9 Makanan Tradisional di Indonesia yang Terkenal Akan Kelezatannya

4 min read

Contoh Makanan Tradisional Indonesia

Setiap tempat pasti memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari tempat wisata, pakaian daerah, hingga makanan tradisional. Ciri khas masing-masing daerah akan selalu membantu pendapatan dari daerah itu sendiri. Namun jangan lupakan peran dari daerah dan masyarakat daerah tertentu untuk membuat ciri khas itu terkenal. 

Makanan Tradisional di Indonesia dan Bahan Utamanya

Indonesia sebagai negara seribu pulau pun memiliki banyak ciri khas yang sangat bisa kita unggulkan. Mulai dari Sabang hingga Merauke, dengan tiga puluh tiga provinsi, setiap daerah pun memiliki kebanggaan masing-masing. Kamu juga tidak boleh melupakan satu hal, memasak makanan tradisional di Indonesia sudah pasti menggunakan bumbu yang berasal dari rempah-rempah. 

Setiap pelancong yang mendatangi sebuah daerah di Indonesia pasti jatuh cinta dengan masakan tradisionalnya. Tidak hanya pelancong yang berasal dari dalam negeri, namun pelancong dari luar negeri pun menyukai cita rasa yang Indonesia suguhkan dari berbagai daerah yang memiliki keunikan masakan masing-masing. 

Apa saja makanan tradisional di Indonesia yang terbuat dengan rempah-rempah yang beragam dan menarik para pelancong untuk mencicipinya? Yuk kita simak artikel di bawah ini!

1. Rendang

Makanan Tradisional Rendang
Sumber: Pinterest

Makanan tradisional di Indonesia pertama yang menjadi favorit seluruh masyarakat di Indonesia adalah rendang. Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini mendapatkan penghargaan sebagai The World’s 50 Most Delicious Food yang disurvei langsung oleh CNN. 

Bahan utama rendang adalah daging sapi dan ia kaya dengan rempah-rempah. Mulai dari bawang putih, bawang merah, laos, jahe, daun kunyit, daun jeruk dan berbagai rempah-rempah lain. 

Kamu akan membutuhkan waktu setidaknya selama empat jam hingga membuat makanan ini siap kamu sajikan. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat untuk dimakan bersama rendang, ya!

2. Sate Padang

Makanan Tradisional Sate Padang
Sumber: Cookpad.com

Makanan kedua yang akan membuatmu meneteskan liur adalah sate padang. Makanan ini juga berasal dari provinsi yang sama di mana rendang berasal. Tidak kalah dengan rendang, sate padang juga memiliki kandungan rempah-rempah seperti lengkuas, jinten, jahe, dan cabai.

Baca Juga:  Panduan Lengkap dan Mudah untuk Membuat Profil Restoran

Untuk membuat sate padang, kamu harus menghaluskan setiap bahan-bahan dan rempah-rempah yang dibutuhkan. Kemudian tumislah bahan yang telah kamu haluskan hingga tercium aroma wanginya. 

Pastikan merendam daging yang akan kamu bakar agar lebih mudah dikunyah. Sajikan sate padang bersama ketupat dengan tambahan saus yang lezat untuk menambah nafsu makan. 

3. Rawon

Makanan Rawon
Sumber: Cookpad.com

Terbang dari Pulau Sumatra, kita beranjak ke Provinsi Jawa Timur. Rawon adalah makanan tradisional yang terkenal sebab warna kuahnya yang hitam pekat akan membuat orang yang memakannya tidak dapat berhenti. Makanan dengan bahan utama daging sapi ini mendapatkan penghargaan sebagai sup terenak se-Asia menurut TasteAtlas. 

Untuk membuat warna sup yang hitam kecoklatan kamu membutuhkan rempah yang bernama kluwek. Jangan lupakan bumbu lain seperti jahe, kunyit, kemiri, dan cabai merah. Pastikan untuk merebus daging ke dalam bumbu dalam kurun waktu yang agak lama agar bumbunya meresap. 

Rawon disajikan dengan nasi hangat dan tambahan tauge berekor pendek. Supnya yang segar dan daging yang sedap akan membuat siapa saja jatuh cinta pada makanan satu ini.   

4. Gudeg Makanan Tradisional di Indonesia  Khas Yogyakarta

Gudeg Jogja
Sumber: pergikuliner.com

Tidak jauh dari Jawa Timur, DI Yogyakarta juga memiliki salah satu makanan tradisional di Indonesia yang kenikmatannya sangat mencengangkan. Makanan ini adalah gudeg yang terkenal manis dan gurih. Masakan satu ini bahkan membuat kota Yogyakarta mendapatkan titel baru sebagai Kota Gudeg. 

Rasa manis dari gudeg berasal dari nangka yang juga menjadi bahan utama makanan ini. Kamu harus merebus nangka dengan gula aren, santan, daun salam. lengkuas, dan serai hingga empuk. Setiap bumbu yang makanan ini butuhkan juga harus tercampur sempurna agar rasa gurih dan manisnya dapat kamu rasakan berdampingan. 

Visualisasi gudeg bisa kamu sajikan bersama nasi, telur rebus, kulit sapi, potongan ayam, bahkan sambal krecek akan membuatmu ketagihan. Gudeg selalu membuat penikmatnya terlena dan merelakan waktu untuk mendatangi Yogyakarta demi merasakan kenikmatannya yang luar biasa. 

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Sumber: lifestyle.okezone.com

Makanan tradisional selanjutnya adalah nasi yang dimasak bersama dengan santan dan kaldu ayam. Makanan ini terkenal sebab kegurihan santannya yang dapat membuat penikmatnya merem melek karena kelezatannya. Nasi liwet biasa penjual sajikan dengan potongan ayam. telur, dan sambal goreng.

Khusus untuk nasi liwet, kamu bisa menemukannya pada pagi dan malam hari. Nasi liwet juga cocok untuk sarapan ataupun brunch. Ia juga pasti cocok untuk makan malam sambil melihat-lihat keindahan Kota Solo. 

Baca Juga:  Jenis-jenis Dimsum Paling Laris di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Makanan ini bisa kamu beli di berbagai sudut di Kota Solo, kamu tidak akan kesusahan dalam menemukannya.  

6. Pempek

Pempek Palembang
Sumber: kompas.com

Kota Palembang yang berada di Provinsi Sumatera Selatan juga tidak mau kalah, pempek adalah makanan tradisional yang sudah berkelana di seluruh negeri. Siapa sih yang tidak jatuh cinta dengan makanan satu ini?

Pempek terbuat dari gilingan halus adonan yang berasal dari ikan dengan tepung tapioka yang dapat menambah kekenyalan adonan. Pempek juga memiliki berbagai macam jenis, yaitu kapal selam, lenjer, kulit, keriting, dan lenggang. Kamu dapat membedakan jenis-jenis tersebut dengan melihat bentuknya. 

Makanan tradisional di Indonesia satu ini harus digoreng dengan api yang sedang hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pempek akan sangat menggugah selera apabila kamu menyajikannya saat panas dengan tambahan cocolan kuah cuko yang asam dan gurih. 

7. Bakso

Bakso
Sumber: thejakartapost.com

Makanan yang berbentuk bulat ini merupakan makanan tradisional yang dapat kamu temukan di seluruh penjuru negeri di Indonesia. Bakso terbuat dari daging yang digiling halus dengan campuran bumbu seperti bawang merah, tepung, dan garam. 

Kamu bisa membentuk daging yang telah tergiling halus menjadi lingkaran. Bakso yang telah terbentuk direbus hingga matang. 

Makanan satu ini memiliki ciri khas masing-masing tergantung daerahnya. Ada yang membuat bakso dari daging sapi, ada juga yang membuatnya dari daging ayam. 

Banyak yang berkreasi dengan bakso sehingga menghasilkan bakso yang berbentuk kotak, segitiga, bakso mercon yang pedas, hingga bakso beranak bentuknya sungguh besar. Bentuknya besar sebab isi di dalamnya adalah bakso-bakso kecil di dalamnya.

8. Gado-gado Makanan Tradisional di Indonesia untuk Vegetarian 

Gado gado
Sumber: thejakartapost.com

Makanan tradisional di Indonesia satu ini adalah bentuk lain dari salad sayur yang sangat cocok bagi mereka yang vegetarian. Gado-gado berisi berbagai macam sayur seperti tauge, kol, kentang, tomat, dan mentimun. 

Tidak hanya sayuran, kamu juga mendapatkan kandungan karbohidrat di dalam gado-gado. Biasanya penjual menambahkan lontong di dalamnya. 

Gado-gado memiliki ciri khas sendiri sebab protein pun sangat cocok disajikan di dalamnya. Ada potongan tahu, tempe, dan telur yang membuat makananmu lengkap. 

Jangan lupakan sambal kacang yang segar dan sedikit sambal untuk menambah kelezatan yang akan membuatmu ketagihan. 

9. Ketoprak

Ketoprak
Sumber: pergikuliner.com

Makanan terakhir datang dari ibukota Indonesia, yaitu DKI Jakarta. Ketoprak dapat kamu jumpai di pinggir jalan ibukota yang sungguh ramai dan panas. Namun kualitas makanan ini tidak murahan. Ketoprak adalah makanan tradisional pilihan kedua yang vegetarian pun dapat memakannya.

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

Bahan utama dari ketoprak adalah ketupat, tahu, taoge, dan bihun yang tersiram oleh saus kacang di atasnya. Apabila kamu tidak teliti, visual makanan ini memang hampir sama dengan gado-gado. Namun apabila kamu menilik lebih dalam, bahan utama ketoprak dan gado-gado berbeda jauh. 

Makanan ini juga tidak mengandung daging. Namun ia biasa disajikan dengan kerupuk, bawang goreng, kecap, dan sebutir telur. Karena kesegaran sayuran dan harganya yang murah, ketoprak menjadi makanan tradisional di Indonesia yang dicintai oleh masyarakat modern ibukota. 


Makanan Tradisional di Indonesia Mana yang Menjadi Favoritmu?

Indonesia tidak akan pernah mengecewakanmu dalam hal macam-macam perbedaan yang berada di dalamnya. Terutama dalam bidang makanan. Indonesia pun terkenal dengan wisata kulinernya sebab jumlah makanan tradisional di Indonesia sudah tidak terhitung banyaknya. 

Setiap makanan tradisional akan memberikan sensasi kelezatan yang berbeda. Namun satu yang tidak dapat kamu lupakan adalah ciri khas makanan Indonesia adalah memakai rempah-rempah untuk bahan utamanya. 

Pilihan makanan tradisional di atas hanya sebagian, kamu dapat berkunjung ke setiap daerah untuk merasakan makanan tradisional yang unik dan lezat. Selamat mencoba!


Temukan berbagai tips menarik juga inspirasi ide bisnis minuman kekinian dan bisnis makanan lainnya hanya di fnbprenereur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.