Resep Mac n Cheese Tanpa Oven, Super Duper Creamy!

3 min read

resep mac n cheese tanpa oven

Siapa bilang untuk menghadirkan resep mac n cheese tanpa oven tidak bisa?

Tentu saja bisa! Selain menggunakan teknik one pot mac n cheese, kamu juga bisa memodifikasi resep mac n cheese tanpa oven yang lebih sederhana.

Selain cocok untuk menu bekal makan siang atau sajian bersama dengan keluarga, kamu juga bisa menjadi mac n cheese ini sebagai ide usaha.

Makanan ini termasuk jenis comfort food sehingga semua generasi akan menyukainya.

Yuk, langsung ikuti resepnya di sini!

Cara Membuat Mac n Cheese

Bagi kamu yang belum pernah membuatnya, mungkin akan beranggapan bahwa resep ini sangat ribet. Nyatanya, kamu bisa membuatnya hanya dalam waktu 30 menit saja.

Yuk, ikuti panduan mudah dari YouTube.com/Wais Alqorni berikut untuk membuatnya!

Untuk memudahkanmu, kami akan uraikan langkahnya di bawah ini.

1. Siapkan Bahan

Apabila kamu ingin menyajikan hidangan ini untuk dua porsi, maka siapkan sesuai resep mac n cheese tanpa oven di bawah ini:

  • 250 gr makaroni elbow
  • Gula dan garam secukupnya
  • 150 gr keju cheddar parut dan 2 sendok makan terigu
  • 250 ml susu cair dan 3 sendok makan margarin
  • ½ butir bawang bombai dan 2 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica bubuk putih
  • 5 sendok makan saus bolognese 
  • 750 ml air

2. Didihkan Air

Terlebih dahulu, siapkan panci rebus yang bisa menampung jumlah bahan makaroninya. Selanjutnya, masukkan 750 ml air ke dalam panci lalu nyalakan kompor. Masak hingga rebusan air mendidih.

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

3. Rebus Makaroni

Apabila air sudah mendidih, maka masukkan 250 gr makaroni seperti yang tertulis pada bahan resep mac n cheese tanpa oven sebelumnya ke dalam panci. Rebus makaroni tanpa perlu menutup panci supaya air rebusan tidak meluber. Agar tidak hambar, tambahkan sejumput garam ke dalam rebusan.

Selain itu, tambahkan pula satu sendok minyak sayur ke dalam rebusan. Tujuan menambahkan minyak yaitu supaya tidak lengket satu sama lain.

4. Tiriskan Makaroni

Setelah makaroni matang, segera angkat dan tiriskan. Sebaiknya jangan merebus makaroni terlalu lama supaya tidak benyek. Hal ini karena kamu masih akan memasaknya lagi dengan susu hingga mengental. 

5. Iris Bawang Bombai dan Bawang Putih

Untuk mempersedap rasa dan aroma resep mac n cheese tanpa oven, iris halus ½ butir bawang bombai. Selanjutnya, geprek dua siung bawang putih kemudian rajang halus. Sembari merajang bawang bombai dan bawang putih, kamu bisa memanaskan wajan terlebih dahulu.

6. Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombai

Apabila wajan sudah cukup panas, masukkan 3 sendok makan margarin ke dalam wajan. Biarkan hingga semua margarin tersebut meleleh dulu, baru kemudian masukkan bawang putih. Oseng-oseng terus selama menumis bawang putih supaya tidak kecokelatan dan pahit.

Lakukan proses menumis menggunakan api kecil supaya mendapatkan kematangan yang sempurna dan tidak khawatir gosong. Berikutnya, tuangkan bawang bombai dan tumis lagi hingga layu. Apabila sudah layu, tambahkan terigu dan segera ratakan. Tuangkan sedikit susu cair sambil terus diaduk.

7. Tuangkan Susu Cair

Supaya resep mac n cheese tanpa oven ini tidak bergerindil, maka saat akan menuangkan susu ke dalam tumisan lakukan secara bertahap. Apabila tepung terigu sudah larut dengan baik, kamu bisa menuangkan semua susu tersebut.

8. Tambahkan Keju Parut

Setelah menuangkan semua susu cair ke dalam tumisan bawang bombai dan bawang putih, tambahkan pula parutan keju cheddar. Aduk-aduk agar keju merata dengan kuah susu. Masak kuah susu dan keju hingga mendidih.

9. Aduk Makaroni dan Campuran Susu

Apabila susu sudah mendidih dan parutan keju sudah mulai larut, kamu bisa memasukkan makaroni ke dalam panci. Aduk hingga semua tercampur dengan susu. Selanjutnya, tambahkan bumbu seperti gula, garam, lada, dan juga saus bolognese untuk memperkuat rasa resep mac n cheese tanpa oven.

Baca Juga:  Resep Sambal Khas Nusantara, Cocok untuk Peluang Usaha!

Aduk lagi supaya semua bumbu larut dan merata. Lakukan proses memasak hingga susu menyusut dan tekstur makaroni menjadi sangat kental dan lengket. 

Supaya makaroni dapat menyerap kuah susu dan bumbu lainnya dengan maksimal, rebus dengan api sedang saja. Selain itu, pastikan kamu terus mengaduknya agar tidak gosong.

10. Sajikan

Jika kuah sudah benar-benar menyusut dan teksturnya mengental, maka matikan kompor. Sajikan resep mac n cheese tanpa oven ini menggunakan piring saji agar semakin menggugah selera. Namun jika untuk jualan, kamu bisa mengemasnya menggunakan wadah aluminium tray. 

Sebagai hiasan, kamu bisa menambahkan taburan keju parut dan irisan daun parsley. Kamu juga bisa menggunakan keju mozzarella sebagai topping lalu lelehkan dengan blow torch. 

Tips Memasak Mac n Cheese

Jangan lupa ketahui beberapa tips supaya bisa menghasilkan resep mac n cheese tanpa oven yang lebih kaya rasa dan mendapatkan tekstur yang sempurna.

Berikut tips yang bisa segera kamu coba.

1. Gunakan Makaroni

Ada banyak macam makaroni yang dijual di supermarket. Sebaiknya, kamu memilih makaroni jenis pasta karena memiliki tekstur yang lebih kenyal. 

Selain itu, makaroni pasta juga tidak mudah benyek saat kamu rebus. Umumnya, makaroni jenis ini memiliki bentuk polos dan melengkung. Itulah mengapa dia juga disebut sebagai elbow macaroni. 

2. Rebus Pasta dengan Kematangan Al Dente

Rahasia kelezatan resep mac n cheese tanpa oven yaitu kamu perlu merebus pasta dengan kematangan yang al dente. Lantas, berapa lama proses merebus agar bisa al dente? Hal ini biasanya menyesuaikan dengan jenis pasta. Lama merebus pasta untuk mac n cheese yaitu sekitar 10 menit.

3. Gunakan Beberapa Jenis Keju

Sajian mac n cheese memiliki rasa dominan asin dan lumer di mulut. Rasa gurih dan asin tersebut berasal dari keju dan susu. Nah, supaya mac n cheese buatanmu lebih kayak rasa, maka gunakan beberapa jenis keju. Kamu bisa menggunakan keju parmesan, cheddar, mozzarella, feta cheese, cream cheese, ricotta, dll.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Semakin beragam keju yang kamu gunakan dalam satu resep tersebut, maka akan semakin creamy dan lezat pula rasa mac n cheese yang kamu buat.

4. Keju Slice Sebagai Pengganti Terigu

Resep mac n cheese tanpa oven di atas menggunakan terigu untuk membantu proses pengentalan. Jika tidak memiliki terigu, kamu bisa menggantinya dengan keju slice. Kamu bisa menggunakan dua atau tiga lembar keju ke dalam masakan.

Apabila kamu menggunakan keju sebagai penganti terigu, maka jangan terlalu banyak menggunakan garam. Keju sudah memiliki rasa asin sehingga tidak perlu banyak garam lagi.

Siap Mengeksekusi Resep Mac n Cheese Tanpa Oven?

Nah, itulah resep dan cara membuat mac n cheese tanpa menggunakan oven.

Sangat mudah dan tidak memerlukan banyak bahan, kan?

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tips di atas jika ingin menikmati sendiri tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam di restoran.

Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!


Temukan inspirasi lainnya seputar resep makanan, bisnis makanan dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.