Sudah Coba Deretan Makanan Terenak di Dunia ini?

4 min read

makanan terenak di dunia

Kamu pasti sudah familiar dengan kuliner di bawah ini, tapi apakah kamu tahu bahwa itu adalah makanan terenak di dunia?

Ya, lantaran rasanya yang lezat tidak sedikit yang menjadikan makanan tersebut menjadi comfort food yang dicari-cari.

Tentunya, tiap makanan tersebut menjadi ciri khas dari negaranya masing-masing. Berikut kami rangkum beberapa menu yang bisa menjadi referensi pilihan makanmu.

Simak bersama, yuk!

1. Ramen

Makanan yang pertama, yaitu ramen. Ramen merupakan salah satu makanan khas dari negara Jepang dengan sajian utamanya mie yang berkuah kaldu. Jika kamu berkunjung ke negara tersebut, akan mudah menemukan kedai ramen yang tersebar di setiap wilayahnya. 

Cara makan ramen ini menggunakan sumpit dan sendok. Jadi, jika kamu tidak terbiasa dengan sumpit, pasti akan kesusahan. Penyajiannya tidak hanya mie, melainkan terdapat beberapa topping tambahan, seperti daging potong, telur, rumput laut, dan lainnya. 

Kemudian, biasanya kedai ramen membuat mienya sendiri, sehingga memiliki kualitas mie yang baik dan kenyal tanpa pengawet. Jika kamu ingin mencicipinya, tidak harus pergi ke Jepang, karena sudah banyak restoran Jepang di Indonesia. 

2. Sushi

Selanjutnya, yaitu sushi. Makanan ini juga merupakan khas dari negara Jepang. Berbeda dengan ramen yang menggunakan bahan utama mie, sushi menggunakan bahan utama yang segar atau mentah. Sushi memang identik dengan cara pengolahannya dengan ikan segar dan menghidangkannya secara mentah. 

Walaupun bahan utamanya dari ikan mentah, tetapi setiap rumah makan akan menggunakan bahan makanan yang berkualitas dan segar. Sehingga, tidak perlu khawatir ketika menyantap sushi tersebut. Ketika menyantapnya, biasanya menggunakan kecap asin atau wasabi dan porsinya tidak begitu banyak.

Jangan menganggap sushi hanya memakan daging ikan mentah begitu saja, tetapi terdapat berbagai olahan dan variannya. Contohnya, seperti jenis maki sushi yang penyajiannya dengan potongan sayuran dan ikan terbungkus nasi khusus dan rumput laut. 

3. Rendang

Makanan terenak di dunia berikutnya, yaitu rendang. Kamu yang merupakan orang Indonesia pasti tahu salah satu makanan terenak satu ini. Rendang merupakan makanan olahan berbahan dasar daging sapi. Orang-orang menyukai rasa rendang karena memasaknya dengan bumbu khusus dan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  10 Inspirasi Olahan Dada Ayam untuk Menu Katering Sehat

Kamu akan mudah menemukan makanan rendang ini di berbagai rumah makan atau restoran Padang. Makanan ini memang tidak bisa terhindarkan dari menu masakan Padang yang wajib untuk kamu coba. Bagi kamu yang belum tahu, makanan ini sempat menjadi pemberitaan, karena diakui oleh negara tetangga. 

4. Nasi Goreng

Selanjutnya, yaitu nasi goreng. Makanan ini merupakan salah satu kuliner yang dapat kamu jumpai di Indonesia. Mungkin kamu yang pergi ke luar negeri, seperti ke Eropa atau Amerika akan sulit menemukan makanan ini. Sehingga, kamu harus mencari restoran khusus yang menjual menu masakan Indonesia di sana. 

Biasanya mengolah nasi dengan cara menanaknya saja, tapi kuliner yang satu ini berbeda. Perbedaannya, yaitu mengolah nasi matang dengan menggorengnya bersama sayuran, daging, dan bumbu lainnya. Sehingga, memberikan cita rasa dan ciri khas tersendiri saat memakan nasi. 

Olahan nasi goreng sekarang ini sudah sangat beragam, ada yang menggunakan kecap atau tidak. Kemudian, bahan tambahan tidak hanya daging ayam, tapi bisa juga sapi, bakso, sosis, dan seafood. Menemukan menu nasi goreng sangat mudah di Indonesia, banyak rumah makan dan pedagang kaki lima menjualnya. 

5. Bebek Peking

Makanan terenak di dunia dan termahal yang dapat kamu cicipi berikutnya, yaitu bebek peking. Salah satu makanan terenak ini memiliki bahan utama bebek yang berasal dari China. Olahan daging yang sering kita temui kebanyakan ayam, sapi, atau domba. Tetapi, bebek juga bisa menjadi makanan olahan yang lezat. 

Mengolah bebek memang memerlukan cara yang tepat, karena jika salah akan mengurangi kenikmatannya. Bebek peking ini menggunakan teknik pengolahan dengan cara memanggang atau mengoven nya dalam waktu yang lama. supaya menghasilkan tekstur yang garing dan empuk saat menggigitnya. 

Restoran di China biasanya akan menyajikan daging bebek peking yang sudah teriris rapi beserta kulitnya yang masih garing dan renyah. Kamu yang ingin mencicipinya tidak perlu jauh-jauh ke China, karena sudah banyak restoran di Indonesia yang menyajikannya.

6. Kebab

Daftar makanan terenak di dunia selanjutnya, yaitu kebab. Makanan ini merupakan salah satu khas dari negara Turki. Dari tampilan luarnya akan terlihat kulit roti yang tergulung dan di dalamnya terdapat sayuran, daging, potongan bawang, dan saus. 

Baca Juga:  Apa itu F&B? Pengertian, Manfaat, dan Tren F&B Saat Ini

Biasanya cara membuat kebab ini menggunakan panggangan dan ukuran penyajiannya cukup besar, sehingga bisa membuat kamu kenyang. Bahkan, sekarang mulai bermunculan kebab dengan ukuran yang panjang dan lumayan besar. 

Kamu yang berada di Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke Turki untuk menikmati kebab. Karena Sudah banyak pedagang kebab kaki lima yang tersebar di berbagai wilayah. Kemudian harga yang mereka tawarkan juga relatif murah tergantung dari isiannya. 

7. Lasagna

Makanan berikutnya datang dari negara Italia yang bernama lasagna. Ketika kamu berkunjung kesana akan banyak restoran yang menjual makanan yang satu ini. Bagi kamu yang belum tahu, lasagna merupakan makanan olahan dari pasta dan kemudian memanggangnya dengan keju, daging, dan sayuran. 

Mungkin sebagian besar orang mengenal pasta seperti spaghetti, fusili, dan makaroni saja dan kurang familiar dengan lasagna, karena jarang menjumpainya. Makanan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani dan terbilang sangat lama.

Kamu yang ada di Indonesia dan ingin mencicipinya mungkin akan lumayan susah menemukan orang yang berjualan lasagna. Tapi, jika ingin membuatnya sendiri, kamu bisa melihat resep di internet.

8. Pizza

Makanan terenak dan banyak orang menyukainya, yaitu pizza. Selain lasagna, makanan ini juga terkenal dan menjadi ciri khas dari Italia. Pizza memiliki bentuk bundar dengan berbagai topping di atasnya, seperti potongan daging, saus, keju, bawang, dan lainnya. Kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian.

Bahan baku pembuatan pizza ini dari adonan roti yang berbentuk bundar dan tidak tebal. Lalu, proses memasaknya dengan cara memanggang menggunakan oven atau tungku khusus. Ukurannya pun cukup besar, sehingga dapat kamu makan bersama dengan anggota keluarga lainnya. 

Sekarang ini sudah banyak orang yang menjual pizza, seperti di Indonesia. Sehingga kamu mudah mencarinya dengan berbagai macam topping dan ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. 

Jika ingin mencoba membuat sendiri juga tidak terlalu sulit, karena bahan-bahannya mudah kamu dapatkan dan banyak resepnya di internet.

9. Dim Sum

Salah satu makanan terenak di dunia selanjutnya, yaitu dim sum. Makanan ini merupakan khas dari Tiongkok yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Dim sum bagi orang Tiongkok menjadi menu sarapan atau hidangan pendamping minum teh. 

Sekarang ini pebisnis dim sum sudah banyak tersebar di berbagai dunia, karena memiliki peluang yang besar. Meskipun penyajiannya tidak banyak dan sederhana tapi orang-orang selalu mencari makanan satu ini. 

Baca Juga:  15 Topping Utama Pada Ramen yang Menambah Cita Rasa

Dim sum memiliki cara penyajian dengan menggunakan keranjang kecil yang praktis. Kemudian untuk variannya sangat beragam, seperti pangsit goreng atau kukus, siomay, ceker ayam, dan lainnya. Kamu yang ada di Indonesia ingin mencobanya juga bisa membelinya di pedagang kaki lima atau di mall. 

10. Kari Massaman

Makanan yang terakhir, yaitu kari massaman. Mungkin kamu jarang mendengar makanan ini, tetapi kari massaman menjadi salah satu makanan terenak. Kamu akan mudah menemukan kuliner ini di Thailand, karena disanalah makanan ini berasal. 

Kari massaman tidak jauh berbeda dengan makanan olahan dengan kuah kari lainnya, yakni berbahan santan kental dan rasa yang pedas. Ketika menyantap kari massaman, biasanya menggunakan nasi yang hangat. Sehingga cocok untuk makan siang. 

Kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri juga mudah dan tidak perlu keluar membelinya. Bahan-bahannya mudah kamu temukan di pasar atau swalayan. Kemudian, untuk kuah karinya bisa menggunakan bumbu instan. Jadi, tidak perlu membuatnya susah payah.

Mana Makanan Terenak di Dunia yang Sudah Kamu Coba?

Itu dia beberapa makanan terenak di dunia.

Walau sebagian besar pasti sudah pernah kamu coba, tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin membuatnya sendiri.

Bahkan menjadi inspirasi untuk memulai binsis kuliner suatu saat nanti.


Temukan inspirasi seputar bisnis makanan, resep, tips dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.