10 Produk Olahan Susu yang Menguntungkan untuk Jadi Ide Bisnismu

5 min read

10 Produk Olahan Susu yang Menguntungkan (1)

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, susu juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Selain susu, bahkan produk olahan susu juga bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Lalu apa saja produk olahan susu tersebut? Mana yang paling menguntungkan?

Produk Olahan Susu untuk Ide Bisnismu

Susu sendiri merupakan produk yang banyak orang cari. Salah satu alasannya adalah karena susu ini memiliki banyak nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan. Dari mulai anak kecil sampai orang dewasa, produk susu ini bisa masuk ke semua kalangan.

Namun jika kamu hanya menjual susu saja mungkin akan sulit. Kamu tentu akan menghadapi banyak saingan. Pasti sudah banyak orang yang juga memulai bisnis susu. Lalu bagaimana mengantisipasinya?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menjual produk olahan susu. Sama-sama dari susu, sama-sama bermanfaat, produk olahan susu ini juga tetap memiliki nilai jual yang tinggi. Beberapa produk olahan susu antara lain adalah:

1. Keju

produk olahan susu - keju

Produk olahan susu yang mungkin paling terkenal adalah keju. Olahan susu yang satu ini memang identik dengan tekstur yang lembut dan juga rasa yang asin. Meski demikian, penggunaan keju ini sendiri cukup banyak. Dari mulai bahan untuk kue atau cake sampai sajian pada makananan modern seperti burger dan pizza. Keju memang memberikan rasa tersendiri pada sajian tersebut.

Saat ini penggunaan keju juga bisa kamu temukan pada berbagai makanan. Dari mulai ayam geprek, martabak, roti bakar, dan lainnya. Beberapa keju yang mudah mencair memang bisa menciptakan tampilan yang juga lebih menarik bagi sebuah makanan. Dengan penggunaan keju yang semakin banyak dan meluas, hal ini juga membuat bisnis keju cukup menjanjikan. 

Kamu bisa menjadi pemasok keju tersebut. Ataupun kamu juga bisa menjual makanan dengan aneka keju. Hal ini merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menarik

2. Yogurt

yogurt

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yoghurt. Salah satu produk olahan susu ini memang sudah cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar. Selain memiliki rasa yang nikmat, produk ini juga memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Yoghurt sendiri merupakan produk dari susu yang sudah difermentasi. Hasil dari fermentasi tersebut akan menghasilkan asam laktat. Zat inilh yang akan membuat protein dalam susu menjadi mengental, sehingga membuat yoghurt memiliki rasa dan tekstur yang unik.

Jika dilihat dari segi kesehatan, yoghurt ini memiliki banyak sekali nutrisi, salah satunya adalah kalsium. Selain itu, yoghurt juga cukup banyak mengandung protein. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi yoghurt juga bisa membantu untuk mengatasi masalah pencernaan.

Baca Juga:  Inovasi Bisnis Makanan dan Minuman yang Perlu Dilakukan

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan tersebut, tidak heran jika yoghurt memiliki banyak penggemar. Tentu saja ini merupakan peluang bisnis yang cukup baik. Terutama ketika kamu bisa menyajikan yoghurt yang berbeda. Misalkan, kamu bisa menyajikan yoghurt dengan rasa yang beragam.

3. Es Krim

es krim sebagai produk olahan susu

Siapa yang tidak kenal es krim. Ini mungkin makanan yang hampir disukai oleh semua orang dari segala umur. Dengan rasa yang manis dan juga memiliki banyak rasa. Saat ini juga ada banyak es krim yang bisa kamu coba dengan berbagai topping, yang tentunya bisa menambah rasa dari es krim tersebut.

Es krim juga merupakan produk olahan susu yang memiliki prospek bisnis sangat baik. Ada banyak orang yang suka dengan es krim. Ini merupakan alasan mengapa bisnis es krim cukup menjanjikan. Ini juga bisnis yang cocok dengan iklim tropis di Indonesia.

Menikmati es krim akan semakin nikmat di hari yang panas. Kamu hanya perlu mencari resep yang membedakan produk kamu dengan produk kompetitor lainnya. Misalkan kamu bisa menyediakan banyak pilihan rasa dan pilihan topping.

4. Permen Susu Kacang

permen susu kacang

Permen dan susu merupakan dua hal yang hampir digemari oleh semua orang. Lalu bayangkan dua makanan dan minuman favorit tersebut digabungkan dalam satu suapan? Tentunya merupakan sebuah ide bisnis yang menjanjikan.

Permen susu dan juga ditambah dengan kacang merupakan sebuah peluang yang bisa kamu ambil. Bahan yang diperlukan juga tidaklah sulit. Untuk membuat permen kacang susu ini kamu hanya memerlukan

  • Susu sapi murni
  • Gula pasir
  • Agar-agar
  • kacang yang sudah disangrai

Adapun cara membuat produk olahan susu ini juga tidak sulit. Langkah yang kamu perlukan adalah sebagai berikut:

  • Masak susu cair sampai menguap. Lalu dinginkan
  • Setelah susu dalam kondisi dingin, selanjutnya tambahkan agar-agar, kacang, dan gula pasir lalu aduk sampai rata
  • Lakukan terus sampai adonan tadi menngental. Sambil menunggu adonan mengental, aduk dengan perlahan menggunakan api kecil
  • Setelah adonan mengental, tuang dalam cetakan, tunggu sampai adonan menjadi hangat
  • Dalam kondisi hangat, potong-potong adonan tadi sesuai ukuran yang kamu inginkan.
  • Permen Susu Kacang sudah siap untuk kamu hidangkan

5. Jus Kurma Susu

jus kurma susu - sebagai produk olahan susu terbaik

Ingin memiliki bisnis produk minuman yang menyehatkan? Maka produk olahan susu satu ini mungkin bisa menjadi jawaban dari keinginan kamu. Jus kurma susu, dari bahannya saja sudah terlihat betapa banyaknya manfaat yang akan didapat dari minuman satu ini.

Menggabungkan manfaat susu dan kurma, merupakan jaminan banyaknya kandungan nutrisi dari minuman ini. Bahan yang diperlukan untuk membuat minuman ini cukup mudah untuk kamu dapatkan. Kamu hanya membutuhkan kurma yang sudah kamu buang bijinya, air putih, dan susu murni. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Rendam kurma dalam air putih
  • Simpan di dalam kulkas selama semalam
  • Keluarkan rendaman kurma. Tambahkan susu sapi murni
  • Haluskan susu dan kurma tadi menggunakan blender
  • Jus kurma susu sudah siap untuk kamu hidangkan
Baca Juga:  Makanan Amerika yang Terkenal di Indonesia yang Perlu Kamu Coba

6. Milkshake Mangga

milkshake mangga

Selain menyehatkan, susu memang minuman yang menyegarkan. Tidak heran jika produk olahan susu banyak kamu temukan dalam bentuk minuman segar. Salah satunya adalah milkshake mangga. Sudah terlihat bagaimana segarnya susu dan mangga ini ketika kamu minum. Ini juga termasuk minuman yang menyehatkan. Ada banyak nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari mangga dan juga susu.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat milkshake mangga adalah sebagai berikut

  • Buah mangga yang sudah kamu potong
  • Air jeruk manis
  • Susu Cair
  • Air Soda
  • Gula sirup
  • Es Krim

Adapun langkah pembuatan yang kamu perlukan adalah sebagai berikut:

  • Campurkan potongan mangga, air jeruk manis, susu cair, air soda, dan juga gula sirup ke dalam satu tempat. Diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas
  • Setelah dirasa cukup dingin, keluarkan dari kulkas lalu tambahkan es krim. Masukan semua campuran tadi ke dalam blender
  • Haluskan semua campuran menggunakan blender
  • Milkshake mangga sudah siap untuk kamu hidangkan. Kamu juga bisa menambahkan buah mangga yang sudah kamu potong lainnya sebagai topping.

Jika kamu ingin menggunakan menu minuman ini sebagai ide bisnis, mungkin kamu juga bisa menambah variasi untuk beberapa rasa. Selain mangga, kamu juga bisa menambahkan buah lainnya seperti strawberry atau pisang.

7. Milk Tea

milk tea produk olahan susu

Masih seputar minuman. Peluang bisnis lainnya yang juga bisa kamu coba adalah dengan menjual milk tea. Susu dan teh adalah dua minuman paling populer, tentunya ini juga merupakan produk bisnis yang sangat menarik. Minuman menyegarkan ini juga akan banyak digemari dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Untuk inovasi, kamu bisa bermain di rasa susu ataupun jenis teh. Misal kamu menggunakan satu jenis teh tapi menggunakan berbagai rasa susu. Dari mulai susu murni original, susu rasa coklat, susu rasa strawberry, dan lainnya. Atau kamu juga bisa menggunakan satu rasa susu, namun menggunakan berbagai jenis teh. Seperti misalnya teh biasa, teh hijau, teh melati, dan lainnya.

Inovasi yang kamu buat tersebut selain akan menyediakan banyak rasa juga kana menjadi pembeda antara bisnis kamu dengan bisnis lainnya. Tentu saja, bahan baku yang kamu perlukan juga cukup mudah.

8. Mentega

mentega

Produk olahan susu lainnya yang juga bisa kamu jadikan ide bisnis adalah mentega. Mentega sendiri sebenarnya terbuat dari lemak susu. Seperti kamu tahu, saat ini ada banyak cemilan yang dibuat menggunakan mentega. Dari mulai martabak, roti bakar, dan lainnya. Banyak makanan yang memanfaatkan rasa asin dari mentega untuk menambahkan cita rasa dari makanan mereka.

Dengan banyak penikmat dan pengguna mentega, sudah barang tentu akan banyak orang yang membutuhkan. Jika tidak bisa membuatnya, maka mungkin kamu juga bisa menjadi penjual mentega yang sudah jadi. Kamu hanya tingga mencari produsen mentega agar bisa mendapatkan dengan harga murah lalu menjualnya dengan margin yang sesuai.

Baca Juga:  Cara Promosi Restoran Baru, Kunci Sukses untuk Pemula!

9. Whey

whey

Mungkin banyak orang yang masih dengan istilah whey. Ini merupakan sisa susu yang akan didapatkan dalam proses pembuatan keju. Dalam proses pembuatan keju tersebut, selain menjadi keju dan mentega akan ada sisa susu lain yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai minuman lain. Itulah yang dinamakan whey.

Meskipun merupakan sisa, namun manfaat dari whey tidak kalah banyak. Ini merupakan salah satu produk olahan susu dengan kandungan protein terbanyak. Dari banyaknya manfaat yang bisa orang dapatkan, tentu saja ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa menjualnya langsung atau menjualnya dalam bentuk lain. Saat ini sendiri, produk whey banyak yang sudah dipasteurisasi dan dikeringkan menjadi bubuk protein. Nantinya, orang hanya tinggal menyeduhnya untuk meminum whey ini.

10. Susu Kefir

susu kefir

Produk  olahan susu lainnya yang juga bisa kamu coba untuk jadikan lahan bisnis adalah susu kefir. Susu kefir merupakan produk susu yang difermentasi. Produk ini mirip dengan yoghurt. Hanya saja pada susu kefir, maka proses fermentasi akan menggunakan biji kefir. 

Biji kefir sendiri merupakan kombinasi antara bakteri asam laktat dan ragi. Salah satu keunggulan dari susu kefir ini adalah lebih bersahabat dan bisa dikonsumsi oleh mereka yang mengalami intoleransi laktosa. Beberapa manfaat lainnya dari biji kefir seperti mencegah infeksi, kesehatan tulang, solusi masalah pencernaan, dan lainnya.

Jika dilihat dari banyak manfaat yang bisa didapatkan, akan ada banyak orang yang juga membutuhkan susu kefir ini. Hal ini membuat produk ini juga merupakan salah satu ladang bisnis yang bisa kamu maksimalkan.

Olahan Susu Mana yang Akan Kamu Jadikan Ladang Bisnis?

Dari banyaknya ide bisnis dari produk olahan susu di atas, tentu kamu tidak akan menggunakan semua. Yang terpenting ketika akan menentukan bisnis nya adalah sesuaikan dengan kemampuan dan juga kondisi pasar. Pilih yang kira-kira memiliki banyak konsumen namun masih sedikit persaingannya. Hal tersebut akan membuat bisnis kamu cepat berkembang.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar minuman sehat, bisnis kuliner, resep, hingga franchise hanya ada di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.