19 Rekomendasi Side Menu Steak untuk Bisnis Steakmu

5 min read

20 Rekomendasi Side Menu Steak untuk Bisnismu

Peluang bisnis restoran steak di Indonesia terlihat semakin meningkat. Bahkan, beberapa warung makan steak yang baru saja buka dalam kurun waktu 1 tahun bisa meraup omzet yang sangat besar. Salah satu alasan restoran tersebut bisa sukses adalah pilihan side menu steak yang memiliki beragam macam side dishes pelengkap steak.

Mungkin beberapa dari kalian mungkin biasanya menyantap daging steak dengan tomat, jagung, saus jamur, dan kentang saja. Sebenarnya ada banyak sekali hidangan pendamping steak yang tidak kalah enak dengan makanan-makanan itu.

Untuk itulah, kami akan memberikan tahapan bagaimana cara membangun bisnis restoran steak dan 20 rekomendasi side menu steak yang bisa kamu coba dan kembangkan untuk bisnis restoran steak kamu. Berikut daftarnya

Apa Itu Side Menu Steak?

Arti kata side menu dalam Bahasa Indonesia adalah hidangan sampingan atau makanan pelengkap. Dalam laman Wikipedia, hidangan pendamping berfungsi sebagai pendamping hidangan makanan utama.

Biasanya, side menu steak adalah salad, kentang, dan roti dengan porsi yang berukuran lebih kecil daripada hidangan utama.

Macam-Macam Side Dishes Pelengkap Steak

Berikut macam side menu steak yang bisa kamu coba:

1. Garlic Mashed Potatoes

garlic mashed potatoes

Macam side dishes pelengkap steak pertama yang cocok untuk steak adalah garlic mashed potatoes. Hidangan pendamping ini akan menambahkan rasa hidangan steak menjadi lebih kaya dan gurih.

Bahan-bahan masak untuk hidangan ini dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia, seperti susu, krim kental, keju, dan kentang, pastinya hampir semua pemasok bahan baku makanan memiliki bahan-bahan tersebut.

2. Roti

roti pada steak

Selanjutnya, hidangan pendamping yang bisa kamu sediakan di restoranmu adalah roti. Kamu bisa menghidangkan roti gulung lembut yang direndam di dalam mentega atau garlic bread yang dipanggang sempurna.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat roti Italia atau French baguette yang renyah. Tambahkan juga beberapa irisan mentega bawang putih yang harum ke meja yang akan menambah nafsu makan pelangganmu.

3. Sweet Potato Fries

sweet potato fries

Siapa yang tidak suka dengan kentang? Hampir semua orang di muka bumi ini pasti menyukai makanan yang satu ini. Kentang merupakan hidangan pendamping klasik untuk steak yang selalu ada pada hidangan steak .

Baca Juga:  Franchise Makanan Ringan Paling Laris yang Ada Saat Ini

Apalagi dengan irisan kentang oven dengan perpaduan keju parmesan di atasnya. Pasti, akan ada banyak pelanggan kamu yang akan memesan hidangan pendamping yang satu ini.

4. Salad

rekomendasi side menu steak: salad

Selanjutnya, macam side dish pelengkap steak yang satu ini sangat cocok untuk pelanggan yang senang dengan sayur-sayuran. Salad merupakan side dish sempurna untuk menyeimbangkan rasa yang kaya pada hidangan steak restoran,

Dengan selada gunung yang renyah, tomat yang segar dan lezat, dan ditambah dengan saus keju blue yang beraroma, membuat hidangan steak menjadi lebih lezat. Kamu juga bisa menambahkan telur rebus dan buncis untuk menambah protein.

5. Mac and Cheese

mac and cheese

Side dish ini merupakan makanan favorit semua orang. Bahkan, hampir semua restoran steak pastinya selalu memiliki menu Mac and Cheese.

Dengan saus krim, pasta yang lembut, dan rasa keju yang tebal yang tajam dan kontrol dengan hidangan dengan daging steak yang kenyal dan juicy.

Biar lebih unik lagi, kamu bisa mencoba berkreasi dengan topping mac and cheese atau menambah lebih banyak tekstur untuk dihidangan ini, seperti menambah crunchy bread atau smoked beef.

Jangan lupa untuk menggunakan keju cheddar untuk memaksimalkan rasa keju yang gurih dan asin.

6. Onion Rings

rekomendasi side menu steak: onion rings

Selain kentang dan roti, onion ring menjadi side menu steak terbaik yang bisa kamu sediakan. Mungkin banyak masyarakat di Indonesia yang mengenal hidangan onion ring ini hanya sebagai finger food, tapi ternyata makanan ini juga menjadi alternatif side menu steak yang dapat menambah daya tarik steak restoranmu.

Biar rasanya lebih nikmat, tambahkan tepung jagung ke dalam adonan onion ring. Adonan ini dapat menambah kerenyahan pada lapisan luar bawang sehingga menjadi lebih gurih. Jangan lupa untuk menyediakan saus celup untuk onion ring ini, ya.

7. Mushrooms Bordelaise

Mushrooms Bordelaise

Sumber: pinterest.com

Mushrooms bordelaise dapat membuat hidangan steak makan malam menjadi lebih nikmat. Bayangkan saja, dengan tumisan jamur yang dilengkapi dengan sayuran, mentega, dan minyak zaitun dengan sedikit peterseli dan bawang putih, siapa sih yang bisa menolak hidangan yang satu ini?

8. Cauliflower Cheese Bread

cauliflower cheese bread - side menu steak yang cukup populer

Sumber: The Spurce Eat / Alt Text: Cauliflower Cheese Bread

Selain menggunakan garlic bread, kamu bisa juga menggunakan cauliflower cheese bread dalam daftar side menu dish di restoranmu. Terlebih lagi, adonan roti yang satu ini dibuat dengan menggunakan kembang kol, jadi roti ini bebas gluten.

Roti ini menawarkan rasa yang luar biasa, selain itu dengan adanya bawang putih dan keju membuat hidangan ini cocok untuk steak yang juicy.

9. Creamed Spinach With Parmesan Cheese

creamed spinach

Sumber: All Recipes / Alt Text: Creamed Spinach with Parmesan Cheese

Baca Juga:  15 Menu Makanan untuk Buka Puasa yang Sehat dan Nikmat

Biasanya, krim bayam ini merupakan hidangan klasik untuk steak rumahan. Tapi, kamu bisa mencoba menyediakan hidangan ini untuk restoran kamu. Proses pembuatan makanan ini terbilang cukup singkat, yakni hanya sekitar 20 menit saja untuk membuat saus putih yang lezat beserta keju parmesannya.

10. Baked Potatoes

baked potatoes

Sumber: All Recipes / Alt Text: Baked Potatoes

Macam side dishes pelengkap steak selanjutnya adalah baked potatoes, yang menyajikan hidangan yang seimbang dan sempurna untuk daging steak.

Sebenarnya, proses pembuatan hidangan yang satu ini terbilang cukup memakan waktu yang lama, yaitu sekitar 60 menit dengan menggunakan oven. Tapi, kamu bisa mencoba memanggang hidangan ini dengan menggunakan air fryer sehingga kamu bisa menghemat waktu proses pemasakan hingga 30 menit.

11. Baked French Fries

baked french fries

Sumber: Cleaned Eating Kitchen / Alt Text: Baked French Fries

Baked french fries atau kentang goreng merupakan menu side dishes steak original. Banyak pengunjung yang menyukai makanan pendamping ini karena rasanya yang klasik dengan irisan kentang yang tebal dengan rasa yang asin.

Selain itu, pelanggan dapat menikmati hidangan pendamping ini tanpa merasa takut gendut karena kentang goreng ini memiliki kadar lemak dan kalori yang cukup rendah.

12. Wedge Salad

wedge salad - side menu steak sehat dan menyegarkan

Sumber: The Cozy Apron / Alt Text: Wedge Salad

Menu salad yang satu ini memiliki tampilan yang sangat memukau. Dengan kumpulan selada es yang renyah, potongan daging, tomat yang lezat, dan saus keju bleu yang beraroma nikmat ini menjadi hidangan pendamping steak yang sempurna.

Selain itu, kamu dapat menambah variasi topping pada menu salad ini. Kamu bisa menambahkan telur rebus dan buncis untuk menambah protein.

13. Kentang Scalloped

kentang scalloped

Sumber: Betty Crocker / Alt Text: Kentang Scalloped

Perpaduan kentang dan keju memang tidak ada lawannya. Tentunya, dengan menghidangkan makanan pendamping seperti kentang scalloped hangat dan saus keju hangat di atasnya membuat menu ini wajib dimiliki setiap restoran steak.

Karena memiliki dua bahan makanan favorit, menjadi menu favorit bagi pelanggan di restorang kamu.

14. French Onion Soup

french onion soup

Sumber: Real Simple / Alt Text: French Onion Soup

Selain kentang, roti, dan keju, sup juga merupakan side dishes sempurna untuk semua makanan steak. Pelanggan dapat memesan hidangan ini untuk makan malam mereka yang romantis.

Dengan menyajikan daging yang lezat dan sup yang hangat, akan membuat makan malam setiap pelanggan menjadi lebih berkelas.

15. Cheesy Muffin Tin Potato Stacks

cheesy muffin tin potato stacks

Sumber: Simple Healthy Kitchen / Alt Text: Cheesy Muffin Tin Potato Stacks

Cheesy muffin tin potato stacks atau kentang keju muffin dapat menarik perhatian para pelanggan dengan tumpukan kecil irisan kentang yang renyah dan lucu di atas piring mereka.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Diminati Masyarakat 

Kamu bisa membuat irisan kentang tipis di dalam kaleng muffin, bersama dengan mentega bawang putih, krim, thyme, garam, dan merica, dan memanggangnya secara bersama-sama selama 45 menit. 

16. Brokoli Panggang

side menu steak yang cukup unik - brokoli panggang

Sumber: detik.com

Sayuran juga merupakan side menu steak yang bisa kamu tawarkan untuk bisnis restoran steak kamu. Di Indonesia, sangat jarang sekali restoran-restoran steak yang menawarkan hidangan pendamping dengan bahan utama sayur.

Restoran kamu bisa menawarkan hidangan ini supaya pelanggan dapat memilih hidangan pendamping yang seimbang dengan daging steak mereka.

17. Tomato Couscous Salad

tomato couscous salad

Untuk menu yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai menu hidangan spesial di saat musim panas karena salad dingin ini dapat membuat pelanggan merasa segar setelah melakukan aktifitas yang berat.

Apalagi, perpaduan warna seperti tomat yang cerah, sayuran hijau yang segar, dan couscous  mutiara, membuat tampilan salad ini menjadi lebih elegan. Siapapun akan tertarik untuk mencoba hidangan yang satu ini.

18. Creamy Garlic Mushroom

creamy garlic mushroom (1)

Sumber: plantd.co

Sepertinya bawang dan jamur merupakan bahan makanan yang tidak bisa lepas dari steak. Hampir semua menu steak memiliki perpaduan dengan bahan makanan ini. Entah itu dalam saus steak ataupun sebagai hiasan.

Creamy garlic mushroom ini bisa dibilang merupakan menu yang wajib dimiliki oleh steap restoran steak. Banyak orang-orang yang menikmati hidangan ini karena rasa mentega dan creamy yang bercampur dengan jamur membuat rasa hidangan ini menjadi lebih gurih.

19. Caprese Salad Pasta

caprese salad pasta

Makan steak dengan salad pasta? Kenapa tidak? Hidangan ini sangat cocok untuk para pelanggan yang senang dengan salad dan juga pasta. Hanya dengan memesan satu menu ini, mereka dapat menikmati hidangan favorit mereka di saat bersamaan.

Bahan-bahan untuk membuat hidangan ini dapat ditemukan dengan mudah di minimarket, tentunya pemasok bahan makanan restoranmu juga bisa menyediakan bahan-bahan makanan ini. Kamu bisa padukan dengan saus asam manis untuk hidangan steak ayam restoranmu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Saus Steak Terbaik untuk Steakmu

Jadi, Side Menu Steak Mana yang Akan Kamu Sediakan?

Sebelum memutuskan untuk membuat side menu steak pada restoran kamu, ada baiknya kamu melakukan percobaan secara acak kepada orang-orang disekitar. Meskipun kamu merasa hidangan pendamping tersebut sangat terkenal di negara Paman Sam, bukan berarti lidah mereka dengan lidah orang Indonesia akan sama. 

Pastikan hidangan pendamping yang akan kamu hidangkan sesuai dengan selera lidah orang Indonesia. Dengan begitu, kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk mengembangkan menu dan biaya membeli makanan yang kurang terpakai. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis makanan dan minuman untuk mengembangkan bisnismu hanya di fnbpreneur.id.