10 Minuman Khas Nusa Tenggara yang Wajib Dicoba

5 min read

Membahas budaya, wisata ataupun kuliner Indonesia, tidak akan ada habisnya. Untuk itulah kali ini, saya akan merangkum 10 minuman khas Nusa tenggara yang juga menjadi daya tarik Indonesia. Simak artikel ini sampai selesai ya!

10 Minuman Khas Nusa Tenggara

Berikut 10 minuman khas Nusa Tenggara yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana.

1. Brem

brem minuman khas nusa tenggara

Sumber: gotravelly.com

Minuman khas Nusa tenggara pertama yaitu brem. Minuman ini mirip sekali dengan alkohol dan sering disajikan saat acara adat di Nusa tenggara. 

Mirip bukan berarti sama, minuman ini tidak termasuk minuman beralkohol ya. Minuman ini berasal dari ketan yang difermentasi sehingga bisa memberikan rasa yang segar.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa brem juga ada yang mengandung alkohol. Hal ini karena saat terlalu lama mengalami proses fermentasi, maka ketan tersebut akan menimbulkan alkohol.

Nah, jika kamu ingin mencoba minuman ini saat berkunjung ke Nusa tenggara, kamu tinggal mencarinya di pinggir jalan. Hal ini karena minuman ini biasanya ada di pinggir jalan dan beberapa rumah makan yang ada di Nusa tenggara. 

Karena brem ada yang mengandung alkohol dan tidak. Jadi bagi kamu yang tidak suka alkohol, kamu tinggal memesan brem yang tidak mengandung alkohol ya!

2. Serbat Jahe

serbat jahe

Sumber: Lumbungtrust.com

Makanan khas Nusa tenggara selanjutnya yang wajib kamu coba yaitu serbat jahe. Serbat jahe merupakan minuman khas Lombok, Nusa tenggara barat. 

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa minuman ini berasal dari jahe yang kaya akan manfaat. Minuman ini dipercaya dapat mengurangi peradangan, menurunkan berat badan, memperbaiki sirkulasi darah, menghilangkan mual, dan menghangatkan tubuh saat dingin. 

Tidak hanya jahe, minuman ini memiliki tambahan gula merah. Sehingga bisa menciptakan rasa manis, hangat, segar dan tentunya sangat enak saat kamu mencicipinya. 

Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara, jangan lupa mencicipi minuman ini ya atau membelinya di tempat oleh-oleh. Minuman ini sudah tersedia di setiap toko oleh-oleh dan minimarket di Nusa tenggara.

3. Es Sarang Burung

es sarang burung

Sumber: Tribunnewswiki.com

Es sarang burung merupakan salah satu minuman khas Nusa tenggara yang wajib kamu coba. Tidak hanya enak, tetapi juga es sarang burung ini pastinya sangat menyegarkan.

Namanya sendiri berasal dari bentuknya yang memang mirip sarang burung. Es ini terbuat dari agar-agar yang diserut sehingga sekilas mirip dengan sarang burung.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Bali yang Wajib Dicoba

Bahan tambahan lainnya ada buah leci, sirup, biji selasih, es batu, dan air. Es ini sangat menyegarkan sehingga sangat cocok untuk menghilangkan dahaga kamu sehabis bepergian. 

Untuk mendapatkan minuman ini juga sangatlah mudah. Hal ini karena minuman ini sudah banyak tersedia di rumah makan ataupun pedagang kaki lima.

Jadi jika kamu berlibur ke Nusa tenggara, usahakan mencoba minuman ini ya. Dijamin kamu tidak akan pernah menyesal mencobanya karena orang Nusa tenggara saja sangat menyukai minuman ini.

4. Tuak Manis

minuman khas nusa tenggara yang segar - tuak manis

Sumber: Kompas.com

Brem dan tuak manis bisa dikatakan memiliki rasa yang sama bagi siapapun yang pernah mencobanya. Namun tahukah kamu bahwa kedua nya memiliki bahan dasar yang berbeda.

Tuak manis menggunakan bahan dasar aren yang berasal dari pohon aren. Bagian aren yang digunakan yaitu air yang berwarna putih yang keluar dari pohon aren dan biasanya memiliki tekstur kental.

Hampir sama seperti brem, tuak manis juga dapat difermentasikan terlebih dahulu untuk dikonsumsi. Biasanya tuak manis yang telah mengalami fermentasi terlebih dahulu biasanya mengandung alkohol.

Jadi bagi kamu yang ingin minum tuak manis tanpa alkohol, kamu bisa langsung memesan tuak manis tanpa alkohol. Begitupun sebaliknya, jika kamu ingin minum tuak manis dengan alkohol kamu juga bisa memesannya langsung saat mengunjungi Nusa tenggara. 

Alangkah baiknya jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara untuk tidak melupakan minuman ini. Karena akan sangat jarang bisa kamu temukan di tempat lainnya. 

Minuman ini pun sudah tersedia banyak di pinggir jalan dan beberapa tempat tertentu di Nusa tenggara. Jadi akan sangat afdol jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara dan tidak mencicipi minuman ini.

5. Es Tape

es tape

Sumber: inews

Minuman khas Nusa tenggara selanjutnya yang wajib kamu coba adalah es tape. Apa itu es tape dan apa saja bahannya? 

Es tape merupakan salah satu minuman populer yang terbuat dari poteng. Minuman ini banyak disukai oleh orang Nusa tenggara dan sering menjadi buruan para wisatawan. 

Tidak hanya karena tampilannya yang begitu cantik, tetapi juga karena rasanya yang pasti sangat menyegarkan. Minuman ini sangat menggoda bagi siapapun yang pertama kali melihatnya.

Apalagi jika ditambah dengan adanya es serut, susu kental, gula, air dan potongan roti diatasnya. Pastinya akan membuatmu tidak pernah menyesal mencicipinya. 

Untuk kamu yang ingin mencoba minuman ini, kamu bisa mencarinya di pedagang kaki lima yang banyak ada di pinggir jalan Nusa tenggara. Rasanya pun tidak perlu diragukan lagi, apalagi rasa manis dan segar pastinya akan sangat cocok untuk menemanimu saat musim panas.

Baca Juga:  Cara Membuat Jus Bayam untuk Jualan dengan Rasa Enak

6. Es Bubur Reket Bereng

es bubur reket bereng

Sumber: Lombok

Minuman khas Nusa tenggara selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Es bubur reket bereng. Burung reket bereng termasuk makanan yang terbuat dari ketan hitam. 

Rasa ketannya sangat enak dan manis, sehingga pastinya akan memanjakan lidahmu. Apalagi jika ditambah dengan bahan tambahannya seperti gula merah, santan dan susu kental manis. Kamu pasti tidak akan pernah menyesal mencicipinya. 

Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara, jangan lupa mencicipi minuman ini. Kamu bisa menemukan minuman ini dengan mudah di pinggir jalan maupun beberapa rumah makan yang ada di Nusa tenggara.

7. Kopi Sumba

kopi sumba

Sumber: ANTARA news nusa tenggara timur

Kopi Sumba merupakan salah satu minuman khas Nusa tenggara yang tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi jika kamu merupakan pecinta kopi, kamu wajib mencoba minuman ini. 

Minuman ini terbuat dari kopi pilihan sehingga rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi. Bahkan kopi ini sudah termasuk ke dalam daftar kopi terenak di Indonesia. 

Proses pembuatannya yang menggunakan lesung tentunya bisa menciptakan cita rasa tersendiri. Sehingga membuatnya menjadi salah satu minuman yang berbeda dan tidak bisa kamu cicipi di daerah lainnya. 

Uniknya lagi, ada tambahan jahe pada kopi ini. Sehingga membuat tubuhmu akan hangat saat pertama kali mencicipinya. Dan akan sangat cocok untuk kamu minum saat musim dingin.

Tidak hanya itu, kopi ini juga sangat cocok untuk kamu penyuka kopi dengan aroma strong. Hal ini karena kopi ini memiliki rasa kopi yang pahit dan asam. 

Kopi ini pun dapat kamu temukan dengan mudah di Sumba. Karena beberapa cafe di Sumba sudah menyediakan kopi enak ini.

8. Moke

moke

Sumber: Kumparan

Moke merupakan minuman tradisional khas Nusa tenggara yang cukup Ikonik pada masyarakat Sikka. Minuman ini terbuat dari irisan buah pohon lontar. 

Minuman ini berasal dari proses penyulingan pohon lontar. Kemudian dibuat menjadi minuman yang berkadar alkohol tinggi.

Moke biasanya ada saat acara adat masyarakat dan menjadi simbol adat dalam kehidupan sosial. Bahkan sering dikatakan sebagai sarana pemersatu masyarakat.

9. Susu Kuda Liar

susu kuda liar

Sumber: kumparan.com

Dari nama nya saja kamu sudah bisa tahu bahwa minuman ini berasal darimana. Yups, minuman susu ini berasal dari kuda liar yang sudah mengalami proses fermentasi secara alami. 

Minuman ini berbeda dengan susu sapi yang harus melewati proses pemanasan untuk proses fermentasi nya. Susu ini mengalami proses fermentasi secara alami walaupun tanpa pemanasan dan hasilnya tidak basi sama sekali. Menarik bukan?

Baca Juga:  Ide Bisnis Minuman di Bulan Ramadhan, Apa Saja yang Menguntungkan?

Hal ini disebabkan karena di dalam susu kuda terdapat antimikroba alami. Antimikroba inilah yang membuat susu ini bertahan bahkan hingga 5-6 bulan dalam suhu ruang. Kenapa bisa?

Seperti yang kita tahu sendiri bahwa zat antimikroba dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Nah, susu kuda liar memiliki kandungan zat antimikroba yang kuat. 

Hal inilah yang membuat susu ini dapat bertahan lama.

Untuk proses fermentasi, biasanya dilakukan selama 2×24 jam. Setelah proses fermentasi biasanya kandungan zat yang baik untuk tubuh pada susu ini juga akan semakin meningkat. 

Salah satu nya yaitu kandungan proteinnya yang bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Protein sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara, sebaiknya sempatkan diri untuk mencoba minuman ini ya. Kalau tidak bisa, kamu bisa memilihnya untuk menjadi oleh-oleh terbaik.

10. Teh Kelor

teh kelor minuman khas nusa tenggara

Sumber: Cekpremi.com

Minuman khas Nusa tenggara yang terakhir yaitu teh kelor. Teh ini cukup terkenal karena sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. 

Teh yang berasal dari Nusa tenggara ini memiliki kandungan manfaat yang cukup tinggi untuk tubuh. Salah satu manfaatnya yang paling bagus yaitu untuk kekebalan tubuh.

Ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit, yang sering menjadi beban bagi para traveler ketika bepergian. 

Nah, karena manfaatnya inilah yang membuat banyak orang mulai berbondong-bondong untuk mencicipi teh ini. Bahkan teh ini sudah menjangkau pasar yang sangat luas. 

Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara, kamu wajib mencicipi teh ini. Jika memungkinkan kamu bisa menjadikan teh ini sebagai oleh-oleh terbaik untuk orang di rumah.

Sudah Tahu 10 Minuman Khas Nusa tenggara?

itulah 10 minuman khas NTT Nusa tenggara yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Nusa tenggara. Disetiap daerah tentu ni ya memiliki minuman Khas nya masing-masing.

Akan sangat tidak afdol jika kamu mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi makanan atau minuman khasnya. Jadi jika kamu berkunjung ke Nusa tenggara, alangkah baiknya kamu mencoba beberapa dari minuman di atas. 

Semoga informasi ini membantu ya, terutama untuk kamu yang sedang bepergian ke Nusa tenggara. Jadikan Travelling kamu semakin berkesan dengan mencicipi minuman khas Nusa tenggara. Pilih minuman yang menarik untukmu dan nikmati cita rasanya. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan maupun minuman khas Indonesia hingga dunia, franchise, hingga strategi lainnya hanya di fnbpreneur.id.