Tips Menghasilkan Foto Produk Makanan Eye Catching dari HP

3 min read

menghasilkan-foto-produk-makanan-eye-catching (1)

Untuk mendapatkan foto yang estetik dengan kualitas tinggi tidak melulu harus menggunakan kamera canggih dengan lensa harga selangit. Saat ini ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hasil foto layaknya para profesional hanya dengan kamera ponsel saja. Terutama jika kamu sedang menjalankan bisnis makanan, penting untuk mengetahui tips memaksimalkan foto produk makanan dan minuman dengan HP.

Seberapa Penting Foto Produk Makanan Eye Catching?

Kamu pasti pernah mengalami situasi dimana kamu sebenarnya tidak lapar, namun  karena melihat postingan makanan di instagram membuatmu jadi tiba-tiba lapar. Salah satu fungsi sebuah foto terutama foto makanan adalah untuk menarik minat konsumen. Foto produk makanan yang eye catching akan mampu menggugah minat serta memunculkan keinginan untuk makan.

Hal ini menjadi sangat penting bagi pemilik bisnis makanan atau minuman untuk memiliki kemampuan menarik pelanggan hanya dari foto saja. Foto yang eye catching dapat membuat orang menjadi lapar tanpa harus mencium aroma masakannya secara langsung. Apalagi ketika pandemi, konsumen memiliki akses terbatas untuk datang langsung membeli makanan.

Maka cara yang paling jitu adalah menarik minat mereka melalui visual yang dapat menggugah selera makan mereka. Sehingga penting untuk kamu mengetahui tips foto produk makanan supaya eye catching meskipun dengan media  terbatas seperti ponsel.

Tips Mendapatkan Foto Produk Makanan yang Eye Catching hanya Dari HP

Saat ini nilai estetika tidak hanya sebatas foto interior dan fashion saja, bahkan makanan pun bisa menjadi estetik dan begitu menarik mata dalam sekilas melihatnya. Tidak jarang foto yang menarik dapat membuat orang betah lama-lama menatapnya hingga pada akhirnya memunculkan keinginan untuk makan.

Baca Juga:  Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner di TikTok dengan Mudah

Namun tidak semua foto estetik ini hanya bisa kamu dapatkan dengan peralatan canggih super mahal. Cukup dengan kamera ponsel yang kamu miliki saat ini, sudah cukup untuk menciptakan foto yang eye catching.

1.Lighting

Memanfaatkan lighting untuk membuat foto makanan makin bagus

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penting untuk kamu memperhatikan lighting supaya hasil foto terang dan bersih. Kamu bisa mengambil foto diluar ruangan supaya memberikan kecerahan secara natural tanpa banyak bantuan alat pencahayaan.

Namun jika harus foto di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut cukup terang. Kamu juga bisa memberi lighting tambahan supaya hasil lebih maksimal.

2. Persiapkan Background

mempersiapkan background

Selain lighting, menggunakan background putih dapat memberikan efek bersih sebab background putih dapat memantulkan cahaya dari lighting dan membuat semakin cerah. Selain background putih kamu juga bisa menggunakan background polos untuk memberikan kesan estetika.

Dengan menggunakan background, maka foto produk makanan Anda akan lebih terlihat menarik. Alhasil, tentunya foto tersebut dapat meningkatkan nilai jual dan estetika makanan yang Anda jual.

3. Gunakan Fitur Wide Angle

menggunakan kamera wide angle (1)

Saat ini kamu bisa menggunakan fitur wide angle yang sudah tersedia pada kamera ponsel saat ini. Tidak perlu membutuhkan HP keluaran terkini, kamu sudah bisa mendapatkan fitur wide angle.

Menggunakan fitur ini kamu bisa memberikan tampilan long shot pada makanan sehingga objeknya akan terlihat secara menyeluruh, foto akan menampilkan objek sekitarnya juga. Namun, jika ponselmu belum tersedia fitur wide angle kamu bisa menambahkan lensa wide portable untuk HP.

4. Latar Natural untuk Kesan Realistik

background natural

Cara menghasilkan foto produk makanan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan latar yang natural. Jika kamu ingin memberikan kesan foto yang lebih nyata, kamu bisa meletakan objek makanan atau minuman yang di foto dengan latar natural seperti meja atau tanaman, untuk menghasilkan foto yang tampak natural. Pada tips foto produk makanan ini kamu bisa mengambil foto secara close up.

Baca Juga:  Happy Hour Promo! Strategi Meningkatkan Penjualan yang Bisa Dicoba!

5. Maksimalkan Fitur Grid Kamera

maksimalkan fitur grid kamera

Dengan menggunakan fitur grid pada kamera ponsel, dapat membantu menyesuaikan pengambilan gambar supaya presisi dan tidak miring. Sehingga hasil foto produk makanan akan selalu sama. Sehingga kamu tidak perlu ragu-ragu ketika memposisikan objek yang akan kamu foto.

6. Menggunakan Tripod

cara foto makanan yang bagus dengan tripod

Tripod menjadi salah satu elemen penting dalam pengambilan gambar. Untuk menempatkan ponsel pada posisi yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan tripod supaya kamera tidak goyang ketika proses pengambilan gambar. Kamu juga dapat memberikan tanda seperti dengan selotip sebagai penempatan objek dan posisi kamera tidak bergeser.

7. Mengatur ISO dan Shutter Speed

mengatur iso

Kamu juga perlu mempelajari pengaturan ISO serta shutter speed supaya dapat menyesuaikan kecepatan cahaya dan exposurenya. Supaya menghasilkan hasil gambar yang selalu senada kamu perlu mengingat pengaturan yang kamu inginkan. Meskipun hanya dengan kamera ponsel kamu bisa tetap mengatur ISO pada mode Pro.

8. Memanfaatkan Timer Kamera

mengatur timer kamera

Tips foto produk makanan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan timer yang ada pada ponsel. Fitur ini bisa kamu gunakan jika kamu melakukan pemotretan sendiri, supaya kamu bisa memiliki waktu untuk memegang produk makanan atau minuman.

Dengan begitu, foto yang dihasilkan bisa maksimal dan Anda bisa mendapatkan sensasi seperti sedang mempromosikan makanan Anda. Calon pelanggan pun akan terlihat semakin yakin dengan cita rasa makanan yang ada di foto.

9. Perhatikan Plating

memperhatikan plating untuk bisa menghasilkan foto produk makanan yang menarik

Demi mendapatkan foto yang estetik kamu juga perlu memperhatikan plating makanan yang akan kamu foto. Plating adalah sebuah teknik melakukan penataan pada makanan yang ingin kamu foto. Kamu bisa menata dan merapikan objek yang akan kamu foto supaya mendapatkan tampilan yang cantik.

Dengan begitu, foto makananmu akan lebih menarik perhatian orang yang melihatnya. Dampak positifnya, orang akan lebih memiliki hasrat untuk membeli produk Anda.

Baca Juga:  SOP Bisnis Makanan dan Minuman, Contoh Lengkapnya Ada di Sini

10. Gunakan Aplikasi Editing

menggunakan aplikasi editing

Setelah melakukan pengambilan foto yang sedemikian rupa maka kamu perlu memaksimalkan hasil foto supaya semakin menarik dengan menggunakan aplikasi editing. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi editing foto yang bisa kamu unduh di Playstore dan Appstore dengan fitur editing yang tidak kalah dengan software di PC atau Laptop.

11. Gaya Foto yang Konsisten

gaya foto konsisten

Untuk menciptakan rona dan tema yang senada kamu bisa menggunakan gaya foto yang sama. Sehingga memberikan kesan yang konsisten pada setiap fotonya. Selain itu, orang akan melihat foto produkmu menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu, dengan gaya foto yang konsisten, Anda akan lebih mudah diingat oleh masyarakat.

12. Upload Sosial Media

unggah foto di sosial media

Untuk menarik minat konsumen lebih banyak lagi, kamu perlu mengunggah hasil foto di kanal online seperti media sosial. Sebab, media sosial memiliki pengaruh yang besar untuk menjangkau banyak orang.

Apalagi biasanya pada waktu senggang seperti jam makan siang atau makan malam para pengguna aktif menscroll media sosial mereka. Sehingga, dengan melihat postingan foto makanan yang eye catching akan semakin meningkatkan keinginan untuk membeli makanan atau minuman tersebut.

Sudah Tahu Cara Foto Produk Makanan Supaya Eye Catching?

Bagi kamu yang sedang menggeluti bisnis makanan dan minuman, kini tidak perlu lagi pusing-pusing membayar jasa fotografi setiap kali akan memotret produk makanan atau minuman. Kini dengan memaksimalkan fitur kamera HP kamu bisa menghasilkan sendiri foto yang eye catching untuk menarik banyak konsumen.

Foto yang menarik dapat kamu hasilkan dengan persiapan yang matang baik secara objek fotonya, alat foto, serta mempelajari teknik memotret makanan yang tepat. Dengan begitu foto makananmu bisa kamu pakai sebagai branding bisnis makanan atau minuman. Sudah siap menghasilkan foto yang eye catching?


Anda bisa mendapatkan berbagai tips menarik seputar bisnis kuliner hanya di fnbpreneur.id