Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan Untuk Pemula

4 min read

bisnis makanan ringan

Bisnis makanan ringan adalah salah satu usaha yang dapat kamu tekuni. Selain modal yang relatif sedikit, penikmat makanan ringan pun selalu bertambah. Sehingga, bisnis ini sangat menjanjikan bagi pemula supaya dapat balik modal.

Namun, bagi kamu yang masih pemula dalam bisnis makanan ringan pasti merasa bingung untuk menentukan makanan yang akan kamu jual. Padahal, banyak makanan ringan yang populer saat ini serta memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa gelisah.

Apabila bisnis ini kamu tekuni dengan serius tentu akan memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi, kamu perlu memperhatikan target pasar. Sehingga, penting bagi kamu untuk mengetahui makanan ringan yang paling laku di pasaran.

Rekomendasi Bisnis Makanan Ringan Paling Menjanjikan

Berikut ini ada ide bisnis makanan ringan paling laku di pasaran, sehingga kamu bisa balik modal, yaitu:

1. Tahu Crispy

Bisnis makanan ringan yang pertama, yaitu tahu crispy. Selain menjadi lauk pauk, tahu juga dapat diolah menjadi makanan ringan yang lezat. Cara mengolahnya pun tidak sulit. 

Pertama, potong tahu menjadi dadu kecil. Kemudian, masukkan tepung beras, air, telur dan aduk hingga rata. Masukkan tahu dalam adonan tersebut. Selanjutnya, goreng tahu dalam minyak panas. 

Karena crispy, pada saat menggoreng kamu harus memastikan bahwa tahu telah benar-benar kering dan renyah. Jika kamu merasa sudah kering, sampai berubah warna agak kecoklatan, angkat tahu dan tiriskan. 

Biasanya, tahu crispy tersaji dengan bumbu bubuk untuk menambah kelezatan. Pembeli dapat memilih menggunakan bumbu pedas, asin, manis, keju, dan sebagainya sesuai selera.

2. Basreng

Ide bisnis selanjutnya yang dapat kamu coba, yaitu basreng atau bakso goreng. Makanan yang banyak peminatnya ini terbuat dari bakso dengan irisan kecil-kecil, kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kering.

Setelah itu, basreng menggunakan taburan bumbu pedas agar lezat. Selain anak muda, para orang tua pun menggemari basreng, sehingga konsumen basreng sangat luas. Demi menjaga kerenyahannya, sebagai penjual kamu dapat menggunakan pouch ziplock.

Baca Juga:  Bagaimana Cara agar Daging Sapi Cepat Empuk? Ini Rahasianya!

3. Mie Lidi dan Makaroni

Makanan ringan yang tak kalah banyak peminat, yaitu mie lidi dan makaroni goreng. Baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua menyukai makanan yang satu ini. Kamu dapat memberikan variasi rasa. Misalnya, rasa pedas, keju, rumput laut, pizza, dan sebagainya. Rasanya yang gurih membuat orang selalu ketagihan. 

Selain itu, kamu tidak membutuhkan modal yang banyak. Sehingga, bisnis mie lidi dan makaroni akan memberikan keuntungan untukmu.

4. Baso Aci

Makanan ringan selanjutnya yang patut kamu coba sebagai bisnis adalah baso aci. Baso aci merupakan salah satu jajanan berkuah yang saat ini sedang banyak diburu. 

Bahan dasar baso aci, yaitu tepung tapioka yang terlebih dahulu dibuat adonan dan dibentuk bulat-bulat. Biasanya, baso aci disajikan dengan tambahan pilus dan juga perasan jeruk limau.

Sebagai penyedap, kamu bisa menambahkan lada, garam, cabai bubuk, cabai rawit, dan beberapa bumbu lainnya. Supaya lebih nikmat, sebaiknya baso aci disajikan dalam keadaan hangat.

5. Seblak

Siapa yang tak kenal seblak? Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari bumbu kencur. Kemudian dicampur dengan topping seperti mie, telur, makaroni, aci, kerupuk, sosis, ceker, dan lainnya.

Cara membuat seblak cukup mudah, sehingga kamu tidak akan merasa repot. Langkah pertama, kamu harus memanaskan minyak. Setelah itu, masukkan telur serta bahan campuran lainnya dan tumis hingga menjadi orak-arik. 

Seblak tersaji dalam dua jenis, yaitu seblak basah dan kering. Perbedaannya hanya pada kuah dari seblak itu sendiri. Makanan seblak biasanya diminati oleh orang-orang yang menyukai rasa pedas.

6. Hotang

Hotang merupakan ide bisnis makanan ringan yang tak kalah menjanjikan untuk ditekuni. Hotang atau hotdog kentang terbuat dari sosis yang dibalut kentang dan disajikan menggunakan tusuk sate. 

Di samping itu, untuk variasi hotang juga dapat disajikan dengan baluran potongan kentang goreng. Sebagai topping, kamu dapat menggunakan saus, keju mozarella, coklat, atau sebagainya. 

Pada mulanya, hotang banyak dijumpai di Korea Selatan. Namun, saat ini banyak pedagang hotang yang bisa kamu temui di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meski demikian, bisnis hotang termasuk yang menjanjikan, karena peminatnya tidak pernah menurun.

7. Telur Gulung

Tampaknya, gorengan memiliki tempat lapang di hati banyak orang. Telur gulung merupakan makan ringan yang tak kalah banyak peminat. Ketika memulai bisnis ini, kamu memerlukan bahan-bahan seperti telur, garam, lada, larutan sagu, tusuk sate dan minyak goreng.

Baca Juga:  Resep Makanan Khas Daerah Bandung Yang Wajib Kamu Coba

Cara membuatnya yang pertama, campur bahan-bahan (telur, garam, garam, larutan sagu) dan aduk hingga rata. Kemudian, panaskan minyak. Apabila minyak sudah mendidih, ambil 1 sendok sayur adonan telur dan tuang sedikit tinggi memutar di atas minyak. Setelah itu, gulung dengan tusuk sate. 

Goreng telur hingga kecoklatan, kemudian angkat. Telur gulung yang sudah digoreng dapat disajikan dengan saus untuk menambah cita rasa yang nikmat.

8. Cireng Isi dan Salju

Ide bisnis berikutnya yang layak untuk kamu coba, yaitu cireng isi dan cireng salju. Bahan dasar ciren, yaitu tepung tapioka. Khusus cireng isi, setelah adonan terbentuk, kamu dapat menambah isian, seperti suwiran ayam, sosis, bakso, kornet, atau lainnya.

Kemudian, untuk cireng salju, kamu tidak perlu menambahkan isi. Cireng salju akan memberikan rasa gurih dengan tekstur yang kenyal di dalam serta renyah di luar. Ketika menyajikannya, kamu dapat berkreasi dengan paduan rasa saus yang nikmat.

Kedua cireng tersebut memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak-anak, pelajar, remaja, sampai orang dewasa. Sehingga, bisnis ini termasuk yang paling laku. 

9. Usus Crispy 

Usus crispy merupakan olahan makanan yang banyak peminatnya. Sebelum kamu memasaknya, bersihkan usus terlebih dahulu hingga tidak ada kotoran yang menempel. 

Setelah itu, goreng usus dengan kering agar awet serta memberikan rasa gurih. Kemudian, kamu dapat menyajikan usus crispy dengan bumbu bubuk yang memiliki berbagai macam rasa.

Bagi orang yang menyukai camilan gurih dengan rasa pedas, usus crispy adalah pilihan yang tidak bisa ditolak. Selain sebagai camilan, usus crispy juga dapat menjadi lauk pauk yang lezat. Sehingga, sangat terbuka kemungkinan untuk mendapatkan untung dari bisnis usus crispy

10. Croffle

Bisnis makanan ringan yang paling laku berikutnya, yaitu croffle. Belakangan ini media sosial dipenuhi dengan makanan yang satu ini. Asal kata Croffle, yaitu croissant dan waffle

Croffle terbuat dari adonan croissant yang dimasak dengan memakai cetakan waffle. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat croissant, yaitu tepung, garam, butter, gula, susu, ragi, dan air.

Croffle memiliki perpaduan tekstur unik, yaitu renyah dan lembut. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang rela mengantri untuk menikmati makanan ini. Peluang tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuka bisnis. Karena peminat yang banyak, bisnis croffle dapat memberikan keuntungan yang berlimpah. 

Baca Juga:  Strategi Membuat Menu Makanan dan Minuman untuk Cross Selling

11. Dimsum

Selain croffle, makanan yang cukup viral di media sosial adalah dimsum. Makanan ini terbuat dari daging yang dihaluskan, kemudian dibungkus dengan kulit pangsit. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Pertama, kamu harus menghaluskan daging kemudian mencampurkannya dengan bumbu, telur, dan tepung. Setelah itu, isi kulit pangsit dengan adonan dan bentuk dimsum. Kemudian, kukus kurang lebih 20 menit.

Kamu dapat berkreasi dalam menyajikan dimsum. Misalnya, dimsum diberi topping irisan wortel kecil-kecil, saus, atau lainnya. Dimsum biasanya dikonsumsi dengan paduan saus. 

12. Maklor dan Cilor

Makanan ringan yang laku di pasaran selanjutnya, yaitu maklor dan cilor. Maklor kepanjangan dari makaroni telor, sedangkan cilor adalah aci telor. Dari namanya saja, kamu dapat memahami bahwa untuk membuatnya kamu butuh modal telur.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan tidak sulit kamu temukan. Kamu memerlukan bahan-bahan seperti makaroni, tepung tapioka, tepung terigu, telur, lada, garam. Sebagai pelengkap, dapat menggunakan cabai dan bumbu-bumbu bubuk. 

Bisnis Makanan Ringan Mana yang Akan Kamu Coba?

Itu dia beberapa bisnis makanan ringan yang menjanjikan untuk kamu coba. 

Ide bisnis makanan ringan tersebut tidak membutuhkan modal yang banyak serta bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk ditemukan.

Pastinya kamu akan lebih mudah saat memulainya.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, makanan kekinian dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.