12 Manfaat Jamu Pahitan Lengkap dengan Cara Membuatnya

5 min read

manfaat jamu pahitan

Jenis jamu ini memiliki rasa pahit yang berasal dari daun sambiloto. Tidak heran, manfaat jamu pahitan sangatlah banyak.  

Cara membuat jamu ini sangat mudah sehingga kamu bisa buat sendiri di rumah. Namun sebelum lebih jauh bicara tentang cara membuat jamu ini di rumah dengan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di mana saja, artikel ini akan mengajak kamu untuk tahu tentang manfaat jamu pahitan bagi kesehatan. Ini dia penjelasannya.

Ketahui Manfaat Jamu Pahitan untuk Tubuh

Pembuatan jamu pahitan umumnya menggunakan bahan-bahan alami seperti daun sambiloto, brotowali, temu ireng, dan banyak lagi bahan-bahan lainnya. 

Jamu pahitan memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh karena menggunakan bahan-bahan alami yang sudah lama dipercaya ampuh. Tidak heran, hingga saat ini masih banyak orang yang masih mengonsumsi jamu pahitan. Lalu, apa saja manfaat jamu tersebut untuk kesehatan tubuh? Ini dia jawabannya:

1. Mengatasi Demam dan Pegal-Pegal

Umumnya, jamu pahitan dikonsumsi untuk mereka yang mengalami demam serta mengatasi rasa pegal-pegal. Selain itu, jamu pahitan juga berkhasiat menjaga stamina tubuh agar kamu selalu siap untuk beraktivitas.

Antioksidan yang terkandung dalam daun sambiloto dan brotowali serta berbagai zat-zat baik dalam bahan-bahan lain membuat khasiat jamu pahitan semakin maksimal untuk meredakan demam dan pegal-pegal.

2. Jamu Pahitan untuk Menyembuhkan infeksi

Manfaat jamu pahitan yang kedua adalah membantu menyembuhkan infeksi. Daun sambiloto sebagai bahan utama dari jamu pahitan memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiparasit yang bisa membantu menyembuhkan berbagai infeksi seperti sinusitis.

Daun sambiloto bekerja dengan menghentikan proses bakteri yang menempel pada lapisan sinus sehingga penderita bisa sembuh lebih cepat. 

Berkat sifat antivirus, antibakteri, dan antiparasit dari daun tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit lainnya seperti kusta, pneumonia, herpes, sifilis, dan masih banyak lagi.

3. Manfaat Jamu Pahitan untuk Diabetes

Berdasarkan penelitian dari Indian Journal of Pharmacology di tahun 2012, sambiloto yang memiliki nama latin A. paniculata ini mengandung senyawa andrographolide aktif. Senyawa ini mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik yang mampu mencegah penyakit diabetes.

Oleh karena itu, secara tidak langsung khasiat jamu pahitan yang bisa dirasakan adalah dapat membantu untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol LDL, dan trigliserida.

Kemudian, adanya brotowali dalam jamu pahitan juga bermanfaat untuk memperbaiki kerja hormon insulin sehingga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin. Hal ini pun dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Baca Juga:   4 Macam Resep Saus Steak Kaya Rasa Ala Restoran

4. Mencegah Penyakit Jantung

Menurut penelitian di tahun 1994 yang dilakukan oleh Chinese Medical Journal, ditemukan bahwa ekstrak dari sambiloto yang ada di dalam jamu pahitan dapat mengurangi waktu penggumpalan darah serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Dengan kemampuannya ini, jamu pahitan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Tidak heran jamu pahitan sering dicari-cari oleh banyak orang yang mengalami masalah jantung.  

5. Melancarkan Pencernaan

Sejak lama jamu pahitan sudah digunakan untuk melancarkan pencernaan. Jamu pahitan dipercaya dapat meredakan konstipasi, diare, dan berbagai masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi secara berkala.

Manfaat ini bisa dirasakan karena jamu pahitan dapat merangsang fungsi pencernaan dengan meningkatkan produksi air liur serta meningkatkan produksi asam lambung dan enzim pencernaan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan, antiradang, dan antibakteri membuat kerja jamu pahitan semakin maksimal untuk menjaga kesehatan kulit dengan membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat. Ini adalah salah satu manfaat jamu pahitan untuk wanita yang sangat disukai karena bisa membantu menjaga kecantikan kulit.

Selain itu, jamu pahitan juga membantu kamu untuk meredakan jerawat yang ada di kulit. Bahkan kabar baiknya lagi, jamu pahitan membantu kamu untuk mencerahkan kulit.

Daun sambiloto yang ada di dalam jamu pahitan bermanfaat juga untuk mengatasi penuaan. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang ada di dalam jurnal Molecules. Ditemukan bahwa sambiloto dapat meningkatkan hidrasi serta kepadatan kulit, juga mampu mengurangi kendur dan kerutan secara signifikan.

7. Menambah Nafsu Makan

Manfaat jamu pahitan yang selanjutnya adalah bisa menambah nafsu makan. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada di temu ireng dalam ramuan tradisional jamu pahitan. Dengan kandungan ini, nafsu makan kamu akan meningkat sehinga bisa menyantap makanan dengan lahap.

OIeh karena itu, jamu ini pun banyak digunakan oleh mereka yang sedang ingin menambah berat badan. Kamu juga bisa memasukkan menu jamu pahitan sebagai bagian dari konsumsi diet harian kamu.

8. Melancarkan haid

Sering mengalami haid yang tidak lancar? Jamu tradisional ini bisa menjadi solusinya. Sudah diketahui sejak lama manfaat jamu pahitan untuk wanita adalah dapat membantu melancarkan haid.

Bahan-bahan alami yang ada di dalam jamu pahitan memiliki sifat depuratif yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk juga melancarkan haid atau datang bulan.

9. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Daun sambiloto yang ada di dalam jamu pahitan memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Tidak heran, banyak penderita kanker seperti kanker prostat, payudara, usus, melanoma, dan patoma yang mengonsumsi jamu pahitan.

Cara kerja zat dalam daun sambiloto dalam mencegah kanker adalah dengan memaksimalkan fungsi chemokine yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsi jamu pahitan agar terhindar dari risiko penyakit kanker.

Baca Juga:  6 Resep Masakan Perancis, Mudah Dibuat Di Rumah!

10. Mengobati ISPA

ISPA atau infeksi saluran pernapasan adalah salah satu penyakit yang sering menyerang banyak orang di dunia. Beberapa contoh penyakit ISPA mulai dari yang ringan hingga berat seperti batuk, pilek, hingga asma.

Manfaat jamu pahitan untuk kesehatan salah satunya adalah dapat mengobati penyakit ISPA. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2017, daun sambiloto yang ada dalam jamu pahitan dapat mempersingkat durasi batuk, gejala pilek, serta panas dalam.

Hal ini dikarenakan kandungan andrographis dan eleuthero bisa memperbaiki gejala flu dalam 72 jam setelah kamu mengalami sakit.

Selain itu, jamu pahitan juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan asma. Hal ini terbukti dengan penderita asma yang sering mengonsumsi jamu pahitan dapat mengurangi risiko kambuhnya penyakit asma.

11. Sebagai Pereda Nyeri

Manfaat jamu pahitan untuk kesehatan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah sebagai pereda nyeri. Dengan sifat antiinflamasi, antihiperglikemik, dan antioksidannya yang tinggi membuat jamu pahitan sering digunakan untuk meredakan nyeri termasuk juga nyeri haid pada wanita.

Dengan zat ini juga, jamu pahitan sangat baik untuk mengatasi infeksi dan peradangan. Mengonsumsi jamu pahitan sangat cocok untuk kamu yang sering mengalami nyeri sendi ataupun nyeri otot setelah seharian beraktivitas.

12. Meningkatkan Fungsi Hati

Kandungan antioksidan serta anti radang yang ada dalam jamu pahitan dapat memelihara kesehatan serta meningkatkan fungsi hati. Kandungan zat ini dapat membantu hati mengeluarkan racun dengan lebih cepat dan efektif.

Namun, bagi orang yang mengalami penyakit hati atau gangguan fungsi hati harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, apakah memungkinkan mengonsumsi jamu pahitan sebagai obat alternatif. 

Kamu perlu memastikan lagi karena biasanya jamu pahitan lebih cocok dikonsumsi oleh mereka yang sehat dengan tujuan meningkatkan fungsi hatinya.

Itulah 12 khasiat jamu pahitan untuk kesehatan termasuk juga manfaat jamu pahitan untuk wanita. Bahan-bahan yang ada di dalam jamu pahitan seperti sambiloto, brotowali, temu ireng, dan lain sebagainya sudah lama dipercaya dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Sekarang kamu sudah tahu beragam manfaatnya. Selanjutnya, silakan coba buat sendiri jamu pahitan di rumah untuk kamu konsumsi secara berkala demi memelihara kesehatan tubuh.

Cara Mudah Membuat Jamu Pahitan Sendiri di Rumah

Membuat jamu pahitan sendiri sangatlah mudah. Bahan utamanya sebenarnya adalah daun sambiloto, brotowali, temu ireng, serta air. Namun ada banyak orang yang menambahkan beragam herbal lainnya seperti meniran, temulawak, laos, lempuyang, atau bahkan menambahkan gula aren agar rasanya tidak terlalu pahit.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat jamu pahitan:

  • Daun sambiloto sebanyak 300 gram
  • Brotowali sebanyak 50 gram
  • Temu ireng sebanyak 4 ruas
  • Temulawak sebanyak 2 ruas
  • Asam jawa sebanyak 2 sendok makan
  • 1,5 liter air

Cara membuat jamu pahitan:

  1. Pertama, potong-potong temu ireng dan temulawak, sesuaikan ukurannya dengan selera kamu.
  2. Selanjutnya, panaskan air hingga mendidih menggunakan panci.
  3. Setelah itu, ambil sedikit rebusan air yang sudah mendidih lalu seduh asam jawa.
  4. Selanjutnya, rebus daun sambiloto, brotowali, temu ireng, dan temulawak dengan sisa air yang masih mendidih di atas panci.
  5. Kemudian, rebus semua bahan hingga menyisakan kurang lebih 1 liter air.
  6. Setelah volume didihan airnya menyusut, ,atikan kompor dan dinginkan jamu sebentar.
  7. Selanjutnya, tambahkan air asam jawa ke dalam jamu kemudian saring ke gelas atau botol.
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Kimchi Korea yang Enak dan Anti Gagal

Jamu pahitan pun siap dinikmati. Kamu bisa mengombinasikan jamu pahitan dengan herbal alami lainnya seperti sereh, kunyit, atau jahe agar rasanya lebih bervariasi dan manfaat yang kamu dapatkan menjadi lebih banyak.

Jangan takut dengan rasa pahit dari jamu pahitan ini karena kamu juga bisa menambahkan gula atau madu sesuai selera agar rasanya tetap bisa kamu nikmati.

Konsumsi Jamu Pahitan Sesuai Batas Normal dan Anjuran Dokter!

Kamu bisa konsumsi jamu pahitan secara berkala untuk memelihara kesehatan. Namun, kamu juga tetap perlu hati-hati ketika mengonsumsinya. Jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak jamu pahitan karena apapun yang berlebihan tidak akan berdampak baik. 

Selain itu, konsultasikan juga kepada dokter terkait dengan konsumsi jamu pahitan apakah dokter menganjurkan atau tidak. Jadi, meski terbuat dari bahan-bahan herbal alami, kamu tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Terlebih jika kamu menderita suatu penyakit yang banyak pantangannya.

Jangan juga jadikan jamu pahitan sebagai satu-satunya pengobatan untuk menyembuhkan penyakit. Minuman herbal seperti jamu pahitan adalah obat alternatif saja untuk berbagai penyakit. Jika penyakit sudah bertambah parah, tetaplah datang ke dokter untuk mendapatkan pertolongan secara profesional.

Tertarik dengan Manfaat Jamu Pahitan untuk Kesehatan?

Itulah manfaat jamu pahitan untuk kesehatan serta cara membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Sesuai namanya, jamu pahitan memang memiliki rasa yang sangat pahit. Namun dari rasa pahit itu ada segudang manfaat yang bisa kamu rasakan. Selamat mencoba!

 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.