopak bunga telang dengan tambahan campuran dari jus lemon. 

Karena dua campuran bahan utama yang bertolak belakang, maka muncullah warna ungu yang cantik dan menenangkan. Tambahkan es batu untuk menambahkan kesegaran Nam Dok Anchan. Berwarna cantik, berkhasiat, dan melegakan dahaga ini akan memberi efek kesehatan pada tubuhmu. 


Minuman Khas Thailand Mana yang Menarik Perhatianmu?

Negeri Gajah Putih dengan keunikan dan keberagaman yang banyak ini memiliki berbagai macam minuman khas. Ada banyak pilihan yang dapat melegakan tenggorokan, mulai dari teh, susu, jus, hingga kopi. Minuman mana yang akan kamu coba saat melancong ke sana?


Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis minuman dan makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.