Makanan Khas Ponorogo Selain Sate, Wajib Coba Saat Berwisata!

3 min read

Makanan khas Ponorogo memiliki cita rasa khas Jawa yang sangat kental.

Selain itu, Kota yang terkenal dengan Reog ini juga memiliki kuliner sate sebagai andalannya. Dagingnya yang empuk berpadu dengan bumbu kacang khas pecel membuat hidangan ini berbeda dari sate-sate pada umumnya.

Jika kamu berkunjung ke kota ini untuk mencicipi hidangan khasnya, berikut rekomendasi makanan Ponorogo yang lezatnya wajib kamu cicipi saat berkunjung kesana.

Yuk simak selengkapnya!

Rekomendasi Makanan Khas Ponorogo, Apalagi yang Lezat selain Sate?

Nah, langsung saja ini dia deretan hidangan lezat khas Kota Reog dengan cita rasa tak terlupakan untuk memanjakan lidahmu.

1. Rujak Petis

Rujak Petis

resepmantep.com

Makanan khas Ponorogo yang pertama bernama rujak petis. Dari segi tampilan, rujak ini memang kelihatannya mirip dengan gado-gado yang lengkap dengan lontong sebagai sajian utamanya. Namun, ternyata berbeda, lho

Cita rasa dari hidangan yang satu ini terletak di penyajian sambal yang memiliki varian sangat pedas. Selain itu, aneka macam sayur-sayuran hijau yang berpadu dengan sambal serta petis khas membuat sensasi pedas dan gurih yang tak biasa. Hasilnya, sebuah cita rasa menggoda akan menggoyangkan mulut penikmatnya.

Jika kamu sedang berwisata ke Kota Rego, maka pastikan kamu wajib mencicipi sajian yang satu ini. Bahkan, harganya juga sangat murah, lho. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp7.000 sampai Rp10.000 saja per porsinya.

2. Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo

pergikuliner.com

Baca Juga:  Ketahui Ciri-Ciri Tahu Berformalin dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Hampir sama dengan rujak petis, makanan khas Ponorogo selanjutnya adalah pecel Ponorogo. Pecel Ponorogo juga populer dengan sebutan “pecel tumpuk”. Namun, yang membedakan pecel Kota Rego ini dengan pecel lainnya terletak pada kuah dan sambal kacangnya yang bertekstur sangat kental dengan citra rasa lebih pedas.

Isi dari pecel satu ini terdiri dari campuran aneka sayuran hijau, kemangi, mentimun, tauge, dan sayuran lainnya. Selain itu, sensasi yang dihasilkan sangat kaya rasa dengan tekstur lembut khas bumbu pecel yang berpadu sayur-sayuran segar. 

Tidak lupa juga, perpaduan kuahnya yang sangat bertekstur kental membuat kenikmatan saat menyantap hidangan satu ini akan terasa tak ada habisnya. Kamu bisa membeli seporsi pecel khas Kota Reog ini dengan harga murah, lho. Yaitu hanya sekitar Rp5.000 sampai dengan Rp10.000 saja per porsinya.

3. Gethuk Golan

Getuk Golan

genpi.co

Makanan khas Ponorogo yang satu ini memiliki varian rasa manis dan gurih, dengan nama panggilan gethuk golan. Golan sendiri adalah nama sebuah desa di daerah Ponorogo yang menjadi tempat lahirnya getuk satu ini. 

Mungkin, nama gethuk sendiri sudah tidak asing lagi terdengar bagi beberapa orang yang tinggal di pulau Jawa. Terlebih, olahan adonan singkong ini punya banyak variasi di berbagai tempat di Pulau Jawa. 

Selain itu, hidangan satu ini (gethuk golan) terbuat dari bahan singkong yang cara pengolahannya adalah dikukus. Jadi, berbeda dengan cara memasak gethuk goreng pada umumnya. 

Kemudian, makanan ini juga tersaji dengan parutan kelapa, ketan hitam, serta gula merah cair sebagai topping di bagian atas.

Cita rasa getuk berpadu dengan gurihnya ketan, kelapa, plus rasa manis gula merah cair akan menciptakan ragam kenikmatan di lidah hanya dari satu suapan. Kebayang dong gimana nikmatnya?

Jadi, pastikan kamu mencicipi makanan khas Ponorogo satu ini yang tentunya bakal membuat lidah kamu bergoyang. Harga dari hidangan khas Kota Reog ini adalah sekitar Rp2.000 sampai dengan Rp5.000 saja per porsinya. Murah, bukan?

Baca Juga:  15 Tips Memilih Lokasi untuk Bisnis Kuliner yang Tepat

4. Nasi Tahu

Nasi Tahu

tribunnews.com

Di urutan keempat pada deretan makanan Ponorogo berikutnya adalah nasi tahu. Nasi tahu ini umumnya terdiri dari nasi, lontong atau bisa juga ketupat yang berpadu dengan lauk tahu.

Terdengar bersahaja, bukan?

Nah, lauk tahu ini yang menjadi sajian utama dari makanan khas Kota Reog tersebut. Selain itu, tahu putih yang berpadu dengan telur setengah matang ini menyajikan cita rasa yang sangat gurih. Jadi, sajian satu ini sangat cocok untuk jadi salah satu menu wisata kulinermu.

Pada bagian atas, nasi tahu ini juga tersaji lengkap dengan taburan bawang goreng yang renyah. 

Untuk bisa menikmati sajian satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 sampai Rp15.000 saja, lho

5. Piya-Piya

Piya piya

cookpad.com

Pada dasarnya, piya-piya adalah makanan khas Ponorogo yang terbuat dari bahan olahan tepung terigu, wortel, dan kol yang berpadu dalam satu adonan. Setelah itu, adonan ini akan digoreng dan menghasilkan piya-piya. 

Di berbagai daerah, makanan satu ini biasa populer juga dengan nama bakwan, atau bala-bala. Namun, yang membuat piya-piya berbeda dengan bakwan adalah cita rasa pedas yang berpadu dengan adonan gurih. Hasilnya, sudah pasti akan memanjakan lidah.

Untuk bisa menikmati seporsi piya-piya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.000 sampai dengan Rp5.000 saja per porsinya. Murah, bukan?

memiliki tekstur yang kental seperti lendir, tapi sangat lezat bila kamu menyantapnya. Kopok sendiri dalam Bahasa Jawa memang memiliki arti lendir. 

Untuk cita rasa sate kopok sendiri adalah gurih yang berpadu dengan rasa pedas saat masuk ke dalam mulut. Harga sate kopok ini sekitar Rp40.000 sampai dengan Rp50.000 saja per porsinya.

Baca Juga:  15 Bisnis Makanan Rumahan yang Bisa Dijual Secara Online

6. Tiwul Goreng

Tiwul Goreng

jejakpiknik.com

Rekomendasi makanan khas Ponorogo terakhir yakni tiwul goreng. Cita rasa khas tiwul yang berpadu dengan bumbu rempah-rempah pilihan menyajikan sensasi rasa gurih dan lezat dalam sekali santapan. Selain itu, tekstur dari tiwul goreng ini juga sangat memanjakan lidah, lho

Tampilannya yang menggoda dapat terlihat dari warnanya yang cokelat berpadu dengan warna kuning khas bumbu rempah-rempah Jawa. Kebayang dong gimana rasanya? Untuk bisa menikmati sajian satu ini, kamu hanya perlu membelinya dengan harga Rp25.000 saja per porsi.

Tertarik untuk Mencicipinya?

Nah, itu dia deretan makanan khas Ponorogo yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Reog. S

elain itu, dengan mencicipi hidangan tradisional ini, sama saja kamu telah mempertahankan budaya bangsa.

Jadi, tetap cintai budaya Indonesia, ya guys!


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Indonesia, makanan Asia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.