Inspirasi Bisnis Makanan Kering Modal Minim yang Laris Manis

2 min read

bisnis makanan kering

Membuka bisnis makanan menjadi salah satu pilihan membuka usaha yang membalikkan modal dengan cepat, didukung juga dengan kecintaan orang Indonesia dalam kuliner. Bisnis makanan akan selalu tumbuh dan berkembang, terutama bisnis makanan kering

Karena, makanan kering sering dicari untuk teman bersantai atau sebagai buah tangan, sehingga cocok dijadikan sebagai peluang usaha bagi kamu yang mau membuka usaha kuliner. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan, yakni ide makanan kering yang kamu pilih.

Ide Bisnis Makanan Kering

Bisnis makanan kering tidak selalu dengan modal yang besar, tenang ada bisnis makanan skala kecil atau rumahan dengan biaya yang minim. Bagi kamu yang berencana merintis usaha makanan makanan kering dengan modal yang minim dan berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Simak rekomendasinya berikut ini:

Pastel Mini Isi Abon

Pastel mini isi abon memiliki cita rasa gurih dan renyah, serta proses pembuatannya juga cukup mudah. Hanya saja, pada pembuatan kulit membutuhkan waktu.   

Olahan pastel kering memiliki harga jual yang lebih mahal, berbeda dengan olahan pastel basah. Karena, olahan pastel kering proses pembuatannya lebih rumit serta bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ini akan menjadi peluang yang bagus, sebab olahan pastel kering sering dicari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Brownies Kering

Kue brownies identik dengan tekstur lembut dan berukuran besar. Namun, seiring perkembangan waktu, kini bolu brownies sudah ada dalam bentuk kering layaknya kue kering.

Baca Juga:  9 Merk Alat Masak yang Bagus dan Aman Bagi Kesehatan

Sehingga, memiliki masa simpan yang cukup lama dan bisa dijadikan sebagai camilan di rumah. Sebagian besar pebisnis kuliner bahkan berlomba–lomba membuat kemasan brownies kering yang tampak mewah dan elegan.

Pengolahan brownies kering tak jauh berbeda dengan brownies biasanya. Hanya saja bentuknya jauh lebih kecil dan teksturnya agak sedikit keras, karena melalui proses pemanggangan dalam waktu yang cukup lama.

Makaroni Kering

Makaroni terbuat dari gandum dengan kadar protein rendah. Kamu bisa mengolahnya menjadi makanan kering yang memiliki banyak pecintanya. Kamu bisa menciptakan beragam varian rasa, mulai dari pedas, original atau asin, pedas manis hingga keju.

Jika ingin mendapatkan untung besar dengan modal minim, kamu dapat mengemasnya dengan cara menarik sesuai kreativitasmu. Kamu dapat menjualnya mulai lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah.

Basreng

Bakso goreng atau yang terkenal dengan nama basreng merupakan makanan kering yang terbuat dari bakso yang digoreng. Tentunya kamu tak perlu ribet mengkonsumsinya. 

Kamu bisa langsung menikmatinya dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu. Agar menarik perhatian pembeli, kamu bisa berinovasi dengan menggunakan bumbu bubuk lainnya, seperti barbeque, keju, balado, dan manis.

Batagor

Ide makanan kering selanjutnya, yakni batagor yang menjadi santapan nikmat dan jajanan yang akrab di lidah masyarakat. Batagor yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan, seperti tahu dan ikan tenggiri atau telur.

Batagor masuk dalam kategori makanan kering jika tidak disiram sambal kacang. Kamu bisa menggunakannya sebagai inspirasi jualan. Cara pemasarannya bisa kamu lakukan secara langsung atau dengan promosi online. Bisnis ini mudah kamu jalankan dan memiliki potensi laris.

Baca Juga:  17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

Mie Lidi

Bagi para mecin mania, mie lidi pasti sudah sangat familiar di telinga.

Makanan kering satu ini juga cocok sebagai pilihan ide bisnis. Jika kamu menjualnya, pasti banyak yang akan mencarinya. Karena memang makanan kering ini masih memiliki target pasar yang luas.

Cara pembuatannya pun relatif mudah dan minim modal. Karena, kamu hanya perlu menggoreng mie hingga kering, kemudian memberinya bumbu bubuk bercita rasa pedas, pedas manis, atau original. Jika ingin tampil beda dengan produk kompetitor, kamu bisa berkreasi dengan bentuk kemasannya.

Sale Pisang

Sale pisang selalu digemari oleh siapapun dan siap bertengger di meja makan maupun meja tamu.

Makanan kering ini terbuat dari irisan tipis pisang matang yang telah kamu keringkan. Kemudian kamu dapat melumuri dengan margarin, terigu dan gula.

Umumnya, sale pisang kering diolah dengan cara menggorengnya dalam minyak panas, agar menghasilkan tekstur yang renyah.

Jajanan ini juga lekat dengan oleh-oleh khas Cilacap, Jawa Tengah.

Keripik Pisang

Keripik pisang adalah jajanan yang disukai banyak orang.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyukai rasanya yang manis dan juga renyah.

Mengenai keripik pisang, kini kamu bisa berinovasi dengan aneka rasa, misalnya keripik pisang coklat, keripik pisang keju, keripik pisang green tea, atau sesuai selera.

Pastikan untuk membuatnya enak di lidah.

Bisnis Makan Kering Manakah yang Ingin Kamu Coba?

Itu dia ide bisnis makanan kering yang menguntungkan bagi kamu yang hendak memulai usaha kuliner.

Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu mendapatkan ide untuk kamu kembangkan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan tips hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.