10 Aneka Olahan Pisang Kepok Lezat, Bikin Nagih!

4 min read

olahan pisang kepok

Rasa yang manis dan fleksibel membuat banyak orang membuat olahan pisang kepok menjadi berbagai macam hidangan spesial.

Selain bisa memakannya langsung, olahan-olahan tersebut juga tidak kalah sedapnya.

Seperti resep olahan pisang kepok di bawah ini yang bisa menjadi inspirasimu.

Yuk, Coba Olahan Pisang Kepok yang Bikin Nagih!

Pisang kepok bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam cemilan, sangat cocok untuk nemenin kamu yang suka nyemil.

Berikut aneka resep olahan pisang kepok yang bisa kamu coba.

1. Pisang Susu Keju

pisang susu keju

Pisang susu keju menjadi cemilan khas dan sederhana yang bisa kamu coba. Caranya mudah, siapkan pisang kepok yang sudah kamu iris serong setebal 2 cm, tepung terigu, margarin, gula pasir, air, vanili (opsional), susu kental manis, dan keju cheddar.

Campur tepung terigu dengan margarin, gula pasir, air dan vanili aduk hingga mengental membentuk adonan dan tercampur rata. Setelah siap dan rasanya pas, masukkan potongan pisang tersebut ke dalam adonan, lalu goreng menggunakan minyak panas hingga warnanya kecoklatan. 

Jika pisang sudah coklat dan renyah, lalu tiriskan minyak. Tambahkan topping susu kental manis dan parutan keju cheddar di atasnya. Pisang susu keju siap jadi santapan cemilanmu.

2. Banana Pancake

banana pancake enak

Banana Pancake menjadi salah satu aneka olahan pisang kepok yang banyak peminatnya. Kamu bisa membuat Banana Pancake dari bahan dasar pisang kepok atau jenis pisang yang lain.

Bahannya, siapkan pisang kepok 150 gram, margarin 15 gram, satu butir telur, tepung terigu protein sedang 100 gram. Kemudian siapkan juga susu sapi cair 150 miligram, baking powder 1 sendok teh, gula pasir satu sendok makan, dan vanili essence.

Pisahkan kuning telur dan putih telur lalu campurkan kuning telur ke dalam pisang yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Ambil margarin dan vanili essence, campurkan ke adonan, lalu tuang baking powder dan tepung terigu. Aduk rata sampai semua tercampur. 

Jika adonan tercampur merata, tuang susu cair hangat, aduk lagi hingga rata. Kocok putih telur menggunakan whisk sampai mengeluarkan busa, beri gula lalu kocok lagi hingga sedikit mengembang.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

Setelah semua siap, masukkan adonan pisang tadi ke dalam kocokan putih telur yang mengembang. Masak menggunakan pan sampai matang. 

3. Pisang Saus Karamel

pisang karamel

Pisang saus karamel adalah salah satu sajian sedap dari aneka olahan pisang kepok.

Ciri khasnya mempunyai rasa yang manis karena siraman saus karamel yang berbahan dasar gula.

Makanan dari pisang kepok ini bahan-bahannya mudah sekali kamu dapatkan. Siapkan pisang kepok yang sudah teriris menjadi dua bagian, gula merah, gula pasir, margarin, dan sedikit air. 

Goreng pisang menggunakan margarin hingga kecoklatan. Masak gula pasir dan gula merah dengan air sampai menjadi karamel. Tuang pisang tadi ke dalam karamel, aduk hingga rata. Pisang saus karamel siap jadi cemilan kamu.

4. Pisang Coklat Lumer

olahan pisang coklat lumer

Bagi kamu pecinta coklat lumer, wajib banget mencoba makanan satu ini, pisang coklat lumer. Pisang coklat ini terbuat dari pisang kepok berbalut tepung panir dan terdapat cokelat leleh pada bagian dalamnya.

Cara buatnya, siapkan 4 pisang kepok yang sudah terbelah menjadi dua bagian. Lalu siapkan juga sebungkus tepung instan untuk pisang goreng (bisa diganti tepung terigu), tepung roti atau tepung panir, dan potongan coklat batang.

Lubangi pisang yang sudah terbelah tadi untuk bisa memasukkan potongan cokelat, tuang tepung dan beri air hingga mengental. Lumuri pisang dengan tepung serbaguna lalu pindah baluri dengan tepung panir. Goreng pisang coklat hingga matang dan siap menjadi hidangan. 

5. Kue Nagasari

kue nagasari

Kue nagasari salah satu aneka olahan pisang kepok yang banyak disajikan sebagai suguhan acara atau hajatan. 

Kamu bisa membuat kue nagasari ini sendiri dengan menyiapkan bahan tepung beras 200 gram, tepung tapioka sebanyak 100 gram, gula pasir 130 gram. Kemudian siapkan pula santan kental 800 ml, daun pandan 3 lembar, pisang kepok, garam, dan daun pisang untuk wadah pembungkus kue.

Caranya, masak terlebih dahulu 100 gram gula dan daun pandan, beri garam secukupnya. Aduk hingga gula mencair lalu biarkan mendingin.

Siapkan tepung beras dan tapioka, masukkan ke dalam santan lalu masak sambil aduk-aduk sampai teksturnya cair dan tidak bergerindil. Kalau sudah matang dan mengental, angkat adonan.

Cara bungkusnya, ambil daun pisang lalu tuang beberapa sendok adonan, masukkan pisang, dan tutup dengan adonan tadi. Ulangi step itu hingga selesai. Terakhir, kukus 20 menit. 

Baca Juga:  Resep Soda Gembira Rumahan, Segar dan Sederhana!

6. Pisang Tabur Gula Merah

pisang tabur gula merah

Pisang tabur gula merah juga makanan olahan pisang kepok favorit yang nikmat.

Bahan-bahannya, siapkan pisang kepok, bubuk gula merah, dan minyak goreng.

Caranya mudah, kupas kulit pisang lalu siapkan wajan yang berisi minyak panas. Goreng pisang menggunakan api kecil sampai berwarna kuning. Kalau sudah, tiriskan pisang.

Penyajiannya, beri lubang pada bagian tengah pisang dan kamu bisa menaburinya dengan gula merah bubuk tadi. 

7. Kue Pisang Khas Banjar

banana pancake (1)

Tidak hanya pancakes, olahan pisang kepok yang bisa menjadi camilan kue lain yaitu kue pisang banjar.

Bahannya, siapkan potongan pisang kepok, 200 gram tepung terigu protein sedang, santan kental 400 ml, gula pasir putih 100 gram, garam satu sendok teh. Siapkan juga telur ukuran besar satu butir, setengah sendok teh vanili bubuk, dan margarin untuk olesan.

Ambil tepung terigu, gula, garam vanili, santan, dan telur lalu campur jadi satu dan aduk sampai adonan tidak menggumpal. Setelah tercampur rata, masukkan pisang. Siapkan cetakan dan panaskan lalu tuang adonan, tambahkan beberapa potong pisang pada bagian atas, tutup adonan. 

Masak pakai api kecil sampai matang. Kalau sudah matang, olesi margarin tadi tipis saja, lalu angkat. Kue pisang siap disajikan.

8. Pisang Kremes

olahan pisang kepok - pisang kremes

Kamu ingin cemilan krspi? Pisang kremes adalah olahan tepat. 

Bahan pisang kremes cukup mudah. Siapkan pisang kepok, terigu protein sedang 250 gram, air 500 ml, minyak goreng 600 ml, tepung beras 3 sendok makan, gula halus 1 sendok makan, garam ¾ sendok teh.

Bahan kremesnya, tepung beras 250 gr, tepung sagu 45 gr, 1 liter air, telur 1 butir, dan garam 1 sendok teh.

Caranya, iris pisang hingga berbentuk kipas, campurkan semua bahan kremesnya lalu aduk merata. Siapkan wajan berisi minyak panas, tuang adonan sebanyak satu sendok sayur, masak hingga mengembang. Jangan lupa kecilkan api dan goreng hingga kering.

Masukkan tepung beras, tepung terigu, beri garam, dan gula lalu aduk. Masukkan air perlahan sambil aduk rata. Celupkan potongan pisang dalam adonan lalu goreng hingga matang. Gulingkan pisang tersebut ke dalam kremes sampai menutup sempurna.

9. Keripik Pisang

pisang krispi

Olahan pisang kepok selanjutnya adalah keripik pisang. Caranya, siapkan 10 buah pisang, gula pasir 3 sendok makan, air matang 5 sendok makan, garam ¼ sendok teh. 

Baca Juga:  Inspirasi Resep Ikan Dori Sehat untuk Menu Kateringmu

Kupas pisang kepok lalu iris menggunakan mesin untuk keripik. Masukkan air, beri gula, garam lalu aduk rata dan sisihkan. Siapkan wajan berisi minyak, goreng pisang sampai berwarna coklat. Jangan menuang banyak pisang agar hasilnya renyah sempurna. 

Masukkan campuran garam, gula, air dalam wajan. Setelah itu angkat keripik pisang yang sudah matang lalu tiriskan.

10. Bolu Pisang Kepok

bolu pisang kepok

Siapkan pisang kepok 6 buah saja lalu haluskan.Siapkan juga telur ayam 2 butir, terigu 10 sendok makan, 2 sendok margarin cair, gula pasir 7 sendok makan, garam 1 sendok teh, soda kue 1 sendok.

Caranya, gula dan telur campur jadi satu lalu mixer hingga berwarna putih. Tuang tepung terigu, soda kue, pisang dan beri garam lalu aduk rata.

Masukkan margarin cair ke dalam adonan tersebut lalu aduk lagi. Panaskan tempat kukusan, oles margarin ke permukaan loyang lalu tuang adonan ke loyang. Kukus kue selama 30 menit lamanya, tunggu hingga matang dan mendingin. 

Tertarik Mencoba Makanan dari Olahan Pisang Kepok?

Itu dia beberapa olahan pisang kepok yang bisa kamu coba. Tidak hanya menghasilkan makanan yang enak dan gurih, pisang kepok juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Misalnya, mengatasi sakit maag, bagus untuk kulit, mengontrol tekanan darah, mengatasi stress, dan lain-lain.

Hidangan ini juga bisa menjadi ide usaha yang cocok untuk kamu coba. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, olah pisang kepok sekarang!


Temukan inspirasi tentang resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.