Jenis-Jenis Kopi di Indonesia: Wajib Tahu untuk Mulai Bisnis

5 min read

Jenis Jenis Kopi di Indonwsia yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis kopi di Indonesia memang cukup beragam. Kopi sendiri merupakan jenis minuman yang banyak diminati tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Peningkatan peminat kopi di Indonesia juga semakin signifikan. Hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya usaha kedai kopi yang buka untuk berbagai kota maupun daerah. 

Bahkan, beberapa waktu terakhir, sempit juga populer kopi gula aren yang cukup banyak peminatnya, terlebih untuk kalangan generasi milenial.  Nah, bagi Anda yang ingin lebih mengenal jenis kopi yang berasal dari Indonesia, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.


Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara penghasil biji kopi terbesar dunia. Bahkan, Indonesia sudah berhasil menduduki peringkat keempat dunia sebagai penghasil biji kopi terbesar dunia. 

Iklim tropis Indonesia inilah yang memberikannya keuntungan tersendiri dalam hal produksi kopinya. Hal ini bisa terjadi juga karena memang penanaman tanaman kopi ini sangat cocok untuk negara beriklim tropis. 

Untuk tepatnya adalah wilayah tropis sebelah utara dan selatan dari garis Khatulistiwa (23 derajat Lintang Utara dan 23 derajat Lintang Selatan). 

Produksi kopi Indonesia sendiri sudah tersebar ke berbagai daerah, dari Sabang hingga Merauke. Kopi yang berasal dari Sabang sampai Merauke tersebut memiliki cita rasa khas tersendiri. 

Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari masing-masing daerah penghasil kopi dari Indonesia. 

Nah, berikut ini ada jenis-jenis kopi di Indonesia yang berasal dari petani Indonesia dan sudah dikenal di seluruh dunia. 

1. Kopi Arabika Gayo Aceh, Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah penghasil biji kopi terbaik yang berasal Indonesia. Jenis kopi Gayo ini merupakan kopi yang berasal dari daerah dataran tinggi Gayo dengan ketinggian 1200 hingga 1700 Mdpl. 

Kopi yang berasal dari Aceh ini memiliki tekstur yang encer. Untuk cita rasanya sendiri dominan dengan rasa asam yang pas dan tidak terlalu pekat.  Kopi Gayo ini sangat cocok untuk para penggemar kopi yang memang tidak terlalu suka dengan rasa asam yang ada pada kopi murni. 

Kopi Gayo ini biasanya akan tersaji dengan cara tradisional yang cukup menarik. Jika kopi jenis lainnya dibuat dengan cara diseduh, tentu berbeda dengan kopi gayo ini.  Pembuatan Kopi gayo ini adalah dengan cara perebusan dalam panci hingga kopi mendidih. Setelah itu, kopi bisa Anda sajikan ke dalam gelas yang sebelumnya sudah terisi dengan gula dan susu. 

Baca Juga:  3 Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Minuman Agar Tetap Cuan

2. Kopi Arabika Kintamani, Bali

Jenis kopi Kintamani ini berasal dari daerah Bali. Arabika Kintamani ini merupakan jenis-jenis kopi di Indonesia ini memiliki cita rasa yang sangat unik. 

Rasa asam dan segar yang berasal dari buah-buahan ini menjadi cukup dominan dan membuatnya bercita rasa khas. 

Kopi Arabika Kintamani ini juga memiliki tingkat kekentalan yang sedang. Namun, rasanya cukup ringan dan begitu lembut. 

Saat ini, negara Jepang, Arab maupun Eropa menjadi tujuan utama dari kegiatan ekspor kopi Kintamani yang berasal dari Bali tersebut. 

3. Kopi Arabika Toraja, Toraja

Salah satu jenis kopi asal Indonesia yang cukup terkenal lainnya adalah kopi Toraja. Kopi Toraja sendiri merupakan salah satu kopi Indonesia yang terkenal di dunia. 

Kopi Toraja ini bahkan sudah menjadi langganan ekspor untuk negara Jepang dan Amerika. 

Ciri khas dari kopi Toraja ini adalah kopinya memiliki cita rasa yang pahit. Namun, uniknya rasa pahit tersebut hanya akan terasa ketika Anda meneguknya saja. Berikutnya, rasa pahit ini akan hilang tanpa meninggalkan bekas atau aftertaste effect. 

Kopi Arabika Toraja ini tumbuh subur di daerah Sulawesi. Itulah sebabnya mengapa kopi Toraja memiliki rasa earthy, yakni adanya sensasi rasa tanah atau rasa hutan. 

Namun, kopi ini sangat rendah akan rasa asam yang biasanya ada pada kopi murni. 

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung, Jawa Timur

Jenis-jenis kopi di Indonesia selanjutnya adalah kopi arabika Java Ijen Raung. Kopi Arabika Java Ijen Raung ini merupakan kopi hasil produksi dari para petani yang berasal dari Jawa Timur. 

Jenis kopi ini memiliki ciri khas yang cukup unik, yakni adanya cita rasa yang sedikit pedas. Untuk aromanya sendiri adalah bunga hutan yang sangat khas. 

Pada awalnya, untuk kopi khas daerah Bondowoso ini pertama kali melakukan ekspor pada tahun 2011 dan hanya sebanyak satu container. 

Namun, dari tahun ke tahun, peminat kopi Arabika Java Ijen Raung ini semakin meningkat. 

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Liberika Rangsang Meranti ini merupakan salah satu jenis kopi yang berasal dari Riau. Kopi jenis ini sangat populer di Malaysia dan Singapura. 

Malaysia dan Singapura bahkan sudah menjadi pelanggan utama untuk kegiatan ekspor kopi Liberika Rangsang Meranti dari Indonesia ini. 

Perlu Anda ketahui, bahwa kopi Arabika Liberika Riau ini sudah memiliki sertifikat Indikator Grafis (GI) yang berasal dari Dinas Perindustrian Pemerintah Riau. 

Kopi Liberika Rangsang Meranti merupakan salah satu hasil pertanian terbaik dari daerah Riau. Pernyataan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI. 

6. Kopi Arabika Flores Bajawa, Nusa tenggara Timur

Jenis-jenis kopi di Indonesia berikutnya yang cukup terkenal adalah kopi Arabika Flores Bajawa. Kopi yang berasal dari Flore, Nusa Tenggara Timur ini memiliki ciri khas yang cukup unik. 

Baca Juga:  Dine In vs Take Away: Kelebihan dan Kekurangan Bagi Pebisnis Kuliner

Kopi Arabika Flores Bajawa ini memiliki kekentalan kopi yang cukup pekat. Namun, untuk tingkat keasamannya sendiri cukup rendah. 

Bahkan, jenis kopi Arabika Flores Bajawa ini memiliki rasa yang sangat dominan dengan coklat dan vanilla yang akan memberikan kesan aftertaste effect seperti pada kacang-kacangan. 

Kopi Arabika Flores Bajawa ini juga bahkan sudah diekspor ke negara Amerika. 

7. Kopi Robusta Temanggung, Jawa Tengah

Jenis kopi Robusta Temanggung ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kopi jenis lainnya. Kopi Robusta Temanggung ini memiliki aroma tembakau yang sangat mendominasi dengan cita rasa yang pahit. 

Nah, rasa pahit itulah yang menjadikan kopi Robusta Temanggung ini banyak peminatnya. Bahkan, saat ini Indonesia sudah bisa mengekspor kopi Robusta Temanggung ini ke beberapa negara. 

Negara yang menjadi langganan ekspor dari kopi Robusta Temanggung ini antara lain adalah Amerika Latin, dan negara kawasan Timur Tengah hingga Eropa.

8. Kopi Jawa

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang cukup melegenda adalah kopi Jawa. Produksi biji kopi Jawa ini pada umumnya sering menggunakan metode wet processing. 

Dengan metode tersebut, maka akan menghasilkan cita rasa kopi yang unik dan berbeda dengan kopi lainnya. Kopi Jawa ini juga tidak akan sekuat kopi yang berasal dari Sumatera atau Sulawesi. 

Meskipun begitu, jenis kopi Arabika Jawa ini cukup populer, karena memiliki rasa yang seimbang. Untuk tingkat keasamannya adalah medium, sementara untuk tingkat kekentalannya sendiri tidak terlalu pekat. 

Hal inilah yang membuat kopi Arabika Jawa memiliki aroma rempah yang membuat ciri khas tersendiri bagi siapapun yang menenggaknya.

9. Kopi Papua Wamena

Ketajaman dari aroma kopi Papua Wamena ini cukup membuatnya unik. Selain itu, kopi Papua Wamena ini memiliki cita rasa yang ringan. 

Kopi yang berasal dari Indonesia Timur ini memang cukup mirip dengan kopi Bali yang memiliki rasa floral. Namun, kopi Papua Wamena ini juga memiliki nuansa harum coklat dan herbal. 

Adanya aftertaste smokey setelah meminumnya pun menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri dari kopi Papua Wamena ini.

Tidak hanya itu, kopi Papua Wamena ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak berampas, sehingga akan terasa sangat ramah ketika masuk ke mulut siapapun yang menikmatinya.

10. Kopi Mandailing

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang tidak kalah populer adalah kopi Mandailing. Kopi Mandailing ini sudah sangat terkenal, bahkan di seluruh dunia. 

Jenis kopi ini sangat terkenal dengan nama Sumatra Mandheling Coffee. Kopi dari Sumatra ini merupakan kopi yang berasal dari Suku Mandailing. 

Sumatra Mandheling Coffee  ini memiliki banyak sekali karakteristik khas, seperti halnya terdapat sensasi smooth dan cita rasa yang cukup kompleks. 

Kopi yang berasal dari Sumatra ini bisa mengeluarkan aroma herbal yang eksotis. Bahkan, kopi Mandailing ini akan meninggalkan berbagai macam rasa pada lidah, seperti halnya terdapat rasa rempah atau rasa coklat.

Baca Juga:  Pentingnya Manajemen Stock untuk Bisnis Minuman dan Makanan

11. Kopi Luwak

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan juga di dunia. Kopi luwak ini merupakan kopi yang berasal dari kotoran hewan bernama luwak. 

Kopi luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Selain memang karena rasanya yang khas, kopi luwak ini memiliki harga yang cukup mahal karena proses pembuatannya yang sangat unik dan tidaklah mudah. 

Kopi ini harus dimakan terlebih dulu oleh hewan luwak. Namun, proses luwak memakan biji kopi ini tidak boleh karena pemaksaan atau pengandangan, melainkan atas keinginan luwak sendiri. 

Uniknya, ketika luwak mengeluarkan kotoran, dari kotoran tersebut juga terdapat biji kopi yang sebelumnya sudah termakan. 

Biji kopi yang keluar dari proses luwak mengeluarkan kotorannya inilah yang sering masyarakat sebut dengan kopi luwak. Jadi, tanpa ada luwak yang memakan biji kopi tersebut maka tidak akan ada yang namanya kopi luwak.

12. Kopi Sidikalang, Sumatera Utara

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang berasal dari Sumatera ternyata tidak hanya kopi Gayo saja. Salah satu kopi khas Sumatera lainnya adalah kopi Sidikalang. 

Jenis kopi ini berasal dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi Sidikalang ini banyak dihasilkan dari kawasan Bukit Barisan. 

Kopi Sidikalang ini cukup populer hingga ke mancanegara. Bahkan, kopi ini digadang-gadang bisa mengalahkan kopi khas Brazil.

13. Kopi Arang, Jawa Timur

Jenis kopi arang merupakan kopi yang berasal dari Indonesia. Kopi ini banyak dihasilkan dari daerah Jember, Jawa Timur. Keunikan dari kopi arang ini terletak pada proses pembuatannya. 

Kopi akan digosok terlebih dahulu. Namun, meski begitu, rasa dari kopi arang ini tidaklah pahit. Justru, aroma yang keluar ketika kopi arang sudah Anda seduh ini lebih mirip dengan aroma cabai.

14. Kopi Lanang, Jawa Timur

Lanang berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah laki-laki. Nama lanang yang ada pada kopi karena dipercaya bisa menambah vitalitas bagi kaum adam. 

Kadar kafein yang cukup tinggi dalam kopi lanang ini inilah yang membuat kaum adam betah berlama-lama tidak tidur. 

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang satu ini banyak diproduksi di Jawa Timur, dan sudah dikenal hingga Amerika.


Demikianlah jenis-jenis kopi di Indonesia yang perlu kalian ketahui sebelum memulai bisnis. Pastikan kalian memlih jenis kopi sesuai dengan kebutuhan kalian ya.  Selamat mencoba !

Dapatkan berbagai informasi maupun tips untuk mengembangkan bisnis kuliner dan minuman hanya di fnbpreneur.id.

Baca juga: