8 Rekomendasi Kuliner Bogor yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

3 min read

Bogor memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Namun, Bogor juga memiliki tempat kuliner yang selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun luar kota. Oleh karena itu, di bawah ini adalah rekomendasi kuliner Bogor yang harus kamu ketahui ketika akan berlibur ke sana!


8 Rekomendasi Kuliner Bogor 2023

Berikut adalah beberapa tempat kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke Bogor:

1. Soto Bogor Pak Salam

kompasiana.com

Makanan soto memiliki kuah kuning dengan rasa yang lezat. Soto Bogor umumnya berisikan mi kuning, kol iris, ayam, dan babat kentang. Jika kamu berkunjung ke Bogor, terdapat warung soto terkenal yang sayang untuk kamu lewatkan. Warung soto ini bernama Soto Bogor Pak Salam.

Meski tempat kuliner ini berupa tenda, tetapi banyak sekali orang yang rela antre untuk bisa menikmati soto khas Bogor ini. Jadi, jika kamu ingin ke Soto Bogor Pak Salam, sebaiknya datang lebih awal, karena antrean sudah memanjang sejak siang hari.

Bukan tanpa alasan, untuk soal rasanya, soto dari Pak Salam ini memang tidak ada duanya. Selain itu, aroma yang dikeluarkan oleh kuahnya pun sungguh gurih. Selain itu, banyak sekali isian yang bisa kamu pilih. Di sana, kamu bisa menentukan sendiri isian sotonya, mulai dari paru, usus, daging sapi, kikil, dan otak.

2. Delicious Bakery

wartakotatravel.tribunnews.com

Rekomendasi kuliner Bogor berikutnya adalah Delicious Bakery. Toko roti ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1940. Uniknya, model bangunan toko masih mempertahankan gaya lama, sehingga kamu akan mendapatkan kesan vintage ketika berkunjung ke sini.

Delicious Bakery menyajikan roti-roti yang khas pada zaman dahulu. Roti-roti yang dijual mulai dari roti prancis dan roti gambang. Selain itu, terdapat roti tapal kuda dan roti isi yang selalu habis diburu pembeli.

Baca Juga:  7 Cara untuk Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner dengan Mudah

Semua roti yang dibuat di Delicious Bakery menggunakan resep yang sudah ada dari zaman dahulu. Jadi, kamu bisa merasakan roti tempo dulu yang autentik. Toko ini buka setiap hari. Jika kamu ingin ke Delicious Bakery, maka datanglah agak pagi. Sebab, beberapa roti selalu habis sebelum siang hari.

3. Roti Unyil Venus Bakery

food.grab.com

Disebut dengan roti unyil karena ukuran dari makanan ini kecil-kecil. Hal tersebut juga menjadi salah satu keunikan Roti Unyil daripada yang lainnya. Meski ukurannya kecil, tetapi cita rasanya bisa membuat kamu ketagihan dan ingin makan terus. 

Oleh karena itu, salah satu rekomendasi kuliner Bogor ini cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Roti unyil sendiri memiliki lebih dari 50 varian rasa yang bisa kamu pilih. Jadi, kamu tak akan pernah bosan memakan roti ini sendirian atau bersama keluarga. Mulai dari rasa cokelat, stroberi, srikaya, keju, kacang, bolognese, bakso, abon, durian, semua ada di Roti Unyil Venus Bakery. Kamu juga bisa menikmati kombinasi rasa yang tersedia.

4. Lapis Bogor Sangkuriang

cibinongonline.com

Makanan ini masih menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh ketika berlibur dari Bogor. Rekomendasi kuliner Bogor ini merupakan bolu lapis dengan menggunakan bahan tepung talas dalam adonannya. Meski penjual makanan ini makin menjamur, tetapi Bolu Lapis Sangkuriang masih menjadi yang pertama.

Bolu Lapis Sangkuriang memiliki cita rasa talas yang cukup kuat. Selain itu, tekstur kuenya sangat lembut dengan parutan keju yang melimpah di atasnya. Tempat ini juga menjual bolu lapis dengan beragam rasa seperti durian, cokelat, dan kelapa. Namun yang paling laris tentu lapis Bogor dengan rasa talas original.

Jika sedang berlibur ke Bogor, maka kamu wajib mampir ke Lapis Bogor Sangkuriang. Letaknya ada di Komplek Ruko Perkantoran, Jl. Pajajaran No. 20i.

Baca Juga:  10 Menu Angkringan Jogja Kekinian yang Laris dan Rasanya Enak

5. Warung Laksa Pak Inin

kabogor.id

Laksa merupakan rekomendasi kuliner Bogor yang harus kamu coba. Umumnya, laksa Bogor disajikan ketika hari tertentu, seperti acara kebudayaan atau syukuran. 

Makanan ini memiliki isian yang beragam, mulai dari bihun, tauge, ketupat, tahu kuning, telur rebus, dan daun kemangi. Selain itu, laksa Bogor menggunakan kuah oncom sehingga rasanya cukup unik.

Jika kamu penasaran dengan makanan ini, ada satu tempat makan populer yang bisa kamu kunjungi, yakni Warung Laksa Pak Inin. Warung laksa ini sudah berdiri sejak tahun 1965 dan tidak pernah sepi pengunjung. Warung Laksa Pak Inin terletak di Cijeruk, Cihideung, Bogor.

Meskipun bangunan warungnya sederhana, tetapi soal rasa tidak ada duanya. Laksa Bogor resep Pak Inin memiliki rasa kuah gurih dengan wangi daun kemangi yang khas. 

Uniknya, metode pembuatan laksa Pak Inin masih menggunakan cara tradisional. Namun, justru itulah yang membuat aroma dan rasa laksa Bogor dari Pak Inin terasa lebih nikmat.

6. Doclang Bapak Odik

doclang-bapak-odik.business.site

Rekomendasi kuliner Bogor berikutnya adalah doclang. Sekilas, makanan ini mirip dengan ketoprak atau kupat tahu. 

Hal yang membedakan makanan ini dengan ketoprak/kupat tahu adalah doclang tidak menggunakan bihun dan tauge sebagai isiannya. Selain itu, doclang menggunakan pesor atau lontong yang dibungkus daun patat.

Cukup banyak yang menjual doclang di Bogor. Namun, yang paling terkenal adalah doclang Bapak Odik. Doclang Bapak Odik sendiri sudah ada sejak 1976, tetapi cara berjualannya dengan berkeliling. Saat ini, doclang Bapak Odik telah menetap di Jalan Pasir Kuda No.23.

Keunikan doclang Bapak Odik terletak pada bumbu kacangnya yang disangrai dan tidak menggunakan minyak. Selain itu, lontongnya dibungkus dengan daun pisang dengan ukuran yang besar. Doclang Bapak Odik juga menambahkan kacang mede agar aromanya lebih enak.

7. Saung Pak Ewok

ksmtour.com

Rekomendasi kuliner Bogor berikutnya adalah Saung Pak Ewok. Saung Pak Ewok sangat terkenal dengan sop buahnya yang sudah ada sejak tahun 80an. Hingga saat ini, sop ini masih cukup digandrungi para pelancong dari berbagai kota. Karena kepopulerannya, sop buah Saung Pak Ewok pun telah menjadi ikon kuliner khas Bogor.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Diminati Masyarakat 

Sop buahnya sendiri memiliki potongan buah manis dan berukuran besar. Selain itu, rasa manis sopnya sangat pas dan tidak terlalu manis. Saat ini, sop buah di Saung Pak Ewok telah memiliki variasi isian yang tidak kalah menyegarkan. Beberapa di antaranya adalah sop buah dengan isian stroberi, apel, jeruk, melon, dan masih banyak lagi.

8. Yung Bangka Es

yung-bangka-es.business.site/

Rekomendasi kuliner Bogor terakhir adalah Yung Bangka Es. Tempat kuliner ini menyajikan olahan mi Bangka yang lezat dan pastinya halal. Kamu bisa menikmati beragam jenis mi Bangka, baik manis maupun asin yang lokasinya ada di Jalan Sudirman No. 15A. 

Yung Bangka Es sudah berdiri sejak tahun 1978. Porsi mi Bangkanya sangat besar dengan isian yang melimpah, seperti pangsit, bakso, dan sambal khasnya.  Soal rasa, tidak usah ditanya lagi. Sebab, bakmi Yung Bangka Es memiliki cita rasa khas yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.


Rekomendasi Kuliner Bogor Mana yang Ingin Kamu Coba?

Itulah beberapa makanan yang wajib kamu coba ketika berlibur ke Bogor. Wisata kuliner Bogor tidak kalah menarik dari kota lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membeli makanan tersebut untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selamat berlibur!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.