Mencoba Makanan Khas Ternate dan Merasakan Kelezatannya

3 min read

makanan khas ternate

Ada banyak sekali makanan khas Ternate yang bisa kamu coba saat berkunjung kesana.

Apa saja? Yuk, cari tahu lewat artikel berikut ini!

Makanan Khas Ternate yang Menggugah Selera 

Berikut adalah daftar 11 makanan khas Ternate yang terkenal dengan kelezatannya, yaitu:

1. Ikan Kuah Pala Banda

ikan kuah pala banda

Source: www.tribunnewswiki.com

Kuliner khas Ternate pertama, yaitu ikan kuah pala banda. Makanan ini terkenal dengan bumbu rempah yang sangat pekat dan berasa. Beberapa bumbu yang digunakan, yaitu bahan pala, rempah-rempah, merica, dan cabe. 

Perpaduan antara pala dan rempah-rempah yang sangat kental membuat masakan ikan satu ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan manis sekaligus. Karena itu, cukup banyak orang Ternate yang menjadikan makanan ini sebagai kuliner favorit.

Ikan ini lebih cocok untuk kamu jadikan lauk saat makan nasi. Alasannya, karena bumbunya yang cukup kuat. Sehingga akan lebih lezat untuk kamu jadikan lauk. Apalagi jika kamu makan dengan sambal bakasang dan ulang-ulang. Tentunya kuliner satu ini akan menjadi makanan yang sulit kamu lupakan nantinya. 

2. Ikan Asap

ikan asap

Source: kompas.com

Olahan makanan khas Ternate yang bisa kamu coba selanjutnya adalah ikan asap. Semua orang yang pernah ke Ternate pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan satu ini. Sesuai dengan namanya, ikan ini dibuat dengan cara diasapi. 

Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tuna dan cakalang. Karena dagingnya yang tahan lama saat diasapi. Ikan ini akan semakin sedap saat kamu santap dengan nasi, sambal, dan kerupuk. Menariknya lagi, makanan ini bisa tahan hingga 7 hari. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  Deretan Minuman Khas Banten dan Ngehits yang Hilangkan Dahaga

3. Gatang Kenari

gatang kenari

Source: budaya-indonesia.org

Bagi kamu pecinta seafood, wajib coba masakan khas Ternate satu ini. Gatang kenari terbuat dari kepiting yang diolah menjadi makanan yang sangat menggugah selera. Namun, seperti yang kita ketahui sendiri bahwa beberapa jenis kepiting ada yang dilarang untuk diperdagangkan. 

Oleh karena itulah, dalam proses pendiriannya beberapa restoran membutuhkan izin terlebih dahulu demi menjaga makanan khas ini. Karena alasan ini juga, olahan ini mungkin akan cukup sulit kamu temukan. Jadi, jika kamu berkunjung ke Ternate dan menemukan tempat yang menjual makanan ini, kamu wajib mencobanya, ya!

4. Nasi Lapola

nasi lapola

Source: tribunnewswiki.com

Dari namanya saja, kamu bisa tahu bagaimana tampilan dari makanan ini. Tentu saja makanan khas Ternate ini terbuat dari beras yang dimasak bersamaan dengan kelapa muda dan kacang Tolo. Sehingga cita rasa makanan makanan ini terasa sangat gurih sekaligus manis. 

Nasi Lapola sangat enak jika disantap selagi hangat bersamaan dengan olahan ikan seperti tongkol, teri, beserta sambal dan lalapan lainnya. Cita rasanya yang gurih dengan lauk pedas pastinya bisa memanjakan lidah kamu saat mencicipinya. 

5. Woku Komo-Komo

Woku Komo-Komo

Source: fakta.co.id

Kuliner khas Ternate selanjutnya adalah woku komo-komo yang terbuat dari tepung sagu dan santan kelapa. Adapun untuk proses pembuatannya cukup simpel. Olahan sagu yang sudah matang dengan berbagai bumbu di dalamnya akan dicampurkan dengan jeroan ikan sebelum dibungkus dengan menggunakan daun woka. 

Lalu, bungkusan tersebut dipanggang dengan bara api. Rasa gurih dari olahan makanan ini tidak akan membuatmu menyesal pernah mencobanya. Kuliner ini sering menjadi sajian pelengkap bersama masakan Ternate lainnya. Tertarik mencoba?

6. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Source: primarasa.co.id

Olahan dari ikan tuna dan cakalang ini merupakan makanan khas Ternate yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena makanan ini memang sangat terkenal di kalangan masyarakat asli Ternate. Tidak hanya karena lezat, tetapi makanan ini juga mengandung gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga:  Resep Tempe Kemul Khas Wonosobo Yang Mudah Dicoba

Proses pembuatan masakan satu ini juga tergolong mudah dan cukup mirip dengan sashimi. Sehingga kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Makanan ini cocok untuk kamu makan dengan nasi atau sagu. Menyajikannya selagi hangat adalah cara terbaik untuk menikmati kuliner khas Ternate satu ini. 

7. Sup Sapi Asam Pedas

Sup Sapi Asam Pedas

Source: cookpad.com

Bukan ikan ataupun sagu, masakan khas Ternate selanjutnya adalah olahan sapi. Karena rasa pedasnya yang mantap dan menggoyangkan lidah. Sup sapi pedas ini banyak disukai oleh kalangan penikmat pedas. Adapun untuk membuatnya juga tidaklah sulit. 

Kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti tomat, bawang bombay, daun bawang, cabai, bawang putih , merica, garam, jeruk nipis, dan air kaldu sapi. Kemudian semua bahan diolah seperti saat mengolah sup. Sup sapi ini sangat cocok sebagai hidangan makan malam di rumah, apalagi saat sedang hujan.

8. Papeda

papeda

Source: celebes.co

Siapa yang tidak kenal papeda yang merupakan salah satu masakan khas timur paling populer. Memiliki tekstur yang kental dan lengket seperti lem membuat papeda menjadi makanan unik khas Ternate sehingga wajib kamu coba. 

Makanan ini kurang enak jika kamu makan secara langsung, tetapi akan jauh lebih enak jika memakannya bersama dengan tongkol dan kuah Mubarak. Cara makannya pun cukup unik, yaitu dengan dengan menyeruputnya langsung dari mangkuk atau piring. Sangat menarik bukan?

9. Kasbi Komplet

kasbi komplet

Source: GoTravelly.com

Olahan ini sedikit berbeda dengan masakan khas Ternate sebelumnya. Karena kasbi komplet terbuat dari singkong yang kaya akan karbohidrat. 

Rasa gurih dan manis yang menjadi satu akan membuat kamu ketagihan saat pertama kali mencobanya. Agar bisa menikmati cita rasa kasbi komplet lebih enak, kamu bisa mencocolnya langsung ke sambal colo-colo. 

Baca Juga:  Deretan Makanan Khas Wonosobo, Wajib Kamu Cicipi!

10. Pisang Mulu Bebe

pisang mulu bebe

Source: Republika.co.id

Jika kamu mencari makanan manis, pisang Mulu Bebe bisa menjadi pilihan hidangan terbaik. Makanan ini terbuat dari pisang khas Ternate yang berbentuk seperti mulut bebek. Bahkan nama Mulu Bebe ini berasal dari bentuknya tersebut yang memang panjang dan mengerucut seperti mulut bebek. 

Adapun cara untuk memakannya juga sangat unik. Pisang tersebut akan dipotong tipis-tipis kemudian goreng dan dapat kamu santap dengan sambal dabu-dabu. Rasa manis, pedas, asam, dan segar akan bercampur menjadi satu. Rasanya yang nano-nano inilah yang membuat makanan ini memiliki cukup banyak penggemar. 

11. Lapis Palaro

lapis palaro

Source: Grid.id

Ketika mendengar namanya, kamu mungkin berpikir makanan satu ini tidak akan jauh berbeda dengan kue lapis legit pada umumnya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata lapis palaro dari Ternate ini merupakan olahan dari daging sapi dengan aroma rempah-rempah yang khas.

Alih-alih kue, olahan ini justru lebih mirip dengan daging sapi bumbu balado. Daging sapi yang dimasak bersama dengan bumbu rempah khas Ternate ini membuatnya tampak berwarna coklat layaknya kue. Rasanya yang gurih dan manis membuat masakan khas Ternate ini sangat terkenal dan banyak digemari orang.

Makanan Khas Ternate Mana yang Ingin Kamu Coba?

Itulah 11 makanan khas Ternate yang unik dan lezat. Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung ingin mencoba makanan seperti apa saat sedang berkunjung ke Ternate.

Kamu ingin mencicipi yang mana?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.