8 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba

5 min read

Jika sedang liburan, wisata kuliner bisa menjadi pilihan kamu untuk menghabiskan waktu. Salah satunya negara Malaysia yang terkenal dengan kuliner dengan rasanya yang otentik dan memiliki cita rasa yang khas. Apa kamu penasaran dengan kuliner yang bisa kamu coba dari Negeri Jiran ini? Simak 8 makanan khas Malaysia di bawah ini yang bisa menjadi rekomendasi untukmu saat liburan ke Malaysia.

8 Makanan Khas Malaysia

Untuk cita rasa, makanan dari negara yang memiliki menara kembar Petronas ini sedikit mirip dengan masakan Indonesia. Hal ini karena dua negara ini masih menjadi satu rumpun yang sama yaitu rumpun melayu.

Sebagai ciri khas, makanan khas Malaysia memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, dan juga manis. Hal ini karena adanya campuran budaya yang masuk dalam pengolahan makanan dari India dan juga China. Yuk, simak 8 makanan khas Malaysia yang bisa kamu coba di bawah ini!

1. Nasi Lemak

nasi lemak makanan khas malaysia

Kuliner pertama khas Negeri Jiran ini adalah nasi lemak. Tidak lengkap rasanya jika sedang liburan ke negara ini tetapi tidak mencoba makanan yang satu ini. Hal ini karena nasi lemak sangat populer sebagai makanan khas Malaysia.

Nasi lemak terbuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga rasanya sangat gurih seperti nasi uduk. Tidak hanya santan, ada juga tambahan bumbu rempah yang membuat makanan ini semakin kaya rasa.

Untuk pelengkapnya, biasanya makanan ini disajikan bersama dengan ayam goreng, ikan teri goreng, kacang, sambal, rendang, telur, dan irisan timun. Biasanya makanan ini menjadi menu favorit untuk sarapan.

Kamu bisa mencoba kuliner ini di Kedai Nasi Lemak Saleha. Kedai ini berlokasi di Jalan Seri Rejang 4, Taman Sri Rampai, Kuala Lumpur. Harga untuk satu porsinya berkisar sekitar RM 20. 

Tak hanya di Kedai Nasi Lemak Saleha, kamu juga bisa mencoba makanan ini di Nasi Lemak Mak Leha. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1972, sehingga kamu tidak perlu lagi meragukan soal rasa. Lokasi Kedai Nasi Lemak Mak Leha berada di Jalan 1 no 10, Ampang Jaya, Selangor, Malaysia. Jangan lupa coba menu spesial sambal ayam dan paru gorengnya!

2. Asam Laksa Penang

ayam laksa penang

Kedua, jika kamu sedang berlibur ke negara yang memiliki ikon Menara Petronas ini, jangan lupa untuk mencoba kuliner Asam Laksa Penang. Menu ini cocok jika kamu adalah seorang penggemar mie atau bihun. Tak hanya itu, menu ini akan cocok untuk kamu yang suka pedas.
Untuk memaksimalkan kelezatan masakan Ayam Laksa Penang, umumnya hidangan ini disajikan pada saat masih panas. Kuah yang digunakan biasanya menggunakan ikan selayang dan ikan kembung yang membuat rasanya semakin gurih.

Baca Juga:  9 Makanan Tradisional di Indonesia yang Terkenal Akan Kelezatannya

Sedikit memiliki kesamaan dengan Laksa Singapura, Asam Laksa Penang memiliki rasa pedas dan segar. Hidangan ini terbuat dari mie yang disiram dengan kuah kental asam pedas dan pelengkap ikan makarel segar, selada, timun, serta cabai.

Kamu bisa mencoba kuliner ini Penang Road Famous Laksa yang beralamat di Lebuh Keng Kwee no 05, George Town, Penang. Tempat ini buka pukul 09.00 pagi sampai dengan 18.00 sore. Untuk harga satu porsi Asam Laksa Penang dibanderol dengan harga RM 5.50 hingga RM 6.00.

3. Mee Siam

mee siam

Jika kamu penggemar mie, makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba adalah Mee Siam. Seperti Asam Laksa Penang, Mee Siam memiliki rasa manis, pedas, dan asam yang sangat otentik. Banyak yang menyebut makanan ini sebagai the truly Malaysia karena rasanya yang khas.

Sajian Mee Siam ini mengadaptasi dari masakan khas negeri gajah putih atau Thailand, yaitu Mie Kathi. Makanan ini pun tidak hanya terkenal di Malaysia saja, tetapi juga sampai ke negara Singapura.
Bahan utama dalam sajian ini adalah mie tipis putih atau mie bihun yang berpadu dengan kuah santan kental. Untuk tambahan kondimen, ada ayam goreng, telur, sambal, potongan daun bawang dan juga jeruk nipis yang membuat rasa mee siam semakin nikmat. 

Kamu bisa mencoba makanan ini dengan berburu di street food saat di Malaysia. Harga kira-kira untuk satu porsi Mee Siam sekitar RM 5.00, tentu hal ini juga tergantung dari mana kamu membelinya.

4. Nasi Kerabu

nasi kerabu

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mencicipi Nasi Kerabu yang unik. Warna biru pada nasi ini membuat makanan yang satu ini menjadi spesial. Warna biru tersebut dihasilkan dari penggunaan kelopak bunga telang saat proses memasak. 

Tak hanya itu, berbagai macam rempah seperti bunga kecombrang, daun kesum, daun kaduk, daun pegagan, kunyit, dan kencur juga ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan ini yang membuat rasanya menjadi semakin nikmat.

Nasi kerabu disajikan dengan pelengkap lain seperti ayam goreng, ikan kering, telur asin, ayam bakar, sayur, dan kerupuk yang tentunya membuat kenyang. Satu porsi Nasi Kerabu bisa kamu coba dengan harga RM 5.00.

Jika sedang berada di Kelantan, kamu bisa mencoba makanan ini di beberapa rumah makan seperti di Lieniey Nasi Kerabu Tumis, Nasi Kerabu Panji, Nasi Kerabu Azma, Su Warong Nasi Kerabu dan lain sebagainya. 

Jika ingin tempat yang lebih nyaman, beberapa restoran juga menyediakan menu ini untuk bisa kamu coba. Contohnya, Nine Chefs Malaysa, Restoran Kesom, Chunburi, Che Wan Seafood, dan Leha Kelfood Setapak.

5. Ayam Percik

ayam percik

Ayam Percik juga merupakan salah satu makanan khas Malaysia yang wajib untuk kamu coba jika sedang berada di negara ini. Kuliner ini sangat terkenal bagi para wisatawan mancanegara. Jadi, belum lengkap jika sedang di Malaysia tetapi tidak mencicipi makanan yang satu ini.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Jika kamu menyukai masakan melayu, kamu akan suka dengan menu yang satu ini. Kuliner ini adalah ayam yang dimasak dengan bumbu rempah pilihan yang kemudian dipanggang. Tidak lupa, ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik sehingga namanya menjadi ‘Ayam Percik’.

Cara memasak Ayam Percik pun juga unik, tergantung dari tempat memasak, yaitu Kelantan dan Trengganu. Ayam Percik Kelantan menggunakan campuran rempah yang lebih banyak sehingga rasanya menjadi gurih. Sedangkan Ayam Percik Trengganu menggunakan tambahan bumbu cabai yang lebih menggugah selera.

Salah satu tempat untuk mencoba kuliner ini adalah Yati Ayam Percik yang berlokasi di Jalan Long Yunus, Kota Bharu, Kelantan, Malaysia. Selain di Kelantan, ada juga cabang di Kuala Lumpur yang beralamat di Jalan Sri Permaisuri nomor 09, Kuala Lumpur, Malaysia.

Harga satu porsi Ayam Percik di Yati Ayam Percik mulai dari RM 10. Kuliner ini juga bisa kamu coba bersama dengan Nasi Kerabu. Yati Ayam Percik buka mulai pukul 11.00 hingga pukul 18.00 Waktu Malaysia.

6. Ayam Pongteh

makanan khas malaysia ayam pongteh

Jika kamu menyukai makanan berat yang kaya akan cita rasa, kamu mungkin akan menyukai salah satu kuliner Negeri Jiran bernama Ayam Pongteh. Masakan ini adalah semur ayam yang diracik dengan menggunakan kuah tauco.
Tidak hanya menggunakan tauco untuk kuah, Ayam Pongteh juga disajikan dengan kentang dan jamur shitake yang membuat isian menjadi lengkap. Satu porsi Ayam Pongteh dapat kamu nikmati dengan harga RM 20 atau sekitar Rp. 70.000. Harga ini standar harga di restoran menengah.

Kamu dapat menikmati masakan ini saat mengunjungi Melaka. Salah satu tempat yang menyajikan masakan ini adalah Restoran Aunty Lee yang terletak di Jalan Ujong Pasir, Taman Sinn, Melaka.
Sebagai informasi, apabila kamu adalah seorang Muslim, jangan lupa untuk memastikan jika menu yang kamu pesan sudah tersertifikasi halal. Hal ini karena di beberapa tempat, Ayam Pongteh disajikan dengan menggunakan bahan-bahan yang non-halal.

7. Char Kway Teow

char kway teow

Makanan khas Malaysia selanjutnya berasal dari etnis Tionghoa, yaitu Char Kway Teow sangat terkenal menjadi kuliner khas di Penang. Kamu akan mudah menemukan penjual makanan ini di sepanjang jalan di Kuala Lumpur dan juga Penang.

Jika di Indonesia, makanan ini dikenal dengan nama Kwetiaw. Sama seperti masakan Kwetiaw pada umumnya, makanan ini adalah kwetiaw goreng dengan isian yang beraneka ragam. Contohnya seperti kecambah, telur, sosis, udang, daun kucai, kerang, dan lain sebagainya. 

Ada beberapa rekomendasi tempat untuk menyantap makanan ini. Pertama, Trishaw’s Char Kway Teow yang berlokasi di Penang. Tempat ini menjikan Char Kway Teow dengan menggunakan resep yang turun-temurun sehingga kamu bisa mendapatkan rasa yang tentunya lezat.

Baca Juga:  8 Restoran Penyedia Pizza Cheese Burger Terbaik, Mana Pilihanmu?

Kedua, ada juga Mamu Penang Char Kway Teow yang sudah berdiri sejak tahun 2000. Lokasinya berada di Gombak Ria, Selangor, Malaysia. Harga makanannya pun cukup terjangkau mulai dari RM 6.00.

8. Curry Me

curry me

Terakhir, jika berkunjung ke negara yang memiliki lambang ikonik menara kembar petronas ini, jangan lupa untuk mencicipi curry me atau yang lebih dikenal dengan mie kari. Hidangan ini merupakan salah satu hidangan khas Malaysia yang bisa kamu temukan di daerah Penang.

Curry me terbuat dari mie dengan kuah kaldu kombinasi dari santan dan juga kari. Bahan utama masakan ini menggunakan mie, yang kemudian ditambah dengan kacang goreng, udang kerang, serta tauge.

Selain bisa menikmati makanan ini secara langsung, kamu juga bisa membeli makanan ini sebagai oleh-oleh. Karena, saat ini sudah tersedia versi instan curry me seperti Penang White Curry Me.

Sajian Kuliner Otentik dari Negeri Jiran Mana Pilihanmu?

Rasanya tidak lengkap jika sedang berlibur tetapi tidak menikmati kuliner yang khas dari negara tersebut. Tentu wajib hukumnya ya untuk mencoba makanan khas dari negara lain agar liburan semakin lengkap.

Kaya akan rempah-rempah, makanan khas Malaysia memiliki cita rasa yang otentik dan masih cocok bagi lidah orang Indonesia. Hal ini karena Negeri Jiran masih berdekatan dengan Indonesia, sehingga untuk rasa makanan pun tidak terlalu jauh berbeda.

Jika kamu berkunjung ke Malaysia, jangan lupa untuk mencoba beberapa rekomendasi makanan di atas. Harga makanan khas Malaysia pun masih sangat terjangkau, tergantung pula dari tempat kamu memilih tempat makannya, bisa dari kedai atau bahkan sampai restoran. 

Tentu, dalam menikmati kuliner jangan lupa untuk selalu memperhatikan bahan yang digunakan dalam masakan tersebut ya. Karena, terkadang beberapa menu disajikan dengan menggunakan bahan non-halal. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar makanan asia, tips bisnis, franchise, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.