11 Jenis Sayur Lalapan Untuk Pelengkap Makanan 

5 min read

11 Jenis Sayur Lalapan untuk Pelengkap Makanan

Sayur merupakan unsur pelengkap kesehatan yang harus manusia konsumsi sehari-hari. Ia adalah salah satu unsur dalam 4 sehat 5 sempurna yang paling tidak terpenuhi kebutuhan manusia agar tetap aktif dalam beraktivitas. Apabila kamu terlalu malas untuk makan sayur, makan sayur lalapan dapat kamu lakukan. 

Walaupun semua sayur memiliki kandungan yang hampir sama, namun tidak semua sayur dapat kamu manfaatkan sebagai lalapan. Lagipula tidak semua sayur cocok untuk semua hidangan. Kamu harus pintar dalam mengatur sayur mana yang kira-kira lezat dan sesuai untuk pelengkap hidangan.

Nah, inilah macam-macam sayur yang dapat kamu jadikan lalapan sebagai pelengkap hidangan saat makan. Yuk, kita cari tahu!

11 Jenis Sayur yang Cocok Untuk Lalapan

Sayur memiliki berbagai macam kandungan yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. Ia akan larut dan menyebar kandungannya di dalam tubuh dan membuat kita menjadi lebih sehat. Berikut adalah daftar sayur yang dapat kamu jadikan sebagai lalapan

1. Sayur Kemangi

sayur lalapan kemangi

Daun kemangi, biasa disebut sebagai daun basil adalah sebuah sayur bermanfaat dan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari kalsium, vitamin K, dan antioksidan. Ketika kamu mengkonsumsi daun kemangi sebagai sayur lalapan, kamu akan mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang besar.

Dimana kandungan tersebut berguna untuk menangkal radikal bebas. Daun kemangi merupakan lalapan yang bisa kamu konsumsi tanpa harus melalui proses memasak alias dalam keadaan mentah. 

Beberapa manfaat yang akan kamu dapat setelah mengkonsumsi daun kemangi seperti mempertahankan kesehatan organ hati, menurunkan tekanan darah yang tinggi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, memperbaiki kesehatan mental, dan menjadi pedang untuk anti-aging atau penuaan dini. 

2. Sayur Lalapan Selada

selada

Macam-macam lalapan yang kedua adalah sayur selada. Sayur satu ini dapat kamu temukan di hidangan yang menggunakan sayur sebagai bahan utama seperti salad. Selada memiliki warna hijau yang cerah sehingga tidak hanya dapat memperbaiki kesehatan namun juga menambah keestetikan dalam sebuah hidangan.

Beberapa kandungan yang selada miliki meliputi vitamin A, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, dan asam folat. Selada juga paling sering para pediet gunakan untuk membantu menurunkan berat badan. 

Selain karena rasanya yang lezat dan rendah kalori, selada akan sangat cocok untuk mengurangi rasa berminyak pada makanan. Sayur lalapan satu ini juga digadang-gadang sebagai antioksidan dan antitumor sebab memiliki kandungan polifenol. 

Baca Juga:  17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

3. Si Sayur Hijau Mentimun

mentimun

Cucumis sativus atau mentimun adalah salah satu dari macam-macam lalapan yang paling sering koki gunakan sebagai pelengkap makanan. Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga dapat menambah cairan pada tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

Sayur hijau satu ini sungguh digemari oleh para pendaki gunung sebab kandungan airnya yang menguntungkan mereka dalam menahan haus. Beberapa kandungan yang mentimun miliki seperti polifenol, folat, kalsium, dan vitamin A yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Mentimun adalah sayur lalapan yang bisa para penderita diabetes konsumsi sebab ia memiliki kandungan gula yang rendah. Selain itu ia akan membantu untuk mempertahankan kadar gula agar tetap dalam standar yang aman. 

Tidak hanya itu, namun mentimun juga dapat membantu penderita hipertensi menurunkan tekanan darah yang tinggi. Sebuah sayur yang mudah kamu dapat namun juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. 

4. Sayur Lalapan Kol

sayur lalapan kol

Kol atau Brassica oleracea merupakan sayur jenis lalapan yang dapat kamu konsumsi dalam berbagai bentuk. Kamu dapat mengkonsumsi kol dalam keadaan masak atau mentah. Mulai dari pelengkap sup atau ditumis, kol masih merupakan sayuran dengan kelebihan yang hebat bagi tubuh. 

Dengan tekstur yang renyah dan manis, kamu pasti sering mendapati sayur ini berdampingan dengan hidangan yang memiliki sambal atau saus di dalamnya. Beberapa kandungan yang sayur kol miliki meliputi karotenoid, vitamin A, dan vitamin D. 

Kol juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Ia sangat bermanfaat untuk mencegah macam-macam penyakit, memperkuat kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kanker. 

5. Sayur Kecipir

kecipir

Bagi orang Sunda, kecipir merupakan salah satu macam-macam lalapan yang paling sering mereka jumpai. Kecipir juga sumber mineral dan dan vitamin yang sungguh bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan asam folat.

Sebagai tambahan, kecipir juga penuh kandungan asam amino dan antioksidan yang berguna untuk mengurangi penyakit asam urat sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Dengan menjadi sayur lalapan, kecipir merupakan sayur yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh. Ia bahkan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan para ibu yang sedang dalam masa menyusui. 

6. Daun Pohpohan

daun pohpohan

Selain daun kemangi, daun pohpohan merupakan satu dari macam-macam lalapan yang juga populer di kalangan pecinta sayur. Sekilas daun ini tampak mirip dengan daun kemangi. Namun apabila kamu perhatikan lebih jelas, daun pohpohan memiliki tekstur yang unik di permukaannya.

Baca Juga:  5 Resep dan Cara Membuat Corndog yang Enak, Gurih dan Lezat

Rasa daun pohpohan yang gurih dan unik membuatnya sebagai lalapan favorit. Selain itu, ia memiliki kandungan yang berguna seperti alkaloid, steroid, dan flavonoid. Daun pohpohan juga memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh manusia.

Daun ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti nyeri otot. Namun khasiatnya hanya akan terbukti apabila kamu mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Tak hanya itu, daun pohpohan juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker. 

7. Kacang Panjang

kacang panjang

Sayur lalapan yang ke tujuh merupakan kacang panjang yang tidak hanya dimasak untuk sayur berkuah. Kacang panjang yang muda dan segar berguna sebagai lalapan pelengkap hidangan. Kamu hanya perlu mencuci sayur ini hingga bersih dan kamu dapat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Kacang panjang yang masih muda akan terasa gurih dan manis. Ia juga memiliki pelbagai macam kandungan yang menyehatkan. Mulai dari kalsium, folat, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin C.

Kebutuhan harian asam folat dalam tubuh harus mencapai angka 15%, dan kacang panjang sebanyak 100 g memiliki kandungan yang setara. Folat adalah mineral yang sungguh manusia butuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, folat juga berguna untuk perkembangan otak dan saraf manusia.

8. Sayur Lalapan Leunca

sayur lalapan leunca

Macam-macam lalapan tidak hanya berbentuk sayur yang panjang maupun besar dan lebar. Namun leunca, sebuah sayur dengan bentuk kecil-kecil bulat pun dapat menjadi sayur lalapan. Leunca adalah sumber antioksidan yang berguna untuk mencegah dan mengelola penyakit saraf akibat penuaan.

Selain itu, sayur satu ini cukup karismatik untuk dijadikan lalapan dan pelengkap hidangan. Ia memiliki kandungan anti inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan. 

Meskipun ia kecil dan kamu bisa makan sayuran ini dalam jumlah banyak, namun jangan sampai kalap sebab leunca memiliki sebuah kandungan yang cukup toksik. Kandungan tersebut dapat membahayakan tubuh apabila kamu mengkonsumsi leunca terlalu banyak. 

9. Terong Hijau Bulat

terong hijau bulat

Berbeda dengan terong lain yang berbentuk panjang dan lonjong, jenis sayur lalapan satu ini justru berbentuk bulat dan cukup kecil. Terong hijau bulat kaya akan mineral dan vitamin yang beragam. Mulai dari kalium dan folat, serta vitamin B1 dan vitamin B6. 

Apabila kamu ingin mengkonsumsi sayuran satu ini sebagai lalapan, maka pilihlah terong hijau bulat yang masih muda. Sebab rasanya akan manis dan renyah di mulut. Ia akan cocok disajikan dengan sajian yang memiliki sambal dalam hidangannya.

Potonglah terong hijau bulat menjadi empat bagian kecil agar memudahkan kamu dalam mengkonsumsi sayuran ini. Dengan kandungan serat yang tinggi dan sumber fenolik, terong satu ini dapat menjadi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Baca Juga:  Peluang Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya untuk Kamu!

10. Sayur Lalapan Petai

petai

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayuran petai? Ia adalah salah satu sayuran terbaik bagi beberapa orang, namun sisanya akan berpikiran sebaliknya. Sebab petai merupakan sayur yang memiliki bau kurang sedap saat dikonsumsi. 

Kendati demikian, petai akan menjadi kawan yang cocok saat kamu memiliki hidangan dengan sambal. Cocolkan petai keatas sambal dan cobalah mengunyah maka kamu akan merasakan kelezatan tiada tara. 

Selain itu, petai memiliki kandungan yang sungguh bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin yang beragam, seperti vitamin A, vitamin B9, vitamin C. Ada juga mineral dan protein dalam sayur ini.

Sebagai tambahan, petai kaya akan serat yang dapat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Tak lupa kandungan fitosterol, flavonoid, dan polifenol sebagai pengusir radikal bebas dalam kandungan antioksidan yang baik. 

11. Daun Pepaya

sayur lalapan enak - daun pepaya

Macam-macam lalapan yang terakhir ditempati oleh jenis dedaunan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Ia adalah daun pepaya yang harus kamu masak dahulu sebelum menjadikan daun ini sebagai sayur lalapan.

Sebab kamu akan merasakan pahit yang cukup menusuk, maka rebuslah daun pepaya dahulu agar rasa pahitnya tidak terlalu kuat. Kendati memiliki rasa pahit, namun daun pepaya cukup lezat apabila kamu konsumsi sebagai hidangan pelengkap makanan. 

Ia juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, seperti vitamin A yang dapat menyehatkan mata. Vitamin C yang dapat menambah kadar asam dalam tubuh, serta protein yang berguna untuk menambah daya tahan tubuh. Daun pepaya juga memiliki khasiat seperti mempercepat kesembuhan pada bagian tubuh yang terluka.

Rasa pahit yang terdapat dalam daun ini berasal dari senyawa alkaloid. Senyawa ini sesungguhnya berguna sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, daun pepaya memiliki kandungan senyawa karpain yang dapat memperlancar pencernaan. Sebuah khasiat yang berguna bagi kamu yang sedang menderita konstipasi 

Jadi, Sayur Lalapan Mana yang Jadi Favoritmu?

Ada begitu banyak sayuran yang Tuhan ciptakan untuk memberikan banyak khasiat pula bagi para makhluknya. Mulai dari sayur berwarna hijau, sayur yang berwarna merah, hingga sayur-sayur yang dapat menjadi buah. Semua sayur akan memiliki manfaatnya masing-masing, terutama sayur lalapan.

Mengkonsumsi sayur lalapan akan membuatmu semakin nikmat dalam memakan hidangan tertentu. Selain menambah kadar vitamin dan mineral dalam tubuh, ia juga dapat memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Sayur manakah yang akan menjadi favoritmu untuk melengkapi hidangan?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, makanan sehat, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.