Ragam Makanan Olahan dari Sagu yang Tidak Boleh Dilewatkan

4 min read

Makanan olahan dari sagu ternyata cukup banyak dan sangat lezat, sehingga tidak boleh kamu lewatkan begitu saja, lho. Buat kamu yang belum tahu apa saja olahan makanan dari sagu yang lezat, simak artikel ini, yuk!

Manfaat Makanan Olahan dari Sagu

Sagu adalah salah satu bahan pokok makanan masyarakat Indonesia bagian Timur. Bahan pokok makanan ini merupakan hasil dari ekstraksi batang palem tropis atau yang memiliki nama latin metroxylon sagu.

Sagu kaya akan pati, karbohidrat kompleks yang terdiri dari molekul glukosa dan menjadi sumber energi baik bagi tubuh. Bahkan kandungan pati di dalam sagu ini kabarnya memiliki peranan penting dalam proses diet sehat, lho.

Yup, sagu adalah bahan pokok makanan yang bebas gluten. Inilah kenapa bahan pokok makanan asal Indonesia Timur ini sangat baik untuk menggantikan tepung atau biji-bijian. 

Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang melakukan diet sehat, salah satunya diet paleo. Keunggulan sagu semakin lengkap karena mengandung antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas.

Tidak hanya menjadi sumber karbohidrat, makanan olahan dari sagu juga diklaim baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 100 gram sagu mengandung sebanyak 332 kalori dan nutrisi penting lain seperti protein, lemak, serat, dan zinc.

Selain memiliki cita rasa yang enak, ternyata mengonsumsi makanan olahan dari sagu juga berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat makanan dari sagu yang bisa kamu peroleh antara lain:

1. Memberikan Energi Bagi Tubuh

Karena menjadi salah satu sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan diserap, maka sagu bisa memberikan energi tambahan untuk tubuh. Manfaat ini sangat penting bagi kamu yang melakukan aktivitas berat atau saat sedang berpuasa.

Jadi, mengonsumsi makanan dari sagu selain bisa mengenyangkan perut, ternyata juga bisa memberikan energi lebih bagi tubuh. Hal ini akan membuat kamu tidak mudah lelah atau capek ketika beraktivitas apalagi di bulan puasa.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat mengonsumsi makanan olahan dari sagu berikutnya adalah bantu melawan radikal bebas. Sebagai tambahan informasi, radikal bebas yang terlalu di dalam tubuh ternyata bisa memicu kerusakan pada sel. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena radikal bebas tersebut bisa kamu lawan dengan mengonsumsi makanan dari sagu.

Baca Juga:  Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

Sagu kaya akan polifenol seperti flavonoid dan tanin. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting melawan radikal bebas di dalam tubuh kamu nantinya.

Selain enak dan mengenyangkan, mengonsumsi sagu juga membantu tubuh kamu terhindar dari radikal bebas yang bisa merusak jaringan sel-sel pada tubuh. Oleh sebab itu, jika ingin tubuh terbebas dari radikal bebas, maka kamu harus rutin mengonsumsi makanan yang terbuat dari sagu.

3. Bantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat terakhir yang sangat penting adalah bantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sagu bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Keduanya merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk terus mengonsumsi makanan olahan dari sagu untuk bantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Jenis-jenis Makanan Olahan dari Sagu

Sudah menjadi salah satu bahan pokok makanan yang tidak absen dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia bagian Timur, tidak heran jika ada banyak jenis makanan olahan dari sagu.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja makanan olahan yang terbuat dari sagu yang terkenal enak dan wajib untuk dicoba, berikut rangkumannya:

1. Laupek Sage

laupek sage

Sumber: Instagram/kulineratjeh

Meski sagu terkenal sebagai bahan pokok makanan dari Timur, nyatanya bahan pokok makanan yang kaya akan karbohidrat ini juga terdapat di daerah Aceh, lho. Masyarakat setempat mengolah sagu menjadi makanan ringan bernama Laupek Sage atau Timphan Brune.

Menariknya makanan khas Aceh satu ini sering disajikan ketika ada acara-acara besar. Misalnya hajatan atau acara yang melibatkan keluarga besar. Jadi, Laupek Sage ini sudah menjadi makanan khas yang wajib disajikan saat berkumpul bersama keluarga.

Seperti namanya, makanan khas satu ini menggunakan sagu sebagai bahan dasar utamanya. Setelah itu dibalut menggunakan daun pisang, kemudian dikukus sampai matang. Laupek Sage memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal. Makanan ini paling enak disantap dalam keadaan hangat.

2. Bagea

makanan dari sagu - bagea

Sumber: Instagram/dinninonot

Makanan olahan dari sagu berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bagea. Makanan satu ini cukup populer di Maluku, Maluku Utara, dan Kota Palopo di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  10 Inspirasi Olahan Dada Ayam untuk Menu Katering Sehat

Bagea termasuk jenis kue yang memiliki bentuk bulat dan berwarna cokelat pucat. Seperti jenis kue lainnya, Bagea memiliki tekstur yang keras. Meski begitu, kue ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan kue lainnya.

Selain menggunakan sagu, proses pembuatan kue Bagea juga melibatkan gula, tepung terigu, kacang tanah, cengkeh, kayu manis, dan biji kenari agar rasanya enak di lidah.

Biasanya masyarakat setempat menjadikan kue Bagea sebagai camilan ketika berkumpul dengan keluarga. Agar sensasinya lebih enak, kamu bisa menikmati kue Bagea dengan secangkir teh hangat atau kopi.

3. Bubur Sagu Ambon

bubur sagu ambon

Sumber: Instagram/dinninonot

Seperti namanya, makanan satu ini berasal dari Ambon dan Papua. Bubur Sagu Ambon menjadi salah satu makanan olahan dari sagu yang disukai oleh banyak orang.

Bubur Sagu Ambon sangat cocok untuk dikonsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan. Karena menggunakan bahan dasar sagu, Bubur Sagu Ambon bisa menjadi pilihan lain pengganti nasi atau roti karena akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Selain rasa gurih dari sagu, makanan khas satu ini juga memiliki cita rasa yang manis tapi tidak terlalu berlebihan di lidah. Bahan-bahan utama untuk membuat bubur sagu ini antara lain sagu, gula jawa, gula pasir, santan, daun pandan, garam, dan air.

4. Kue Rangi

kue rangi makanan olahan dari sagu

Sumber: Instagram/kardiovskuliner

Kue Rangi adalah jajanan tradisional khas Betawi yang juga populer. Jajanan yang sudah jarang ditemui ini memiliki penampilan dan cita rasa yang unik. Bahan utama dari Kue Rangi adalah tepung sagu dan parutan kelapa sebagai pelengkapnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati Kue Rangi dengan siraman saus gula merah, sehingga cita rasanya pun menjadi gurih dan manis. Seperti kue pada umumnya, jajanan khas Betawi yang terbuat dari sagu ini cocok dijadikan camilan pendamping teh atau kopi.

Nah, berhubung keberadaan Kue Rangi sangat sulit untuk ditemui, kamu bisa membuat jajanan satu ini di rumah. Tidak perlu khawatir, sebab proses pembuatannya tergolong sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Agar penampilannya seperti Kue Rangi pada umumnya, kamu harus menggunakan teflon khusus berbentuk seperti bulan sabit.

5. Papeda

papeda

Sumber: Instagram/paul_baka

Makanan dari sagu yang terakhir dan tidak kalah populer adalah Papeda. Ini merupakan makanan khas dari Papua yang sangat terkenal dan menggugah selera dengan tampilannya yang cukup unik.

Baca Juga:  11 Inspirasi Desain Cafe Instagramable, Wajib Dicoba!

Meski menggunakan bahan utama sagu, nyatanya Papeda memiliki penampilan dan tekstur yang sangat unik yaitu lengket seperti lem. Inilah yang semakin membuat makanan olahan dari sagu yang berasal dari Papua ini terkenal dan menarik banyak orang.

Karena memiliki cita rasa yang tawar, masyarakat setempat menyuguhkan Papeda bersama menu lainnya seperti ikan tongkol atau mubara yang sudah dibumbui rempah-rempah.

Sepenuhnya terbuat dari sagu, Papeda menjadi salah satu makanan yang kaya akan serat, nutrisi, dan tentu saja rendah kolesterol. Bagaimana? Sangat menyehatkan bukan?

Meski sagu menjadi bahan pokok makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan, kamu tetap harus memerhatikan bahan lain dan cara pengolahannya. Sebab, hal ini bisa memengaruhi nutrisi yang terkandung pada sagu dan mengurangi kinerjanya untuk kesehatan.

Misalnya ketika mengonsumsi Bubur Sagu Ambon, pastikan jangan menuangkan santan berlebihan atau gula yang terlalu banyak. Gunakanlah dua bahan tersebut sesuai dengan takaran yang tepat agar tidak merusak rasa asli dari sagu dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Nah, itulah ragam makanan olahan dari sagu beserta manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Ingat, jangan hanya mengonsumsinya saja, tetapi kamu juga harus rutin berolahraga agar tubuh lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Dapatkan informasi seputar makanan indonesia, bisnis kuliner, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.