Makanan Khas Korea Selatan Wajib Coba, Favorit Wisatawan!

5 min read

makanan khas korea selatan

Kesuksesan drama Korea akan memperkenalkan budaya mereka terbilang sangat sukses. Selain menjual drama cerita yang menarik, mereka juga memperkenalkan makanan khas Korea yang sangat menggiurkan.

Kesuksesan Korea Selatan dalam memperkenalkan makanannya membuat para turis wajib untuk mencicipinya. Maka dari itu, apabila Anda ingin berkunjung ke Korea Selatan, Anda wajib mencicipi makanan khas Korea Selatan berikut ini!

Makanan Khas Korea yang Wajib Dicoba

1. Banchan

Makanan khas Korea pertama yang wajib Anda coba saat berada di Korea Selatan adalah Banchan. Makanan ini adalah lauk pauk kecil yang sering disajikan bersama dengan rebusan kimchi. Biasanya, masakan ini terdiri dari sayuran fermentasi yang dikukus atau digoreng. Anda dapat menemukan hidangan ini dengan daging atau makanan laut.

2. Bibimbap

Makanan khas Korea Selatan yang paling populer kedua adalah Bibimbap. Secara dasar, Bibimbap ini seperti “nasi campur” yang ada di Indonesia. Namun, hidangan ini memiliki ciri khas yang berbeda.

Biasanya, Bibimbap ini menyajikan nasi putih hangat yang dicampur dengan gochujang, doenjang, kecap, dan berbagai sayuran tumis dan dibumbui makanan pelengkap lainnya seperti mentimun, tauge, lobak, bayam, dan jamur. Bahkan, beberapa hidangan sering ditambahkan telur mentah atau irisan daging sapi.

3. Gogigui (Korean BBQ)

Saat berbincang tentang masakan Korea, pasti Anda langsung terpikirkan oleh Kimchi, Bibimbap, atau Kimbap. Ya, ketiga makanan itu memang sering tampil di dalam drama Korea atau reality show.

Ternyata, selain makanan-makanan tersebut, Korea Selatan juga memiliki makanan khas dengan metode memasak barbekyu atau panggang. Masakan tersebut bernama Gogigui yang berarti “daging panggang.” Biasanya, masyarakat Korea Selatan sering memanggang daging dari olahan sapi, babi, atau ayam di atas panggangan atau arang.

Berbagai jenis daging dapat disajikan dengan diasinkan atau tanpa diasinkan, beberapa jenis daging yang paling populer di kalangan masyarakat Korea Selatan adalah bulgogi (irisan tipis daging sapi atau babi yang diasinkan) dan galbi (daging sapi atau iga babi yang diasinkan).

Daging sapi memang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Sayangnya, harga daging sapi di Korea terbilang cukup mahal. Jadi, jika Anda ingin mencicipi masakan barbekyu ala Korea dengan daging sapi, kalian harus menyiapkan dana lebih untuk menikmatinya.

Baca Juga:  Menu Angkringan Jogja Kekinian yang Laris Manis

4. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah salah satu makanan khas Korea – Cina yang paling populer. Makanan ini dibuat dari mie gandum tebal yang dibuat dengan menggunakan tangan dan dipadu dengan saus kental yang terbuat dari chunjang goreng (saus kacang manis), kecap, daging babi potong, dan sayuran.

Ada satu sejarah yang menarik tentang masakan ini. Makanan ini terinspirasi dari makanan yang bernama Zhajiangmian yang merupakan makanan khas yang berasal dari Provinsi Shandong China. 

Jajangmyeon ini pertama kali ditemukan pada abad ke-20 di sebuah restoran Cina di Pecinan Incheon. Saat ini, restoran tersebut sudah berubah menjadi Museum Jajangmyeon. 

5. Japchae

Kemudian ada Japchae yang merupakan makanan pendamping atau lauk pauk yang dibuat dari dangmyeon (mie plastik tepung ubi jalar) yang dilengkapi dengan berbagai macam sayur, daging, dan jamur di atasnya.

Hidangan ini biasanya dibumbui dengan kecap dan minyak wijen yang sering disajikan sebagai Banchan. Japchae ini merupakan hidangan kerajaan yang menjadi salah satu hidangan paling populer dan sering disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, dan hari libur.

6. Kalguksu

Kalguksu berarti “Knife Noodle” yang terbuat dari mie tepung gandum yang disajikan di dalam mangkuk besar dengan kaldu dan bahan-bahan lainnya. Nama Kalguksu sendiri berasal dari fakta bahwa mie tersebut tidak di ekstrusi atau pintal, melainkan dengan cara di potong.

Mie Kalguksu sendiri dibuat dari tepung terigu dan telur yang digulung tipis dan dipotong memanjang. Sedangkan untuk kaldunya, orang Korea mengandalkan banyak bahan seperti ikan teri kering, kerang, dan rumput laut yang mereka rebus dalam beberapa jam.

Tentunya, hidangan ini akan terasa nikmat saat disantap hangat-hangat. Selain itu, kaldu yang dibuat dari rebusan kerang dan rumput laut, hidangan ini memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk tubuh Anda.

7. Kimchi

Jika orang Indonesia tidak bisa makan tanpa sambal, orang Korea Selatan tidak bisa makan tanpa Kimchi!

Kimchi merupakan makanan khas Korea Selatan yang paling populer. Bahkan, masyarakat Korea Selatan sering terlihat menikmati berbagai makanan apapun dengan Kimchi ini.

Kimchi adalah lauk tradisional yang terbuat dari sayuran yang di fermentasikan. Namun biasanya, masyarakat Korea sering menggunakan kubis dan lobak sebagai sayuran utama.

Perlu Anda ketahui, Kimchi memiliki ratusan jenis yang berbeda-beda. Jadi, saat Anda berkunjung ke Korea Selatan, Anda wajib mencicipi berbagai jenis Kimchi yang ada di Korea Selatan. Karena makanan ini termasuk makanan nasional, jadi Anda bisa menemukan hidangan ini dengan mudah.

Baca Juga:  11 Inspirasi Desain Cafe Instagramable, Wajib Dicoba!

8. Mandu

Anda suka dengan makanan pangsit? Maka Anda wajib mencicipi makanan khas Korea yang bernama Mandu ini. Mandu merupakan makanan yang mirip dengan Gyoza (Jepang) atau Jiaozi (Cina). Anda dapat menemukan hidangan ini dengan mudah di restoran, warung makan, supermarket, dan pojangmacha (warung makan tenda).

9.Yangmyeon

Kemudian ada Yangmyeon yang merupakan ayam goreng khas Korea Selatan. Makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di restoran ayam goreng saat berada di Korea Selatan. Hal yang membedakan Yangmyeon dengan ayam goreng biasa ada pada saus khas Korea. Tentunya, cita rasa Korea yang unik tersebut akan membuat Anda ketagihan mencicipi makanan ini.

10. Samgyetang 

Samgyetang adalah sup tradisional yang terbuat dari ayam, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng, dan rempah-rempah. Hidangan ini terkenal akan gizi yang tinggi. Masyarakat Korea Selatan sangat menyukai hidangan ini karena sehat dan rasanya yang lembut dan gurih. 

Jajanan Khas Korea Selatan

11. Eomuk / Odeng

Eomuk atau Odeng adalah makanan yang di olah dari ikan putih giling dan bahan pelengkap lainnya. Makanan ini adalah salah satu makanan jalanan khas Korea yang paling populer. Anda dapat menikmati jajanan ini di restoran atau warung makan dimana saja di Korea Selatan.

12. Hotteok

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menikmati makanan manis. Hotteok adalah pancake khas Korea yang berisi campuran gula merah, madu, kacang merah, dan kayu manis.

Jajanan ini dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai restoran di Korea Selatan. Saat memakan hidangan ini, Anda harus sedikit berhati-hati mencicipi makanan ini karena saat Hotteok baru saja selesai di panggang, campuran gula dan kacang merah yang ada di dalam balutan pancake tersebut akan terasa sangat panas di mulut.

13. Tteokbokki 

Makanan ini terbuat dari beras atau tteok beserta saus khas Korea. Terkadang, masyarakat Korea Selatan kerap mencampur ramyeon, sosis, daging, hingga mozarella ke dalam hidangan ini.

Makanan ini berupa beras atau tteok yang dicampur dengan saus khas Korea. Terkadang, masyarakat Korea Selatan kerap mencampur ramyeon, sosis, daging, hingga mozarella ke dalam hidangan ini.

14. Tteokbokki Skewers

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki jajanan sate-satean. Korea Selatan juga memiliki jajanan sate-satean yang menggunakan hidangan Tteokbokki.

Tteokbokki ini memiliki banyak varian rasa yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan Tteokbokki dengan menggunakan potongan mozarella, orisinal, dan masih banyak lainnya. 

15. Soondae

Buat Anda yang sudah menonton drama Korea yang berjudul “Fight For My Way,”  pasti Anda sudah familiar dengan makanan yang satu ini. Ya,  Soondae merupakan jajanan kaki lima yang paling populer di Korea Utara dan Korea Selatan. Jajanan ini sejenis sosis darah. Biasanya, mereka membuat sosi tersebut dengan cara rebus atau mengukus usus sapi atau babi yang berisi berbagai macam bahan.

Baca Juga:  7 Restoran All You Can Eat Sushi di Jakarta, Paling Lezat dan Laku!

16. Kimbab

Makanan khas Korea yang satu ini sudah mulai populer di Indonesia. Kimbab adalah nasi gulung dengan balutan rumput laut kering yang berisi sayuran dan daging. Pada dasarnya, makanan ini terlihat seperti Sushi Rolls dari Jepang.

Hal yang membedakan antara Kimbab dengan Sushi Rolls adalah Kimbab tidak menggunakan wasabi. Selain itu, pembersih atas langit-langit mulut pada Sushi biasanya menggunakan acar jahe, namun dalam versi kimbab, hidangan tersebut mereka ganti dengan menggunakan Kimchi.

17. Bungeoppang

Selanjutnya, jajanan yang satu ini pernah muncul di salah satu adegan di drama Vincenzo. Bungeoppang adalah kue yang berbentuk ikan yang memiliki selai kacang merah di dalamnya. Makanan ini sangat nikmat dalam keadaan panas seperti Hotteok. Karena itulah, makanan ini sangat populer saat musim dingin.

18. Patbingsu

Jika di Indonesia punya es serut, masyarakat Korea punya makanan penutup andalan yang bernama Patbingsu. Makanan penutup ini berupa es serut yang bagian atasnya penuh dengan kacang merah dan sirup. Karena menggunakan bahan-bahan yang familiar dengan es serut versi Indonesia, tentunya hidangan akan terasa familiar di lidah kita.

19. Jipangyi Ice Cream

Jipangyi adalah dessert unik khas Korea Selatan. Hal yang membedakan Jipangyi dengan ice cream yang lainnya ada di bagian cone-nya.

Jika ice cream pada umumnya menggunakan cone berbentuk kerucut, Jipangyi menggunakan cone yang berbentuk spiral, hati, dan lain sebagainya. Ice Cream Jipangyi ini mudah Anda temukan di warung makan di Korea Selatan.

20. Ddongbbang / Poo Bread

Jajanan khas Korea yang satu ini memiliki bentuk yang sangat tidak wajar, yaitu kotoran dalam kartun.

Terlepas dari bentuknya yang tidak wajar, ternyata camilan ini memiliki rasa yang manis, renyah, dan kenyal, dan di lengkapi dengan selai kacang merah atau cokelat hangat. Camilan kekinian Korea Selatan ini menjadi makanan khas Korea yang wajib kamu coba!

Makanan Khas Korea Selatan Mana yang Sudah Kamu Coba?

Jadi itulah makanan khas Korea yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Korea Selatan. Memang beberapa jenis makanan tersebut sudah tersedia di Indonesia. Tapi vibe saat memakan masakan tersebut akan terasa berbeda saat kita berada di Korea.


Temukan informasi seputar makanan Asia, tips bisnis kuliner, hingga resep makanan dan minuman lainnya di fnbpreneur.id.