Resep Nasi Biryani Kambing, Mudah dan Kaya Rempah!

3 min read

Meskipun resep nasi biryani terbilang kompleks, tapi rasanya yang nikmat membuatnya layak untuk dicoba.

Umumnya, nasi biryani dimasak dengan daging kambing sehingga menambah aroma khas pada masakan tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir dengan aroma prengusnya yang menyengat, karena akan tersamarkan oleh aroma rempah-rempah yang kuat.

Nasi biryani ini cocok untuk sajian spesial bersama keluarga atau menjamu tamu.

Resep Nasi Biryani Kambing

Supaya kamu bisa membuat hidangan nasi biryani yang nikmat dan lezat, silakan siapkan beberapa bahan dan juga bumbu-bumbu lengkapnya dan mencontoh cara masak dari channel YouTube Ceceromed Kitchen sebagai berikut.

1. Bahan untuk Masakan Nasi Biryani Kambing

Bahan untuk Masakan Nasi Biryani Kambing

Bahan utamanya adalah:

  • ½ kg beras basmati
  • 800 gr daging kambing dan tulangnya

Bumbu halus:

  • 11 butir bawang putih
  • 3 cm kunyit dan jahe

Bumbu marinasi daging kambing:

  • 1 sdt bubuk ketumbar dan ½ sdt garam
  • 10 buah cabai rawit hijau dan 1 sdm garam masala
  • ½ sdt kaldu jamur dan 1 sdt lada bubuk
  • 2 sdm biryani masala dan ½ sdm kunyit bubuk
  • 1 sdm cabai bubuk dan 5 sdm yoghurt 
  • 3 buah tomat besar, potong dadu kecil
  • 5 lembar daun salam dan 1 butir bawang bombai
  • 2 sdm bawang goreng
  • 3 sdm minyak goreng dan 2 sdm margarin
  • Irisan daun parsley dan mentega secukupnya

Bumbu kering resep nasi biryani (bisa kamu bagi dua untuk merebus beras basmati dan menumis daging kambing):

  • 2 buang lawang (pekak) dan 10 butir kapulaga
  • 14 cm kayu manis dan 8 butir cengkeh
  • 1 sdm lada hitam utuh dan 1 sdt jinten
Baca Juga:  Resep Ayam Bakar Taliwang Sedap, Cocok untuk Usaha!

Bahan acar:

  • 2 buah timun, buang sisinya lalu potong dadu
  • 1 batang wortel, potong dadu dan secukup rawit hijau
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

2. Rendam Beras Basmati

Rendam Beras Basmati

Setelah selesai menyiapkan semua bahan dan bumbu resep nasi biryani yang diperlukan, maka cuci beras basmati hingga bersih. Setelah itu, rendam dengan air bersih selama kurang lebih 30 menit. Tujuan proses perendaman yaitu untuk mempercepat kematangannya ketika kamu masak.

3. Haluskan Bumbu dan Marinasi Daging Kambing

Haluskan Bumbu dan Marinasi Daging Kambing

Siapkan cobek atau blender untuk menghaluskan bawang putih, kunyit, dan jahe. Apabila sudah halus. kemudian campurkan dengan daging kambing untuk mengurangi aroma prengus. 

Setelah itu, tambahkan pula bumbu resep nasi biryani yang sudah disebutkan pada poin di atas. Gunakan sarung tangan untuk mengaduknya agar bumbu dan daging kambing merata sempurna.

Apabila bumbu sudah menutup semua bagian daging kambing, maka tutup wadah tersebut menggunakan plastic wrap. Simpan marinasi daging kambing di dalam lemari es selama 30 menit. 

4. Tumis Bumbu Kering dan Rebus Beras Basmati

Tumis Bumbu Kering dan Rebus Beras Basmati

Apabila proses merendam beras sudah hampir 30 menit, kamu bisa menyiapkan panci untuk menumis bumbu kering. Gunakan sekitar 2 sendok makan minyak goreng dan jika sudah panas masukkan cengkeh, bunga lawang, kapulaga, jinten, lada hitam, dan kayu manis. 

Selanjutnya, tambahkan air pada tumisan bumbu kering resep nasi biryani yang sudah mengeluarkan aroma wangi. Masukkan beras basmati dan masak hingga tingkat kematangan 90%. Saat memasak beras, jangan lupa untuk sering-sering mengaduknya supaya tidak menggumpal.

5. Saring Beras dan Sisihkan

Saring Beras dan Sisihkan

Apabila kamu sudah mendapatkan tekstur beras yang hampir matang, maka segera matikan kompor dan angkat. Gunakan saringan saat membuang air rebusan supaya tidak ada yang terbuang. Setelah itu, sisihkan beras basmati setengah matang dan lakukan proses berikutnya.

6. Tumis Bawang Bombay dan Daging Kambing

Tumis Bawang Bombay dan Daging Kambing

Siapkan wajan cukup besar untuk menumis bombai, gunakan sedikit minyak dan margarin. Apabila margarin sudah meleleh dan cukup panas, kemudian masukkan bawang bombai yang sudah dicincang kasar. Lanjutkan menumisnya hingga layu dan mengeluarkan aroma harum.

Baca Juga:  Resep Kue Pancong yang Mudah Dibuat untuk Camilan di Rumah

Berikutnya, masukkan daging kambing yang sudah kamu marinasi ke dalam tumisan dan aduk-aduk sampai merata. Tambahkan secukupnya air untuk merebus daging kambing sampai empuk. 

7. Tambahkan Nasi Biryani

Tambahkan Nasi Biryani

Setelah daging kambing empuk dan air agak menyusut, masukkan nasi biryani yang setengah matang tadi sampai menutupi semua permukaan daging kambing. 

Agar semakin menambah rasa gurih dan lezat, taburkan bawang goreng secara merata, irisan daun parsley, dan mentega. 

Lanjutkan memasak resep nasi biryani menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong dan bumbu meresap sempurna. Jangan lupa pula untuk menutup wajan agar nasi cepat matang dan menyerap aroma rempah-rempah yang digunakan.

8. Matikan Kompor dan Aduk

Matikan Kompor dan Aduk

Jika tekstur nasi sudah empuk dan matang merata, maka kamu bisa mematikan kompor. Aduk agar nasi tercampur dengan bumbu di bawahnya. Apabila sudah mendapatkan warna nasi cokelat merata, maka sisihkan sebentar.

9. Buat Acar

buat acar

Sebelumnya, siapkan mangkuk untuk membuat acar. Masukan potongan timun, wortel, dan rawit hijau ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tambahkan bumbu seperti gula, garam, dan cuka putih. Aduk-aduk agar semua larut dan merata.

10. Sajikan 

sajikan

Resep nasi biryani yang sudah matang siap untuk disajikan. Ambil nasi secukupnya dan letakkan di atas piring saji. Kemudian tambahkan potongan daging kambing secukupnya dan acar. 

Tips Memasak Nasi Biryani

Kamu yang baru pertama kali masak nasi biryani, perlu mengikuti tips anti gagal di bawah ini. Selain itu, tips-tips berikut juga akan membuat rasa nasi biryani lebih pulen dan nikmat.

1. Gunakan Aluminium Foil

Untuk membantu nasi lebih cepat matang dan menghasilkan tekstur pulen, maka tutup menggunakan aluminium foil, kemudian tutup lagi dengan penutup wajan. Selain itu, cara ini juga akan membuat buliran beras tetap utuh panjang-panjang. 

2. Bisa Mengganti Daging Ayam atau Daging Sapi

Apabila kamu kurang suka atau justru pantang mengonsumsi daging kambing, bisa menggantinya dengan daging yang lain. Alternatif untuk menggantikan daging kambing yaitu daging sapi atau ayam. Jika menggunakan daging sapi, sertakan pula tulangnya agar menambah kesedapan resep nasi biryani

Baca Juga:  Resep Bubur Ayam Sederhana, Enak dan Cocok untuk Usaha!

3. Gunakan Panci Presto

Apabila kamu tidak memiliki waktu cukup untuk menyajikan menu ini, bisa menggunakan panci presto untuk proses merebus daging. Panci tekanan tinggi ini bisa membuat tekstur daging cepat empuk dalam hitungan menit. Lama memasak daging ayam biasanya cukup 15 menit, sedangkan daging sapi atau kambing sekitar 30 menit.

4. Potong Daging dengan Ukuran Agak Besar

Supaya daging tidak mudah hancur saat dimasak lama, maka potong dengan ukuran agak besar. Jika menggunakan daging ayam, bisa membelahnya menjadi dua atau empat bagian. Namun, jika menggunakan daging kambing atau sapi, potong sekitar 8×8 cm.

Siap Mencoba Resep Nasi Biryani?

Nah, itulah tata cara membuat nasi biryani yang bisa segera kamu coba sendiri.

Pastikan untuk membuatnya lebih banyak ya, agar anggota keluarga bisa ikut mencoba!

Selamat berkreasi!


Temukan inspirasi lainnya tentang resep makanan, resep minuman, makanan Asia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.