7 Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja Favorit Wisatawan, Apa Saja?

3 min read

kuliner jogja

Jika kamu pergi ke Jogja, maka hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mencicip dan membeli oleh-oleh makanan khas Jogja.

Kota Jogja terkenal dengan harga barang-barang yang murah. Oleh karena itu, kamu bisa memborong oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan dari pasar tradisional hingga tempat oleh-oleh kekinian. 

Daftar Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja

Dengan begitu banyaknya makanan yang ada di Jogja memungkinkan kamu sulit membedakan mana yang khas atau bukan.

Nah, jika kamu masih bingung ingin mencari oleh-oleh makanan khas Jogja, berikut adalah daftar oleh-oleh yang bisa kamu beli saat berkunjung ke Kota Pelajar ini:

1. Bakpia Pathok

bakpia pathok

Sibakuljogja.jogjaprov.go.id

Bakpia sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kota Jogja, terutama bagi para wisatawan yang datang melancong. Meski sudah banyak varian bakpia yang bermunculan, seperti bakpia kukus, bakpia pathok dari Bantul tidak bisa tergantikan kenikmatan rasanya. 

Bakpia mempunyai karakteristik yaitu ukurannya yang kecil dengan tekstur lembut dengan varian rasa yang banyak. Varian tersebut mulai dari kacang hijau, kumbu hitam, cokelat, keju, hingga rasa buah-buahan. 

Terdapat dua tipe bakpia yang bisa kamu pilih yakni bakpia basah atau bakpia kering yang tiap tipenya memiliki ketahanan yang berbeda. Jika kamu ingin menjadikan bakpia sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja yang awet, jenis bakpia kering sangat cocok sebagai pilihan.

Harga bakpia ini juga sangat terjangkau, kamu bisa mendapatkan satu kotak bakpia mulai dari harga Rp10.000,00 hingga Rpp35.000,00. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, banyak toko-toko di jalan yang menjualnya.

2. Gudeg

gudeg

Google Maps

Daerah Istimewa Yogyakarta sangat terkenal dengan kuliner gudegnya yang punya cita rasa khas dan selalu menjadi incaran para pelancong yang berkunjung kesana. Rasa gudeg yang pedas, manis, dan gurih membuat siapa pun yang memakannya akan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Gudeg sendiri terbuat dari sayur nangka dan santan dengan tambahan lauk seperti telur, ayam, atau krecek. Selain menyantapnya di sana, kamu juga bisa membawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja. Tentunya, kamu bisa memilih gudeg kering atau gudeg kaleng yang keduanya tetap terasa nikmat.

Salah satu gudeg yang populer di Kota Pelajar ini adalah Gudeg Yu Djum. Di sini, kamu bisa memilih variasi gudeg dengan pengemasan besek atau kendil. Harga gudeg sendiri bisa kamu dapatkan mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp150.000,00 per paketnya dan tergantung juga lauk yang kamu pilih.

3. Yangko

yangko

Kumparan.com

Yangko merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Jogja yang terbuat dari bahan tepung ketan berbentuk persegi empat mungil dengan balutan tepung terigu. Kue ini bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai camilan yang manis dan kenyal. 

Karena teksturnya yang mirip mochi, banyak yang menyebut yangko ini sebagai mochi Jawa karena proses pembuatan dan teksturnya yang mirip. Mulanya, makanan ini berisi campuran antara kacang cincang dan gula. Namun kini, yangko muncul dengan cita rasa baru yaitu rasa buah-buahan.

Kamu bisa dengan mudah menjumpai yangko di toko-toko daerah Kotagede dan sejumlah pusat oleh-oleh Jogja. Satu kotak yangko bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00. Harga tersebut bisa bervariasi tergantung varian rasa dan jumlah isinya.

4. Geplak

geplak

Inibaru.id

Oleh-oleh makanan khas Jogja yang terkenal selanjutnya adalah geplak. Geplak merupakan makanan khas Jogja yang memakai bahan dasar kelapa, gula, dan pewarna makanan. 

Biasanya, geplak memiliki warna yang mencolok, seperti kuning, pink, cokelat, hijau, atau tergantung rasa lainnya. Adapun varian rasanya seperti cokelat, durian, nangka, vanilla, dan lainnya.

Baca Juga:  17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

Untuk mendapatkan geplak, hampir setiap pusat oleh-oleh di Jogja menyediakannya. Kamu bisa mendapatkan geplak ini mulai dari harga Rp30.000,00 hingga Rp45.000,00 per gram tergantung dengan rasanya.

5. Walang Goreng

walang goreng

Mojok.co

Bosan dengan oleh-oleh makanan khas Jogja yang biasa saja? Walang goreng khas Gunung Kidul ini patut untuk kamu coba. Dibalik bentuknya yang unik dan sedikit ekstrim, rasa dari walang goreng ini sangat nikmat karena perpaduan pedas gurih yang pas.

Ukuran belalang yang besar serta teksturnya yang renyah membuat walang goreng ini pas menjadi camilan saat kamu ada di perjalanan. Selain belalang utuh, ada pula pedagang yang menjual bagian kakinya saja sehingga bentuknya tidak terlihat terlalu mengerikan.

Merek walang goreng Pak Gareng menjadi salah satu walang goreng terenak yang bisa kamu coba beli di toko oleh-oleh di Jogja. Harga walang goreng  berkisar antara Rp6.000,00 hingga Rp35.000,00 per kemasan tergantung berat dan ukuran belalangnya. 

6. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

tasuba

Merdeka.com

Tahu susu bakso (tasuba) merupakan oleh-oleh makanan khas Jogja agak berbeda dengan oleh-oleh khas Semarang. Jenis olahan tahu yang satu ini mempunyai tekstur tahu yang lebih padat dan lembut. 

Proses produksi tasuba ini tanpa pengawet sehingga menjadikannya lebih sehat dan aman. Meskipun tanpa pengawet, tasuba bisa tahan lama sampai 6 bulan. Untuk harganya cukup murah mulai dari Rp32.000,00 per kotaknya dengan isi 5-10 buah.

Jika kamu ingin membeli tasuba ini, bisa mampir ke gerainya yang beralamat di Jalan Laksda Adisucipto KM 7,6 Yogyakarta. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pusat produksinya langsung di Jalan Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta. 

7. Coklat Monggo

cokelat monggo

Jogjakita.co.id

Selain kue tradisional, oleh-oleh makanan khas Jogja yang lagi hits saat ini yaitu coklat monggo alias cokelat lokal cita rasa Belgia. Meskipun begitu, coklat monggo tetap membawa unsur budaya Jawa. 

Unsur Jawa tersebut bisa terlihat dari kata nama monggo yang dalam bahasa Jawa artinya silakan. Hal Jawa lainnya juga terlihat dari kemasan produk yang menambahkan gambar wayang. 

Baca Juga:  11 Minuman Khas Riau yang Segar dan Bikin Nagih!

Kamu bisa mendapatkan coklat monggo ini di Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Di sana, selain membeli cokelat, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya dari dapurnya yang hanya bersekat dinding kaca.

Pilihan rasa yang bisa kamu dapatkan yaitu dark chocolate, white chocolate, cabai, jeruk, dan lainnya. Harga coklat monggo tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung rasa yang kamu pilih. 

Jadi, bagi yang mau makan atau memberikan oleh-oleh cokelat khas Jogja, coklat monggo bisa kamu pertimbangkan.

Tertarik Membeli Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja yang Mana?

Di atas adalah beberapa pilihan oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan dari Jogja. Semua makanannya memiliki rasa yang enak dan bisa kamu bawa pulang saat liburan ke Jogja.

Setelah mengetahui oleh-oleh makanan khas Jogja, kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh untuk membelinya. Pastikan kamu membeli oleh-oleh di hari terakhir liburanmu agar makanan tersebut tidak cepat basi.

Kamu juga bisa memilih makanan yang kering dengan masa kedaluwarsa yang panjang. Selain itu, tentukan budget untuk oleh-oleh yang ingin kamu beli. Agar mendapatkan harga lebih murah, kamu bisa berbelanja oleh-oleh tersebut di pasar seperti di Pasar Beringharjo.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.