Bisnis Takoyaki: Peluang, Modal, dan Tips Suksesnya

5 min read

Bisnis Takoyaki - Peluang, Modal, dan Tips Suksesnya

Takoyaki adalah salah satu kuliner asli Jepang yang cukup populer di Indonesia. Karena harganya yang murah dan bercita rasa lezat. Sehingga, tidak heran banyak warga Indonesia yang tertarik untuk mencoba bisnis takoyaki.

Takoyaki sendiri berasal dari kata tako yang berarti gurita dan yaki yang artinya digoreng atau dipanggang. Jadi, takoyaki adalah makanan yang berbahan daging gurita, tepung, dan campuran bahan lainnya yang dimasak dengan cara menggoreng atau memanggangnya.   

Peluang Bisnis Takoyaki

Sebagian besar warga Indonesia cukup antusias dengan berbagai kuliner khas Jepang seperti sushi, takoyaki, dan berbagai menu bento lainnya. Maka dari itu, tidak heran kalau nama takoyaki sangat familiar baik dari anak kecil maupun orang tua di Indonesia.

Camilan bercita rasa gurih ini mengusung konsep bisnis pedagang kaki lima seperti di Jepang dengan peluang omzet puluhan juta per bulan. Jika kamu bertempat tinggal di kawasan pusat perbelanjaan atau komplek perumahan sangat cocok untuk membuka bisnis takoyaki

Kamu cukup menyediakan gerobak khas jajanan pinggir jalan seperti di Jepang sudah bisa berjualan takoyaki. Modal minim, namun potensi keuntungan yang akan kamu dapat cukup besar.

Modal untuk Memulai Bisnis Takoyaki

Berikut ini ada rincian modal bagi kamu yang tertarik untuk berbisnis takoyaki:

1. Modal Utama

Ada beberapa peralatan dagang dan memasak yang perlu kamu persiapkan untuk memulai usaha takoyaki ala kaki lima seperti berikut ini:

  • 1 pcs kompor 2 tungku Rp 350.000,-
  • 1 buah stand atau gerobak takoyaki Rp 3.000.000,-
  • 4 buah meja Rp 1.400.000,-
  • 1 pcs tempat bumbu dan adonan Rp 150.000,-
  • 2 pcs cetakan bola takoyaki Rp 200.000,-
  • 1 pcs gas elpiji 12 kg Rp 450.000,-
  • 10 buah kursi Rp 200.000,-
  • 2 pcs banner dan spanduk Rp 300.000,-
  • 1 set alat masak Rp 125.000,-
  • Total modal utama Rp 6.175.000,- 

2. Biaya Operasional

Selain menyiapkan dana untuk membeli peralatan dagang dan memasak takoyaki. Kamu juga harus menyediakan dana untuk biaya operasional bisnis takoyaki per harinya. Berikut ini sejumlah bahan yang harus kamu sediakan setiap harinya untuk berjualan takoyaki:

  • 1 kg tepung adonan khusus untuk takoyaki Rp 90.000,-
  • 100 g baking powder Rp 10.000,-
  • 400 g gurita Rp 70.000,-
  • 250 g daging ham sapi Rp 30.000,-
  • 1,5 kg saus takoyaki Rp 60.000,-
  • 500 g daun bawang Rp 20.000,-
  • 250 g margarin Rp 15.000,-
  • 5 kg tepung terigu Rp 70.000,-
  • 100 g garam Rp 5.000,-
  • 250 g stick kepiting Rp 25.000,-
  • 1,5 kg saus mayonaise Rp 40.000,-
  • 400 g katsuobushi atau ikan cakalang Rp 80.000,-
  • 1 liter minyak goreng Rp 12.000,-
  • 100 dus kemasan Rp 70.000,-
  • Total biaya operasional harian Rp 597.000,-
Baca Juga:  Apa itu Franchise? Pengertian, Tips, dan Keunggulannya (Lengkap)

Rincian biaya operasional di atas dapat membuat 750 pcs takoyaki atau setara dengan 75 porsi. Menawarkan 3 pilihan menu isian, yaitu stick kepiting, gurita, atau daging asap.

Sedangkan biaya operasional bulanan yang perlu kamu keluarkan untuk memulai bisnis takoyaki adalah:

  • 2 kali pengisian ulang gas elpiji 12 kg Rp 300.000,-
  • Biaya gaji 1 orang karyawan Rp 3.000.000,-
  • Sewa tempat jualan Rp 3.000.000,-
  • Total biaya operasional bulanan Rp 6.300.000,-

Jadi, apabila kamu jumlahkan antara biaya operasional bulanan dan harian. Maka dana yang perlu kamu sediakan untuk mulai berjualan takoyaki sebesar:

  • Jumlah hari jualan x Biaya operasional harian = 26 x Rp 597.000 = Rp 15.522.000
  • Biaya operasional harian + Biaya operasional bulanan = Rp 15.522.000 + Rp 6.300.000 = Rp 21.822.000,-

Keuntungan Bisnis Takoyaki

Berdasarkan keterangan yang tertera sebelumnya, total biaya operasional sebesar Rp 15.522.000 dapat menghasilkan 75 porsi atau 750 pcs takoyaki. Jadi, per porsinya terdapat 10 pcs takoyaki. Harga 1 porsi takoyaki yang bisa kamu tawarkan sekitar Rp 20.000.

Jadi potensi omzet yang dapat kamu terima setiap bulannya adalah:

  • Harga per porsi x Jumlah penjualan takoyaki per hari (porsi) = Rp 20.000 x 75 = Rp 1.500.000
  • Omzet per hari x Jumlah hari jualan = Rp 1.500.000 x 26 = Rp 39.000.000

Setelah mendapatkan nominal omzet per bulan dari bisnis takoyaki, berikut ini peluang keuntungan bersih yang dapat kamu terima setiap bulannya adalah:

  • Omzet per bulan – Biaya operasional per bulan = Rp 39.000.000 – Rp 21.822.000 = Rp 17.178.000

Tips Sukses Berbisnis Takoyaki

Supaya bisa menghasilkan omzet seperti analisa di atas, pastinya kamu membutuhkan strategi pemasaran yang jitu bukan? Nah, berikut ini ada beberapa tips yang harus kamu terapkan agar dapat menjual takoyaki sebanyak 75 porsi setiap harinya: 

1. Buat Rancangan Bisnis

Sebelum memulai bisnis takoyaki, kamu harus membuat rancangan bisnisnya terlebih dahulu. Buatlah sebuah konsep bisnis yang matang sedari awal. Misalnya, kamu akan mengemas usaha ini menggunakan sistem penjualan PO, made by order, hanya menerima pesanan saja, atau penjualan offline. Pastikan kamu juga mempunyai rancangan bisnis untuk jangka panjang dan jangka pendek.

2. Survei Pasar

Pada saat proses persiapan usaha takoyaki, sebaiknya kamu melakukan survei pasar terlebih dahulu. Kamu dapat menyimak rasa ketertarikan pasar terhadap kuliner takoyaki.

Sehingga, kamu bisa mengetahui apa rasa takoyaki yang menjadi favorit banyak orang. Kamu juga dapat mengetahui harga jual rata-rata takoyaki di pasaran. Agar tidak mengalami kesulitan atau keraguan saat menetapkan harga. 

Baca Juga:  Franchise Fremilt: Syarat, Harga, dan Cara Daftarnya

3. Pilih Lokasi Usaha

Apabila kamu ingin berjualan takoyaki secara offline, tentunya kamu harus menentukan lokasi untuk tempat jualan. Pastikan kamu memiliki lokasi bisnis takoyaki yang strategis.

Lokasi yang dapat menjangkau target pasarnya dengan mudah. Misalnya kamu mendirikan warung di sekitar kampus, komplek perkantoran, atau sekolah. Kamu juga bisa menyewa stand yang berada di pusat kuliner atau pusat perbelanjaan. 

4. Rekrut SDM

Ketika menjalankan usaha ini, pastinya kamu membutuhkan bantuan karyawan. Maka, rekrutlah SDM yang mempunyai keahlian dalam bidang memasak takoyaki dan juga dapat melayani konsumen dengan baik dan ramah.

Selain itu, kamu juga perlu merekrut karyawan yang totalitas dan jujur saat melakukan pekerjaannya. Jika memiliki karyawan yang profesional, kamu juga akan lebih mudah dalam mengembangkan usaha takoyaki ini. 

5. Temukan Resep Mantap

Sekarang ini sudah banyak pebisnis yang juga menggeluti bidang bisnis jualan takoyaki. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan resep yang mantap agar produk takoyaki milikmu dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia dengan baik. 

Cara mendapatkan resep yang mantap adalah dengan melakukan uji coba berkali-kali dan menciptakan resep sendiri yang berbeda dari kompetitor. 

6. Berikan Inovasi

Pelaku usaha takoyaki memang sudah cukup banyak di Indonesia. Sehingga, kamu akan memiliki banyak pesaing di setiap daerah. Tetapi, bisnis kamu pasti akan dilirik pelanggan apabila ada hal yang menarik.

Hal menarik tersebut umumnya berbentuk inovasi. Inovasi yang dapat kamu ciptakan dalam bisnis kuliner yang satu ini seperti nama brand, varian rasa, atau bentuk kemasan.

Sebelum melakukan inovasi, kamu wajib untuk melakukan survei pasar. Agar bisa mengetahui bentuk takoyaki secara umum dan takoyaki seperti apa yang belum ada di pasaran.

7. Promosi dan Branding

Promosi dan branding merupakan hal terpenting dalam menjalankan bisnis takoyaki. Kamu haus membuat akun bisnis di berbagai platform media sosial. Sehingga, kamu dapat lebih dekat dengan target pasar.

Melalui media sosial kamu juga dapat memberikan informasi tentang bisnis milikmu atau mengumumkan berbagai promosi menarik. Seperti diskon atau tawaran menarik pada periode tertentu bagi pelanggan kamu. 

Ketika grand opening, kamu juga dapat memberikan promo bombastis. Agar banyak orang yang antre di stand jualan takoyaki kamu.

8. Daftarkan di Grabfood dan Gofood

Salah satu cara agar kios kamu mendapatkan banyak pembeli adalah dengan mendaftarkannya pada aplikasi Grabfood dan juga Gofood. Karena kedua platform tersebut mampu menaikkan penjualan makanan para pebisnis di Indonesia.

Pada aplikasi Grabfood dan Gofood juga tersedia banyak pilihan promo menarik dan pelanggan bisa mencicipi takoyaki kamu tanpa harus pergi ke stand milikmu. Sebab, ada kurir yang siap mengambil takoyaki di stand kamu dan mengantarkannya ke lokasi pelanggan. Sehingga, bisa memperluas target pasar kamu secara otomatis.

Tips Memanggang Takoyaki yang Hasilnya Tidak Kempes 

Bagi yang baru memulai bisnis takoyaki, membuat takoyaki mungkin tidaklah mudah. Khususnya ketika memanggang dalam jumlah banyak dan membuat adonannya menjadi seperti bola. Nah, ada beberapa tips supaya takoyaki kamu tidak mudah kempes seperti berikut ini:

Baca Juga:  Franchise Es Teh Indonesia yang Viral, Berapa Harganya?

1. Siapkan Cetakannya

Sebaiknya kamu memakai cetakan khusus takoyaki untuk membentuk adonannya sekaligus memanggangnya. Siapkan dan pakailah cetakan takoyaki berbahan stainless tebal. Pilihlah cetakan yang memiliki deretan lubang berbentuk setengah lingkaran.

2. Pakai Alat Pengganjal

Taruh cetakan takoyaki dengan jarak yang cukup jauh dari sumber api. Supaya takoyaki tidak mudah berwarna coklat. Pakailah alat pengganjal yang dapat menaruh cetakan supaya tidak terlalu dekat dengan sumber api.

3. Pakai Api Sedang

Pada saat memanggang takoyaki, pakai api sedang supaya lapisan luar takoyaki tidak begitu tebal. Karena semakin kecil api yang kamu gunakan, maka hasil kulit luar takoyaki juga akan semakin tebal. Maka dari itu, ketika menjalankan bisnis takoyaki, gunakan api sedang ketika proses pemanggangan.

4. Jangan Menggunakan Minyak Terlalu Banyak

Gunakan minyak secukupnya agar kulit terluar takoyaki bertekstur renyah. Pastikan pada bagian bawah cetakan terdapat sedikit minyak. Supaya ketika kamu menuangkan adonan, adonan dapat mendorong minyak untuk menyebar ke semua sisi takoyaki. Sehingga lapisan takoyaki bisa matang secara merata.

5. Balik dengan Tusuk Sate

Ketika satu sisi takoyaki sudah berkulit atau mengering, segera balik memakai tusuk sate, sumpit, atau tusuk gigi berukuran kecil. Supaya tidak merusak bulatan takoyaki. 

Tertarik untuk Mencoba Bisnis Takoyaki

Berjualan takoyaki adalah salah satu bisnis kuliner dengan peluang keuntungan yang legit dan modal yang minim. Mencari target pasarnya juga sangat mudah di Indonesia, karena takoyaki bisa dinikmati untuk segala umur. 

Sehingga, potensi bisnis kamu akan sepi cukup kecil. Asalkan kamu menerapkan strategi pemasaran yang tertera di atas dengan produk takoyaki bercita rasa lezat. Yuk, coba sekarang juga! 
judi bola

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis, resep, hingga franchise makanan dan minuman hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.