Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis F&B (Food and Beverages)

5 min read

manfaat digital marketing bisnis f&b

Masih banyak yang belum memahami manfaat digital marketing untuk bisnis f&b (food and beverage atau kuliner). Semenjak munculnya pandemi, pemasaran secara digital justru lebih menguntungkan daripada pemasaran secara konvensional. Lantas, seperti apa digital marketing itu?

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing pada dasarnya adalah suatu kegiatan mempromosikan maupun memasarkan suatu produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan utamanya tentu seperti tujuan pemasaran seperti umumnya yaitu menarik konsumen secepat mungkin. Seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua orang memiliki akses terhadap internet.

Salah satunya adalah memanfaatkan media sosial saat memasarkan suatu produk dari brand tertentu. Tak heran, bila di era serba digital ini semua perusahaan saling bersaing dalam periklanan secara online. Semua bisnis mulai dari sandang, pangan, dan papan sudah mulai menggunakan pemasaran secara online.

Kenapa Bisnis F&B Membutuhkan Digital Marketing?

Saat ini memasarkan secara digital sangatlah wajib. Mengingat keadaan semenjak pandemi membuat semua hal beralih menjadi online. Tak terkecuali, pemasaran suatu brand. Lalu, apa saja alasan yang membuat digital marketing bagi bisnis f&b itu penting?

1. Hampir Seluruh Orang Memiliki Akses Terhadap Internet

Menurut data HootSuite, Indonesia memiliki sebanyak 202,6 juta orang pengguna internet. Rata-rata waktu yang mereka habiskan untuk internet adalah 8 jam lebih 52 menit. Angka pada data tersebut menunjukkan bahwa internet merupakan saluran yang cocok untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas dan mudah.

Selain itu, Google melansir data mengenai pengguna internet yang hampir 87% di antaranya sangat bergantung pada mesin pencari. Mereka akan mencari informasi mengenai makanan yang mereka inginkan maupun rekomendasi produk. Dengan memanfaatkan digital marketing, konsumen akan menjadi familiar dengan bisnismu.

2. Informasi Bisnismu Dapat Diakses Konsumen Dengan Mudah

Google My Business atau Bisnisku adalah salah satu fitur dari Google yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan lokasi usahamu di Maps. Dengan begitu, Maps akan menuntun calon konsumen menuju tempat usahamu. Google akan memberikan informasi yang lengkap kepada pengguna internet.

Baca Juga:  Cara Mempromosikan Produk Makanan dan Minuman Secara Online

Selain lokasi, para calon konsumen akan mudah mendapatkan informasi melalui mesin pencari mengenai menu, harga, jam buka, situasi tempat, hingga ulasan dari pelanggan lainnya. Sebagai catatan, informasi yang kamu berikan haruslah akurat dan jelas untuk menjaga kepercayaan konsumen.

3. Angka Pemasaran Lebih Terukur (Measurable)

KPI atau Key Performance Indicator adalah nilai yang selalu ada dalam digital marketing. Kamu bisa mengukur apakah target yang kamu inginkan tercapai atau belum melalui KPI. Bahkan kamu bisa sepenuhnya mengontrol biaya yang kamu keluarkan dengan perhitungan yang lebih detail melalui KPI seperti cost per view.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis F&B

Selain alasan utama, kamu juga harus mengetahui beragam manfaat digital marketing untuk bisnis f&b atau kuliner. Simak selanjutnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness Secara Online

Brand awareness atau kesadaran merek adalah hal yang penting dalam meningkatkan kesetiaan konsumen. Saat melakukan branding, secara tidak langsung kamu akan menciptakan sebuah image yang kuat dalam ingatan masyarakat mengenai merek kamu. Kegiatan tersebut dapat kamu lakukan melalui digital marketing.

Rasa kepercayaan konsumen akan meningkat. Sebab itu, tak akan ada yang ragu lagi mengenai produk makanan dan minuman yang kamu tawarkan. Apalagi ketika sudah memiliki pelanggan tetap, mereka akan merekomendasikan produkmu secara mouth to mouth. Hal tersebut cukup menguntungkan untuk menarik konsumen baru.

2. Menjangkau Pelanggan Terdekat Secara Demografis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, informasi usahamu akan terpampang pada mesin pencari melalui Google Bisnisku. Rute menuju tempatmu juga sudah tersedia secara otomatis melalui Maps. Google mengembangkan mesin pencari sesuai dengan demografinya.

Hasil pencarian sesuai lokasi disebut juga sebagai local search. Ketika ada orang yang mencari informasi mengenai tempat makan, Google akan memberikan informasi paling relevan dan dekat dengannya. Oleh karena itu, digital marketing sangat bermanfaat untuk menarik pelanggan yang berada pada jangkauan terdekat melalui mesin pencari.

3. Meningkatkan ROI dengan Email Blast

Email blast adalah salah satu marketing channel berupa pengiriman email kepada banyak penerima sekaligus. Ditujukan untuk kegiatan marketing, biasanya email berisi penawaran menarik agar penerima tertarik membeli produk kamu. Misalnya, event tertentu, kompetisi mempromosikan produk, hingga penawaran program loyalitas.

Kegiatan tersebut secara tidak langsung membuat “komunitas” merek serta mempengaruhi konsumen untuk membagikannya pada rekan terdekatnya. ROI atau Return on Investment adalah hasil laba dari investasi yang sudah kamu lakukan. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi pada banyak marketing channel  seperti email blast.

Baca Juga:  8 Strategi Burjo yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

4. Tumbuh Secara Organik Serta Hemat Modal Promosi

Strategi pemasaran secara online jauh lebih murah daripada konvensional semacam baliho hingga brosur. Biaya promosi dapat kamu simpan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya saja, Facebook Ads memiliki harga minimal 10 ribu rupiah per harinya. Harga tersebut jauh lebih murah daripada memasang billboard tentunya.

Di lain sisi, kamu pun bisa mengoptimalkan pemasaran tanpa menggunakan iklan berbayar. Kegiatan tersebut dikenal juga sebagai pemasaran secara organik. Membuat konten di sosial media, blog, maupun marketplace dengan mengoptimalkan copywriting dan faktor pendukung organik lainnya.

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu bentuk pemasaran organik. Untuk muncul di bagian teratas local search, kamu perlu mengoptimalkannya dengan kata kunci lokal yang relevan. Kamu bisa berinvestasi pada ahli SEO agar mereka dapat membantumu meningkatkan brand awareness dan juga konsumen baru.

Tips Sukses Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis F&B

Setelah memahami manfaat digital marketing bagi bisnis f&b, sekarang saatnya kamu mengoptimalkan usahanya. Apa sajakah faktor yang meningkatkan pemasaran digital semakin maksimal?

1. Membuat Profil di Google Bisnisku

Google Bisnisku memang salah satu platform yang sangat berguna bagi bisnis kuliner. Informasi penting yang sangat dibutuhkan konsumen tersedia dengan lengkap sehingga platform ini salah satu kunci suksesnya digital marketing kuliner. Berikut adalah contoh tampilan snippet tempat makan di hasil pencarian Google:

membuat profil di google my business sebagai salah satu manfaat digital marketing untuk bisnis f&b

Untuk memiliki tampilan snippet pada Google seperti gambar di atas, kamu bisa mendaftarkan profil bisnismu melalui Google Bisnisku. Berikut tutorialnya:

halaman google my business

  1. Kunjungi website Google Bisnisku.
  2. Lengkapi informasi umum mengenai tempat usahamu seperti nama, alamat, kategori bisnis.
  3. Masukkan kontak usahamu seperti nomor telepon dan alamat website
  4. Lalu, kirim permintaan verifikasi pada Google. Google akan mengirimkan kodenya melalui kontakmu.
  5. Terakhir, lakukan verifikasi dan tempat usahamu akan muncul seperti gambar di atas.

2. Foto dan Copywriting yang Menarik

Mengkomunikasikan produk melalui foto dan copywriting adalah salah satu strategi visual marketing. Tak dapat kita pungkiri bahwa gambar yang menarik membuat kita tertarik untuk melihatnya bukan? Meski begitu, foto produk kuliner yang menarik harus sesuai dengan aslinya agar tingkat kepercayaan konsumen tidak menurun.

Kamu bisa mempekerjakan ahlinya seperti fotografer dan copywriter. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk itu, kamu bisa memotret foto semua produkmu sendiri. Dengan catatan, sajikan makanan semenarik mungkin dengan memperhatikan pencahayaan dan background yang polos atau bersih. Keep it simple!

Lain dengan copywriting, kamu harus bisa menarasikan kelezatan dan nikmatnya produk kamu melalui kata-kata. Berlatihlah bermain dengan kata-kata untuk bisa menonjolkan aroma, sensasi rasa, tekstur, dan bahan melalui kata. Buatlah copy yang konsisten agar memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga:  Apa itu Marinasi? Pengertian, Kelebihan, dan Tips Melakukannya

3. `Membuat Media Sosial

Memiliki media sosial sudah menjadi kewajiban bagi setiap bentuk usaha. Mengingat orang bisa menghabiskan lebih dari 142 menit dalam sosial media, membuatnya semakin penting dalam memasarkan sebuah merek. Untuk memaksimalkan hasil yang optimal dari manfaat digital marketing bagi bisnis f&b, media sosial adalah jawabannya.

Kalau bisnis kulinermu memiliki target konsumen generasi anak muda, sebaiknya kamu berfokus dalam mengembangkan konten pada Instagram dan TikTok. Namun, bila target konsumennya adalah orang tua, maka Facebook adalah jawabannya. Setiap segmen pemasaran memiliki target yang berbeda.

Selain kamu memiliki sosial media, kamu harus konsisten dalam membuat konten. Kamu juga dapat meningkatkan engagement rate dengan membuat social media challenge. Bahkan kamu juga bisa memaksimalkannya dengan fitur iklan seperti Instagram Ads dan Facebook Ads.

4. Membuat Website dan Mengoptimasi SEO

Banyak UMKM yang membuat website untuk memasarkan mereknya. Salah satunya seperti berikut:

membuat website dan optimasi SEO

Memiliki website sama seperti memiliki profesionalitas. Kehadiran merek secara online dalam jangka waktu yang panjang sangatlah penting untuk menjaga nama merk milikmu. Jadi, ketika bisnismu semakin melebar luas, akan banyak orang yang berbondong-bondong melihat websitemu sebagai bentuk usahamu terpercaya.

Melalui situs website juga kamu bisa menjelaskan lebih detail mengenai produk dan hal lainnya mengenai usahamu. Terlebih, kamu bisa memanfaatkannya sebagai toko onlinemu. Namun, untuk memperkuat merekmu dalam kompetisi dalam mesin pencarian, kamu harus mengoptimalkan SEO baik secara on-page maupun off-page.

5. Menawarkan Promo dan Diskon Melalui Channel Pemasaran

Channel pemasaran secara digital dapat meliputi sosial media hingga email blast. Kamu bisa memanfaatkan sepenuhnya dengan menawarkan promo dan diskon. Sudah bukan rahasia lagi bahwa promo dan diskon sangatlah disukai oleh para calon konsumen.

Kamu bisa memanfaatkan hari libur perayaan (Natal dan Idul Fitri), tanggal unik (Tanggal 2 Februari), akhir bulan, hingga ulang tahun berdirinya usahamu. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk menawarkan promo dan diskon. Bentuk promosi bisa beragam mulai dari diskon, kartu pelanggan, gratis ongkir maupun bonus produk.

Sudah Paham Manfaat Digital Marketing Bisnis F&B?

Nah, itu dia tips dan manfaat digital marketing untuk bisnis f&b yang bisa kamu coba. Majulah dan beradaptasi dengan era digital. Kamu bisa memanfaatkan semua media digital untuk mempromosikan usahamu. Selamat mencoba!


Temukan berbagai tips menarik seputar bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnis F&B kamu hanya di fnbpreneur.id