Cara Mempromosikan Produk Makanan dan Minuman Secara Online

5 min read

cara mempromosikan makanan dan minuman online

Promosi merupakan bagian yang paling berperan dalam meningkatkan penjualan produk kamu. Peningkatan jumlah penjualan ini menjadi sangat penting apalagi ketika produk kamu merupakan makanan dan minuman.

Sebagai pemilik bisnis makanan dan minuman, tentunya kamu ingin makanan kamu laris dan terjual ludes hingga habis, bukan? Jika tidak begitu, bisa saja stok makanan dan minuman yang tidak laku di hari itu, akan menjadi basi di kemudian hari.

Nah, agar tidak mengalami hal tersebut, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mempromosikan produk makanan dan minuman kamu secara online. Bagi kamu yang sedang mencari cara untuk melakukannya, berikut terdapat pembahasan mengenai cara melakukan promosi semacam itu. Langsung saja simak selengkapnya, ya!

Cara Mempromosikan Produk Makanan dan Minuman Online

Berbicara mengenai cara untuk melakukan promosi produk makanan dan minuman secara online,sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memanfaatkan media sosial, mengaktifkan pemesanan online, menggunakan iklan dari sosial media, dan juga menjalin kolaborasi dengan influencer. 

Nah, berikut terdapat pembahasan mengenai bagaimana cara melakukan beberapa cara tersebut. Pastikan kamu menyimak pembahasan berikut ini dengan cermat ya! Dengan begitu, proses promosi produk kamu akan berjalan dengan maksimal dan tujuan promosi pun bisa kamu capai dengan mudah.

Langsung saja, berikut caranya!

1. Manfaatkan Media Sosial

Cara mempromosikan produk makanan dan minuman yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah memanfaatkan media sosial. Media sosial terkenal dengan penyebarannya yang sangat cepat dari pengguna satu ke pengguna lainnya.  Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk dari bisnis kamu.

Berbagai fitur yang ada pada media sosial seperti salah satunya adalah fitur story, bisa kamu manfaatkan. Fitur ini merupakan fitur yang seringkali orang-orang akses ketika mereka sedang sangat santai. Ketika dalam kondisi santai, mereka akan lebih mudah tertarik dengan makanan dan minuman yang kamu promosikan melalui media sosial kamu.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Makanan dan Minuman yang Bisa Anda Coba

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur posting untuk melakukan promosi produk minuman dan makanan kamu. Dengan memposting produk makanan dan minuman kamu, maka orang – orang dapat menemukannya di timeline mereka. 

Bahkan ketika produkmu ramai dan memiliki banyak like, postinganmu tersebut akan tampil di timeline orang lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan akun kamu.

Baca Juga:  8 Strategi Burjo yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

2. Mengaktifkan Pemesanan Online

Cara mempromosikan produk makanan dan minuman yang kedua adalah dengan mengaktifkan pemesanan online. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Grab Food, Go Food, dan Shopee Food. Berikut cara mendaftarnya.

Grab Food

Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Grab Food, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan siapapun. Yang kamu perlukan hanyalah dokumen resmi terkait bisnis kamu. Selain itu, kamu juga perlu memotret fisik dari bisnis kita tersebut. Dengan begitu, pihak Grab Food akan mempercayai dan menyetujui aktivasi ini. 

Untuk caranya, kamu hanya perlu mengunjungi link Pendaftaran Merchant Grab Food. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Nah, isikan saja kolom yang ditunjuk tanda panah, sesuai dengan bisnis kamu. 

Jangan lupa juga untuk menyetujui persyaratan dengan mencentang kolom paling bawah. Lengkapi juga captcha sebagai proses keamanan dari Grab Food. Setelah selesai, silahkan klik tombol Daftar di paling bawah.

berhasil mendaftar grabfood

Setelah itu, kamu akan menerima informasi bahwa pendaftaran berhasil. Sekarang saatnya kamu untuk membuka email yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

email verifikasi pendaftaran mitra grabfood

Periksalah kotak masuk dari email kamu sendiri. Bukalah email yang berasal dari Grab Food. Baca dengan cermat apa saja syarat yang kamu butuhkan. Setelah membaca semuanya, kamu bisa mengupload data tersebut dengan menekan link yang sudah mereka sediakan. Isilah form tersebut dengan lengkap barulah setelah itu kamu tinggal menunggu proses persetujuan dari pihak mereka.

Go Food

Cara mempromosikan produk bisnis online dengan mendaftar Go Food ini, sangat mudah untuk kamu lakukan. Pertama, silakan buka PlayStore kemudian cari aplikasi GoBiz.

membuka gobiz di playstore untuk mempromosikan makanan dan minuman

Setelah menemukannya, langsung saja tekan install atau pasang dan tunggu prosesnya. Ketika sudah selesai, kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut.

mendaftar GoBiz untuk mempromosikan produk makanan dan minuman ke Gojek

Ketika sudah berada di aplikasinya, kamu bisa langsung saja menekan tombol Daftar GoBiz untuk mendaftarkan akun baru.

memilih jenis pendaftaran di gobiz

Setelah itu akan muncul opsi seperti itu. Jika kamu ingin membuka bisnis untuk usaha pribadi, maka ikutilah petunjuk pada gambar. Pilihlah opsi paling atas.

memulai pendaftaran gobiz

Setelah itu akan muncul beberapa petunjuk. Kamu bisa langsung menekan selanjutnya hingga tombol tersebut berubah menjadi Mulai Pendaftaran. Ketika sudah seperti itu, langsung saja tekan tombol tersebut.

kirim data pemilik ke gobiz

Kamu akan diminta memasukkan nama sesuai KTP, email, dan no HP. Pastikan nomor HP mu benar ya, karena akan terpakai untuk menerima kode verifikasi nantinya. Sekarang saatnya untuk menekan tombol Kirim data pemilik untuk mengirimkan data yang sudah kamu isikan.

Berikutnya akan muncul inputan untuk memasukkan kode verifikasi. Kode verifikasi ini akan masuk ke HP mu melalui SMS ke nomor HP yang sudah kamu tulis sebelumnya. 

Baca Juga:  12 Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Supaya Engagement Naik

Jika SMS tidak kunjung masuk, kamu bisa menekan tombol Kirim Ulang untuk meminta pengiriman kode verifikasi kembali.

pendaftaran gobiz

Setelah proses input dan verifikasi nomor hp selesai, kamu hanya perlu melengkapi data seperti pada gambar. Jika semua data sudah lengkap, saatnya kamu menekan tombol kirim data usaha dan menunggu proses persetujuan dari Go Food.

Shopee Food

Cara mempromosikan produk makanan dan minuman juga bisa kamu lakukan dengan mendaftar Shopee Food. Dengan begitu, kamu bisa lebih banyak menjangkau para pelanggan. Bagaimana caranya? Simak panduan ini

mendaftar merchant shopeefood langkah 1

Ketika kamu mengunjungi link tersebut, kamu harus memasukkan email milik kamu. Masukkan saja sesuai dengan email mu yang sebenarnya. Kemudian kamu bisa menekan tombol berikutnya di kiri bawah.

mempromosikan makanan dan minuman dengan mendaftar shopeefood

Setelah itu, akan muncul form untuk menginputkan nama lengkap, nomor, dan email. Isilah semuanya sesuai dengan data diri kamu dan bisnis kamu. Setelah selesai, kamu bisa menekan tombol berikutnya.

mendaftar merchant shopeefood langkah 3

Lalu akan ada pertanyaan mengenai status pendaftaran ShopeePay Merchant pada akun shopee mu. Jika belum terdaftar, pilih saja opsi Tidak. Setelah itu kamu bisa menekan tombol berikutnya.

Selanjutnya akan muncul form yang lainnya. Kamu harus menginputkan lokasi bisnis kamu, informasi detail mengenai bisnis kamu, hingga melakukan upload foto untuk tampilan fisik dari bisnis milik kamu. Nah, silahkan ikuti petunjuk pengisian form pendaftaran Shopee Food ini hingga selesai.

mendaftar merchant shopeefood langkah 4 untuk mempromosikan makanan dan minuman

Pada halaman terakhir, kamu harus menyetujui segala ketentuan dari Shopee Food. Silahkan pilih setuju saja dan langsung tekan tombol kirim untuk mengirim data bisnis kamu. Kemudian kamu hanya perlu menunggu proses persetujuan dari pihak Shopee.

Catatan:

Sayangnya, saat artikel ini ditulis, pendaftaran Shopee Food sedang tutup untuk sementara. Jadi, kamu belum bisa mendaftar Shopee Food untuk saat ini. 

Gunakan Iklan Social Media

Cara mempromosikan produk makanan dan minuman kamu yang selanjutnya adalah menggunakan iklan social media. Hal ini merupakan versi berbayar dari cara yang pertama. Pada cara pertama, kamu harus bisa memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pelanggan hanya dengan media sosialmu saja tanpa harus mengeluarkan uang.

Nah, ketika media sosial milik kamu sudah sulit untuk menjangkau lebih banyak orang, kamu harus menggunakan cara yang satu ini. Ketika kamu menggunakan fitur iklan dari suatu sosial media, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya iklan tersebut. Hal ini harus kamu bayarkan mengingat tawaran jangkauan yang sangat luas dari iklan sosial media ini.

Dengan jangkauan yang lebih luas, produk makanan dan minuman kamu akan semakin dikenal oleh banyak  orang. Dengan begitu, tentunya orang-orang akan semakin tahu dan mengenal dengan baik mengenai produk milik kamu. Ini akan meningkatkan ketertarikan orang-orang terhadap produk makanan dan minuman kamu ini.

Baca Juga:  Pentingnya Manajemen Stock untuk Bisnis Minuman dan Makanan

Sayangnya, manfaat semacam itu bisa kamu dapatkan dengan harga yang tidak murah. Apalagi ketika kamu menggunakan iklan dari platform sosial media yang sudah sangat besar. 

Karena jangkauannya yang lebih luas, platform tersebut tentu akan memberikan harga yang juga lebih tinggi daripada pesaingnya. Hal ini sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan layanan iklan dari sosial media tersebut.

Kolaborasi Bersama Influencer

Cara mempromosikan produk makanan dan minuman yang terakhir adalah dengan kolaborasi bersama dengan influencer. Melakukan kolaborasi bersama influencer merupakan alternatif lain yang juga bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan produk makanan dan minuman dari bisnis kamu. Cara yang satu ini sangat berbeda apabila kamu bandingkan dengan cara sebelumnya.

Pada cara sebelumnya, kamu mengetahui bahwa promosi ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan platform lain baik itu platform media sosial maupun platform bisnis online. Kamu harus menjalin kerjasama dan memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada platform tersebut. Hal ini akan sangat menyulitkan bagi kamu yang tidak suka dengan persyaratan yang ribet.

Nah, syarat yang ribet itu, tidak akan kamu rasakan ketika kamu ingin melakukan kolaborasi bersama influencer. Kamu hanya perlu menghubungi influencer dan memberikan brief ke mereka. Kemudian mereka akan bekerja sesuai dengan brief yang sudah kamu berikan.

Dalam hal ini, pastikan untuk memberikan brief sejelas mungkin. Dengan begitu, apa yang influencer lakukan, akan lebih sesuai dengan yang kamu harapkan. Ini sangat berpengaruh terhadap penjualan produk kamu nantinya. Jadi, perhatikan dengan seksama.

Selain itu, kamu juga harus melakukan negosiasi terkait berapa besar fee yang mereka inginkan. Kesepakatan terkait besaran fee dari kedua belah pihak, akan menciptakan hubungan kerjasama yang baik kedepannya. Jangan sampai hubungan kalian rusak hanya karena kamu menentukan besaran fee nya secara sepihak saja.

Sudah Siap Mempromosikan Makanan dan Minuman Secara Online?

Promosi produk makanan dan minuman memang sangat penting untuk penjualan bisnis kamu. Selain memanfaatkan media sosial, kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi online seperti Grab Food, Go Food, hingga Shopee Food. 

Tidak hanya itu, promosi produk makanan dan minuman online juga bisa kamu lakukan dengan menjalin kerjasama bersama influencer. 

Banyaknya cara yang bisa kamu lakukan, membuat kamu harus mengetahui cara mana yang paling tepat untuk bisnis kamu. Dengan memilih cara paling tepat, penjualan bisnis kamu akan meningkat dengan signifikan.


Temukan berbagai ide dan strategi bisnis makanan dan minuman hanya di fnbpreneur.id.